Definisi Market Share atau Pangsa Pasar dan Contohnya

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar
Strategi Pemasaran

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar

Apa itu Market Share?

Sebuah perusahaan tentunya harus memiliki gambaran atau ukuran untuk mengetahui potensi pasar mereka. Pengertian Market share sendiri dalam bahasa Indonesia bisa di artikan sebagai Pangsa pasar yaitu suatu indikator utama yang dimiliki perusahaan untuk digunakan dalam mengukur persentase industri, atau total penjualan pasar, yang diperoleh oleh perusahaan tertentu selama jangka waktu tertentu. Hal ini juga berfungsi untuk mengukur kinerja perusahaan dengan kompetitor atau pesaing yang ada.  Dalam perhitungan pangsa pasar perusahaan dapat menentukan persentase bisnis dan penjualan dari perusahaan selama periode tertentu dan membaginya dengan penjualan industri selama periode yang sama. Metrik ini digunakan untuk memberikan gambaran umum tentang ukuran perusahaan dalam kaitannya dengan pasar dan pesaingnya. Dari perhitungan tersebut akan ada total persentase yang didapatkan hal ini bisa disebut dengan total bisnis atau potensi pasar.

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar

Dalam artikel kali ini Anda akan memahami beberapa poin penting dari pengertian dari pangsa pasar yang akan membantu Anda memahami dan memberikan penjelasan singkat sebagai berikut:

  • Apa yang dimaksud pangsa pasar?
  • Jelaskan apa yang dimaksud dengan pangsa pasar?
  • Apa pengertian dari pangsa pasar?
  • Jelaskan apa yang dimaksud dengan pangsa pasar?

Artikel terkait: Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar

Pentingnya Market share atau Pangsa Pasar

Dengan memperhitungkan pangsa pasar yang ada maka Investor dan analis dapat memonitor kenaikan dan penurunan pangsa pasar secara hati-hati, karena ini dapat menjadi pertanda daya saing relatif produk atau layanan perusahaan. Ketika total pasar untuk suatu produk atau jasa tumbuh, sebuah perusahaan yang mempertahankan pangsa pasarnya adalah menumbuhkan pendapatan pada tingkat yang sama dengan total pasar. Sebuah perusahaan yang sedang mengembangkan pangsa pasarnya akan menumbuhkan pendapatannya lebih cepat daripada para pesaingnya.

Peningkatan pangsa pasar dapat memungkinkan perusahaan untuk mencapai skala yang lebih besar dengan operasinya dan meningkatkan profitabilitas. Sebuah perusahaan dapat mencoba memperluas pangsa pasarnya, baik dengan menurunkan harga, menggunakan iklan atau memperkenalkan produk baru atau yang berbeda. Selain itu, ia juga dapat menumbuhkan ukuran-ukuran pasarnya dengan menarik audiens atau demografi lain.

Penghitungan untuk pangsa pasar biasanya dilakukan untuk negara-negara tertentu, seperti pangsa pasar Kanada saja atau pangsa pasar khusus AS. Investor dapat memperoleh data pangsa pasar dari berbagai sumber independen, seperti kelompok perdagangan dan badan pengatur atau regulasi, dan sering didapat dari perusahaan itu sendiri. Namun, ada beberapa industri yang mereka lebih sulit utnuk diukur dengan tingkat akurasi yang tepat.

Cara Mengukur Tingkat Keberhasilan Perusahaan Dalam Market Share

Dari penjelasan di atas kita telah mengetahui definisi dari market share yaitu persentase penjualan yang telah dibukukan perusahaan dari persentase industri, atau total penjualan pasar dan lain sebagainya dari kompetitor atau pesaing gabungan dari indusrti yang ada. Hal ini dapat di simpulkan bahwa pangsa pasar adalah indikator-indikator yang digunakan perusahaan dalam upaya mengukur tingkat kesuksesan atau keberhasilan perusahaan yang dengan pesaing yang ada.

