Cara Mendapatkan Pengunjung Organik Lebih Tinggi Pada Blog

Cara Mendapatkan Pengunjung Organik Lebih Tinggi Pada Blog
Blogging
8

Mendapatkan Pengunjung Organik Lebih Tinggi Pada Blog

Artikel ini membahas yang kebanyakan pengguna blog sudah mengetahui tentunya lebih pintar-pintar, karena banyaknya artikel yang serupa mengenai bagaimana mendapatkan pengunjung organik pada blog yang dibangun. Topik ini sangat menarik sebab semua tutorial tentang blog tidak ada habisnya tak terkecuali tema yang dibahas berikut ini yaitu cara mendapatkan pengunjung Organik.

Cara Mendapatkan Pengunjung Organik Lebih Tinggi Pada Blog

Pengunjung atau visitor tentunya sangat penting karena faktor inilah yang mempengarui siklus hidup blog tersebut. pada dasarnya yang singgah pada sebuah halaman blog dibagi mejadi dua macam. Yaitu apabila pengelola atau pemilik blog atau website ketika menulis artikel setelah publiskasi postingan artikel mereka langsung share ke situs Sosial Media dengan klik tombol share maka dengan demikian mereka yang tertarik dan mengunjungi blog tersebut disebut pengunjung bukan organik yaitu visitor lintas platform saja.

Artikel terkait:  Tips Mendapatkan Pengunjung Blog Luar Negeri Untuk Pemula

Bagaimana  Meningkatkan Pengunjung Organik?

Beda halnya dengan pengunjung organik ini cara mendapatkan pengunjung Organik pun juga berbeda, ini didapat dari pengunjung hasil pencarian atas kata kunci atau keyword yang dimiliki mesin pencari seperti di Google, Bing, Yandek, Yahoo dan lain sebagainya. Dari istilah pengunjung organik dan non organik ini semuanya mendatangkan lalu lintas traffic terhadap blog yang signifikan dan konsisten, namun yang paling baik dari itu semua yakni pengunjung Organik dari search engine tersebut.

Pada dasarnya terdapat perbedaan yang  mencolok dari cara meningkatkan dan juga mendapatkan pengunjung Organik blog yaitu dengan memiliki reputasi baik di SERP mesin pencarian dengan demikian maka akan selalu muncul pada setiap keyword yang diminta oleh  user pencari atau pembaca, berbeda halnya dengan blog yang hanya mengandalkan share melalui Situs sosial media tanpa adanya dukungan optimasi pada semua komponen saat membuat artikel dan mengelola rujukan webmaster.

Cara Mendapatkan Pengunjung Trafik Organik dari mesin pencari seperti google

1). Cari Tahu Apa Yang di Butuhkan oleh Pengunjung atau Pembaca

Pada dasarnya kita membuat konten atau artikel yang berkualitas memang disuguhkan untuk pembaca kita buka?. Nah hal paling penting adalah membuat blog atau artikel yang memang untuk memecahkan masalah, memberi informasi sesuai kebutuhan pengunjung blog kita. Para pengunjung mereka mencari informasi mereka datang karena mereka mencari informasi yang mereka butuhkan. Pengunjung biasanya mereka mencari informasi setidaknya 80% melalui mesin pencari Google untuk menemukan apa yang mereka butuhkan. Nah bagi webmaster seperti kita tentu peranan kita adalah mengoptimasi mesin pencari tersebut utnuk mendapatkan pengunjung organik. Nah bagaimana mengetahui apa yang pengunjung butuhkan:

  • Kita bisa mengira-ngira apa yang pengunjung cari tentu saja ini hal yang untung-untungan saja.
  • Menggunakan Google trends fasilitas ini memang disediakan oleh Goolge secara gratis untuk mengetahui trend apa yang banyak dicari orang saat ini. Dari sini kita bisa mengetahui keywords apa yang sering di ketikkan oleh pengunjung hari, minggu, bulan bahkan satu tahun terakhir. Artinya kita bisa tahu aa saja sih yang di cari pengunjung oraganik.

