Cara Menciptakan Marketing Strategy Untuk Penjualan yang Efektif

Menciptakan Marketing Strategy Untuk Penjualan

Marketing Strategy atau strategi pemasaran adalah dasar dari rencana pemasaran hal yang dibutuhkan setiap bisnis dan usaha baik itu sekala besar maupun usaha kecil menengah (UKM). Dengan adanya strategi pemasaran yang baik dan tepat maka bisnis yang dijalankan akan berjalan dengan semestinya dan bahkan mampu bersaing dengan komeptitor-kompetitor yang ada. Strategi perusahaan menggabungkan semua tujuan pemasarannya menjadi satu rencana komprehensif. Perencanaan yang matang inilah yang akan membuat kesiapan bisnis mampu menembus pasar-pasar yang ditargetkan. Strategi pemasaran ini mencangkup meninjau strategi penjualan dan pemasaran juga mendapatkan rencana untuk menguatkan perusahaan dari pesaing yang ada.

Marketing Strategy Untuk Penjualan yang Efektif

Cara yang baik untuk memulainya adalah dengan menjabarkan istilah “sales and marketing” menjadi elemen-elemen yang diskrit dan mudah dikelola. Anda akan mendapatkan list atau daftar rencana dan strategi yang telah dibuat yang dapat ditinjau ulang untuk memprioritaskan mana saja area yang membutuhkan perbaikan yang akan menjadi dasar bagi strategi pemasaran yang efektif. Strategi pemasaran yang baik harus diambil dari riset pasar dan fokus pada bauran produk untuk mencapai keuntungan maksimal dan mempertahankan bisnis.

Berikut ini daftar yang disarankan untuk mengidentifikasi menggunakan contoh dari bisnis pedagang eceran untuk menjelaskan beberapa poin yang bisa Anda buat referensi untuk meningkatkan penjualan:

 1). Pasar (Market)

Pasar merupakan bagian utama dari sebuah bisnis karena memang usaha atau bisnis ini tujuan utamanya adalah untuk berinteraksi maupun transaksi dengan pelanggan atau konsumen. Ada beberapa yang perlu diperhatikan yaitu Seberapa banyak Anda tahu tentang pasar potensial saat ini atau pasar masa depan? Mengapa pelanggan Anda bersedia membeli produk atau jasa dari Anda? Apa yang bisa Anda tawarkan untuk menarik lebih banyak pelanggan non-pelanggan? Bagaimana Anda bisa menjual produk atau jasa yang anda tawarkan kepada pelanggan potensial dan yang menguntungkan? Jika Anda menambahkan fitur atau layanan, apakah orang akan membayar lebih untuk produk yang ditawarkan atau apakah akan menarik lebih banyak pelanggan? Apakah ada pasar massal, institusional, industri, atau perusahaan di luar ritel normal yang Anda bisa bekerja sama dengannya?

2). Persaingan (Competition)

Setiap bisnis pastinya selalu memiliki kompetitor atau pesaing, Namun dengan strategi pemasaran yang baik hal ini tidak menjadi masalah bahkan bisa jadi memberikan dampak positif pada perusahaan. Perlu dilakukan adalah mempertimbangkan dan mendiskripsikan pesaing dengan beberapa pertanyaan misal, Siapakah peaing Anda dan apa yang mereka lakukan? Apa tren pasar saat ini dan bagaimana Anda bertahan dalam hal pangsa pasar dan bagaimana perusahaan mendapatkan keuntungan? Bagaimana Anda bisa benar-benar unggul dari pesaing? Penawaran apa yang bisa membuat konsumen atau pelanggan memilih produk atau jasa yang dimiliki?

Hal-hal inilah yang biasanya perlu diperhatikan adalah bagaimana perusahaan mampu untuk memberikan jawaban terbaik untuk bisa bersaing dalam persaingan. Gunakan Intelijen Kompetitif untuk mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar bisnis Anda dengan menggunakan analisis dan riset pasar untuk menentukan keputusan yang sesuai dan tepat.

Artikel terkait: Pengertian Merek (Brand) Atau Merek Dagang, Merek jasa, Merek kolektif

3). Distribusi

Saluran distribusi adalah rantai bisnis atau perantara yang dari sinilah produk akan disalurkan dari produsen sampai akhirnya ke konsumen.  Distribusi adalah proses pembuatan produk atau layanan yang tersedia bagi konsumen atau pengguna bisnis yang membutuhkannya. Ini bisa termasuk grosir, retailer, distributor bahkan internet sendiri. Saluran dipecah menjadi bentuk langsung dan tidak langsung, dengan saluran “langsung” yang memungkinkan konsumen untuk membeli barang dari produsen, dan saluran “tidak langsung” yang memungkinkan konsumen untuk membeli barang dari pedagang grosir atau pengecer.

Bagaimana Anda bisa mendapatkan produk / layanan Anda ke gerai yang menguntungkan? Apakah ada peluang dari merek tersebut? Bisakah Anda menggabungkan produk Anda dengan produk orang lain?

4). Rantai Pasokan (Supply Chain)

Rantai pasokan pemasaran adalah rantai pemasok yang bergantung pada organisasi untuk menghasilkan materi pemasaran (cetak, produk promosi dan titik penjualan) untuk memasarkan produk dan layanan mereka.

Bagaimana Anda bisa mengelola pemasok dan mendapatkan lebih banyak daya beli untuk mereka? Dapatkah Anda menyederhanakan produk Anda dan mengurangi kebutuhan pasokan Anda? Dapatkah Anda membeli dalam jumlah besar dan menyimpannya dengan biaya yang efektif? Dapatkah Anda membeli beberapa barang pra-fabrikasi lebih murah daripada melakukannya sendiri (atau sebaliknya)?

