Dulunya Tempat Tinggal, Sekarang Menjadi Tempat Wisata

Tempat Tinggal yang Menjadi Tempat Wisata

Ternyata ada tempat wisata semacam itu. Memanfaatkan tempat yang dulunya adalah tempat tinggal orang-orang menjadi tempat wisata. Kebanyakan tempat tinggal yang berubah menjadi tenpat wisata dikarenakan tempat tersebut sudah tidak didiami karena sesuatu hal. Seperti telah terjadi sebuah bencana alam.

Tempat Tinggal yang Menjadi Tempat Wisata

Tapi bagi mereka, tempat tinggal adalah segalanya. Tidak ada yang ingin kehilangan tempat tinggal. Tidak ada yang ingin terserang bencana. Dan tidak ada yang ingin bekas tempat tinggal mereka, yang menyisakan kisah memilukan tersebut menjadi bahan tontonan orang-orang.

Artikel terkait: Spot Wisata Paling Terkenal dari Tiap Kota di Indonesia

Berikut ini beberapa tempat tinggal yang menjadi tempat wisata:

  • Wisata Lumpur Lapindo

10 tahun lalu terjadi peristiwa besar yang melanda 16 desa di Porong Sidoarjo. Lumpur dengan dahsyat keluar dari lubang dalam tanah. Menenggelamkan 16 desa dan kini hanya menyisakan dataran luas berlantai lumpur yang mengering.

Kini tempat itu menjadi tempat wisata. Di balik kisah tragisnya, di mana wisata yang mereka pijaki saat itu di bawahnya ada nyawa yang tidak terselamatkan, harta kekayaan yang tenggelam, dan kenangan manis antara warga satu dengan warga lainnya.

Karena peristiwa itu, penduduk tidak memiliki apa-apa. Harta benda mereka telah lenyap, dan tentu juga tidak memiliki tempat tinggal. Mereka menunggu bantuan dari pemerintah, tapi karena tidak mendapat bantuan yang cukup, mereka lantas menjadikan tempat tinggal mereka menjadi wisata yang menarik pengunjung untuk melihatnya.

Kini tempat tinggal mereka menjadi tontonon. Dilihat oleh banyak orang. Entah dengan tujuan apa mereka melihatnya.

  • Rumah Telettubis

Letaknya ada di Prambanan. Dinamai Telettubis karena bentuknya yang seperti setengah lingkaran. Seperti rumah Telettubish yang ada di kartun itu. Didirikan dengan bentuk seperti itu bukan tanpa alasan. Bentuk yang dibuat seperti setengah lingkaran itu supaya tahan dengan gempa. Melihat di kawasan itu sering terjadi gempa dan letusan gunung berapi.

Seperti di kejadian pada tahun 2006, gempa terjadi dan menelan korban sebanyak 4.983 orang.
Rumah telettubish atau disebut rumah Dome ini sekarang menjadi salah satu destinasi wisata yang unik. Anda bisa mengunjungi tempat ini sekaligus menginap di sana. Hanya dengan biaya 120.000. Anda sudah bisa menikmati tinggal di rumah telettubish dan menikmati makanan serta kesenian Dome.

  • PLTD Apung

Pernah membayangkan sebuah kapal terdampar di perkampungan warga? Kapal PLTD Apung dengan besar dan berat luar biasa tak kecil itu terdampar di Aceh. Karena tidak mungkin mengeluarkannya dari sana, karena beratnya yang mencapai 200 ton, dan luas 1.900 kilometer per segi, maka pemerintah menjadikannya sebagai tempat wisata. Beberapa bagian yang rusak diperbaiki supaya layak dan bagus dilihat karena dijadikan tempat wisata orang-orang.

  • Gunung Krakatau

Gunung yang sampai sekarang masih aktif tersebut saat ini menjadi tempat wisata. Awalnya, karena letusan gunung di tahun 1883 ini, Gunung Krakatau memiliki anak.

Anak dari gunung tersebut sesekali meletus-letus mengingat masih merupakan gunung aktif. Tapi letusannya tidak dianggap bahaya.

