Cara Untuk Mendapatkan dan Memasang Matched Content Google Adsense

Cara Mendapatkan dan Memasang Matched Content Adsense
Adsense
2

Mendapatkan dan Memasang Matched Content Adsense

hallo sobat blogger dimanapun kalian berada salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas topik yang sangat populer di kalangan para penggiat blogger ini yaitu berkaitan dengan salah satu jenis iklan Google AdSense yaitu Matched Content Google Adsense. Menjadi seorang bloger tentu hal yang sangat menyenangkan selain sebagai hobi, bisnis, mengisi waktu luang, memperbanyak wawasan, juga bahkan bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulan hanya bermodal artikel yang berkualitas.

Siapa yang tidak ingin gajian tiap bulan dengan Google AdSense, ya siapa saja yang memiliki blog pasti ingin sukses dan menghasilkan pundi-pundi uang termasuk saya. Namun jika ingin berpenghasilan yang besar tentu saja harus dibarengi dengan kerja keras, pengorbanan dan konsistensi yang besar pula.

Karena saya juga merasakan betapa beratnya membangun blog ini dari nol, tidak menghasilkan apa-apa setahun lebih, sampai-sampai pernah berhenti 3 bulan karena bosan. Proses ini pasti kalian juga pernah mengalaminya dari membuat blog, meningkatkan pengunjung, hingga mendaftarkan menjadi publisher Goolgle AdSense yang terkadang banyak yang mengalami kesulitan di tahap tersebut.

Bagi saya membangun blog itu sangat berat apalagi jika baru memulainya. Bayangkan saja persaingan di mesin pencari sangat ketat dengan ribuan konten segar setiap harinya. Tentu saja pasti sangat berat untuk terus bertahan namun dengan tekad dan konsisten itulah yang akan menguatkan kita untuk menjadi blogger yang sukses. Saya yakin jika kalian mampu bertahan untuk terus membangun blog kalian suatu saat pasti akan menghasilkan jutaan rupiah karena kerja keras tidak akan membohongi hasil. Nah setelah kita curhat sedikit yuk mari kita masuk ke pembahasan utama dari artikel ini yaitu fitur dari  Google Adsense “Matched Content Google Adsense“.

Cara Mendapatkan dan Memasang Matched Content Adsense

Bagi para senior yang sudah lama menggeluti bidang AdSense ini pasti tida asing dengan konten iklan jenis ini, namun berbeda dengan para blogger pemula pasti mereka akan bertanya “Apa Matched Content Google Adsense itu?” dan juga apa pengaruhnya untuk blog dan penghasilan AdSense kita?.

Artikel terkait: Cara Mengatasi Masalah Crawler Errors Pada Google Adsense

Apa Itu Fitur Matched Content Google Adsense…??

Jika diterjemahkan adalah konten yang sesuai dalam artian konten iklan ini akan terlihat seperti bagian dari artikel atau konten blog Anda. Fitur ini disediakan oleh Google untuk mempromosikan konten yang Anda miliki kepada pengunjung. Jika diperhatikan seprti gambar diatas maka kita bisa melihat bahwa iklan tersebut memiliki model seperti Related Post. Yang membedakan adalah jika Related Post itu kita yang setting sedemikian rupa sedangkan Matched Content Google Adsense itu fitur yang di berikan secara gratis oleh Google Adsense dalam bentuk iklan.

Ciri-cirinya adalah memiliki tulisan diatasnya Powered By Google tepatnya di pojok atas. Kemudian dari segi fungsi-pun juga sama antara Related Post dengan Matched Content Google Adsense yaitu untuk meningkatkan jumlah Page View. Sehingga pengunjung akan lebih betah menjelajahi isi dari konten yang kita miliki. Kelebihannya adalah konten tersebut akan menyesuaikan minat pengunjung yang sama halnya dengan iklan AdSense yang kita gunakan.

Untuk lebih jelasnya berikut manfaat Matched Content Google Adsense untuk Blog

Karena saya sudah menggunakan fitur Matched Content Google Adsense ini memang telah merasakan perbedaanya sebelum dan sesudah memasang fitur dari matched content ini, yaitu pada page view yang didapatkan. Terutama jika niche atau topik yang memang khusus saya rasa sangat cocok untuk memasang jenis iklan ini. Sebelum memasang page view saya memang tergolong stabil dari jumlah PV perhari, namun setelah memasangnya ternyata ada sejumlah peningkatan hingga 10%-20% perhari cukup bermanfaat bukan hehehe.

