Cara Menjalankan Prosedur Penyerahan Polis Asuransi Mobil

Asuransi

Prosedur Penyerahan Polis Asuransi Mobil

Lagi bingung pelajari isi polis asuransi mobil? BANYAK MENEMUKAN ISTILAH YANG MEMBNGUNGKAN? Bingung nya akan istilah dalam polis asuransi membuat kita malas untuk belajar tentang asuransi mobil. Terus, malas juga ditambah dari cerewetnya dan berbelit-belitnya sama petugas asuransi dalam menjelelaskan istilah-istilah yang rumit itu. Belum lagi kalau polis asuransi. Daftar istilahnya pasti makin panjang lebar dan membosankan.

Polis Asuransi Mobil

Sebelum lebih jauh lagi, lebih baik diawali dengan belajar apa itu arti dan penjelasan detail tentang asuransi dahulu. Polis asuransi adalah sebuah dokumen tertulis yang berisi kesepakatan antara kedua pihak dalam hal ini pihak penanggung jawab (asuransi) dengan pihak tertanggung ( pihak nasabah). Dokumen ini memerinci apa saja yang ditanggung pihak asuransi kepada tertanggung dalam hal ini nasabah. Istilahnya, kayak kontrak kesepakatan lah.

Dalam kehidupan sehari-hari, Segala hal bisa terjadi. Dan kejadian tersebut bisa saja akan menimbulkan kerugian bagi yang mengalami kejadian yang merugikan. Misal mempunyai mobil, Tidak menutup kemungkinan juga akan mengalami kerugian dari mobil tersebut. Untuk itu, Tidak ada salahnya jika sebagai pemilik mobil mengalihkan resiko kerugian kepada perusahaan asuransi dengan mengikuti jenis asuransi kendaraan.

Artikel terkait: Cara Mendapatkan Polis Asuransi Mobil Termurah

Apa fungsi polis asuransi bagi kedua pihak?

  1. Sebagai dokumen yang mengikat dari sebuah perjanjian yang dibuat antara nasabah dan pihak penanggung jawab asuransi.
  2. Polis asuransi berkekuatan hukum di mana nasabah bisa menuntut pihak asuransi jika melanggar isi kesepakatan.
  3. Polis asuransi menjadi bukti bagi nasabah telah menyetorkan dan bagi asuransi sebagai tanda bukti penerimaan yang sah dan memiliki kekuatan hukum.

Dalam memudahkan pengurusan suatu asuransi, maka penting untuk mencatat nomor polis. Nomor ini semacam identitas berkekuatan hukum bagi Anda dalam berhubungan dengan pihak perusahaan asuransi yang terkait dan yang telah di percayai. Dengan begitu pengurusan klaim dapat segera direspons oleh pihak asuransi. Selain itu, penting juga menyimpan isi polis asuransi. Ini untuk menjadi rujukan jika suatu waktu berurusan dengan pihak asuransi bila menjadi kekeliruan.

Ini adalah cara menjalankan Prosedur Penyerahan Polis

Pihak asuransi harus menyerahkan kepada Nasabah dalam jangka waktu sebagai berikut :

  • Bila perjanjian dibuat seketika dan langsung antara cs dan pihak dari nasabah atau yang dikuasakan tertanggung (nasabah ) ,dan maka polis yang telah ditandatangani oleh penanggung harus diserahkannya kepada tertanggung(nasabah) dalam tempo waktu 24 jam dalam kepengurusannya.
  • Dan jika asuransi dilakukan dengan melalui pihak makelar asuransi (broker) yang terpercaya , maka polis yang telah ditandatangani oleh penanggung harus segera diserahkan kepada nasabah atau yang mewarisi.
  • Sekalipun secara spesifik telah ditetapkan waktu tenggang suatu polis oleh penanggung kepada tertanggung, namun di dalam penerapan praktek penerapan asuransi, penanggung baru mau menyerahkan polis kepada tertanggung (pihak asuransi ) setelah dia memperoleh pembayaran premi dari tertanggung (nasabah ) yang benar-benar diberikan dan ini kadang menyebabkan masalah yang timbu dalam kegiatan asuransi.

