Ingin Lolos? Simak Tips Pendaftaran CPNS Ini

Ingin Lolos Simak Tips Pendaftaran CPNS Ini
Tips dan trik

Tips Pendaftaran CPNS

Profesi PNS merupakan salah satu profesi yang paling diidam-idamkan oleh masyarakat Indonesia. Untuk memperolehnya tentu saja dibutuhkan usaha maksimal untuk menempuh berbagai tes disediakan. Sebelum mengikuti tes, terlebih dahulu Anda harus lolos pendaftaran CPNS. Berikut tips pendaftaran CPNS yang bisa Anda coba.

Ingin Lolos Simak Tips Pendaftaran CPNS Ini

Mendaftar CPNS diperlukan trik khusus untuk bisa lolos. Terlebih sekarang setiap WNI yang ingin mendaftar CPNS hanya diperbolehkan satu kali dengan mendaftarkan NIK di http://sscn.bkn.go.id. Selalu mengikuti perkembangan terkini pembukaan CPNS di laman BKN akan mempermudah Anda dalam menentukan pilihan formasi yang akan Anda ikuti.

Artikel terkait: Langkah-Langkah Prosedur Seleksi Dan Penempatan Calon Karyawan

Perhatikan Persyaratan Administratif dan Siapkan Jauh-Jauh Hari

Untuk mendaftar CPNS, perhatikan persyaratan administratif yang tercantum. Berbagai persyaratan umum, seperti batasan umur dan pendidikan terakhir di perlukan untuk menentukan langkah berikutnya. Untuk mendaftar CPNS pun tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki ijazah perguruan tinggi. Beberapa formasi CPNS juga diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK/sederajat.

Menyiapkan berbagai berkas yang digunakan untuk mendaftar CPNS perlu dilakukan jauh-jauh hari. Berbagai macam berkas yang harus disiapkan harus Anda teliti sebaik mungkin. Sehingga kesempatan Anda untuk lolos pendaftaran semakin besar. Sebagai contoh dalam legalisir ijazah, pastikan bahwa tanda tangan yang berwenang merupakan tanda tangan basah, bukan hanya sekedar cap tanda tangan.

Adanya kejelian dalam mempersiapkan berkas administrasi akan membantu persiapan menghadapi tes CPNS Anda semakin matang. Terlebih bahwa lolos pendaftaran CPNS menjadi bekal Anda dalam mengikuti seleksi tes berikutnya.

Perhatikan Syarat Khusus yang Diminta

Beberapa formasi membutuhkan persyaratan khusus yang disyaratkan. Beberapa formasi menjadi gerbang utama masuk ke dalam tes berikutnya. Misalnya pada beberapa formasi di Kementerian Kelautan diperlukan sertifikat yang menyatakan pelamar lulus tes renang. Begitu pula pada beberapa formasi tenaga dosen yang memerlukan sertifikat TOEFL dengan nilai minimum yang ditetapkan.

Dengan adanya persyaratan khusus yang dilampirkan, Anda bisa mengetahui formasi mana yang akan memberikan peluang Anda untuk lolos pendaftaran CPNS. Sehingga kesempatan Anda untuk mengikuti tes CPNS selanjutnya semakin besar.

Formasi yang Dipilih Sesuai dengan Jurusan Anda

Selain memperhatikan persyaratan administratif, Anda juga harus memperhatikan kualifikasi pendidikan yang disyaratkan untuk bisa lanjut ke proses seleksi berikutnya. Tips pendaftaran CPNS ini merupakan salah satu poin terpenting dalam mendaftar CPNS. Apalagi pendaftaran hanya bisa dilakukan satu kali setiap pembukaan seleksi CPNS.

Beberapa formasi akan menampilkan syarat khusus dalam hal kualifikasi jurusan. Terlebih jika formasi yang diambil diperuntukkan bagi mereka yang telah menyelesaikan program magisternya.

