Hal yang Wajib dilakukan Setelah Posting Artikel di Blog

Blogging

Kegiatan Setelah Posting Artikel di Blog

Pie kabare sobat blogger indonesia dimanapun kalian berada salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini kebetulan saya ini berbagi informasi yang cukup menarik terutama bagi blogger pemula. Apa itu? Yaitu kegiatan setelah kita menulis artikel yang tidak boleh terlupakan.

Menulis artikel yang berkualitas adalah syarat utama untuk membuat blog atau website kita memiliki kualitas yang baik juga tidak hanya bagi manusia yang membacanya namun bagi mesin pencari yang akan merayapi konten yang kita buat. Semakin baik dan berkualitas artikel yang kita buat maka semakin banyak yang akan datam membaca artikel kita. Artikel yang berkualitas adalah artikle yang memiliki kriteria seperti tata bahasa yang baik, human friendly, seo friendly, penempatan keyword yang tepat, kepadatan keywords yang sesuai, jumlah kata, dan lain sebagainya.

Kegiatan Setelah Posting Artikel di Blog

Ketika kita menulis artikel terkadang juga saking asyiknya dan semangat untuk menulis juga ingin segera memposting artikel tersebut. Nah sebenarnya untuk menjadi penulis profesional dan membuat artikel yang berkualitas tentu harus terlebih dahulu mengecek beberapa aspek yang juga penting agar artikel kita berkualitas baik.

Kemudian jangan lega dulu setelah berhasil memublikasikan artikel ke blog. Sebeb tugas Anda belum selesai sampai di situ saja.

Hal yang wajib dilakukan setelah posting artikel di blog ini tidak boleh Anda lewatkan.

Artikel terkait: Kapan Waktu yang Tepat untuk Update Artikel

Pun di sini, keberadaan artikel sangat begitu penting. Jadi jangan asal dalam memberikan artikel pada pembaca. Bukan apa-apa, tapi artikel adalah yang dilihat di blog Anda. Jadi berikanlah yang terbaik untuk mereka. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan setelah posting artikel baru di blog.

  • Baca Artikel Kembali

Seorang manusia tidak pernah luput dari salah. Kita bisa mengalami salah ketik yang nantinya saat artikel dibaca rasanya tidak enak.

Sebutannya adalah typo. Pembaca yang menemukan typo di bacaannya membuat mereka berasumsi kalau artikel yang mereka baca tidak profesional.

Review kembali artikel Anda, baca dan perbaiki apa yang pantas dan tidak pantas ditampilkan. Kenali juga kalimat tidak nyambung agar nantinya Anda bisa menyambungkan lagi.

  • Cek dan Cek

Kalau di dalam postingan Anda memiliki link url, maka setelah memposting coba cek apakah link tersebut benar atau salah.

Pastikan juga link tersebut tidak mati.

Apalagi link itu adalah link download. Bila linknya mati, betapa kecewanya pengunjung karena merasa tertipu oleh postingan Anda.

  • Daftarkan ke Search Engine

Ada banyak jenis dari mesin pencarian. Contoh yang paling populer adalah Google.

Tapi di lain itu, ada tempat lain seperti Yandex, Yahoo, Bing dan lain-lain.

Agar bia diindeks oleh mesin pencari itu, Anda harus mendaftarkan link artikel baru kalian ke mesin telusur tersebut.

Kebanyakan lebih mengutamakan mendaftarkan link ke Google. Tapi apa salahnya jika mendaftarkan ke semua search engine. Agar seluruh pencari bisa menemukan artikel Anda yang bermanfaat itu.

Berikut url yang bisa Anda kunjungi:

  1. Google : https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?continue&pli=1
  2. Bing : http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url
  3. Yandex : http://webmaster.yandex.com/addurl.xml
  • Mencari Backlink

Hal yang wajib dilakukan setelah posting artikel berikutnya adalah mencari backlink. Tampaknya ini sulit buat kalian, tapi cobalah mencari. Atau kalau tidak begitu coba gunakan cara backlink satu ini.