Berikut Ini adalah manfaat Matched Content Google Adsense (konten yang sesuai):

  • Karena memang mirip dengan related post maka akan memudahkan pengunjung utnuk menjelajahi isi situs kita dengan cara menampilkan konten yang relevan.
  • Akan meningkatkan jumlah tayangan yang cukup lumayan untuk blog kita hingga 10%-20%.
  • Iklan ini bisa diletakan dimana saja sesuai keinginan Anda karena dari ukurannya bisa kita sesuaikan sendiri baik itu di bawah postingan atau dibagian tata letak lainnya.
  • Fitur ini merupakan jenis iklan konten yang bersifat internal, yaitu mengiklankan isi konten blog yang menggunkannya kepada pembaca.
  • Dukungan untuk semua perangkat yang digunakan oleh pengunjung baik itu dari perangkat seluler ataupun dekstop.
  • Fitur ini tidak semua bisa mendapatkanya karena fitur matched content ini di tunjukan untuk situs yang dimonetasi dengan baik misalnya dari jumlah pengunjung perhari atau jumlah artikel yang sudah cukup banyak.
  • Untuk lebih jelasnya silahkan Baca penjelasan dari Google.

Bagaimana Cara Mendapatkan Matched Content Google Adsense

Seperti yang telah saya sebutkan diatas jenis iklan ini tidak semua orang bisa mendapatkannya karena membutuhkan kriteria seperti dari segi trafik dan banyaknya konten yang dimiliki jadi tidak semua blog atau website yang sudah memiliki akun Google Adsense mendapatkan fitur tambahan ini. Nah jika Anda belum bisa mengguanaknya berarti blog atau website Anda belum memenuhi persyaratan atau standarisasi dari Google (trafik, jumlah konten menarik, dapat dimonetasi). Jika Anda perhatikan pada bagian blog posting “gomarketingstrategic” Anda akan menemukan Matched Content tersebut.

Untuk bisa menggunakan fitur ini memang rekomendasi langsung dari Google jadi tidak bisa semua orang memakainya. Nah untuk bisa memakainya Anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Perhatikan Niche Blog Anda

Karena iklan Matched Content ini akan menyesuaikan niche atau topik blog Anda maka perlu diperhatikan dan mempertimbangkan dari niche konten blog yang Anda miliki. Karena jika sebagian besar artikel memiliki niche yang sejenis maka akan mudah untuk mengkaitkan artikel satu dengan artikel yang lain yang saling terhubung. Maka dari itu usahakan membuat artikel dengan konteks yang sejalur, hal ini akan mempermudah Google AdSense untuk menyesuaikan iklan dengan isi konten blog Anda yang pada akhirnya akan lebih mudah meninjau situs anda dan akan segera merekomendasikan atau memberikan fitur matched content tersebut.

2. Tingkatkan Trafik Blog

Banyak yang bilang dan saya baca-baca di beberapa artikel mereka menyatakan bahwa untuk mendapatkan fitur ini harus memiliki trafik atau jumlah visitor yang banyak perharinya. Bahkan ada yang bilang untuk mendapatkan fitur ini perlu memiliki trafik yang besar hingga puluhan ribu PV (page view). Tentu saja saya juga tinggal pasrah jika ingin memndapatkan ditur iklan dari Google AdSense ini. Namun saya bersyukur sudah bisa mendapatkan fitur ini dengan sendirinya.

Blog saya ini memang belum banyak pngunjungnya untuk mendapatkan fitur matched content pada blog saya ini memiliki page view rata-rata 2000 perhari. Untuk itu tidak perlu kawatir dengan mitos yang harus puluhan ribu tersebut, saya rasa dengan PV (page view) antara 1500-2000 an sudah memumpuni untuk mendapatkan fitur tersebut. Mungkin saja pengaruh dari yang lain misalnya dari navigasi, artikel yang memadai saya rasa akan memiliki peluang yang sama. Untuk itu cobalah terus mengoptimalkan semua bagian konten dari blog Anda.