2). Melakukan Riset Kata Kunci atau Keywords

Selanjutnya setelah kita tahu trend apa yang paling sering dicari pengunjung atau orang dari mesin pencarian maka kita sebagai webmaster saat membuat konten atau artikel perlu melakukan optimasi keywords. Hal ini dilakukan untuk mencari kata kunci yang memiliki potensi pencarian paling banyak dengan kompetisi yang tidak terlalu sulit atau tinggi biasanya yang paling aman dengan persaingan sedang dan kecil. Hal ini untuk bisa mendapatkan peringkat pencarian yang optimal karena jika Anda memilih dengan tingkat persaingan yang tinggi maka kompetitor yang dihadapi pun juga tinggi mereka adalah pemilik website besar dan ini memerlukan optimasi yang tinggi juga.

Dalam melakukan riset keywords atau kata kunci Anda bisa memanfaatkan tool gratis yang telah tersedia seperti:

  • Google Keyword Planner
  • Google Autocomplete
  • Ubersuggest
  • Keyword Tool
  • WordStream Free Keyword Tool
  • Keyword Eye (Basic)
  • Keyword Revealer’s Keyword Tool
  • Adwords Search Terms
  • Tentu saja masih ada yang lain yang bisa Anda manfaatkan

3). Optimasi SEO On-page Pada artikel yang Anda Buat

Setelah mengetahui trends apa saat ini kemudian juga telah melakukan riset keywords maka selanjutnya masuk pada bagian optimasi artikel yang akan kita buat. Untuk mendaptkan pengunjung organik yang paling utama adalah terletak pada artikel yang dibuat. Nah dalam hal ini ketika membuat artikel yang berkualiatas maka yang perlu dilakukan adalah optimasi SEO on-page yaitu mengoptimalkan seo pada artikel tersebut.

Lalu Apa saja optimasi seo on-page yang dimaksud ??
  • Mengoptimalkan Judul Artikel
  • Membuat artikel original, menarik dan unik
  • Menambahkan perlengkapan seperti gambar, grafis, video
  • Kepadatan keyword atau keyword density bidikan berikut semanticnya
  • Memberikan Tag heading (H1, H2, H3, H4, H5) ini sering dilakukan cara agar wordpress banyak pengunjung
  • Melakukan strategi internal linking

4). Indexing ke Search Engine / Mesin Pencari

Setelah kita membuat arikel yang berkualitas dengan optimasi yang telah kita terapkan maka selanjutnya adalah meng-indeks ke beberapa mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex dan lain sebagainya. Dengan melakukan sublit artikel ini maka kita memberitahukan kepada mesin pencari bahwa artikel sudah siap untuk di kunjungi oleh pengunjung atau visitor. Biasanya kalau saya menggunakan tool yang telah disediakan seperti webmaster tools (search console) Feetch As Google Pada Webmaster Tools. Dan untuk yang lain pada dasarnya sama cara menggunakanya.

5). Membuat Blog Menjadi SEO Friendly

Tentu saja tidak hanya artikel yang perlu di optimalkan pada bagian blog pun juga harus di optimalkan. Akuisisi lalu lintas organik dan SEO pada mesin pencari memang tidak akan ada habisnya kempetis-kompetisi yang ada akan semakin ketat mengingat banyaknya pengguna atau pemilik website yang terus mengembangkan situs mereka maka cara terbaik untuk menjaga situs kita tetap optimal adalah dengan menjadikan blog seo friendly.

Baca juga: Tutorial Terlengkap Bagaimana Cara Membuat Blog Dengan Blogger Untuk Pemula

Perlu diperhatikan yaitu teknik SEO yang berguna menunjang pencarian pada mesin pencari secara tepat. Semua mesin pencari tentunya berdampak terhadap URL halaman blog tersebut tidak ada sama sekali karena kalah sama pesaing dengan keyword dan judul yang sama percis. Dalam mencapai atau mendapatkan pengunjung organik yang optimal perlu diperhatian juga kualitas artikel yang akan memberikan dampak yang lebih besar nantinya.

Sekian pembahasan kali ini tentang Cara Mendapatkan Pengunjung Organik Lebih Tinggi. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Jadi untuk mendapatkan pegunjug organik ini akan ada baiknya jika memiliki konten yang bagus juga jadi bisa bikin nyaman terhadap pengunjungnya juga.