Pertama-tama Anda coba kunjungi blog yang muncul di urutan pertama Google dengan artikel yang sama seperti punya kalian. Maksudnya memiliki topik sama.

Baca artikel tersebut kemudian di kolom komentar berkomentarlah dengan sopan kemudian di sana Anda menaruh link artikel kalian untuk dikunjungi balik.

Biasanya beberapa blog tidak memperbolehkan melakukan hal itu, tapi jika tidak boleh, maka ganti ke blog berikutnya yang masih terpampang jelas berada di halaman utama Google.

Kenapa harus begitu? Agar blog Anda kecipratan menjadi posisi utama di Google atau mesin pencari lainnya.

Sementara backlink sendiri mempunyai peran penting agar blog atau artikel Anda terindeks. Tujuan membuat artikel adalah agar dibaca orang-orang. Untuk itu, membuatnya supaya bisa dibaca orang-orang adalah memunculkannya di urutan pertama Google.

Membuat artikel terindeks, ramah di pencarian Google, dan lainnya.

Jangan hanya setelah posting artikel lalu ditinggal pergi tak peduli dengan hal-hal penting lainnya.

Baca juga: Keuntungan Ngeblog Menggunakan Bahasa Inggris

  • Share Artikel ke Berbagai Sosial Media

Sosial media itu meliputi Google plus, Facebook, Twitter dan sebagainya.

Setelah posting artikel, jangan lupa dibagikan ke sosial media kalian. Dengan begitu Anda bisa lebih menjangkau pembaca Anda, menarik mereka agar menjadi pengunjung di artikel baru Anda.

Hal ini penting sekali, jangan sampai dilupakan. Apalagi kalau blog Anda tingkat SEO-nya rendah. Memperoleh pengunjung yang banyak akan terasa tidak mungkin jika begitu adanya.

Sosial media Google plus sangat memiliki peran penting dalam hal indeks artikel dan tingkatan SEO blog Anda. Jadi jangan lupa membagikan ke Google plus. Google plus adalah yang utama dibanding sosial media lain.

Tapi ada juga yang lebih memfokuskan ke Facebook. Agar lebih fokus mereka sampai membuat yang namanya Fans Page untuk blog mereka.

Agar maksimal, lakukan hal yang wajib dilakukan setelah posting artikel di blog. Hal-hal itu bukanlah omong kosong. Bila ingin mendapatkan yang terbaik dari artikel buatan Anda, jangan lupakan hal-hal yang tersebut di atas.

Sekian pembahasan kali ini, semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blogging
Inilah Manfaat Google+ untuk Ngeblog yang Jarang diketahui

Manfaat Google+ untuk Ngeblog Halo apakabar sobat blogger dimanapun kalian berada salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Google+ atau bisa disebut Google Plus adalah salah satu dari beberapa media jejaring sosial yang telah dikembangkan dan dimiliki oleh perusahaan raksasa Google. Di era moderen …

Blogging
Mitos Nama Domain yang Masih dipercayai Kebenarannya

Nama Domain Apakah Berpengaruh ke Website? Ketika kita ingin mengunjungi sebuah situs tentu kita juga akan melihat nama domain yang kita akses. Sebagai blogger pemula yang ingin membeli domain pasti akan memikirkan nama yang cocok dan pas untuk dipilih bahkan terkada juga bingung menentukan nama domain akan seperti apa nantinya. …

Blogging
Blog Campur VS Blog Satu Topik, Mana yang Lebih Anda Pilih?

Mending Pilih Blog Gado-gado atau Blog Satu Topik? Bagi seorang blogger khususnya pemula tentu akan dihadapkan dengan pilihan-pilihan yang bisa saja malah membuat bingung misalnya mau menggunakan platform apa misalnya WordPress, Blogspot, Drupal dan lain sebagainya. Selain itu ada juga yang bingung memilih niche, topik, ataupun bahasa yang akan digunakan. …