Cara Menghapus Broken Link Pada Blog Panduan Terlengkap

Menghapus Broken Link Pada Blog

Broken Link atau bisa disebut link mati yang merupakan tautan link yang rusak atau URL yang sudah tidak berfungsi lagi biasanya akan muncul code 404. Broken link sendiri adalah tidak berfungsinya suatu link ketika di akses oleh pengunjung dan mengarah ke alamat 404 tersebut. Mengapa tautan yang rusak ini harus diperhatikan karena jika Website atau Blog kalian ada Link Blog yang sudah Tidak Aktif, Broken Link atau URL mati akan berpengaruh bada blog kalian walau tidak terlihat. Dari kebanyakan alasan Google Adsense tidak menyetujui akun blog kalian juga termasuk kedalam alasan Google menolak dengan alasan navigasi sulit dan tautan rusak juga tak jarang search engine bisa jadi menganggap Blog kalian sebagai spam. Dan tentunya ini akan berpengaruh pada page rank Blog atau website kalian turun peringkatnya.

Cara Menghapus Broken Link Pada Blog

Broken link ini bisanya terbentuk karena beberapa alasan contohnya ketika kita menghapus sebuah halaman, atau artikel yang tidak dipakai nah disitu akan berakibat halaman tidak ditemukan atau tautan rusak. Ada juga yang terjadi karena komentar pengunjung yang meletakkan spam komentar atau link hidup nanun sudah tidak dapat di akses lagi itu juga bisa menjadi broken link akibatnya kualitas blog akan turun.

Nah dari sini sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi broken link tersebut salah satunya menggunakan fasilitas yang disediakan Google Webmaster dan menghapus untuk mengatasi dan menghapus broken link tersebut.

Artikel terkait:  9 Situs Penyedia Broken Link Checker Tool Gratis

Cara Cek Broken Link, Memperbaikinya dan Menghapus Broken Link ini Silahkan Simak Langkah Berikut ini:

1). Menggunakan Brokenlinkcheck.com

Yang pertama adalah menggunakan tool yang disediakan secara gratis oleh brokenlinkcheck.com. Di situs tersebut nantinya akan menampilkan link yang mati atau tautan yang rusah dan bisa segera Anda perbaiki nantinya. Untuk langkah penggunaannya adalah sebagai berikut:

1. Kunjungi situs resminya di https://www.brokenlinkcheck.com

2. Kemudian masukan alamat website situs Anda lalu tekan Find broken links. Lihat gambar dibawah ini:

3. Isikan Isi Security Code yang telah disediakan dan disitu ada dua pilihan yaitu:

  • Report distinct broken links only
  • Report all occurrences of each dead link (may be slower)

Pilihan pertama adalah untuk mengecek broken link di halaman tertentu dan yang kedua adalah untuk mengecek broken link menyeluruh pada blog atau website Anda.

Agar hasil lebih lengkap pilih Report all occurrences of each dead link (may be slower) lalu tekan Find broken link now !

    4. Setelah selesai dan klik find broken link maka akan mulai melakukan proses pencarian link mati atau broken link yang ada pada blog sobat. Tunggu sampai proses selesai agar mendapatkan hasil yang maksimal.

    5. Setelah proses selesai maka akan ada tabel hasil link mati atau broken link yang ada pada blog sobat, coba lihat gambar berikut ini kebetulan website saya hanya menemukan 2 broken link.

    Nah disini ada pilihan URL dan SRC jika url untuk mengetahui link mana yang mati dan diarahkan pada link artikel terkait sedangkan src untuk mengetahui sumber atau code html bagian mana yang rusak. Nah disini tugas sobat adalah langsuk mengecek suber link mati tersebut dan memperbaikinya.

    6. Selesai

    Untuk menjaga kesehatan blog Anda maka sebaiknya cek secara berkala minimal sebulan sekali agar blog Anda tetap memiliki performa yang baik dan tentunya tetap sehat dimata mesin pencari.