Unsur-unsur dalam Polis

  1. Memuat data yang berkaitan dengan pertanggungan
  2. Memuat pernyataan penanggung, di mana dengan menunjuk atau berdasar data yang tecantum dalam deklarasi menyatakan kesanggupannya mengganti kerugian atas obyek pertanggungan apabila terjadi kerusakan bahaya yang ditanggung.
  3. Penjelasannya dalam Suatu Kondisi obyEk pertanggungan asuransi, tidak dijelaskan kondisi obyek yang dia suransikan dengan benar yaitu yang menyangkut keadaan yang dapat meningkatkan risiko, dapat menyebabkan batalnya polis asuransi mobil.
  4. Pada problem bagian ini harus disebutkan dengan jelas dan detail mengenai apa saja yang tidak ditutup atau diluar penutupan pertanggungan dalam suatu polis asuransi mobil.

Dalam keseharian tentu tidak lepas dari resiko-resiko yang mungkin saja dialami oleh setiap orang yang tidak tahu kapan akan terjadi musibah menimpa. Apalagi saat berkendara tidak ada yang tahu dijalan akan seperti apa aman atau tidaknya. Sehingga kita perlu memiliki pihak yang siap mejamin jika terjadi keadian yang tidak di inginkan nantinya. Misalnua saja ketika berkendara baik itu mobil atau motor kecelakaan adalah salah satu kejadian yang pasti ingin dihindari karena hal ini kejadian yang memang kejadian yang tidak di inginkan oleh siapa saja yang berkendara di jalan. Tetapi terkadang siapa sih yang tahu akan musibah yang datang yang tidak dapat di hindari baik itu mungkin kesalahan diri sendiri atau di akibatkan oleh orang lain.

Baca juga:  Jenis-Jenis Asuransi Mobil di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

Pentingnya memiliki asuransi mobil

Saat terjadi musibah ini tentu akan banyak kerugian baik itu secara fisik dan materi, dari segi biaya pun misal untuk memperbaiki moto dan juga pengobatan pasca terjadi musibah pastinya tidaklah sedikit bahkan bisa sangat mahal. Oleh karena itu memiliki asuransi adalah pilihan yang tepat dan merupakan alasan atau solusi dalam meringkankan beban yang sangat mahal tersebut.

Untuk itu perlu Anda mengikuti atau membeli jasa asuransi baik itu asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuran mobil dan lain sebagainya untuk meringkankan beban biaya Anda. Misalnya dengan mengikuti layanan asuransi mobil maka biaya kerusakan kendaraan mobil Anda akan dibantu oleh penyedia jasa asuransi tersebut guna memperbaiki kerusakan atau terkadang dapat menutupi segala biaya perbaikan mobil Anda. Maka dari itu sangat di rekomendasikan memilih dan mempunyai asuransi mobil tersebut.

Cukup sekian pembahasan kali ini jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan terkait  Prosedur Penyerahan Polis Asuransi Mobil lainnya, jangan ragu untuk meninggalkan komentar melalui form yang tersedia. Dapatkan juga artikel terbaru kami langsung di inbox email Anda dengan cara Subscribe pada form yang sudah disediakan.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Asuransi
5 Rekomendasi Perusahaan Asuransi Terbaik Saat ini

Daftar Rekomendasi Perusahaan Asuransi Terbaik Seiring meningkatnya perekonomian masyarakat saat ini tentu mereka juga memperhatikan masadepan diri dan keluarganya. Dengan mengikuti program-program asuransi maka masyarakat tidak lagi khawatir tentang apa yang mungkin saja terjadi di masa mendatang, tentu saja dengan mengikuti asuransi-asuransi yang telah tersedia saat ini sebagai pilihan terbaik …

Asuransi
Apa Saja Kebijakan Produk-Produk Asuransi

Kebijakan Produk-Produk Asuransi Kebijakan Produk-Produk Asuransi “seumur hidup”. Sesuai dengan namanya, asuransi “seumur hidup” dimaksudkan untuk bertahan sepanjang hidup Anda. Ini adalah kebalikan dari polis asuransi jiwa sementara yang mencakup jumlah waktu tertentu seperti jangka waktu 10, 20, atau 30 tahun. Ada banyak alasan bagus untuk membeli kebijakan produk-Produk Asuransi …

Asuransi
Cara Mendapatkan Polis Asuransi Mobil Termurah

Memperoleh Polis Asuransi Mobil Termurah Cara Mendapatkan Polis Asuransi Mobil Termurah adalah artikel yang membahas tentang cara mendapat polis asuransi. Sebagian besar dari kita membutuhkan asuransi mobil, tetapi sedikit dari kita yang memahaminya. Nah, kali ini Anda harus memahami lebih lengkap. Puluhan perusahaan asuransi mobil, termasuk pemain besar dan perusahaan …