Ingin Menjadi Pemimpin yang Lebih Baik? Bangun Keterampilan Politik Anda

Ingin Menjadi Pemimpin yang Lebih Baik?

Pemimpin yang memimpin sebuah perusahaan baik besar maupun kecil bukanlah hal yang mudah. Karena untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses banyak yang harus dilakukan yang akan membawa perusahaan mencapai tujuannya. Tidak banyak orang yang memang terlahir sebagai pemimpin. Namun karena memang bisa dipelajari dan melatih diri mereka sendiri menjadi yang baik dan efektif. Darimana belajar menjadi pemimpin? Bisa dari mana saja dari orang yang sudah berhasil atau sukses, dari orang lain yang memiliki wawasan yang luas, dari pengalaman pribadi dan lain sebagainya. Tentu saja ada prosesnya untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses tidaklah harus memiliki gelar yang tinggi, atau mmenjadi pejabat yang terpilih bahkan CEO. Namun lebih tepatnya seorang pemimpin adalah sosok yang selalu di ikuti oleh orang lain untuk mencapai tujuan bersama dan menjadi lebih baik.

Menjadi Pemimpin yang Lebih Baik

Bagaimana Anda menggambarkan seorang pemimpin yang kuat? Dalam satu studi, kualitas kepemimpinan seperti ketegasan, kemampuan beradaptasi, kecerdasan dan kesadaran yang disebut-sebut sebagai yang paling penting.

“Penelitian jelas menunjukkan bahwa pemimpin transformasional – pemimpin yang positif, inspiratif, dan yang memberdayakan dan mengembangkan pengikut – adalah pemimpin yang lebih baik,” jelas psikolog dan ahli pimpinan Ronald E. Riggio. “Mereka lebih dihargai oleh pengikut dan memiliki tim berkinerja tinggi.”

“Berbicara tentang politik” di tempat kerja tidak selalu berarti berdebat tentang pemilu.

Menurut sebuah studi baru-baru ini diterbitkan dalam Kepemimpinan & Organization Development Journal, keterampilan politik yang kuat seperti membangun koneksi, membina kepercayaan dan mempengaruhi orang lain adalah kualitas penting dari seorang pemimpin transformasional – dan mereka dapat membuat Anda lebih bahagia, juga.

“Kebanyakan orang berpikir keterampilan politik sebagai manipulatif dan negatif tetapi, pada dasarnya, mereka sedang membangun hubungan dengan orang lain,” Andrew Wefald, salah satu penulis penelitian dan seorang profesor di Kansas State University, mengatakan dalam sebuah pernyataan. “Dalam arti positif, orang-orang terampil politik menumbuhkan lingkungan yang mendukung dan percaya untuk menguntungkan organisasi dan akan menjadi pemimpin yang lebih transformasional, yang akan menyebabkan kepuasan kerja yang lebih tinggi.”

Artikel terkait: Pengertian Contoh Jenis-jenis Motivasi Kerja Dan Motivasi Karyawan

Wefald mengatakan empat komponen utama keterampilan politik – kemampuan jaringan, ketulusan jelas, kecerdasan sosial dan pengaruh antar pribadi – semua daerah pemimpin yang baik dan unggul.

“Seseorang dengan keterampilan mereka akan berada di posisi yang lebih baik untuk membantu organisasi karena mereka akan lebih mampu untuk menyelesaikan sesuatu dari seseorang yang tidak memiliki keterampilan,” kata Wefald.

Untuk penelitian ini, peneliti mensurvei 278 karyawan untuk menilai hubungan antara kemampuan interpersonal, keterlibatan kerja, kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja.

Penulis penelitian menguji tiga jenis keterampilan interpersonal: kontrol emosi, kontrol emosi sendiri; kepekaan emosional, emosi pemahaman orang lain; dan keterampilan politik, kemampuan untuk memahami orang dan mempengaruhi mereka dalam cara yang berkontribusi terhadap keberhasilan.

Dari tiga jenis keterampilan, skill politik adalah satu-satunya untuk memiliki hubungan positif yang independen dengan para pemimpin transformasional dan kepuasan kerja mereka.

Penulis penelitian juga menemukan bahwa mereka yang sangat terlibat dalam pekerjaan mereka berdua memiliki kepemimpinan transformasional tinggi dan keterampilan politik.

“Keterlibatan Kerja adalah membutuhkan tingkat energi fisik, mental dan emosional seseorang dengan pekerjaan mereka dan jika mereka dipenuhi pekerjaan itu,” kata Wefald. “Yang terlibat di tempat kerja di tempat kerja memiliki beberapa peran positif bagi individu, seperti lebih banyak energi dan stamina untuk organisasi seperti memberikan dukungan bagi karyawan yang kurang produktif .”

Wefald percaya organisasi bisa mendapatkan keuntungan dengan bekerja untuk meningkatkan keterampilan politik di pemimpinnya.

“Seseorang yang mampu bergaul dengan semua orang, menyelesaikan sesuatu dan di papan dengan proyek yang dilakukan akan membantu organisasi serta karirnya sendiri,” katanya.

Wefald mengakui, meskipun, bahwa mencoba untuk mengembangkan keterampilan politik lebih mudah dengan beberapa karyawan dari yang lain.

Baca juga : Indikator-Indikator Prestasi Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan

“Ini adalah keterampilan yang dapat dikembangkan tetapi ada banyak ciri-ciri kepribadian dan variabel yang dapat mencegah seseorang dari mengembangkan tingkat tinggi keterampilan ” kata Wefald. ” Window Beberapa orang mungkin lebih luas, beberapa orang mungkin sempit – itu hanya akan tergantung pada orang mereka dan kepribadian mereka.”

Sekian pembahasan kali ini tentang Menjadi Pemimpin yang Lebih Baik. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Membangun Komunikasi Bisnis yang Baik, Aktif dan Efektif
Kepemimpinan
8 Tips Membangun Komunikasi Bisnis yang Baik, Aktif dan Efektif

Membangun Komunikasi Bisnis yang Baik, Aktif dan Efektif Komunikasi merupakan  hal penting yang dibutuhkan dan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, juga merupakan interaksi dasar  untuk memperoleh kesepakatan dan kesepahaman begitu juga dengan sebuah perusahaan, maka perusahaan perlu membangun komunikasi bisnis yang baik. Sementara itu komunikasi bisnis digunakan untuk membangun relasi, memperkenalkan atau …

Indikator-Indikator Prestasi Kerja
Kepemimpinan
Anda Seorang Pekerja Ketahui Indikator Prestasi Kerja Berikut Ini

Indikator-Indikator Prestasi Kerja Prestasi kerja berkaitan dengan pencapaian dalam kehidupan. Ada berbagai macam bidang prestasi yang dapat diraih, misal prestasi dalam bidang sains, olahraga, dan sebagainya. Dalam urusan pekerjaan pun, ada prestasi-prestasi untuk dikejar. Untuk mengetahui bagus atau tidaknya prestasi kerja itu, ada indikator untuk mengukurnya. Berikut ulasan mengenai indikator …

Kepemimpinan
6 Cara Untuk Menjadi Pendengar Aktif Yang Lebih Baik

Strategi Menjadi Pendengar Aktif Yang Baik Sebagai makhluk sosial pastinya kita akan selalu berjumpa dengan banyak orang yang memiliki ciri, sifat, dan jarakter masing-masing. Komunikasi adalah hal yang pasti akan dilakukan setiap saat dan dimanapun kita berada saat berjumpa dengan orang lain. Dalam komunikasi tersebut pasti ada yang berbicara dan …