Inilah Pengertian Bea Cukai Beserta Tugas dan Jenisnya

Pengertian Bea Cukai Beserta Tugas dan Jenisnya
Business

Pengertian Bea Cukai Beserta Tugas dan Jenisnya

Bicara soal membeli barang dari luar negeri, tentu tak akan bisa lepas dari bea cukai. Yang unik, istilah itu sering disebutkan tapi tak semua orang cukup paham pengertian bea cukai. Jika Anda termasuk yang demikian, maka sepertinya ulasan berikut ini layak untuk dipahami supaya tidak bingung lagi saat beli produk luar negeri.

Pengertian Bea Cukai Beserta Tugas dan Jenisnya

Perkembangan zaman membuat kebutuhan akan berbagai hal terus melesat, sejalan dengan pendapatan yang juga meningkat. Kalau dulu orang-orang hanya bekerja demi memenuhi kebutuhan pokok seperti sandang, pangan dan papan, saat ini kebutuhan juga melebar ke hal-hal pemuas duniawi seperti barang-barang dengan harga mewah alias fantastis. Bahkan tak jarang untuk mendapatkannya, harus impor dari luar negeri.

Artikel terkait: Jangan Bingung Inilah Pengertian SSE Pajak

Apa Sih Bea Cukai Itu?

Kalau membicarakan pengertian bea cukai, tak bisa dilepaskan dari bea dan cukai. Agar memiliki ketetapan resmi, istilah bea dan cukai sampai tercantum dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006 kepabeanan mengenai perubahan atas Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995. Revisi Undang-Undang ini jelas dilakukan mengingat Indonesia sudah memasuki pasar bebas sehingga terbuka akan akses dari dan ke luar negeri.

Untuk Bea sendiri, ini adalah istilah untuk pungutan negara atas barang-barang yang diekspor atau diimpor. Sementara untuk Cukai, adalah pungutan negara kepada barang-barang tertentu yang memiliki sifat alias karakteristik dalam undang-undang. Kedua hal ini baik bea dan cukai diurus oleh Kepabeanan yang memang bertugas mengawasi lalu lintas barang masuk atau keluar daerah pabean.

Meskipun pengertian bea cukai terdengar sangat modern, diyakini kalau praktek bea cukai sudah ada sejak masa kerajaan kuno Indonesia. Di era kesultanan Islam, ada pejabat Syahbandar atau bendahara yang memang memungut bea barang-barang di pelabuhan. Bahkan di saat penjajahan Belanda dan Jepang, bea cukai tetap ada hingga pada 1 Oktober 1946 resmi jadi hari lahirnya Bea Cukai Indonesia.

Untuk cukai sendiri, ada beberapa ciri-cirinya seperti konsumsinya perlu dikendalikan lalu peredarannya diawasi, memiliki peluang dampak negatif bagi masyarakat dan lingkungan hingga memberikan beban pada negara. Tak heran kalau barang-barang mewah akan terkena cukai. Keberadaan cukai adalah untuk membatasi barang yang berdampak negatif seperti cukai rokok yang amat sangat tinggi karena para perokok pasif terkena imbas besar.

Tugas dan Jenis Bea Cukai

Saat Anda mempelajari pengertian bea cukai, tentu wajib tahu jika kegiatan ini dilakukan oleh Dirjen Bea dan Cukai (DJBC) yang bertugas di bawah Menteri Keuangan langsung. Untuk tugas pokoknya, DJBC harus merumuskan sekaligus melaksanakan kebijakan di bidang pengawasan, penegakan hukum, pelayanan sekaligus memaksimalkan penerimaan negara dalam bidang kepabeanan dan cukai sesuai aturan perundang-undangan.

Untuk melakukan perhitungan bea cukai, diatur dengan nilai tertinggi adalah mencapai 40% dari nilai pabean. Anda yang sudah memahami pengertian bea cukai, tentu akan cukup memahami jika tas-tas mewah keluaran luar negeri atau mobil produksi Eropa memiliki harga fantastis saat didatangkan ke Indonesia.  Di Tanah Air ada sedikitnya empat jenis bea yakni anti dumping, imbalan, tindakan pengamanan dan pembalasan.

Dari tugas yang ada, berikut ini adalah fungsi bea cukai:

  1. Mampu merumuskan kebijakan di bidang penegakan hukum sekaligus pelayanan dengan cara memaksimalkan penerimaan negara di bidang kepabeanan dan tentunya cukai.
  2. Melaksanakan seluruh kebijakan yang ada di bidang pengawasan dan tentunya penegakan hukum. Sehingga bisa dibilang kalau DJBC memiliki kendali penuh akan aktivitas ekspor-impor di Indonesia dan jadi komponen penting para pengusaha.
  3. Menyusun sebuah norma, standar, prosedur sekaligus kriteria di bidang kepabeanan dan cukai. Semua aturan ini supaya proses perdagangan sesuai aturan pemerintah.
  4. Bisa memberikan bimbingan teknis dan supervisi di bidang kepabeanan serta cukai. DJBC juga berfungsi melaksanakan administrasi sekaligus fungsi lain yang langsung diberikan kepada Menteri Keuangan.

Baca juga: Seperti Ini Langkah-Langkah Cara Bayar Pajak Online Sangat Mudah

Dengan penjelasan yang ada, Anda tentu sudah cukup paham pengertian bea cukai. Yang paling penting, kedua hal ini berimbas pada pemasukan negara. Cukai rokok adalah salah satu pendapatan menggiurkan di Tanah Air ini karena banyak para perokok aktif. Namun kebiasaan membeli barang dari luar negeri juga tak kala berpengaruh. Jadi intinya adalah Anda harus benar-benar memperhitungkan produk yang ingin dibeli.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sering Merasa Repot Ketika Bayar Pajak Bayar Pajak Online Yuk
Business
Sering Merasa Repot Ketika Bayar Pajak? Bayar Pajak Online Yuk

Anda Repot Bayar Pajak? Bayar Pajak Online Yuk Daftar isi Anda Repot Bayar Pajak? Bayar Pajak Online YukKebijakan Ditjen Pajak terhadap pajakUntuk dapat mengakses e-Billing dalam membayar pajak, perlu dibuat kode atau id billing terlebih dahulu. Beberapa opsi yang dapat dipilih untuk membuat kode billing, yaitu:Jika Anda sudah memiliki kode …

Penjelasan Terbaru Cara Menghitung Denda Pajak Kendaraan Bermotor
Business
Penjelasan Terbaru Cara Menghitung Denda Pajak Kendaraan Bermotor

Cara Menghitung Denda Pajak Kendaraan Bermotor Terbaru Pajak kendaraan bermotor merupakan jenis pajak yang wajib dibayarkan setiap satu tahun sekali. Gunanya tentu saja untuk memperpanjang masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) milik kendaraan Anda. Bila tak mematuhi aturan pajak ini, risiko nomor STNK menjadi hangus hingga mendapat surat tilang …

Cara Mudah Daftar NPWP Online
Business
Baca ini Dulu Sebelum Daftar NPWP Online

Cara Mudah Daftar NPWP Online Daftar isi Cara Mudah Daftar NPWP OnlineSebelum membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Anda harus menyiapkan beberapa dokumen berikut.Wajib Pajak Perorangan:Wajib Pajak Badan atau Perusahaan :Wajib Pajak Badan Usaha Joint Operation (JO):Wajib Pajak Bendahara:Proses daftar NPWP online pun sudah selesai. Dokumen tersebut akan diproses dalam …