Kapan Waktu yang Tepat untuk Update Artikel

Waktu Pas untuk Posting Artikel
Blogging

Waktu Pas untuk Posting Update Artikel

Hallo sobat blogger dimanapun Anda berada salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi yang mudah-mudahan bisa memberikan nilai tambah untuk pembaca setia. Pembahasan kali ini adalah tentang kapan waktu yang pas untuk kita update artikel biar bisa tetap konsisten dan berkualitas?. Untuk itu yuk simak yang berikut ini.

waktu yang tepat untuk update artikel

Sebagai blogger tentu kita ingin blog yang kita kelola bisa memberikan informasi-informasi yang terkini dan juga terupdate untuk bisa memenuhi rasa penasaran para pembaca setia. Nah tentu saja kegiatan menulisini sangat menyenangkan namun terkadang juga banyak yang tidak tahu saking asiknya menulis dan ketika posting tidak terjadwal dan akibatnya artikel tidak maksimal yang membaca.

Timing inilah yang penting dengan posting saat yang tepat maka pageview/pembaca bisa meningkat.

Jangan salah, ngeblog juga memiliki strategi waktu. Dengan mengetahui strategi waktu posting blog, Anda bisa lebih mudah meraup pengunjung di tiap postingan artikel kalian. Lalu kapan waktu yang tepat untuk update artikel?

Tak berbeda dengan saat posting status di sosial media. Masing-masing memiliki startegi waktu sendiri-sendiri.

Kalau di sosial media contoh saja Instagram, lebih memihak waktu yang banyak digunakan orang untuk bersantai seperti jam makan siang atau pulang bekerja. Berbeda denga waktu saat posting artikel.

Namun untuk urusan berbagi artikel ke sosial media, Anda sudah harus sepatutnya membagikannya dengan mengikuti strategi waktu yang ditentukan pada sosial media. Seperti jam 12 siang atau jam 5 sore menjelang maghrib atau setelah Isya’

Waktu seperti itu banyak digunakan oleh orang-orang untuk bersantai sambil bermain dengan sosial media mereka. Anda dapat memanfaatkannya untuk berbagi postingan blog ke sosial media di saat banyak dari mereka yang online.

Artikel terkait:  7 Hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Terjun ke Dunia Blogger

Namun untuk lebih lengkapnya, waktu yang tepat update artikel adalah sebagai berikut ini.

Yang akan kita bahas di sini hanya meliputi 2 waktu. Yakni hari, dan jam. Mari kita kupas di antara ke-2 hal ini.

  • Hari yang tepat untuk update artikel

Menurut Dan Zarella dan Search Engine Land, mereka mendapatkan hasil dari penelitian untuk waktu yang tepat posting artikel.

Kalau yang Anda incar saat itu adalah page views, maka lakukan itu di hari Senin. Tapi kalau ingin mendapatkan banyak komentar dari postingan, maka lakukan di hari Sabtu.

Hari Senin adalah awal dari kesibukan. Orang-orang tidak memiliki banyak waktu untuk sekedar berkomentar, tapi situasi di hari Senin menyuruh mereka melakukan browsing di Google. Mereka membutuhkan artikel yang masih fresh, yang bisa mereka temukan di pencarian mesin kesayangan mereka yakni Google.

Sementara di hari Sabtu, yaitu hari yang dekat dengan hari libur, mereka lebih banyak memiliki waktu untuk memberikan komentar. Suasananya lebih santai di hari Sabtu. Tenang dan damai, berkomentar pun dirasa perlu sebagai bentuk terimakasih karena sudah membuat artikel semacam itu yang Anda upload ke blog Anda.

  • Jam yang tepat untuk update artikel

Jam adalah yang paling penting dari waktu yang tepat untuk posting artikel.
Meski tidak bisa dijelaskan kapan waktu yang lebih spesifik, tapi perkiraan jam yang tepat adalah saat pukul menunjukkan jam 9 pagi dan 11 siang.

Tiap waktu itu mempunyai hasil berbeda-beda. Kalau tujuannya mencari komentar sebanyak-banyaknya, maka lakukan saat pukul 11, dan kalau mencari views sebanyak-banyaknya, maka update artikel di jam 9 pagi.

Intinya untuk mendapat views banyak, maka update artikel di hari senin jam 9 pagi. Tapi kalau tujuannya mendapat komentar banyak, maka update artikel di hari sabtu jam 11 siang.

Cobalah mengupdate artikel di kedua waktu di atas. Lalu lihat hasilnya, apakah benar-benar berhasil.
Dan secara tidak langsung ini menjelaskan kalau minimal posting artikel adalah 2 kali dalam satu minggu. Tapi tidak usah terpaku pada hari. Perhatikan saja jam.

Anda pun pastinya memiliki pengunjung setia bukan? Pengunjung setia biasanya menginginkan Anda untuk update setiap hari, tapi soal masalah waktu, itu yang harus Anda cari tahu.