5). Positioning

Positioning adalah konsep pemasaran yang menguraikan bisnis apa yang harus dilakukan untuk memasarkan produk atau layanannya kepada konsumen. Dalam penentuan posisi, departemen pemasaran menciptakan citra untuk produk berdasarkan khalayak yang dituju. Hal ini tercipta melalui penggunaan promosi, harga, tempat dan produk.

Darimana produk / jasa Anda apakah sudah sesuai dengantarget pasar? Apakah ini benar-benar posisi yang Anda inginkan?

6). Promosi

Setiap bisnis tetntunya harus menerapkan promosi untuk memperkenalkan produk atau layanan yang akan diberikan pada konsumen. Promosi adalah istilah pemasaran yang digunakan untuk menggambarkan semua aktivitas komunikasi pemasaran perusahaan dan termasuk personal selling, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, pameran dagang, periklanan dan sponsor.

Bagaimana Anda bisa mengubah strategi penjualan dan pemasaran dengan promosi? Alat-alat promosi apa yang paling tepat untuk mempromosikan produk Anda namun sesuai dengan citra pemasaran yang ingin Anda proyeksikan?

7). Harga (Pricing)

Harga adalah salah satu elemen terpenting dari bauran pemasaran, karena ini adalah satu-satunya elemen bauran pemasaran, yang menghasilkan omset untuk organisasi. 3 unsur lain yang akan mempengaruhi harga dari bauran pemasaran yaitu biaya variabel untuk organisasi;

  • Produk – Biayanya untuk merancang dan memproduksi produk Anda.
  • Tempat – Biayanya untuk mendistribusikan produk Anda.
  • Promosi – Biayanya untuk mempromosikan produk Anda.

Harga harus mendukung unsur lain dari bauran pemasaran. Harga  harus mencerminkan hubungan penawaran dan permintaan. Harga suatu produk yang terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa berarti akan mempengaruhi penjualan suatu produ atau jasa.

Apa strategi penetapan harga anda? Apakah harga variabel sudah pas untuk pasar yang berbeda?

8). Layanan Pengiriman

Seberapa baik dan seberapa konsisten Anda mengantarkan / memproduksi produk / jasa Anda? Bagaimana Anda tahu layanan pelanggan Anda memuaskan? Bagaimana layanan tersebut bisa membangun loyalitas pelanggan?

9). Strategi
Strategi yang baik akan menunjang keberhasilan bisnis yang di jalankan. Maka sangat penting untuk menentukan strategi yang dimiliki secara maksimal. Dengan demikian perusahaan akan mampu memberikan dampak positif dalam penjualan produk atau jasa.

Bagaimana Anda bisa membangun loyalitas pelanggan? Bagaimana Anda bisa meningkatkan penjualan ke pelanggan lama atau baru? Bagaimana Anda bisa menembus pasar baru atau market place dengan menguntungkan?  Berapa biaya yang bisa dikeluarkan tanpa mempengaruhi produktifitas?

10). Manajemen

Berjalannya usaha dan bisnis tak lepas dari manajemen perusahaan yang baik hal inilah yang akan mempengaruhi jalanya seluruh aktifitas dari perusahaan tersebut.

Risiko apa yang ada sekarang dan dan yang akan mendatang? Apa kemungkinan dan dampak dari masing-masing? Bagaimana Anda bisa mengurangi keduanya?

Baca juga: Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar

Marketing strategi ini sangat di butuhkan dalam usaha dan bisnis dengan pengelolaan yang baik maka akan berpengaruh pada jalannya bisnis tersebut. Dalam penjualan produk atau jasa tentunya tiap perusahaan memiliki cara sendeiri-sendiri yang dirasa baik untuk usahannya.

Demikian pembahasan tentang Menciptakan Marketing Strategy untuk penjualan semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat sebagai pembelajaran atau referensi, jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini Terimakasih.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar
Strategi Pemasaran
Market share Adalah Salah Satu Indikator Keberhasilan Perusahaan

Market Share atau Pangsa Pasar Market share adalah sebagian dari total permintaan terhadap suatu barang atau jasa yang menunjukkan kelompok konsumen dalam sebuah pasar. Dalam hal ini, konsumen dapat dikelompokkan menurut jenis kelamin, pendidikan, status sosial, tingkat penghasilan, dan usia. Pangsa pasar merupakan bagian yang dikuasai oleh suatu perusahaan dalam …

Keuntungan Perdagangan Internasional Bagi Pengusaha
Strategi Pemasaran
6 Keuntungan Melakukan Perdagangan Internasional Ekspor Bagi Pengusaha

Keuntungan Perdagangan Internasional Bagi Pengusaha Perdagangan internasional memungkinkan Anda untuk bertukar barang dan jasa dengan menggunakan uang sebagai alat tukar. Kita juga sering mengenal perdagangan lintas negara ini dengan istilah ekspor impor. Selama abad ke-20 perdagangan jenis ini menjadi salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi. Melakukan ekspor impor juga meningkatkan …

Strategi Pemasaran
2
Cara Sukses Memasarkan Bisnis Menggunakan Blog

Memasarkan Bisnis Menggunakan Blog Dengan kemajuan teknologi dan informasi saat ini dan dengan dukungan internet memungkinkan berbagai hal bisa dilakukan dengan mudah salah satunya yaitu dalam hal kegiatan bisnis. Saat ini telah banyak bisnis yang juga menggunakan media sosial, termasuk blog, untuk mempromosikan aktivitas bisnis yang mereka miliki, berbagi berita …