Inilah 4 Alasan Anda Bisa Kehilangan Motivasi Kerja

Mengapa Bisa Kehilangan Motivasi Kerja

Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari tentu perlu adanya dorongan yang membuat alasan mereka tetap bisa menjalani hidupnya. Motivasi inilah yang akan membuat orang selalu semangat dalam menjalankan pekerjaannya dan sebaliknya ketika motivasinya menurun maka akan berpengaruh dalam pekerjaannya bahkan bisa sampai berpengaruh dalam kehidupan sehari-hasi. Jika dibiarkan maka bukan tidak mungkin pekerjaan yang ada malah banyak yang terbengkalai dan kacau.

Alasan Anda Bisa Kehilangan Motivasi Kerja

Terlebih bagi kebanyakan karyawan motivasi ini sangat penting karena dengan adanya motivasi kerja yang dimiliki maka kualitas yang dihasilkan akan terjaga. Namun apa jidanya jika motivasi kerja tersebut malah hilang pekerjaan yang tak beres, atasan marah, pikiran jadi stress, merasa tidak bahagia di kantor dan akhirnya keluar dan mencari pekerjaan yang lain. Dan memang mencari pekerjaan saat ini di bilang susah karena banyakanya pengangguran yang sama yang ingin mencari pekerjaan.

Kenyataanya banyak karyawan yang tidak nyaman dan puas dalam lingkungan kerjanya. Maka dari itu sebagai karyawan sering menemukan apa yang membuat mereka kehilangan yang namanya motivasi kerja atas pekerjaan yang dimiliki. Banyak faktor penyebab motivasi kerja ini hilang. Karyawan yang tidak termotivasi 10 kali lebih mungkin untuk menjadi tidak puas dan frustrasi dengan pekerjaan mereka.

Artikel terkait: Anda Stress Dalam Bekerja Coba Hilangkan Dengan 5 Cara ini

Nah faktor-faktor penyebab inilah yang membuat orang sering kehilangan motivasi kerja mereka. Berikut alasan mengapa motivasi kerja Anda menurun atau bahkan hilang serta bagaimana cara agar anda dapat memperbaikinya :

1). Anda merasa tidak aman di dalam pekerjaan anda

Perasaan yang tidak nyaman dalam bekerja sangat berpengaruh pada motivasi kerja yang Anda miliki bahkan dapan menurunkan rasa senang dan nyaman saat bekerja. Hal ini banyak penyebabnya misalnya, adanya tuntutan untuk segera menyelesaikan pekerjaam, target perusahaan yang terlalu tinggi, Anda merasa bahwa seolah-olah bos anda terus-menerus mengawasi anda, adanya konflik dengan karyawan lain dan masih banyak lagi. Bahkan akan banyak energi yang dikeluarkan untuk mengatasi masalah ini. Sampai-sampai emosional Anda tidak terkontrol yang justru berimbas pada stress, inilah yang menyebabkan banyak pekerjaan dan tugas-tugas yang tidak terselesaikan karena hilangnya konsentrasi.

Solusi: Jika Anda merasa tidaknyaman dengan bos Anda yang seolah-olah mengawasi setiap saat maka sebaiknya berkomunikasilah secara langsung atasan anda untuk mengetahui keadaan pekerjaan anda dan perusahaan inilah yang justu membuat ikatan antara karyawan dan bos Anda. Jika sudah mengetahui dan keduanya saling mengerti maka dalam bekerjapun Anda akan merasa nyaman dan tidak ada beban pikiran. Komunikasi ini penting bahkan jika anda harus meminta izin untuk mencari pekerjaan sampingan atau mencari pekerjaan lain.

“I don’t believe you have to be better than everybody else. I believe you have to be better than you ever thought you could be.” — Ken Venturi

2). Tidak ada visi untuk pilihan karir anda

Tujuan orang bekerja tidak lain tidak bukan adalah mencari uang, ya beanr memang seperti itu mereka rela meluangkan waktu 8 jam bahkan lebih untuk mendapatkan uang. Namun demikian hanya segian kecil orang bekerja demi uang sering kali orang bekerja pasti memiliki tujuan yaitu visi kedepannya seperti apa yang akan membawa mereka menuju kesuksesan.

Maka jika orang tidak memiliki visi untuk mencapai kesuksesan seberapapun uang yang dihasilkan tidak akan ada nilanya. Hal yang terpenting dari pada uang adalah kesuksesan itu sendiri. Inilah sesuatu yang lebih besar dari pada uang yang akan membawa kearah lebih baik dalam hidup mereka.

Solusi: Karir Anda memang penting untuk itu menetapkan tujuan utama yang ingin cipapai penting untuk diri Anda sendiri. Ketika Anda memiliki tujuan yang jelas maka hidup Anda akan teratur setap hari. Maka dengan visi yang jelas tujuan yang jelas maka Anda memiliki trak atau rel yang sesuai seperti yang Anda harapakan. Tujuan ini tidak hanya dalam hidup Anda bisa saja dalam pekerjaan yang Anda miliki misalnya peningkatan kinerja di kantor, pencapaian target, mencapai jabatan yang lebih tinggi dari sebelumnya dan lain sebagainya. Tujuan seperti inilah yang menggerakkan anda lebih dekat dengan lebih bahagia, yang membuat anda lebih bersemangat dalam bekerja.

