Inilah Font Populer Yang Sering Digunakan

Inilah Font Populer Yang Sering Digunakan

Font Populer Yang Sering Digunakan

Kali ini akan membahas mengenai Font Populer dan Default Font. Sekretaris dan segala yang bersangkutan perihal menulis. Mengapa? Karena jenis huruf tersebut adalah default font dari mesin ketik mana pun.

Pentingnya elemen ini terletak pada tampilan dan “rasa” yang memengaruhi tulisan. Setiap teks formal wajib memiliki tampilan rapi dan mengandung estetika. Sedangkan dimaksud “rasa” adalah nilai kecocokan pemilihan huruf dalam tulisan. Andai Anda mengetik surat kantor menggunakan font¬† layaknya gambar di atas, akan terasa mustahil mengingat huruf-hurufnya yang tak biasa. Masih ingat apa saja jenis-jenis huruf yang umum digunakan?

Font Populer Yang Sering Digunakan

Di bawah ini tersaji 5 gaya huruf paling fenomenal hingga sekarang:

1. Times New Roman

Siapa yang dapat melupakan legenda satu ini? Mulai dari naskah literatur seperti novel, skenario, sampai puisi tercetak rapi menggunakan font lahiran 1931 ini.. Semakin melambung, jenis huruf ini memengaruhi perkembangan jenis huruf serif, sebelum dan setelah dimulainya era huruf digital. Sehingga banyak redaksi yang mengharuskan penulis agar tak sembarang memilih huruf, termasuk menjadikan TNR sebagai font utamanya.

2. Arial

Urutan kedua ditempati Arial MT (Monotype Typography.) yang juga sering menghiasi terbitan buku dan sebagainya. Hampir 40 tahun lalu, Arial dirancang sekolompok tim desainer yang terdiri dari 10 orang.  Penulis konten web banyak menggemari font ini. Bahkan sebuah majalah kondang hanya menerima cerpen dengan huruf Arial saja.

3. Calibri

Anggota dari grup huruf “Sans Serif” alias huruf tidak berkait (lengkung). Pengganti TNR ini juga memiliki banyak peminat. Hasil rancangan seorang desainer berbakat Belanda, yang kini menjadi font penting dalam seluruh perangkat lunak Ms.Office. Meski begitu, Calibri lebih umum ditemukan dalam artikel-artikel internet.

4. Comic Sans

Jika Anda menebak font ini khusus cerita komik, yap, dari nama sudah dipastikan benar. Nyatanya, remaja sekolah banyak yang awam penggunaan font jenis ini. Karena bentuknya informal atau tidak kaku, Comic Sans cukup populer di kalangan pelajar. Namun tidak bagi orang-orang luar, kebanyakan artikel menyebut “Comic Sans adalah hasil desain yang buruk.”

5. Kristen ITC

Dibanding Comic, ada lagi yang lebih “santai” yaitu Kristen ITC. Walau punya nama yang agak ambigu, font ini masuk daftar most favorites di antara yang lain. Sebagian juga merasa kesal jika mendapati pemakaian huruf ini dalam presentasi. Wajar saja, Kristen ITC jelas tidak pas untuk acara workshop dan sebagainya. Menurut Wikipedia, font Kristen dibuat berdasarkan tulisan anak-anak.

Baca juga: 7 Tips Penting Membeli GPS Mobil Yang Berkualitas

Meski banyak kumpulan font kustom bermunculan di internet, 5 Font Populer ini tetap hadir menghiasi bacaaan-bacaan digital maupun fisik. Sebab praktis, dapat dibaca di semua perangkat, tanpa biaya juga tak perlu prosedur instalasi yang bertele-tele. Jadi manakah yang Anda gemari? Times New Roman, Arial, Calibri, Comic Sans, atau Kristen ITC?

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.