    2). Menggunakan Google Webmaster Tool

    Cara Cek Broken Link pada Blog dengan Google Webmaster:

    • Langkah pertam masuk ke Google Webmaster Tools kalian.
    • Kemudian seperti halnya ketika kalian mau submit url disini kalian cukup memilih Kesalahan Perayapan atau Crawl Error.
    • Ketika kalian klik maka jika ada broken link yang ada pada blog kalian maka akan tampil lis url tersebut.
    • Jika kalian menemui broken link yang terlalu banyak pada list saya sarankan untuk mengunduh terlebih dahulu dengan mencentang semua lalu download (Pengunduhan dengan Mode CSV). Lihat gambar berikut ini:
    Cara Menghapus Broken Link Pada Blog

    Bagaimana Cara Menghapus Broken Link pada Blog Ikuti Langkah Brikut:

    • Langkah pertama pilihlah menu Google Indeks kemudian pilih Remove URLs.
    • Jika terdapat banyak link yang rusak maka buka file yang telah kalian download tadi namun jika sedikit tinggal klik pada URL yang error dan copy url tersebut.
    • Kemudian copy link yang ada pada daftar dan pastekan di menu Temporarity hide.
    • Klik Continue setelah itu akan muncul Request type: pilih yang di inginkan > Submit Request. 
    • Jangan lupa setalah di submit tadi untuk membuaka kembali pada crawl error untuk Mark as Fix artinya broken link tersebut sudah kalian perbaiki.
    • Lakukan langkah ini sampai semua sudah selesai kalian perbaiki satu-persatu.
    Cara Menghapus Broken Link Pada Blog

    Disini akan ada proses remove url oleh sistem jadi akan ada status (Pending) atau tertunda sementara jika sudah berhalsil maka setatus akan berubah menjadi Removed

    Baca juga: Tips Cara Mengatasi Penolakan Konten Tidak Memadai Google AdSense

    Sebenarnya masih banyak tool yang tersedia secara online dan gratis untuk mengecek broken link atau url mati pada blog kalian. Cara Cek Broken Link atau Link Blog yang sudah Tidak Aktif, Broken Link atau URL mati di Blog atau Website dengan mudah untuk dicoba.

    Demikian semoga artikel ini membantu kalian yang ingin menghapus broken link atau tautan rusak. Semoga yang sedikit ini bermanfaat jika ada kekurangan saya mohon maaf. Jika berkenan tinggalkan komentar kalian Terimakasih.

    Tidak ada Komentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Blogging
    Inilah Manfaat Google+ untuk Ngeblog yang Jarang diketahui

    Manfaat Google+ untuk Ngeblog Halo apakabar sobat blogger dimanapun kalian berada salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Google+ atau bisa disebut Google Plus adalah salah satu dari beberapa media jejaring sosial yang telah dikembangkan dan dimiliki oleh perusahaan raksasa Google. Di era moderen …

    Blogging
    Hal yang Wajib dilakukan Setelah Posting Artikel di Blog

    Kegiatan Setelah Posting Artikel di Blog Pie kabare sobat blogger indonesia dimanapun kalian berada salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini kebetulan saya ini berbagi informasi yang cukup menarik terutama bagi blogger pemula. Apa itu? Yaitu kegiatan setelah kita menulis artikel yang tidak boleh terlupakan. Menulis artikel yang …

    Blogging
    Mitos Nama Domain yang Masih dipercayai Kebenarannya

    Nama Domain Apakah Berpengaruh ke Website? Ketika kita ingin mengunjungi sebuah situs tentu kita juga akan melihat nama domain yang kita akses. Sebagai blogger pemula yang ingin membeli domain pasti akan memikirkan nama yang cocok dan pas untuk dipilih bahkan terkada juga bingung menentukan nama domain akan seperti apa nantinya. …