Karakteristik Dan Tujuan Visi Perusahaan

Karakteristik Dan Tujuan Visi Perusahaan

Mungkin faktor yang paling penting dalam pemasaran yang sukses adalah “visi perusahaan.” Anehnya, sebagian besar diabaikan oleh buku teks pemasaran, meskipun tidak oleh eksponen populer dari strategi perusahaan – memang, itu mungkin tema utama buku oleh Peters dan Waterman , dalam bentuk mereka “Superordinate destination“. visi perusahaan dimulai dengan pemahaman yang jelas dan ringkas tentang siapa yang akan membeli produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan dan apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Hal ini penting untuk menentukan visi perusahaan dan untuk menciptakan pernyataan visi.

Buku yang laris “In Search of Excellence” yang ditulis oleh Tom Peters dan Robert H. Waterman, Jr. menyatakan: “Tidak ada yang mendorong kemajuan seperti imajinasi Idenya mendahului perbuatan..”

Tujuan Visi Perusahaan

Jika organisasi dan khususnya kepala eksekutif perusahaan memiliki visi yang kuat dari mana kebohongan masa depan, maka kemungkinan mereka akan mencapai posisi yang kuat di pasar (dan mencapai masa itu). Ini tidak akan menjadi sepele karena strategi yang akan konsisten dan akan didukung oleh staf di semua tingkatan.

Artikel terkait: Pemasaran Sebagai Kekuatan Kewirausahaan

Sebagai contoh, semua kegiatan pemasaran IBM yang didukung oleh filosofi “layanan pelanggan.” Visi ini awalnya dipromosikan oleh dinasti Watson charismatic. Penekanan pada tahap ini adalah untuk memperoleh gambaran yang lengkap dan akurat.

Visi perusahaan adalah pandangan jauh ke depan, kemana perusahaan-perusahaan tersebut akan dibawa atau gambaran apa yang diinginkan oleh perusahaan. Visi perusahaan akan menunjukan suatu kondisi ideal tentang masa depan yang realistis, dapat dipercaya, meyakinkan, serta mengandung daya tarik.
Karakteristik Pernyataan Visi Besar

Sebuah visi besar memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Sederhana dan idealis, menarik bagi nilai-nilai inti. Ini dapat menjadi nilai-nilai inti pribadi atau nilai-nilai inti perusahaan. 
  • Menantang tetapi juga realistis. Sebuah visi biasanya dinyatakan dengan cara seperti muncul ketika jauh dalam mencapai, tetapi orang-orang harus merasa bisa seperti itu, entah bagaimana dicapainya. 
  • Memberikan fokus, melayani sebagai panduan ketika keputusan harus dibuat. 
  • Memberikan manfaat yang jelas. Jika Anda ingin orang-orang untuk mengikuti visi Anda, Anda harus menyediakan satu di mana mereka dapat berinvestasi (emosional pada awalnya dan aktif di kemudian hari).

Satu dapat menemukan banyak sumber daya online dan offline tentang cara menulis pernyataan visi menarik. Namun, kita jauh lebih tertarik dalam proses visi. Bahwa proses introspektif yang membantu orang dan organisasi sama-sama untuk menentukan Visi.

Mencari

Dalam artikel 1996 Harvard Business Review berjudul, “Membangun Visi Perusahaan Anda,” penulis James C. Collins dan Jerry I. Porras, menguraikan kerangka untuk menentukan visi organisasi, menunjukkan bahwa itu harus terdiri dari dua komponen mendasar: ideologi inti dan masa depan yang dibayangkan.

Menurut penulis, ideologi inti mendefinisikan karakter organisasi, yang harus bertahan melampaui tren eksternal atau lingkungan dan perubahan, sementara masa depan membayangkan harus ditata sebagai tujuan berani 10 sampai 30 tahun dengan deskripsi yang jelas, termasuk hasil mencapai tujuan tersebut.

inti Ideologi

Inti ideologi terdiri dari nilai-nilai inti dan tujuan inti. Ini adalah prinsip-prinsip dan ajaran organisasi dan alasan yang paling mendasar untuk perusahaan.

Nilai inti

Nilai-nilai inti adalah prinsip abadi dari suatu organisasi. Mereka abadi dan tidak harus dinyatakan dalam pernyataan misi karena kata-kata mungkin berubah dari waktu ke waktu. Sebaliknya, nilai-nilai inti adalah ideologi yang mendasari yang tetap konstan. Prinsip-prinsip membimbing harus intrinsik untuk semua anggota organisasi yang menyediakan kerangka umum untuk semua orang dan tidak memerlukan pembenaran eksternal ( “ini adalah mengapa kita melakukan apa yang kita lakukan”). Mereka memberikan motivasi internal untuk tetap jalan dan terus berjalan, bahkan terlepas dari keadaan eksternal yang merugikan.

Tujuan Inti

Tujuan inti dari perusahaan adalah itu “raison d’tre”. Itu mengungkapkan jiwa organisasi, biasanya melalui pernyataan misi. Tujuan inti harus dinyatakan dalam cara yang abadi dan tak terjangkau. Ini harus menjadi tujuan menggoda, mengemudi perubahan dan kemajuan tetapi tidak pernah benar-benar terwujud.

Untuk mengungkap tujuan sebenarnya organisasi, penulis menyarankan menggunakan teknik 5W+H.

Baca juga :  Pemasaran Sebagai Kekuatan Kewirausahaan

Vivid Deskripsi

Sebuah deskripsi yang jelas akan membantu kita semua memvisualisasikan hijau, masa depan yang cerah dihasilkan dari keberhasilan dalam menyelesaikan quest.

Deskripsi ini harus bergairah dan merangsang pendengar. Ini harus menjadi bergairah dan emosional dan harus menyampaikan perasaan ini melalui pesannya. Bisnis orang cenderung menghindar dari menyampaikan pesan emosional tentang harapan dan impian, tapi itulah bagaimana memotivasi orang lain. Pemimpin besar tahu ini dan, seperti halnya mahasiswa retorika tahu, telah menggunakannya waktu dan lagi sepanjang sejarah untuk mengumpulkan dukungan sekitar ide atau tindakan.

Sekian pembahasan kali ini tentang Tujuan Visi Perusahaan. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan oleh Para Pebisnis Pemula
Business
Anda Pebisnis Pemula Hindari Kesalahan Fatal ini

Kesalahan Fatal Pebisnis Pemula Dalam hidup ini tidak ada satupun manusia yang sempurna. Semua manusia yang hidup di dunia ini tentu pernah melakukan kesalahan, baik kesalahan yang kecil maupun kesalahan yang besar. Kesalahan-kesalahan tidak hanya terjadi di kehidupan biasa, namun juga sering sekali terjadi di dunia bisnis. Ada banyak sekali …

Business
7 Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Memulai subuah bisnis memang selalu menjadi perbincangan yang menarik untuk dibahas. Memang benar memiliki sebuah usaha dan bisnis adalah cara yang paling mungkin untuk meraih kesuksesan. Maka dari itu banyak orang berlomba-lomba untuk membangun dan mengembangkan bisnis mereka. Namun demikian tidaklah mudah untuk …

Business
5 Cara Menemukan Usaha Apa Yang Cocok Untuk Anda

Menemukan Usaha Apa Yang Cocok Menjadi pebisnis merupakan langkah yang tepat untuk meraih kesuksesan. Telah banyak pengusaha yang menjadi sukses bahkan dengan penghasilan hingga ratusan juta perbulannya. Namun hal ini tidaklah terjadi begitu saja mereka telah merintis dari kecil hingga besar sampai saat ini. Memang tidak mudah memulai bisnis itu …