Cara Mudah Menggunakan HTTPS Custom Domain di Blog

Menggunakan HTTPS Custom Domain di Blog 

Hallo sobat blogger dimanapun Anda berada salam sukses untuk kita semua. Bagi sobat yang terjun di bidang blogging tentu sangat beruntung karena banyak manfaat yang diperoleh dari blog ini. Tentunya banyak yang meinginkan memiliki sebuah website yang profesional salah satunya dengan menggunakan Custom Domain atau domain TLD sehingga blog menjadi lebih terpercaya. Tahukah kalian tentang http dan https pasti kalian sering melihat keduanya saat mengunjungi sebuah situs, dari keduanya memang sepintas terlihat sama namun ada perbedaan dari segi keamanan karena jika kalian telah menggunakan https maka blog sobat telah ter-enkripsi sehingga akan aman dari berbagai macam ancaman yang mungkin saja terjadi. Oke sebelum saya menjelaskan bagaimana mengaktifkan https pada blog yang telah di custom domain saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu HTTPS.

Mengaktifkan HTTPS Custom Domain di Blog

Pengertian HTTPS adalah singkatan dari hypertext transfer protocol secure yaitu sambungan yang telah ter-enkripsi dengan keamanan transport-layer yang merupakan bentuk protokol internet yang paling valid dan yang paling aman. Ini adalah versi aman dari http. Ciri dari https ini adalah pada bagian icon gembok kecil berwarna hijau pada address bar ketika browsing itu tandanya wibsite tersebut sudah menggunakan https. Standar ini biasanya sering digunakan untuk melakukan transaksi keuangan yang dapat melindungi dari ancaman seseorang yang tidak bertanggung jawab.

Mengacu pada manfaat apa jika blog kita menggunakan https ini yaitu salah satu yang bisa untuk mengoptimalkan mesin pencari yang biasa kita kenal sebagai teknik Search engine optimization (SEO) untuk memberikan nilai terbaik pada mesin pencari juga dimata pengunjung karena situs tersebut memang aman utnuk di kunjungi. Selan memberikan rasa aman untuk pengunjung, ini juga memberika nilai tersendiri pada mesin pencari seperti Google, bing dan lain sebagainya.

Artikel terkait: Niagahoster Terbukti Hosting dan Domain Server Cepat Dan Handal

Lantas bagaimana cara untuk mengaktifkan HTTPS Custom Domain di Blog? Untuk lebih jelasnya yuk simak yang berikut ini:

Karena saya baru-baru ini saja mengaktifkan juga dan memang fitur ini tergolong baru di blogger. Yang pertama sobat lakukan utnuk memunculkan fitur https ini adalah dengan mengunjungi draft.blogger.com 

Menggunakan HTTPS Custom Domain di Blog

Setelah selesai kemudian pilih menu Setelan – Dasar – HTTPS- kemudian ubahlah pada bagian ketersediaan HTTPS menjadi Ya

mMengaktifkan HTTPS Custom Domain di Blog

Tunggulah beberapa saat biasanya tidak sampai 3 menit dan regres (F5) hingga pada bagian pengalihan menjadi tersedia, jika sudah tidak di-disable maka sobat bisa mengubahnya dengan Ya.

Bagaimana sampai sini dah selesai kan? Nah tahap selanjutnya adalah mengganti semua URL pada template menjadi HTTPS. Silahkan pergi ke menu tema dan edit htm-nya. Carilah URL yang menggunakan HTTP dan tambahin saja semua dengan S menjadi HTTPS, utnuk lebih mudahnya gunakan pencarian (CTRL+F) jika sudah selesai ya udah tinggal simpan saja.

Samapi sini sobat telah mengganti ke HTTPS, karena url sobat udah ganti jadi harus didaftarkan lagi ke Google webmaster tool. Seperti biasa mendaftarkannya mengisikan sitemap.xml dan lain sebagainya jagan lupa untuk pendaftaran menambahi url menjadi https.

Apakah ada pengaruh pada blog ketika mengganti ke SSL (HTTPS) ? Tentu saja akan ada yang berubah. Coba perhatikan jika sobat mengunjugni situs milik sobat pasti sudah menjadi http di address barnya (https://www……..) kemudian akan ada efek yang lain juga menurunnya visior karena mendaftarkan ulang di Google webmaster tool namun biasanya butuh 3 hari untuk bisa ke index semua, kemudian jika sobat sudah memasang iklan AdSense biasanya ada yang juga tidak tampil, jika sobat mengalami hal demikian maka yang perlu dilakukan adalah dengan setting sebagai berikut:

  • Silahkan hapus kode JS AdSense yang biasanya ada pada widget Adsense kalian biasanya kodenya seperti ini:

<script async src=”//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>

  • Langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan kode HTML pada tamplate sobat letakkanlah kode tersebut sebelum kode </body>:

<script type=’text/javascript’>//<![CDATA[(function() { var ad = document.createElement(‘script’); ad.type = ‘text/javascript’; ad.async = true; ad.src = ‘https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js’; var sc = document.getElementsByTagName(‘script’)[0]; sc.parentNode.insertBefore(ad, sc); })();//]]></script>

  • Simpan template.
Jika masih belum behasil maka perlu mengubah atau mengaktifkan robot.txt caranya gampang kok silahkan pergi ke Stelan-Preferensi penelusuran- Pada bagian Robot.txt khusus pilih edit dan isikan kode berikutini : 

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: https://urlblogsobat/sitemap.xml

Sudah beres bagaimana mudah bukan untuk mengaktifkan https custom domain milik sobat?

Sekian pembahasan kali ini tentang Cara Mudah mengaktifkan HTTPS Custom Domain di Blog. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blogging
Inilah Manfaat Google+ untuk Ngeblog yang Jarang diketahui

Manfaat Google+ untuk Ngeblog Halo apakabar sobat blogger dimanapun kalian berada salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Google+ atau bisa disebut Google Plus adalah salah satu dari beberapa media jejaring sosial yang telah dikembangkan dan dimiliki oleh perusahaan raksasa Google. Di era moderen …

Blogging
Hal yang Wajib dilakukan Setelah Posting Artikel di Blog

Kegiatan Setelah Posting Artikel di Blog Pie kabare sobat blogger indonesia dimanapun kalian berada salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini kebetulan saya ini berbagi informasi yang cukup menarik terutama bagi blogger pemula. Apa itu? Yaitu kegiatan setelah kita menulis artikel yang tidak boleh terlupakan. Menulis artikel yang …

Blogging
Mitos Nama Domain yang Masih dipercayai Kebenarannya

Nama Domain Apakah Berpengaruh ke Website? Ketika kita ingin mengunjungi sebuah situs tentu kita juga akan melihat nama domain yang kita akses. Sebagai blogger pemula yang ingin membeli domain pasti akan memikirkan nama yang cocok dan pas untuk dipilih bahkan terkada juga bingung menentukan nama domain akan seperti apa nantinya. …