Cara Menghasilkan Uang dari Blog Panduan Terlengkap

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Menghasilkan uang dari blog ini memang menarik bagi semua orang yang menggunakan blog ini.Tak jarang orang mau membuat blog mereka utnuk bisnis yang menghasilkan uang dari Google Adasense atau yang lainnya. Banyak yang bertanya bagaimana Cara menghasilkan uang dari bisnis online misalnya melalui internet dan blog gratisan khusus untuk pemula yang memang terbukti cepat dan mudah untuk menambah penghasilan. Nah jawabanya tidak lain adalah melalui media yaitu blog. Blog sendiri gratis dan mudah untuk digunakan selain bisa menghasilkan uang juga sebagai bisnis lainnya misalnya untuk menawarkan produk atau jasa, situs perusahaan, periklanan, dan sebagai hobi bagi mereka yang memiliki hobi menulis.

Namun dalam pelaksanaanya dalam membangun Blog ini gampang-gampang susah, yang membutuhkan waktu dan konsistensi kuarang lebih 6 bulan untuk mendapatkan tempat di mesin pencari google, bahkan bisa jadi mungkin setelah 6 bulan – 1 tahun blogging secara konsisten ini barulah Anda bisa mulai mendapatkan penghasilan tambahan dari blog yang telah dibangun. Tidak sampai disitu saja membuat blog butuh keahlian, kesabaran, dan ketekunan juga. Dalam rentang waktu berbulan-bulan itu Anda harus konsisten menulis, merawat, dan mengembangkan blog tanpa dibayar dan penghasilan sepeser pun.

Bagaimana Mendapatkan Uang dari Blogging?

Saya sering ditanya bagaimana membuat uang dari blogging nah dari sini di artikel ini akan saya bahas beberapa langkah dasar yang kebanyakan blogger terapkan untuk mencari penghasilan melalui blogging.

Berikut adalah cara menghasilkan uang dari blog:

  1. Siapkan blog Anda dengan topik yang Anda sukai.
  2. Mulai buat konten yang bermanfaat untuk orang lain.
  3. Belajarlah SEO untuk blog Anda dan mulailah menemukan pembaca.
  4. Bangunlah kepercayaan dan ikatan dengan pembaca yang datang.
  5. Mulailah menghasilkan uang dari berbagai macam jaringan iklan.

Dari beberapa hal diatas memang kedengarannya mudah bukan! Pada beberapa tingkat prosesnya memang cukup sederhana – namun Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa ada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk setiap langkah dan di berikut ini saya akan memberi Anda beberapa petunjuk yang mungkin bisa membantu memperluas wawasan Anda:

Artikel terkait: Cara Mudah Menjadi Publisher Google Adsense dan Hasilkan Uang

Inilah cara menghasilkan uang dari sebuah blog.

1. Penghasilan dari iklan (Publisher Google Adsense)

Kebanyakan blogger memulai membuat blog dengan tujuan bisa mendapatkan penghasilan dari media iklan di sinilah tujuan banyak blogger memulainya. Dalam banyak hal, model menghasilkan uang dari blog tidak jauh berbeda dengan bagaimana majalah atau koran menjual iklan mereka. Dengan perkembangan internet ini dan seiring lalu lintas meningkat maka pertumbuhan blog ini semakin pesat, Anda akan mendapati pengiklan bersedia membayar untuk mendapatkan pelanggan dan mengenalkan produk atau jasa yang mereka miliki pada audiens Anda.

Meskipun Anda memerlukan lalu lintas yang layak untuk melakukan transaksi langsung dengan pengiklan, ada jaringan iklan (seperti Google AdSense) yang bertindak sebagai perantara dan memungkinkan penayang yang lebih kecil menjalankan iklan di blog mereka. Di sinilah banyak blogger memulai (saya juga).

2. Penghasilan dari Afiliasi Marketing

Afiliasi Marketing adalah satu model bisnis atau cara menghasilkan income dari internet yang paling populer diantara pemula di internet marketing saat ini. Tidak hanya itu Affiliate marketing ini adalah model bisnis dari internet yang bisa mendatangkan penghasilan pasif, dan relatif mudah bagi pemula. Sebuah survei terbaru menemukan bahwa promosi afiliasi adalah jenis pendapatan paling umum yang kebanyakan pelaku bisnis internet menggunakannya.