3. Perhatikan Kuantitas Artikel Blog

Yang perlu diperhatikan berikutnya untuk Cara mendapatkan Matched Content adalah pada bagian jumlah artikel.  Jadi jika Anda ingin mendapatkan fitur ini perlu untuk meningkatkan jumlah artikel yang Anda miliki pada blog atau website Anda. Disini sebaiknya untuk terus membuat artikel yang berkualitas secara konsisten paling minimal 1 perhari jika itu memang sangat berat bagi Anda yang susah mendapatkan ide.

Untuk mendapatkan fitur ini saya telah memiliki 500 artikel jadi saya rasa sudah bisa menggunakan fitue tersebut. Namun saya telah membaca dari sumber artikel yang lainnya ternyata dengan artikel kurang lebih 230 an sudah bisa mendapatkannya. Jadi untuk bisa menggunakan fitur Matched Content ini saya rasa membutuhkan artikel 200-500 an artikel.

4. Anda Perlu Bersabar dan Konsisten Menulis Artikel

Tidak ada kata lain sebai blogger haru konsisten, Ya benar konsisten inilah yang akan membuat blog akan semakin terus berkembang dan semakin besar.  Hal ini tentu saja membutuhkan kesabaran karena banyak blogger pemula yang berhenti di tengah jalan karena mereka tidak sabar ingin segera berpenghasilan melalui blog yang mereka miliki, tentu saja ini salah besar. Tauhkah Anda saya telah mengelola blog ini kurang lebih satu tahun setengah dan tidak menghasilkan apa-apa namun saya terus mengelolanya walau hanya sehari membuat 1 artikel namun konsisten, dan pada akhirnya bisa terus berkembang. Jadi tidak jauh berbeda jika anda ingin mendapatkan fitur matched content, maka anda perlu bersabar.

Memang benar untuk mendapatkan fitur Matched Content tidak disebutkan di dalam halaman resmi Google, namun ada bainya terus konsisten dan bersabar untuk terus berkarya membuat artikel secara teratur hal ini berkaitan dengan poin diatas. Juga agar Google menganggap blog kita masih aktif dan di monetisasi secara optimal. Selain itu dengan update arikel secara rutin setiap hari walaupun hanya satu artikel saya rasa akan mempermudah Anda dalam mengembangkan blog yang Anda miliki dibandingkan tidak membuat artikel sama sekali.

5. Situs Dimonetisasi Secara dengan Baik dan Optimal

Nah dari halaman resmi Google sendiri menyebutkan untuk bisa menggunakan fitur ini situs haru bisa dimonetisasi secara optimal. Karena memang saat ini kita bisa memasang iklan sebanyak-banyaknya namun untuk mendapatkan kriteria ini tentu harus mengoptimalkan iklan tersebut ini bukan berarti memasang iklan yang banyak di satu blog hal ini malah akan menurunkan kualitas blog yang Anda miliki.

Dari kata optimal ini kita bisa membuat dan menempatkan iklan yang sesuai dengan TOS Google yang memang tidak melanggar aturan yang ada. Untuk mengoptimalkan iklan cobalah untuk terus eksperimen mungkin dari penempatan yang terbai, jenis iklan, ukuran, tampilan dan lain sebagainya yang akan memberikan performa yang terbaik.

Baca juga: 22 Tips Bagaimana Meningkatkan Pengunjung Website Anda

Cara Memasang Matched Content Adsense di Blog

Jika Anda telah mendapatkan rekomendasi dari Google AdSense untuk memasang fitur ini maka langkah selanjutnya adalah cara Memasang Matched Content di blog kita.