Contoh Pangsa Pasar

Semua perusahaan multinasional mengukur kesuksesan berdasarkan pangsa pasar tertentu. Cina telah menjadi pasar yang penting bagi perusahaan, karena masih merupakan pasar yang berkembang pesat untuk banyak produk. Apple Inc., misalnya, menggunakan nomor pangsa pasarnya di China sebagai indikator kinerja utama untuk pertumbuhan bisnisnya. Pangsa pasar Apple untuk pasar smartphone China turun dari 13,6% pada akhir 2015 menjadi 9,6% untuk tahun 2016 meskipun pasar smartphone China secara keseluruhan tumbuh sebesar 9% pada tahun 2016. Penjualan Apple turun di China pada tahun itu karena gagal meluncurkan iPhone baru , dan kemudian semakin kehilangan pangsa pasar karena sejumlah smartphone mid-range diluncurkan oleh pesaing Cina OPPO dan vivo.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan pangsa pasar perusahaan yang memang mereka tidak mampu utnuk mencapai target tertentu yaitu:

  • Adanya pangsa pasar yang terlalu tinggi
  • Adanya pesaing atau kompetitor baru yang bergerak di bidang yang sama.
  • Perusahaan mengalami penurunan dalam hal persaingan.
  • Strategi promosi yang memang  tidak mencapai target market atau tidak tepat sasaran.

Baca juga: Pengertian Marketing Mix Untuk Meningkatkan Penjualan

Cara Meningkatkan Market Share

Membangun Strategi Bauran Pemasaran yang baik. Marketing mix atau bauran pemasaran sendiri sangat penting untuk meningkatkan kualitas dari perusahaan. Marketing mix sendiri adalah strategi penjualan atau promosi serta penentuan harga yang dilakukan oleh perusahaan yang bersifat unik dan menjadi strategi yang efekti serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan untuk pasar yang dituju.

Marketing mix atau bauran pemasaran terdiri dari (7P):

  1. Product (The Services) / Produk atau Jasa
  2. Price / Harga
  3. Place / Lokasi Usaha
  4. Promotion / Strategi Promosi
  5. People / Sumber Daya Manusia (SDM)
  6. Process / Proses atau Aktivitas Bisnis
  7. Physical Evidence / Bukti Fisik Perusahaan

Sekian pembahasan kali ini tentang Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan terkait Market share atau pangsa pasar lainnya, jangan ragu untuk meninggalkan komentar melalui form yang tersedia. Dapatkan juga artikel terbaru kami langsung di inbox email Anda dengan cara Subscribe pada form yang sudah disediakan.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alat-Alat Promosi Pemasaran yang Perlu Diketahui
Strategi Pemasaran
Alat-Alat Promosi Pemasaran yang Perlu Diketahui

Alat-Alat Promosi Pemasaran Daftar isi Alat-Alat Promosi PemasaranAlat-Alat Promosi Pemasaran Secara Fisik:IklanBrosurReklameBalihoSpandukBackdropAlat-Alat Promosi Pemasaran Non Fisik:1. Sosial media2. Website3. Video marketing4. Direct email Berbicara tentang pemasaran tentunya tidak lepas dengan yang namanya Promosi yang merupakan salah satu strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran atau marketing mix yang sangat penting untuk menunjang …

5 Tips Membuat Iklan Baris yang Efektif Sesuai Contoh Iklan di Media Massa
Strategi Pemasaran
5 Tips Membuat Iklan Baris yang Efektif Sesuai Contoh Iklan di Media Massa

Membuat Iklan Baris yang Efektif Iklan di Media Massa Daftar isi Membuat Iklan Baris yang Efektif Iklan di Media Massa1. Fokuskan Pada Satu Hal Saja2. Ketahui Iklan yang Efektif3. Perluas Tujuan Iklan Baris4. Munculkan Rasa Penasaran5. Perhatikan Format Iklan Iklan tak dapat dipisahkan dari kegiatan promosi produk barang dan jasa …

Definisi Apa itu Market share Berikut Contohnya
Strategi Pemasaran
Definisi Apa itu Market share Berikut Contohnya

Pengertian Apa itu Market share dan Contohnya Apa itu market share? Dalam bahasa Indonesia sendiri, market share juga bisa disebut dengan pangsa pasar. Secara sederhana, definisi market share merupakan presentase keseluruhan total penjualan suatu perusahaan, ditambah jumlah penjualan produk dalam sebuah industri. Baik berupa produk maupun jasa. Dalam hal ini, …