3). Tidak tahu apa yang dilakukan

Sering kali ini di alami oleh karyawan baru yang belum berpengalaman dalam pekerjaanya. Jika Anda demikian maka bisa jadi akan kesulitan untuk melakukan pekerjaan Anda maksimal di hari-hari awal atau minggu-minggu awal dan perasaan Anda akan sangat mudah bagi anda untuk merasa bahwa pekerjaan itu sangat berat, lucu, aneh dan lain sebagainya dan ini memang sering dialami dalam situasi seperti itu.

Solusi: Jangan sungkan untuk terus berkonsultasi komunikasi dengan karyawan yang lain,bahkan komunikasi dengan bos Anda untuk meminta saran tentang bagaimana cara untuk meningkatkan keterampilan tersebut, pemimpin yang baik yang memiliki jiwa kepemimpinan akan mengarahkan Anda. Namun hal ini harus sewajarnya karena bos juga memiliki tanggung jawab yang lain.

4). Memiliki rekan kerja yang tidak menyenangkan

Orang bekerja di sebuah perusahaan tentu akan menemui banyak orang disana dan memiliki sifat dan sikap yang bermacam-macam. Dalam bekerja pastinya membutuhkan banyak rekan yang bisa saling membantu jika dibutuhkan dan bahkan akan memberikan semangat energi positive yang akan membuat pekerjaan semakin ringan, jika demikian tak jarang banyak karyawan yang tak peduli gaji mereka berapa karena diperusahaan tersebut mereka seperti memiliki keluarga keduan dan mereka betah bekerja di perusahaan tersebut. Namun apa yang akan terjadi jika sebaliknya ada rekan yang tidak sepaham dengan Anda bahkan banyak hal yang tidak menyenangkan disana, maka hal ini akan sulit untuk Anda termotivasi untuk melakukan pekerjaan secara produktif.

Solusi: Dalam hal ini pertimbangkan kebali apakah Anda menyukai pekerjaan yang Anda dapatkan atau tidak atau mungkin gaji yang Anda terima juga jadi pertimbangan. Misalnya Anda cocok dan senang dengan pekerjaan tersebut Anda tidak perlu meninggalkan perkerjaan yang Anda dapatkan hanya karena beberapa orang yang tidak manyenangkan, namun bekerjalah tanpa mencoba mebuat konflik di dalam kantor dan bangunlah sikap positive Anda terhadap mereka lama-kelamaan pasti akan berubah dan bisa jadi malah jadi sahabat dekat Anda nantinya. Namun jika sudah tidak nyaman bahkan gaji yang tidak sepadan maka sudah waktunya utnuk keluar dan mencari pekerjaan yang lain atau menjadi wirausaha.

Kita tidak bisa berubah menjadi apa yang kita inginkan jika kita tetap menjadi diri kita saat ini. -Oprah Winfrey

Baca juga: 6 Tips Efektif untuk Membangun Motivasi Diri

Dalam bekerja apapun itu tida ana selalu pasti seperti yang Anda inginkan, namun apapu pekerjaannya juka Anda mencintai maka seberat apapun pekerjaan tersebut akan nyaman dan ringan untuk Anda kerjakan. Motivasi kerja itu penting untuk menjaga pekerjaan Anda tetap berjalan dengan semestinya. Pekerjaan beres dengan baik atasan akan merasa bangga terhadap kinerja Anda dan mereka tidak segan untuk merekomendasikan Anda untuk menempati jabatan yang lebih tinggi.

Sekian pembahasan kali ini tentang Alasan Anda Bisa Kehilangan Motivasi Kerja. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf. Apakah ada beberapa alasan lain yang mungkin membuat anda kehilangan motivasi di tempat kerja? atau  jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar pada kolom komentar di bawah ini! Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kata-Kata Motivasi untuk yang Berjuang Mengejar Mimpi
Inspirasi & Motivasi
Kata-Kata Motivasi untuk yang Berjuang Mengejar Mimpi

Kata-Kata Motivasi untuk Mengejar Mimpi Anda Daftar isi Kata-Kata Motivasi untuk Mengejar Mimpi Anda“Percayalah pada diri sendiri. Yakinlah dengan kemampuan Anda.” –Norman Vincent Peale“Jika Anda bisa memimpikannya, berarti Anda bisa melakukannya.” –Walt Disney“Di mana ada kemauan, di situ pasti ada jalan.” –Pauline Kael“Jangan menunggu; waktunya tidak akan pernah ‘tepat’.” –George …

Kandungan Berbahaya pada Jajanan di Pinggir Jalan
Inspirasi & Motivasi
Kandungan Berbahaya pada Jajanan Laris di Pinggir Jalan

Kandungan Berbahaya pada Jajanan di Pinggir Jalan Daftar isi Kandungan Berbahaya pada Jajanan di Pinggir Jalan Zat Warna TekstilPenyedap yang Berlebihan Formalin Minyak goreng bekas Kandungan Plastik Jajanan laris menjadi buronan di semua kalangan, baik anak-anak, remaja maupun dewasa. Karena biasanya dijual menarik, hemat dan pas dikantong mereka. Namun tidak …

Inspirasi & Motivasi
Inilah 8 Kebiasaan Orang-orang Yang Sangat Sukses

Kebiasaan Orang Yang Sangat Sukses Tahukah Anda bahwa sebenarnya kebiasaan seseorang sangat berpengaruh pada kehidupan dan keseharian orang tersebut. Bahkan dari kebiasaan inilah bisa menjadi cerminan dari kesuksesan dan kegagalan seseorang. Ketika orang tersebut melakukan kebiasaan yang positif maka mereka akan cenderung memiliki kehidupan yang sukses dari berbagai hal dan …