Cek Pajak Kendaraan Bermotor Lewat 4 Cara Ini

Cek Pajak Kendaraan Bermotor Lewat 4 Cara Ini

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Perkembangan teknologi informasi yang cukup pesat membawa perubahan ke dalam banyak aspek kehidupan, termasuk pelayanan publik. Salah satu terobosan yang memanfaatkan teknologi yaitu hadirnya cara Cek pajak kendaraan bermotor menggunakan sistem online dari website, aplikasi, dan SMS. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara mengecek pajak kendaraan Anda melalui beberapa layanan tersebut.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Tentang Pajak Kendaraan Bermotor

Pajak kendaraan bermotor dikenakan pada kendaraan yang beroperasi di jalur darat. Pajak tersebut harus dibayarkan oleh pemiliknya sebelum jatuh tempo. Besarnya pajak ditentukan oleh nilai kendaraan. Juga potensi pencemaran dan kerusakan jalan yang mungkin ditimbulkan karena penggunaan kendaraan tersebut.

Tujuan dikenakannya pajak bukan semata-mata untuk menunjang pembangunan saja. Melainkan untuk membantu wajib pajak ketika mengajukan pinjaman ke bank. Bukti pembayaran pajak dapat menjadi pendukung disetujuinya pengajuan pinjaman.

Artikel terkait: Jangan Bingung Inilah Pengertian SSE Pajak

Pajak kendaraan bermotor yang harus dibayar oleh pemilik kendaraan dibagi menjadi dua yaitu:

  1. Pajak Tahunan

Pajak ini merupakan pengesahan dari STNK yang harus dibayar setiap tahun. Pajak ini dapat diurus di Kantor Samsat setempat. Dapat juga menggunakan fasilitas online yang berlaku di beberapa daerah. Dokumen yang harus dibawa untuk membayar pajak tahunan yaitu STNK asli, KTP asli, dan uang sebanyak yang ditentukan untuk pembayaran. Pastikan identitas yang tertera pada STNK atau BPKB harus sesuai dengan KTP pemilik kendaraan.

  1. Pajak Lima Tahunan

Pajak lima tahunan dibayarkan setiap lima tahun sekali, untuk penggantian STNK dan pelat nomor kendaraan. Pajak ini hanya dapat diurus di Kantor Samsat, karena akan ada pemeriksaan fisik kendaraan oleh petugas. Persyaratannya, Anda harus membawa STNK, BPKB, dan KTP asli, serta formulir cek fisik kendaraan.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor

1. Cek Pajak Kendaraan Bermotor Lewat Samsat Online

Layanan cek kendaraan bermotor dari situs Samsat ini hanya tersedia di beberapa daerah saja. Caranya dengan membuka situs Samsat untuk mendapatkan informasi tentang jumlah pajak dan tanggal jatuh temponya. Beberapa daerah yang sudah melayani pengecekan online antara lain:

  • DKI Jakarta, http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB.
  • Jawa Barat, http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/.
  • Jawa Tengah, http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/.
  • Jawa Timur, http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas.
  • Yogyakarta, http://infonjkbdiy.com/.
  • Aceh, http://esamsat.acehprov.go.id/.
  • Kepulauan Riau, http://dispenda.kepriprov.go.id/Home/InfoPajak.
  • Sulawesi Tengah, http://dispenda.sultengprov.go.id/addons/pkb.php.

Setelah membuka situs Samsat sesuai daerah Anda, isilah formulir data kendaraan dan nomor plat kendaraan di kolom yang tersedia, kemudian masukkan kode dan tekan “Proses”. Selanjutnya akan mendapatkan informasi pajak yang Anda perlukan. Perlu diketahui bahwa nominal yang ditempilkan belum termasuk denda jika terlambat dan pajak progresif.

2. Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor dengan SMS

Salah satu daerah yang menyediakan layanan ini yaitu Provinsi Jawa Barat. Caranya, kirim SMS dengan format info<spasi>kode plat kendaraan Jawa Barat/nomor polisi/kode seri plat kendaraan<spasi>warna plat kendaraan. Selanjutnya kirimkan SMS ke nomor 08112119211. Setelah itu, Anda akan mendapatkan balasan SMS berupa rincian kendaraan. Termasuk di dalamnya nominal pajak yang harus dibayar dan tanggal jatuh tempo pembayaran.

3. Cek Pajak Kendaraan Bermotor dengan Aplikasi

Cek pajak kendaraan bermotor melalui aplikasi bisa dilakukan di beberapa wilayah, seperti DKI Jakarta dan Jawa Timur. Aplikasi ini baru tersedia untuk perangkat Android dan bisa diunduh gratis dari Google PlayStore. Cara melakukan pengecekan yaitu dengan membuka aplikasi dan pilih layanan menu Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Selanjutnya masukkan nomor plat kendaraan, lalu akan muncul informasi berupa jumlah pajak yang harus dibayar dan tanggal jatuh temponya.

Baca juga: Seperti Ini Langkah-Langkah Cara Bayar Pajak Online Sangat Mudah

4. Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Kantor Samsat

Jika di daerah Anda tidak terdapat layanan cek pajak kendaraan bermotor dengan website, SMS, dan aplikasi, dapat langsung mengunjungi Kantor Samsat setempat. Selain mengecek pajak, Anda dapat membayarnya sekaligus. Agar proses berjalan lancar dan cepat, disarankan membawa dokumen-dokumen lengkap yang diperlukan.

Setelah mengetahui berbagai cara yang dapat dilakukan untuk cek pajak kendaraan bermotor Anda dapat memilih mana yang paling mudah. Penting untuk diperhatikan adalah tanggal jatuh tempo pajak kendaraan Anda, usahakan membayarnya tepat waktu supaya tidak terkena denda.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.