Namun pada tahun 2010, gunung tersebut membuat gempa di sekitar lokasi. Namun karena hal tersebut, anak dari gunung Krakatau menjadi tumbuh tinggi. Sekarang menjadi destinasi wisata dengan melihatnya dari jarak yang aman. Karena masih aman, warga pun tidak terlalu panik dibuatnya jika tiba-tiba meletus.

  • Kapal di Atap Rumah

Pada tahun 2004, Aceh mengalami tragedi bencana alam yang begitu luar biasa. Akibat bencana itu sebanyak 230.000 orang kehilangan nyawa karena gempa dengan besar 8.3 SR menghempas Aceh.
Akibatnya beberapa negara merasakan hempasan itu, dan Indonesia ikut merasakannya. Bencana alam yang begitu dahsyat tersebut membuat air laut naik menuju darat, membuat banyak sekali kapal masuk ke daratan. Dan yang terlihat sekarang adalah sebuah kapal mendarat di atap rumah salah seorang warga. Kini tempat itu menjadi tempat wisata. Karena mungkin dirasa unik ada kapal besar berada di atap rumah.

Tapi dari kisahnya, begitu memprihatinkan.

  • Museum Sisa Hartaku Yogyakarta

Kali ini tempat wisata bekas bencana berhubungan dengan Mbah Marijan. Namanya dulu begitu terkenal dan sampai sekarang pun belum terlupakan sosok tersebut.

Gunung merapi yang sudah menewaskan lebih dari 353 orang itu kini menjadi tempat wisata. Jika Anda mengunjungi tempat wisata tersebut Anda akan disajikan pemandangan kekejian gunung merapi menghancur leburkan tempat tersebut.

Anda juga bisa menyaksikan lelehan lava dengan mata kepala sendiri. Yang sisanya masih bisa ditemukan di tempat tersebut.

Baca juga: 5 Wisata Air Terjun Terindah di Jawa Timur, Pas Banget Buat Ngadem

Di balik peristiwa mirisnya tempat wisata bekas tempat bencana ternyata meninggalkan hal lain yang patut dikenang, dan menghasilkan nilai-nilai tersendiri. Yang mungkin itu memang jalan lain dari Tuhan.

Sekian pembahasan kali ini tentang Tempat Tinggal yang Menjadi Tempat Wisata. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pesona Hidden Paradise Pulau Palambak
Spot Wisata
Pesona Hidden Paradise Pulau Palambak

Pesona Hidden Paradise Pulau Palambak Hidden paradise merupakan lokasi tersembunyi yang berada ditempat yang kemungkinan sulit untuk dijangkau, namun penampakannya akan selalu membius setiap mata yang berhasil menemukannya, surge yang tersembunyi. Pulau palambak, aceh singkil termasuk ke dalam jajaran lokasi wisata hidden paradise yang sangat elok indahnya. Pulau ini berada …

Spot Wisata
7 Tempat Wisata Di Tangerang Yang Bikin Liburan Jadi Istimewa

Spot Wisata Di Tangerang keren! Selain Jakarta, Tangerang adalah salah satu kota di Indonesia yang menjadi penyangga perekonomian negara, dibawah ibukota tentunya. Bukan suatu hal yang tanpa alasan. Mengingat di kota yang satu ini banyak terjadi aktifitas-aktifitas industri yang tak ada matinya. Namun, selain terkenal menjadi salah satu kota Industri …

Spot Wisata
7 Tempat Wisata Di Jakarta Terbaik Yang Recomended

Spot Wisata Di Jakarta Terbaik Recomended Berbicara tentang ibukota, tentunya identik dengan kemacetan dan penuh sesaknya suasana beragam aktifitas penduduknya.  Tapi, jangan salah ya, gaes! Disana juga ada tempat wisata yang menarik loh, yang harus kamu kunjungi setiap mampir ke Jakarta. Meskipun macet, tapi akses ke tempat wisata sangat mudah …