Cara Ubah Link Aktif pada Komentar Jadi Tidak Aktif Atau Teks Biasa

Menjadikan Link Aktif pada Komentar Jadi Teks Biasa

Sebagai blogger kita sering menjumpai komentar dari pengunjung blog kita yang mereka juga ikut serta dan berpartisipasi dalam situs yang kita miliki. Berkomentar ini adalah salah satu ekspresi yang di ungkapkan oleh pengunjung sebuah website atau blog untuk mengapresiasi bahkan ikut serta berbagi dengan pengunjung yang lainnya melalui sebuah tulisan/artikel telah mereka baca. Hal ini didasari dari minat mereka karena mereka merasa mendapatkan nilai tambah, manfaat, terbantu akan informasi di dalam artikel tersebut, ataupun ada niat yang lain yang membuat ia harus berkomentar misalnya ingin berbagi link, saran, masukan, atau pertanyaan yang belum jelas utnuk mereka.

Cara Ubah Link Aktif pada Komentar Jadi Tidak Aktif Atau Teks Biasa

Sebagai blogger tentu kita sering menjumpai komentar yang kurang layak untuk mengisi artikel atau konten kita. Yang terkadang malah disalah gunakan oleh oknum yang iseng atau ingin memanfaatkan kolom komentar tersebut untuk kepentingan dirinya. Misalnya saja promosi atau meninggalkan link aktif yang dianggap mereka sebagai bagian dari membangun backlink. Memang benar sih itu bagian dari membangun backlink namun bagi saya pemilik situs jika ada yang meninggalkan link aktif saya juga merasa risih atau terganggu karena terkesan konten saya jadi tidak bersih bahkan ada yang meninggalkan komentar penawaran aneh-aneh itu yang bikin saya heran dan terkadang juga tertawa sendiri jadinya.

Artikel terkait: Solusi Untuk Artikel Blog Yang Susah Terindex Google

Sebenarnya sudah saya cantumkan pesaan seperti ini “JIKA BERMANFAAT SILAHKAN BAGIKAN PENGALAMAN ANDA DAN MAAF JIKA LINK AKTIF TIDAK AKAN TAMPIL. TERIMA KASIH 🙂 SEMOGA SUKSES”. tapi ada saja yang belum baca. Memang sih terkadang apa yang mereka tuliskan cukup panjang, baik, dan sesuai dengan isi artikel yang saya tulis, Namun bagi saya ini juga sedikit merugikan saya sebenarnya.

Bayangkan saja jika link tersebut jadi sadar tidak sadar menjadi sebuah backlink aktif peringkat blog sayapun juga akan ikut turun dan digolongkan oleh mesin pencari setara dengan yang blog yang meninggalkan link di komentar artikel tersebut bahkan ada yang meninggalkan spam komentar. Namun begitu saya juga terkadang merasa sayang untuk di hapus karena saya juga ingin mengapresiasi dan menghargai pendapat dan partisipasi mereka, untuk itu jika komentar mereka juga bermanfaat untuk orang lain maka tidak akan saya hapus.

Bagaimana menurut sobat blogger dengan link aktif pada komentar ini apakah di biarkan atau mau dihapus saja karena mengganggu?.

Bagi sobat blogger yang tidak ingin menghapus komentar tersebut ada cara sih untuk membuat link aktif pada komentar ini menjadi teks biasa, hal ini malah lebih efektif dari pada menghapus komentar tersebut. Bagaimana tertarik dengan cara ini yuk simak lebih jelasnya.

Bagi kalian yang ingin menghapus/menghilangkan link-link pada komentar di blog atau website kalian, maka berikut ini caranya untuk menghapus link yang telah ditinggalkan oleh para pengunjung/pembaca yang tadinya link aktif menjadi normal dan di ubah menjadi link yang tidak aktif, atau bisa dibilang teks biasa yang tidak bisa di klik.

Baca juga: Lima Cara Dasar untuk Meningkatkan Peringkat Blog Anda (SEO)

Berikut cara yang bisa di gunakan untuk Mengubah link aktif pada komentar menjadi teks biasa:

Sebenarnya sudah banyak tutorial untuk mengubah dan menghilangkan link aktif pada komentar ini, namun yang telah saya terapkan dan caranya sangat mudah juga terbukti adalah menggunakan cara ini. Mungkin dariratusan bahkan ribuan banyak JavaScript untuk menghilangkan link komentar aktif telah banyak dibahas dan bahkan sudah menjamur saking banyaknya di mesin pencari. Namun demikian sejauh ini JavaScript berikut di bawah ini yang paling cocok dan baik digunakan untuk semua jenis blog. Berikut kodenya:

<script type=’text/javascript’>
//<![CDATA[
$(function(){$(‘#comments p’).find(‘a’).contents().unwrap();});
//]]>
</script>

Terus bagaimana cara penerapannya? Gampang kok tinggal copy pastekan saja di HTML blog kalian.
Untuk detailnya sebagai berikut:

  1. Masuk ke dashboard blog kalian.
  2. Pilih Tema.
  3. Edit HTML.
  4. Kemudian letakkan di atas kode </body> di template blog sobat. 
  5. Simpan.

Jika langkah diatas sudah selesai silahkan coba buka artikel yang ada link aktifnya maka otomatis akan menjadi teks biasa. Bagaimana sobat blogger gampangkan untuk membuatnya? Silahkan dicoba. Jika berhasil jangan lupa bersyukur dengan mengucap Alhamdulillah.

Kesimpulannya adalah dengan menerapkan kode diatas yaitu mengubah link aktif pada komentar jadi tidak aktif akan sangat bermanfaat pada kualitas blog atau website yang kita miliki. Pada dasarnya komentar itu sangat dibutuhkan namun terkadang orang juga meninggalkan link aktif mereka pada sevuah komentar yang mereka tulis alasanya biasanya untuk promosi juga. Nah bagi kita sebagai pemiliki website tentu saja akan berdampak dan mengganggu kesehatan situs kita oleh karena itu perlu di hapus atau untuk mengahargai para pembaca maka menerapkan cara diatas adalah pilihan yang bijak.

Sekian pembahasan kali ini tentang Mengubah Link Aktif pada Komentar Jadi Tidak Aktif atau Teks Biasa. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blogging
Inilah Manfaat Google+ untuk Ngeblog yang Jarang diketahui

Manfaat Google+ untuk Ngeblog Halo apakabar sobat blogger dimanapun kalian berada salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Google+ atau bisa disebut Google Plus adalah salah satu dari beberapa media jejaring sosial yang telah dikembangkan dan dimiliki oleh perusahaan raksasa Google. Di era moderen …

Blogging
Hal yang Wajib dilakukan Setelah Posting Artikel di Blog

Kegiatan Setelah Posting Artikel di Blog Pie kabare sobat blogger indonesia dimanapun kalian berada salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini kebetulan saya ini berbagi informasi yang cukup menarik terutama bagi blogger pemula. Apa itu? Yaitu kegiatan setelah kita menulis artikel yang tidak boleh terlupakan. Menulis artikel yang …

Blogging
Mitos Nama Domain yang Masih dipercayai Kebenarannya

Nama Domain Apakah Berpengaruh ke Website? Ketika kita ingin mengunjungi sebuah situs tentu kita juga akan melihat nama domain yang kita akses. Sebagai blogger pemula yang ingin membeli domain pasti akan memikirkan nama yang cocok dan pas untuk dipilih bahkan terkada juga bingung menentukan nama domain akan seperti apa nantinya. …