Lalu bagaimana untuk memasangnya?? Untuk lebih jelasnya simak urutan langkah-langkah berikut ini:

  • 1). Pertama login ke akun AdSense Anda.
  • 2). Pada navigasi menu AdSense sebelah kiri pilih saja My ads (Iklan saya).
  • 3). Klik Konten.
  • 4). Add Unit (+) iklan baru.
  • 5). Disutu akan tampil iklan yang akan dipilih.
Cara Memasang Matched Content Didalam Blog
Jika Anda sudah mendaptkan fitur ini maka otomatis iklan jenis Matched Content akan mucul disitu.
  • 6). Pada bagian Customize your ad unit Anda bisa mengatur seberapa besar ukuran yang akan ditampilkan, caranya cukup dengan menarik bagian sudut iklan.
    7). Beri nama unit Konten yang sesuai Anda inginkan.  Untuk pengaturan yang lain bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda, namun untuk bagian tata letak Anda ( disarankan untuk menggunakan yang responsif ).
  • 8). Ada menu pilihan yaitu pada opsi iklan disitu bisa Anda atus apakan akan Anda monetisasi konten tersebut atau tidak.
  • 9). Jika sudah tinggal klik Simpan dan dapatkan kode.
  • 10). Salin dan tempelkan kode iklan tersebut ke kode sumber HTML laman mana pun di situs Anda yang disetujui. Sebaiknya tempatkan unit Konten yang sesuai tepat di bawah artikel (di paro bawah), dan di atas atau di bawah unit iklan.
  • 11). Tunggu sampai status iklan aktif dan akan tampil iklan Matched Content tersebut di blog Anda.

Sebagai catatan bahwa tujuan utama dari fitur Matched Content ini adalah untuk meningkatkan PV (page view) dari blog atau website kita jadi jika untuk mendapatkan penghasilan yang lebih saya rasa bukan menggunakan iklan jenis ini. Jadi biarpun orang banyak mengeklik iklan Matched Content ini maka penghasilannya pun tidak akan besar. Karena saya juga merasakan jika dengan menggunakan fitur ini maka page view yang saya miliki terus meningkat jadi jika demikian otomatis banyak yang melihat blog saya maka akan membantu pendapatan atau earning Adsense blog yang saya miliki.

Penjelasan di artikel ini memang hanya gambaran umum saja tentang apa itu iklan Matched Content Google Adsense. Jadi jika Anda belum menemui fitur ini jangan kawatir terus bersabar dan konsisten membangun blog yang Anda miliki, suatu saat jika sudah memadai saya yakin fitur tersebut akan otomatis muncul di pilihan jenis iklan yang Anda miliki.

Sekian pembahasan kali ini tentang Cara Mendapatkan dan Memasang Matched Content Google Adsense. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Seberapa Besar Potensi Finansial Google AdSense
Adsense
2
Seberapa Besar Potensi Finansial Google AdSense

Potensi Finansial Google AdSense Daftar isi Potensi Finansial Google AdSenseApa Itu Blog?Fungsi, Manfaat dan Kegunaan BlogPotensi Finansial Blog dan Google AdsenseBisnis online dari Google AdsenseApa yang Harus Dilakukan Untuk Bisa Sampai Gajian dari Googel Adsense?Meningkatkan pengunjung blog Hallo sobat enterpreneural spirit apa kabar salam sukses untuk kita semua, pada kesemapan …

Perbedaan Google Adsense Youtube Dan Blogspot Yang Harus Anda Ketahui
Adsense
Perbedaan Google Adsense Youtube Dan Blogspot Yang Harus Anda Ketahui

Google Adsense Youtube Dan Blogspot Daftar isi Google Adsense Youtube Dan BlogspotPerbedaan Google Adsense Youtube dan BlogspotCara Mendaftar dan Mendapatkan AkunMedia Pemasangan IklanJenis dan Format Iklan Apabila melihat dari segi potensinya sebagai sumber penghasilan, maka bisa dikatakan bahwa perbedaan Google Adsense Youtube dan Blogspot sebenarnya tidak ada. Keduanya sama-sama memiliki …

Tutorial Google Adsense Untuk Memaksimalkan Penghasilan
Adsense
Tutorial Google Adsense Untuk Memaksimalkan Penghasilan

Tutorial Google Adsense: Cara Membuat Situs Website Untuk Memaksimalkan Penghasilan Daftar isi Tutorial Google Adsense: Cara Membuat Situs Website Untuk Memaksimalkan PenghasilanBelilah domainMendaftar host webBuatlah konten, halaman, dan lain-lain untuk website AndaMendaftarlah untuk AdSense dan posting iklan di website Anda menggunakan plugin atau coding Situs website adalah salah satu cara …