Definisi Dan Pengertian Multi Level Marketing

Definisi Dan Pengertian Multi Level Marketing

Pengertian Multi Level Marketing (MLM)

Pemasaran berjenjang (bahasa Inggris: Multi level marketing; MLM) Multi Level Marketing, Menurut Clothier (1996: 33) adalah ” Suatu cara atau metode menjual barang secara langsung kepada pelanggan melalui jaringan yang dikembangkan oleh para distributor lepas yang memperkenalkan para distributor berikutnya; pendapatan yang dihasilkan terdiri dari laba eceran dan laba grosir ditambah dengan pembayaran-pembayaran berdasarkan penjualan total kelompok yang dibentuk oleh sebuah distributor”. Atau yang dikenal pula dengan nama Network Marketing (pemasaran secara jaringan), yaitu pemasaran produk atau jasa oleh seseorang atau sekelompok orang independen yang membentuk jaringan kerja secara bertingkat.

Definisi Dan Pengertian Multi Level Marketing

Multi Level Marketing, Menurut (Harefa, 1998 a :11)

Multi Level Marketing, istilah ini merujuk kepada sebuah sistem bisnis, dimana pemasaran produk atau jasa dilakukan oleh individu (distributor) yang independen (artinya tidak terikat kontrak kerja dengan perusahaan pengelola bisnisnya). Distributor ini lalu membentuk sebuah jaringan kerja untuk memasarkan produk atau jasa. Dari hasil penjualan pribadi dan jaringannya, setiap bulan perusahaan akan memperhitungkan bonus atau komisi sebagai hasil usahanya (Harefa, 1998 a :11) .

Multi Level Marketing, Menurut ( Clothier,1996: 6)

MLM merupakan sebuah konsep pemasaran yang lugas dan sering tidak dipahami dengan tepat serta kurang dihargai sebagai sebuah peluang bisnis yang serius ( Clothier,1996: 6). Struktur jaringan MLM prinsipnya tidaklah berbeda dengan sistem distribusi barang lainnya. Masing- masing orang dalam jaringan itu membeli barang-barang yang harganya tergantung kepada jumlah yang dibeli dan menerima suatu persentase harga eceran sebagai labanya. Dalam MLM setiap distributor secara pribadi telah diperkenalkan dengan bisnis ini oleh perusahaanya atau, yang lebih sering terjadi, oleh distributor yang telah ada. Dalam usaha konvensional, para tenaga penjual lazimnya dipekerjakan sebagai pegawai. Dalam MLM, para distributorlah yang menjadi tenaga-tenaga penjualnya, dan mereka mempekerjakan sendiri.

Multi level marketing

Gambar diatas menjelaskan beberapa saluran pemasaran dengan berbagai panjangnya. Saluran nol tingkat (disebut pula saluran pemasaran langsung) terdiri seorang produsen yang langsung menjual pada konsumen, saluran satu tingkat yaitu saluran yang melibatkan pengecer baru ke konsumen, saluran dua tingkat yaitu saluran yang melibatkan grosir dan pengecer.

Multi level marketing

Gambar di atas menjelaskan Sistem MLM ini memangkas jalur distribusi dalam penjualan konvensional karena tidak lagi melibatkan grosir, pengecer tetapi langsung kepada distributor yang sekaligus sebagai konsumen. Saluran ini yang dipakai oleh sistem MLM. Penghematan perusahaan MLM boleh jadi juga memungkinkan perusahaan tersebut untuk mengunakan lebih banyak uang guna penelitian dan pengembangan. Oleh karena itu, produk-produk yang terkait biasanya mempunyai mutu unggul. Semua penjualan MLM dilakukan melalui penjualan langsung (direct selling). (Harefa, 1998 a : 4)

Multi Level Marketing, Menurut Direct Sales Agents

MLM adalah sebuah asosiasi wiraswastaan bebas dalam penjualan langsung dengan tujuan untuk menciptakan ” sebuah lembaga yang cukup kuat untuk mewakili kepentingan-kepetingan para anggotanya dalam semua situasi di mana untuk bertindak untuk bertindak sendiri tidak mencukupi. MLM menawarkan peluang untuk membangun bisnis bagi orang biasa yang tidak mempunyai modal dan pengalaman. Dalam perspektip yang lain Mahatir Muhammad menjelaskan “MLM is the way to survive in the global market ” . (Harefa, 1998 b : 13).

Baca juga: Pengertian Business to Business Marketing

Sekalipun karir sebagai distributor MLM sangat menjanjikan, namun meraih keberhasilan lewat jalur MLM bukanlah hal yang mudah sebagaimana membalik telapak tangan.

Sekian pembahasan kali ini tentang Pengertian Multi Level Marketing. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Selanjutnya, share pengalaman Anda mendaftar di bidang bisnis jaringan ini pada kolom komentar dibawah ini. Kita berbagi pengalaman untuk saling menguatkan salam sukses untuk kita semua Terima kasih.

Satu pemikiran pada “Definisi Dan Pengertian Multi Level Marketing”

  1. Looking for "Multi level marketing software"? Then we are the best for you, who suit your expectations and budget. Their success depends on the same tools that competitive small businesses use to build their brands. These include sales, marketing, distribution, e-commerce, CRM, and marketing automation tools, among others.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.