Definisi Apa itu Market share Berikut Contohnya

Definisi Apa itu Market share Berikut Contohnya

Pengertian Apa itu Market share dan Contohnya

Apa itu market share? Dalam bahasa Indonesia sendiri, market share juga bisa disebut dengan pangsa pasar. Secara sederhana, definisi market share merupakan presentase keseluruhan total penjualan suatu perusahaan, ditambah jumlah penjualan produk dalam sebuah industri. Baik berupa produk maupun jasa. Dalam hal ini, market share meliputi jumlah penjualan pasar atau presentase industri yang diperoleh sebuah perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

Definisi Apa itu Market share Berikut Contohnya

Metode penghitungan market share adalah dengan membagi penjualan perusahaan dengan total penjualan industri dalam satu periode yang telah ditentukan. Contohnya, sebuah perusahaan menjual traktor seharga $100 juta per tahun di dalam negeri. Kemudian keseluruhan total penjualan traktor di Amerika adalah $200 juta. Maka, market share perusahaan Amerika untuk traktor menjadi 50%.

Pangsa pasar atau market share juga merupakan bagian dari pasar yang mampu dicapai oleh sebuah perusahaan. Selain itu, penghitungan market share atau pangsa pasar juga berguna untuk menggambarkan seberapa luas cakupan pasar dalam sebuah perusahaan, berikut pesaingnya. Dapat pula menjadi salah satu indikator bisnis untuk meningkatkan kinerja pemasaran suatu perusahaan.

Bagi seorang pebisnis, pengetahuan tentang market share atau pangsa pasar sangat penting adanya. Sebab, hal tersebut dapat membantu para pebisnis untuk kian melejitkan bisnisnya. Selain itu, pentingnya pengetahuan tentang pangsa pasar juga sangat bermanfaat guna melihat kekuatan berkompetisi dibandingkan orang lain.

Artikel terkait: Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar

Pentingnya Sebuah Market Share

Investor dan analis memonitor kenaikan dan penurunan market share secara hati-hati. Soalnya, sebuah market share ini dapat menjadi pertanda atau lambang bagi daya saing relatif produk, maupun layanan perusahaan. Ketika total pasar untuk suatu produk maupun jasa berkembang, maka sebuah perusahaan yang memiliki market share akan meninggikan pendapatannya lebih cepat daripada para pesaing-pesaing mereka.

Dengan semakin meningkatnya market share, maka hal tersebut dapat memungkinkan perusahaan agar mencapai tingkatan yang lebih tinggi. Dalam hal ini berkaitan dengan operasinya dan meningkatkan keuntungan. Setiap perusahaan dapat mencoba memperluas market share masing-masing, baik dengan menurunkan harga, menggunakan iklan atau memperkenalkan produk baru. Bahkan, terkadang bisa juga menggunakan cara lain yang berbeda.

Selain itu, sebuah perusahaan juga dapat memperluas cakupan pasarnya dengan menarik audiens atau demografi lain. Mendirikan cabang di berbagai daerah atu tempat, guna memperkenalkan apa itu market share dari perusahaan mereka kepada orang banyak. Nah, jika sebuah market share atau pangsa pasar telah dibentuk dan berjalan, maka cara untuk meningkatkan kuantitasnya akan lebih mudah.

Biasanya, penghitungan market share dilakukan pada negara-negara tertentu. Sebut saja market share khusus di Kanada, atau market share khusus di Amerika Serikat. Investor dapat memperoleh data market share dari berbagai sumber terpercaya. Seperti kelompok perdagangan dan badan pengatur, dari perusahaan itu sendiri. Namun, beberapa industri justru lebih sulit untuk diukur dengan akurat dan tepat daripada market share di perusahaan yang lain.

Baca juga: Market share Adalah Salah Satu Indikator Keberhasilan Perusahaan

Contoh Pangsa Pasar

Hampir semua perusahaan multinasional mengukur kesuksesan perusahaan berdasarkan pangsa pasar atau market share masing-masing. Sebagai contoh, negara China memiliki potensi pasar ekspor yang cukup penting bagi dunia. Karena, China masih merupakan pasar yang berkembang pesat untuk kebutuhan mengekspor banyak produk. Seperti barang-barang elektronik, baju, sepatu, aksesories, dan yang lainnya.

Contoh lain misalnya Apple Inc., yang memanfaatkan market share atau pangsa pasarnya di China, sebagai tanda atau indikator kinerja utama bagi pertumbuhan bisnisnya. Pangsa pasar Apple untuk kategori smartphone China turun dari 13,6% pada akhir 2015 menjadi 9,6% untuk tahun 2016. Masih pada tahun yang sama, pasar smartphone China tumbuh sebesar 9% secara keseluruhan, mencoba bersaing dengan produk-produk keluaran negara lain.

Meskipun demikian, penjualan Apple di China pada tahun 2016 menurun karena gagal meluncurkan iPhone baru. Lantas, posisi itu tidak kunjung membaik juga. Perlahan-lahan, kehilangan market share atau pangsa pasar adalah hal biasa. Hal ini disebabkan oleh sejumlah smartphone mid-range, atau kelas pertengahan yang diluncurkan oleh pesaing negara China sendiri, yakni Oppo dan Vivo.

Itulah pemaparan sederhana mengenai apa itu market share, yang mencakup tentang definisi dan contoh-contoh yang juga sederhana pada sebuah market share. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat! #marketshare

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.