Sederhananya – bagaimana mendapatkan uang dari afiliasi ini yaitu pendapatan afiliasi adalah saat Anda menautkan produk yang dijual di situs lain (misalkan Amazon, Lazada, Ratakan, dan lain sebagainya) dan apabila pengunjung blog Anda mengeklik dan mengikuti tautan tersebut dan akhirnya tertari membeli produk itu, Anda akan mendapatkan komisi atas penjualan tersebut tergantung perjanjian yang telah di setujui kobisi bisa 30%, 50%,70% dari total haraga produk. Program afiliasi ini bagus untuk memulai bisnis blog Anda dan memonetisasi blog karena program afiliasi mudah untuk diterapkan dan jika Anda memiliki pemirsa yang banyak maka peluang itu semakin besar, Anda akan mendapati bahwa mereka mengikuti rekomendasi yang Anda buat pada produk tersebut.

3. Mempromosikan Bisnis Melalui Blog

Banyak pelaku bisnis yang menggunakan blog ini untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. secara tidak langsung mereka menghasilkan uang dari blog mereka dengan menggunakan blog untuk mengembangkan profil mereka dan mengarahkan pembaca ke bisnis mereka. Tak jarang mereka menawarkan melalui blog ini karena gratis dan mudah untuk dibuat.

4. Membuat Blog Yang Berjenis Layanan

Cara yang umum agar banyak blogger menghasilkan uang adalah dengan menawarkan layanan kepada pembacanya. Ini bisa berupa pembinaan dan konsultasi, penulisan atau copywriting, desain, pelatihan atau layanan lepas lainnya. Hal ini bisa jadi membuat penghasilan yang lumayan untuk mereka pelaku bisnis ini,

5.  Menyediakan Ruang Iklan di Blog

Ya blog memang menawarkan berbagai macam fasilitas yang menarik. Dengan menyediakan dan menawarkan ruang iklan maka bagi mereka yang tertarik ingin memasang slot/ruang iklan maka pengiklan bisa melakukan perjanjian misalnya biaya pertahun/bulan yang mereka sepakati dan dari sinilah blogger bisa mendapatkan penghalilan tambahan.

6. Memasarkan Produk Atau Jasa

Sementara kebanyakan blogger menghasilkan uang dari blog mereka seperti melalui promosi periklanan dan afiliasi, adahal yang menarik yaitu mendapatkan sumber pendapatan yang lain yaitu melalui penjualan eBook dan kursus di blog. ‘Produk virtual’ ini selain menguntungkan pada blogger namun juga bagi pembelinya produk ini bisa berupa produk virtual seperti eBook atau kursus juga produk virtual lainnya seperti software, laporan dll.

Jenis produk lain yang dijual beberapa blogger adalah produk fisik. Ini yang paling lazim dilakukan  blogger yaitu punya bisnis dengan membuat barang dagangan seperti (T-shirt dll) atau produk fisik lainnya untuk dijual.

7. Menjual Blog

Ketika Anda memiliki blog maka blog tersebut bisa di uangkan atau di jual dengan harga tertentu. Blog yang telah Anda bangun dengan konten dan pengunjung yang cukup maka blog tersebut bisa dijual kepada orang lain. Ini memang cukup menguntungkan bagi Anda.

Baca juga: Banyak Tantangan Sebagai Blogger Masih Mau Mencobanya?

Saya sendiri mengelola blog Gomarketingstrategic membutuhkan waktu dan energi yang cukup luar biasa karena memang blog itu berat jika memang tidak ada niat terjun di dunia blogging. Namun jika kita yakin apa yang kita kerjakan saya percaya kesuksesan akan datang dengan sendirinya. Terusalah berkarya.

Nah sekian semoga pembahasan ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk rekan-rekan blogger sekalian. Terimakasih atas partisipasinya tinggalkan komentar Anda jika bermanfaat. Terimakasih.

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blogging
Inilah Manfaat Google+ untuk Ngeblog yang Jarang diketahui

Manfaat Google+ untuk Ngeblog Halo apakabar sobat blogger dimanapun kalian berada salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Google+ atau bisa disebut Google Plus adalah salah satu dari beberapa media jejaring sosial yang telah dikembangkan dan dimiliki oleh perusahaan raksasa Google. Di era moderen …

Blogging
Hal yang Wajib dilakukan Setelah Posting Artikel di Blog

Kegiatan Setelah Posting Artikel di Blog Pie kabare sobat blogger indonesia dimanapun kalian berada salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini kebetulan saya ini berbagi informasi yang cukup menarik terutama bagi blogger pemula. Apa itu? Yaitu kegiatan setelah kita menulis artikel yang tidak boleh terlupakan. Menulis artikel yang …

Blogging
Mitos Nama Domain yang Masih dipercayai Kebenarannya

Nama Domain Apakah Berpengaruh ke Website? Ketika kita ingin mengunjungi sebuah situs tentu kita juga akan melihat nama domain yang kita akses. Sebagai blogger pemula yang ingin membeli domain pasti akan memikirkan nama yang cocok dan pas untuk dipilih bahkan terkada juga bingung menentukan nama domain akan seperti apa nantinya. …