Pilih Formasi yang Memiliki Peluang Besar

Memilih formasi dengan peluang besar bukan berarti memilih formasi yang memiliki jumlah peserta diterima paling besar. Perhatikan pula kualifikasi pendidikan yang disyaratkan apakah mensyaratkan pada jurusan tertentu ataukah terbuka untuk semua jurusan?

Pada kualifikasi semua jurusan mungkin Anda harus memikirkan kembali agar bisa lolos tes CPNS. Meskipun terkesan besar jumlahnya, Anda harus memikirkan kembali jumlah pendaftar. Biasanya untuk kualifikasi semua jurusan paling banyak diperebutkan, terlebih bagi jurusan yang tidak membuka lowongan pendaftaran CPNS. Hal inilah akan membuat peluang lolos CPNS menjadi semakin berat.

Baca juga: Indikator-Indikator Prestasi Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan

Pilih Waktu Mendaftar yang Tepat

Sekarang ini untuk mendaftar CPNS membutuhkan waktu yang harus dipersiapkan secara matang. Selain Anda harus memikirkan formasi yang akan Anda ambil, Anda juga harus memikirkan kapan waktu daring yang akan gunakan untuk mengakses laman SSCN (Sistem Seleksi CPNS Nasional).

Memilih waktu di saat jaringan internet Anda berada pada kondisi stabil akan sedikit meringankan beban Anda dan mengurangi stres dalam menghadapi seleksi CPNS. Media yang digunakan untuk mendaftar pun harus Anda perhatikan. Meskipun menggunakan perangkat gawai tercanggih, lebih optimal lagi jika Anda menggunakan PC ketika mendaftar.

Selain waktu daring yang tepat, Anda juga harus mempersiapkan mengirim berkas persyaratan jauh hari dari waktu maksimal (cap pos) yang ditentukan. Selain untuk menanggulangi keterlambatan pengiriman, juga untuk meminimalkan lupa batas wajtu pengiriman yang sudah disyaratkan.

Berbagai macam formasi CPNS dapat dilihat di laman BKN. Hindari berbagai macam penawaran miring bagi Anda yang ingin menjadi PNS. Tetaplah sportif dalam mengikuti berbagai rangkaian tes seleksi CPNS. Tips pendaftaran CPNS di atas semoga dapat membantu untuk lolos CPNS periode depan.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

8 Tips Masuk BUMN yang Harus Disiapkan Sebelum dan Sesudah Melamar Kerja
Tips dan trik
8 Tips Masuk BUMN yang Harus Disiapkan Sebelum dan Sesudah Melamar Kerja

Tips Masuk Melamar Kerja BUMN yang Harus Disiapkan Badan Usaha Milik Negara atau biasa disingkat BUMN ini merupakan suatu instansi layanan pekerjaan yang sebagian atau seluruh modalnya berasal dari negara. Bekerja di BUMN juga menjadi impian hampir sebagian lulusan sarjana. Hal itu dikarenakan banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Salah satunya yaitu …

Tips dan trik
Tips Memilih Harga Genset Rumah Tangga Murah Berkualitas

Cari Genset Rumah Tangga Murah Berkualitas Perlengkapan rumah tangga yang tidak boleh Anda lewatkan saat ini adalah Genset, Ya alat ini sangat dibutuhkan saat terjadi hal yang tidak di inginkan misalnya saja ketika listrik tiba-tiba padam dan saat itu juga membutuhkan daya listrik untuk melakukan kebutuhan kita sehari hari. Saat …

Tips dan trik
Tips Cara Membuat Usaha Kecil Menengah Anda Lebih Sukses

Membuat Usaha Kecil Menengah Lebih Sukses Saat ini Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki peran yang sangat penting untuk motor penggerak perekonomian di Indonesia. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan penopang  perekonomian di Indonesia. Mengingat pengangguran yang terus meningkat maka dibutuhkan startup pengusaha pemula yang membatu mengurangi pengangguran ini. Kaerena …