Coba cari tahu dengan melihat ada berapa banyak orang yang mengunjungi blog Anda. Lihat pukul berapa mereka berkunjung. Mereka mungkin adalah pengunjung setia Anda. Jadi dengan cara itu, lebih efektif melihat waktu yang tepat menyajikan artikel ke blog kalian.

Untuk lebih lengkapnya tentang cara mengetahui waktu spesifik tersebut, cobalah untuk mencarinya di Google. Ini menyangkut pautkan Google Analytics.
Pastikan Anda sudah mendaftar di Search Console dahulu setelah itu pasang Google Analytics di blog kalian.

Yang penting Anda memiliki persediaan artikel yang bisa diposting kapanpun itu. Tapi jangan buru-buru diposting artikelnya.

Untuk itulah kita diberikan tombol draft di platform blog kita. Setelah memiliki draft artikel yang siap diposting, kini saatnya Anda menunggu waktu yang tepat untuk menekan tombol publish.

Baca juga:  Cara Pas Untuk Meningkatkan Pengunjung Blog Mudah dan Cepat

Jumlah artikel yang ideal

Yang ini adalah tambahan saja karena jumlah artikel untuk posting juga akan mempengaruhi kualitas blog yang kita bangun. Hal ini menandakan bahwa blog atau website kita terus terupdet. Lalu, berapakah jumlah artikel yang tepat untuk dipublish dalam sehari?

Dari berbagai sumber kebanyakan mereka merekomendasikan jumlah artikel perharinya yaitu 5 artikel bahkan bisa lebih, inipun juga tergantung kapasitas blog kita jika sudah besar tentu kebutuhan dan minat pembaca juga semakin besar. Apalagi dengan blog-blog besar dan mapan mereka juga telah memiliki penulis pribadi dan dikerjakan secara team.

Lantas bagaimana jika blog yang kita miliki masih baru?

Untuk pemula tentu saja akan menjadi beban yang sangat berat untuk bisa mengupdate atau posting lebih dari 5 perhari. Nah untuk blog yang belum berumur yang paling penting adalah konsistensi posting perkala 2-3 perhari sudah bagus lebih banyak lebih bagus juga. Tujuanya adalah untuk menjaga blog kita terus dirayapi oleh mesin perayap dan juga untuk membangun komunikasi dengan pembaca.

Blog baru sangat di anjurkan untuk konsisten update artikel selam kurang lebih 3 bulan untuk memantapkan posisi di mesin pencari dengan memposting banyak artikel secara konsisten. Namun jika tidak sanggup yang terpenting adalah konsisten jangan sampai kosong satu minggu ini bisa menurunkan peringkat dan kualitas blog kita.

Itulah tadi cara tentang bagaimana membuat jadwal yang tepat dalam mem-publish blog Anda. Didukung dengan artikel yang menarik dan berkualitas, Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal dan kapan waktu yang tepat untuk posting artikel. Semoga artikelnya bermanfaat dan membantu Anda yang kebingungan.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cara Mendatangkan Trafik Blog Mudah Praktis Efektif
Blogging
9 Cara Mendatangkan Trafik Blog Mudah Praktis Efektif

Mendatangkan Trafik Blog Dengan Mudah Aman Daftar isi Mendatangkan Trafik Blog Dengan Mudah AmanBerikut ada beberapa cara untuk meningkatkan pengunjung atau mendatangkan trafik blog Anda:1). Melakukan SEO On Page dan Off PageBerikut ada beberapa teknik optimasi SEO off page yang dapat digunakan:Melakukan BlogwalkingMenjadi Guest Blogging atau Menjadi Penulis Tamu Web/Blog …

Pengertian Apa Itu WordPress WordPress com dan WordPress org
Blogging
Pengertian Apa Itu WordPress? WordPress.com dan WordPress.org

Apakah yang dimaksud dengan blog WordPress? Daftar isi Apakah yang dimaksud dengan blog WordPress?Apa itu WordPress Blog? Jelaskan apa yang dimaksud dengan blog? Apa saja manfaat dan fungsi WordPress?Sejarah perkembangan WordPressAutomatticPerbedaan WordPress.org dan WordPress.comWordPress.comApa itu WordPress hosting?WordPress.org atau WordPress Self HostedBerikut ringkasan perbedaan dalam penggunaan WordPress.com dan WordPress.org:Fitur dan keunggulan …

Tips Sukses Blogger untuk Pemula Agar Website Ramai Pengunjung
Blogging
Tips Sukses Blogger untuk Pemula Agar Website Ramai Pengunjung

Tips Sukses Blogger Agar Website Ramai Pengunjung Daftar isi Tips Sukses Blogger Agar Website Ramai PengunjungMenentukan Tujuan BlogMengenali Target PembacaKonsisten dengan BlogMengundang PembacaMempromosikan BlogBerani Mengambil Risiko Mengawali blogging mungkin cukup membingungkan kalau Anda masih pemula. Anda pun ingin menerapkan tips sukses blogger agar blog Anda menarik pengunjung. Sehingga dapat menghasillkan …