Iya benar karena saat ini pengguna blogger sangat banyak dengan jutaan konten segar tiap hari tentunya google akan mmfilter artikel yang baik dan bermanfaat bagi pembacanya. Terimakasi atas kinjunganmua hehe

tapi ada sedikit kendala bagi saya untuk semua itu
mungkin kalo bagi saya adalah cara untuk mendatangkan pengunjung organik yang sangat susah dan memerlukan tahap dan waktu yang banyak karena tidak semua orang tahu cara mempromosikan blog yang benar untuk mendatangkan pengunjung yang melimpah apakah ada saran atau nasihat buat saya supaya bisa mendatangkan pengunjung organik.

Karena setiap blogger atau pemilik situs memeang menginginkan pengunjung organik ini karena sifatnya yang tahan lama di mesin pencari. Dalam hal ini memaksimalkan konten dan SEO harus dilakukan untuk mendapatkan tempat di mesin pencari. Dulu awal2 saya membuat blog kesulitan mendapatkan pengunjung lalu saya akali dengan menyebarkan di media sosial memang cepat mendongkrak namun setelah lama saya tidak menggunakannya lagi. Saya biarkan secara alami di mesin pencari. Terimakasih semoga bermanfaat

Mau tanya maaf sy msh newbie ttg blog aplgi mslh SEO. Jika Orang yg melakukan pencarian berdasrkn keyword digoogle trs ternyata di halamn prtama it ad blog sya dgn kata kunci trsbut dan mmbwt org it ngeklik blog sy. Stelh dbwa msuk ke blog sy, it nmanya pengunjung organik kan? Tp kl ad orang lgsung ngetik nm domain sy digoogle apkh it trmsuk organik?

Iya benar kalau organik itu pengunjung mencari berdasarkan keywords apa yg di ketik/cari pengunjung dan mengarah ke situs kita. Untuk pertanyaan yang ke dua saya rasa masuk pada kategori Direct Traffic yg langsung mengarah ke situs kita. Jika ada kekurangan saya mohon maaf, but thanks atas partisipasinya

8 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cara Mendatangkan Trafik Blog Mudah Praktis Efektif
Blogging
9 Cara Mendatangkan Trafik Blog Mudah Praktis Efektif

Mendatangkan Trafik Blog Dengan Mudah Aman Daftar isi Mendatangkan Trafik Blog Dengan Mudah AmanBerikut ada beberapa cara untuk meningkatkan pengunjung atau mendatangkan trafik blog Anda:1). Melakukan SEO On Page dan Off PageBerikut ada beberapa teknik optimasi SEO off page yang dapat digunakan:Melakukan BlogwalkingMenjadi Guest Blogging atau Menjadi Penulis Tamu Web/Blog …

Pengertian Apa Itu WordPress WordPress com dan WordPress org
Blogging
Pengertian Apa Itu WordPress? WordPress.com dan WordPress.org

Apakah yang dimaksud dengan blog WordPress? Daftar isi Apakah yang dimaksud dengan blog WordPress?Apa itu WordPress Blog? Jelaskan apa yang dimaksud dengan blog? Apa saja manfaat dan fungsi WordPress?Sejarah perkembangan WordPressAutomatticPerbedaan WordPress.org dan WordPress.comWordPress.comApa itu WordPress hosting?WordPress.org atau WordPress Self HostedBerikut ringkasan perbedaan dalam penggunaan WordPress.com dan WordPress.org:Fitur dan keunggulan …

Tips Sukses Blogger untuk Pemula Agar Website Ramai Pengunjung
Blogging
Tips Sukses Blogger untuk Pemula Agar Website Ramai Pengunjung

Tips Sukses Blogger Agar Website Ramai Pengunjung Daftar isi Tips Sukses Blogger Agar Website Ramai PengunjungMenentukan Tujuan BlogMengenali Target PembacaKonsisten dengan BlogMengundang PembacaMempromosikan BlogBerani Mengambil Risiko Mengawali blogging mungkin cukup membingungkan kalau Anda masih pemula. Anda pun ingin menerapkan tips sukses blogger agar blog Anda menarik pengunjung. Sehingga dapat menghasillkan …