Jangan Bingung Inilah Pengertian SSE Pajak

Jangan Bingung Inilah Pengertian SSE Pajak
Business

Pengertian SSE Pajak

Perkembangan zaman memang memudahkan setiap manusia untuk bertindak. Inovasi yang efektif dan menguntungkan seperti itulah yang ditawarkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) lewat pengertian SSE pajak. Yap, jika dulu untuk membayar pajak dan melaporkan SPT tahunan Anda harus ke Kantor Pratama Pajak (KPP), sekarang tak perlu lagi.

Sekarang untuk bisa mengakses semua kebutuhan itu lewat gawai yang memiliki akses internet ke situs milik DJP. Hanya saja supaya Anda bisa mengakses DJP online, jelas dibutuhkan yang namanya e-Filing alias EFIN yang merupakan identitas digital Anda. Untuk memperoleh EFIN, Anda memang harus daftar ke KPP dulu.

Jangan Bingung Inilah Pengertian SSE Pajak

Barulah setelah EFIN didapat, tinggal masuk ke situs DJP dan membuat akun supaya bisa melaporkan SPT dan melakukan pembayaran dengan SSE (Surat Setoran Elektronik) yang menggantikan sistem manual SSP (Surat Setoran Pajak). Dirilis sejak 2016, SSE akan menerbitkan kode billing (ID billing) pajak untuk berbagai Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran agar setiap Wajib Pajak (WP) bisa bayar kapanpun.

Artikel terkait: Seperti Ini Langkah-Langkah Cara Bayar Pajak Online Sangat Mudah

Cara Mudah Daftar SSE Pajak

Seperti namanya, pengertian SSE pajak merujuk pada penggunaannya secara elektronik alias bukan manual. Jadi Anda sebagai WP harus melakukan pendaftaran online di sse.pajak.go.id Saat ini ada tiga versi SSE pajak yang dikeluarkan DJP. Supaya tidak bingung, berikut ini perbedannya:

  1. Versi 1

Untuk versi 1 ini Anda harus masuk ke sse.pajak.go.id lalu kemudian pilih DAFTAR BARU. Akan ada formulir yang harus dilengkapi dengan mengisi nama, NPWP serta email. Setelah melakukan pendaftaran, DJP online akan mengirim link aktivasi ke email pribadi Anda. Barulah setelah itu Anda bisa melakukan login dengan NPWP serta kata sandi yang sudah dibuat sebelumnya.

Saat Anda sudah login, kelengkapan lain yang harus diisi adalah jenis pajak, jenis setoran, masa pajak, tahun pajak dan jumlah setoran. Usahakan untuk jenis pajak dan setoran tidak keliru.

  1. Versi 2

Saat Anda memilih versi dua, maka akan diarahkan ke alamat sse2.pajak.go.id dan kemudian pilih BELUM PUNYA AKUN. Seperti versi pertama, Anda harus mengisi data lengkap mulai NPWP, nama, email, kata sandi, kode keamanan lalu pili DAFTAR. Setelah NPWP terdaftar, Anda bisa login sesuai dengan kata sandi yang sudah dipilih. Barulah setelah itu ada formulir yang juga wajib diisi seperti versi pertama.

Tidak ada perbedaan pengertian SSE pajak dalam versi 1 dan 2, hanya saja ada tahapan khusus di versi 2 yakni Anda harus mencetak kode billing untuk melakukan pembayaran SSE pajak. Barulah setelah Anda membuat ID billing, maka kode yang diberikan itu bisa dibayarkan secara online.

Manfaat SSE Pajak Untuk Masyarakat

Ketika diluncurkan untuk masyarakat, pengertian SSE pajak memang sudah menekankan diri sebagai produk aplikasi perpajakan yang mempermudah para WP. Dan hal itu terbukti dengan berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh seperti berikut ini:

  1. Kalau dulu untuk membayar pajak Anda harus pergi ke KPP, mengantri dan jelas menyusahkan para pebisnis, kali ini tidak lagi lewat SSE. Anda bahkan tak perlu datang ke bank untuk membayar karena bisa melakukannya lewat ATM atau mobile/internet banking asalkan sudah memasukkan ID billing yang telah dibuat.
  2. Karena bisa dibayar jauh lebih mudah, jelas waktu Anda tak akan terbuang sia-sia dengan harus pergi ke KPP, belum lagi kalau terkena macet. Tinggal duduk nyaman, gunakan perangkat gawai yang terhubung internet, semua bisa dilakukan entah pagi hari atau usai makan malam.
  3. Dalam pengertian SSE pajak dijelaskan bahwa produk ini juga membuat para WP tidak melakukan banyak kesalahan saat memasukkan kode akun pajak atau jenis setoran. Kenapa begitu? Karena seluruh datanya sudah terhubung dengan DJP online.

Baca juga: Mengenal DJP Online dan Cara Mudah Lapor SPT

Bagaimana, setelah memahami pengertian SSE pajak, tentu sekarang proses pembayaran pajak tidak menyusahkan bukan? Tak ada lagi alasan bagi para WP untuk tidak membayar pajak karena kesibukan rutinitas dan enggan ke KPP. Lewat SSE, Anda bisa memenuhi kewajiban sebagai seorang WNI dengan jauh lebih efisien. Jadi, jangan ragu lagi untuk bayar pajak tepat waktu, ya!

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sering Merasa Repot Ketika Bayar Pajak Bayar Pajak Online Yuk
Business
Sering Merasa Repot Ketika Bayar Pajak? Bayar Pajak Online Yuk

Anda Repot Bayar Pajak? Bayar Pajak Online Yuk Daftar isi Anda Repot Bayar Pajak? Bayar Pajak Online YukKebijakan Ditjen Pajak terhadap pajakUntuk dapat mengakses e-Billing dalam membayar pajak, perlu dibuat kode atau id billing terlebih dahulu. Beberapa opsi yang dapat dipilih untuk membuat kode billing, yaitu:Jika Anda sudah memiliki kode …

Penjelasan Terbaru Cara Menghitung Denda Pajak Kendaraan Bermotor
Business
Penjelasan Terbaru Cara Menghitung Denda Pajak Kendaraan Bermotor

Cara Menghitung Denda Pajak Kendaraan Bermotor Terbaru Pajak kendaraan bermotor merupakan jenis pajak yang wajib dibayarkan setiap satu tahun sekali. Gunanya tentu saja untuk memperpanjang masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) milik kendaraan Anda. Bila tak mematuhi aturan pajak ini, risiko nomor STNK menjadi hangus hingga mendapat surat tilang …

Cara Mudah Daftar NPWP Online
Business
Baca ini Dulu Sebelum Daftar NPWP Online

Cara Mudah Daftar NPWP Online Daftar isi Cara Mudah Daftar NPWP OnlineSebelum membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Anda harus menyiapkan beberapa dokumen berikut.Wajib Pajak Perorangan:Wajib Pajak Badan atau Perusahaan :Wajib Pajak Badan Usaha Joint Operation (JO):Wajib Pajak Bendahara:Proses daftar NPWP online pun sudah selesai. Dokumen tersebut akan diproses dalam …