Cara Menentukan Strategi Riset Pemasaran Yang Unggul

Strategi Riset Pemasaran Yang Unggul
Strategi Pemasaran

Menentukan Strategi Riset Pemasaran

Apa itu Marketing research (riset pemasaran) adalah suatu upaya pencarian untuk memperoleh informasi yang relevan Secara teknis, riset marketing merupakan proses formal dan objektif agar dengan sistematik dapat memperoleh menganalisis, dan menafsirkan data yang ditujukan untuk menyediakan informasi yang berguna untuk pembuatan keputusan dalam marketing.

Perusahaan harus mempertimbangkan berapa besar proporsi penjualan di pasar asing terhadap sasaran total penjualannya, apakah apakah perusahaan melakukan bisnis di beberapa negara saja atau di banyak negara dan negara seperti apa yang akan dimasuki.

Selanjutnya memutuskan pasar-pasar mana saja yang akan dimasuki, karena ini mengharuskan penilaian besarnya laba atas investasi yang mungkin di bandingkan dengan tingkat risiko yang dihadapi. Dengan adanya keuntungan atau risiko dari pemasaran internasional, perusahaan membutuhkan cara yang sistematis untuk mengambil keputusan menenai pemasaran internasional.

Strategi Riset Pemasaran Yang Unggul

Artikel terkait:  Pengertian Strategi Internet Marketing Untuk Bisnis

Untuk itu perusahaan harus meninjau atau memperhatikan produk apa yang sekiranya layak untuk di pasarkan di pasar domestik maupun internasional. Produk merupakan bauran pasar yang paling mendasar. Produk tidak hanya obyek fisik akan tetapi produk merupakan seperangkat manfaat atau nilai yang dapat memuaskan kebutuhan pelanggan. Produk meliputi kualitas, keistimewaan, desain, gaya, keanekaragaman, bentuk merek, kemasan, ukuran, pelayananm jaminan, pengembalian.

Kualitas produk

Dari segi kualitas di definisikan oleh pelanggan apakah layak produk tersebut dan seberapa baik sebuah produk sesuai dengan kebutuhan yang di inginkan pelanggan. Kualitas sendiri meliputi kualitas kinerja, kualitas kesesuaian, daya tahan dan keandalan.

Karakteristik atau keistimewaan produk

Dari segi keistimewaan adalah karakteristik yang melengkapi fungsi dasar produk. Pokok utama yaitu memperkenalkan apa keistimewaan produk yang ditawarkan sehingga mampu bersaing dengan cara yang efektif.

Desain produk

Dari segi desain merupakan totalitas keistimewaan yang mempengaruhi fungsi produk sehingga pelanggan dapat mengerti apa maksud dan tujuan yang ditawarkan sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Gaya produk

Dari gaya menggambarkan penampilan dan perasaan itu bagi pelanggan. Gaya disini memproyeksikan agar pelanggan dapat tahu apa yang mereka butuhkan

Kemasan produk

Dari segi kemasan produk fisik atau berwujud membutuhkan kemasan agar tercipta manfaat-manfaat tertentu seperti misalnya perlindungan, kemudahan, manfaat ekonomi dan juga promosi. Para pemasar harus mengembangkan konseppengemasan dan kemudian mengujinya dari segi fungsi dan psikologi agar tercapai tujuan yang diraih, serta tidak melanggar undang-undang dan kebijakan pemerintah. Kemasan harus mempunyai informasi yang relevan dari segi produk, manfaat, dan informasi lainnya sehingga konsumen tidak merasa tertipu dan mendorong konsumen untuk mencoba membelinya.

Pelayanan perusahaan

Dari segi pelayanan Perusahaan harus menyusun, mengembangkan dan memberikan produk, jasa, atau pelayanan yang memang diinginkan oleh para pelanggannya. Jasa pelayanan ini harus efektif dalam memenangkan persaingan. Kunci dari keberhasilan dalam persaingan adalah adanya penambahan pelayanan yang berkualitas dan memiliki nilai tambah. Pembeda pelayanan terletak pada kemudahan yang dilakukan pemesanan, pengiriman, pemasangan, pelatihan pelanggan, keluhan dan penyesuaian, masa kredit, pemeliharaan, bantuan teknis dan informasi bagi konsumen.

Baca juga: Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar

Setelah perusahaan menentukan produk sebagaimana mestinya maka pembidikan pasar harus dilakukan. Untuk melakukanya pemasar harus terlebih dahulu menevaluasi potensi laba masing-masing segmen pasar. Ini adalah fungsi dari ukuran dan pertumbuhan segmen.

Demikian arikel ini tentang riset pemasaran semoga yang sedikit ini bisa memberikan manfaat untuk Anda jiaka ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan ingin menambahi, berpendapat atau berbagi denganpengunjung lain silahkan komentar dibawah ini Terimakasih.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jenis-Jenis Iklan dan cara strategi Komunikasi Pemasaran
Strategi Pemasaran
2
Pengertian, Contoh, Jenis-Jenis Iklan dan cara strategi Komunikasi Pemasaran

Jenis-Jenis Iklan dan cara strategi Komunikasi Pemasaran Daftar isi Jenis-Jenis Iklan dan cara strategi Komunikasi PemasaranSupaya mampu membujuk, mampu membangkitkan mempertahankan ingatan konsumen akan produk yang ditawarkan, maka perlu adanya daya tarik untuk keberhasilan komunikasi dengan konsumen.1). Daya tarik pesan iklan rasional 2). Daya tarik didasarkan perasaan dan emosi3). Perencanaan Media Ada Beberapa …

Alat-Alat Promosi Pemasaran
Strategi Pemasaran
2
Alat-Alat Promosi Pemasaran

Definisi Alat-Alat Promosi Pemasaran Daftar isi Definisi Alat-Alat Promosi PemasaranAlat promosi pemasaran yang sering digunakan dalam mengkomunikasikan produk menurut Philip Kotler dan Gary Armstrong, Manajemen Pemasaran alih bahasa Hendra Teguh (2002:643) adalah :1.) Periklanan (Advertising)2.) Penjualan Personal (Personal Seling)3.) Pemasaran Langsung (Dirrect Selling)4.) Promosi Penjualan (Sales Promotion)5.) Hubungan Masyarakat dan …

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar
Strategi Pemasaran
Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar Daftar isi Pengertian Market Share atau Pangsa PasarBagaimana Ukuran Pasar Ditetapkan?Dan Siapa Pesaing di Bisnis?Share Anda dari PasarCara Meningkatkan Market Share?Membangun Strategi Bauran Pemasaran Sebelum kita masuk pada pembahasan ada biknya kita mengetahui terlebih dahulu beberapa pengertian dari Apa itu market share atau pangsa …