Kiat Berwirausaha Sukses Dan Tangguh Praktis Efektif

 Kiat Berwirausaha Sukses Dan Tangguh

Siapa sih yang tidak ingin menjadi pengusaha sukses? Tentu semua orang menginginkannya bukan. Sukses dalam berwirausaha adalah impian dan keinginan kebanyakan orang. Setiap pengusaha atau wirausaha pasti memiliki tujuan utama yaitu bisnisnya sukses. Namun wirausaha yang sukses itu tidak langsung ujug-ujug jadi pasi ada proses yang dilalui bahan banyak yang menemui kendala dan kegagalan terlebih dahulu sebelum mencapai keberhasilan atau kesuksesan tersebut.

Kiat Berwirausaha Sukses Dan Tangguh Praktis Efektif

Berwirausaha memang memiliki tantangan tersendiri karena untuk mencapai kesuksesan membutuhkan proses yang dari prosesnya itulah seorang wirausahawan akan menemukan kesuksesan bisnisnya. Semua orang bisa menjadi pengusaha sukses tak terkecuali saat ini dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan semua orang bisa memanfaatkannya untuk mempermudah kegiatan usahanya tersebut.

Bagaimana apakah Anda siap menjadi wirausaha yang sukses?

“Dari 10 pintu sukses kaya, 9 diantaranya untuk pengusaha” pernahkah Anda mendengar kutipan tadi. Memang benar betapa besarnya peluang menjadi sukses jika menjadi seorang pengusaha.
Mengapa memilih karir menjadiwira usaha?

  • Memiliki kebebasan dalam waktu, finansial, dan atur diri sendiri.
  • Aktualisasi diri yang terbaik dan tertinggi.
  • Menyediakan lapangan kerja untuk orang lain.
  • Pahlawan ekonomi dalam pengentasan kemiskinan dan pengangguran.

Arttikel terkait: 8 Karakteristik Umum dari Pengusaha Sukses Yang Anda Harus Miliki

    Bekal karakter, Mindset, dan Sifat apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi wirausaha sukses dan Tangguh
    1). Pekerja Keras dan Cerdas
    Menjadi seorang pebisnis itu membutuhkan banyak energi dan dorongan yang kuat. Yaitu kemampuan untuk mengatur waktu dengan maksimal dan lebih lama, bila perlu untuk bekerja keras ini terus menerus, dan dapat mengatasi apabila kurang tidur. Juga harus menjadi pekerja yang cerdas. Artinya penuh kalkulasi dengan strategi yang efisien dan efektif.
    2). Percaya diri
    Agar berhasil seorang wirausaha harus percaya diri dan yakin terhadap kemampuan yang dimiliki untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Ini di tunjukan oleh keyakinan bahwa jika “Anda sangat menginginkan sesuatu dan bersedia bekerja keras untuk mendapatkannya, maka Anda pasti berhasil mendapatkannya”.

    3). Visioner dan Futuristik
    Sasaran kebanyakan wirausaha sukses adalah iuntuk membangun pekerjaan yang aman dan penghasilan bagi mereka berdasarkan kemampuan mereka sendiri. Ini berarti seorang wirausaha mengerti bahwa mereka memerlukan waktu beberapa tahun untuk meraih keberhasilan, sampaimencapai standar yang wajar.
    4). Fokus Pada Sasaran Atau Target
    Sukses pada bisnis tergantung pada kemampuan untuk menetapkan sasaran atau target yang realistis dan bekerja dengan tekad yang penuh untu menggapainya. Kemampuan untuk menetapkan sasaran (untuk hal-hal yang dianggap pantas dikejar) dan bekerja untuk meraihnya adalah hal mendasar bagi seorang wirausaha.
    5). Teguh – Ulet
    Semua usaha memiliki masalah dan hal-hal yang mengecewakan. Bersifat teguh dalam memecahkan persoalan adalah salah satu kunci untuk menjadi wirausaha sukses.
    6). Siap gagal – Siap Sukses
    Selain keberhasilan, semua bisnis tidak terlepas dari kekecewaan dan kegagalan. Mengatasi berarti mengakui kegagalan, belajar sari kegagalan itu, dan mencari peluang baru. Tanpa karakteristik ini, kegagalandapat mengakhiri upaya seseorang untuk menjadi pemilik  bisnis.
    7). Berinisiatif Tinggi
    Riset menunjukan bahwa wirausaha yang berhasil adalah mereka yang berani mengambil inisiatif dan secara personal mereka akan mengambil tanggung jawab atas keberhasilan atau kegagalan bisnis mereka.
    8). Good Listener
    Wirausaha yang berhasil bukan orang yang selalu melihat ke dalam (inward looking) dan tidak pernah menggunakan sumber daya dari luar. Kemandirian tidak meniadakan kemampuan untuk meminta bantuan, bila perlu, dari orang-orang lain seperti pegawai bangk, akuntan, atau konsultan bisnis. Kemampuan mendengar nasehat dari orang lain adalah karakteristik kunci dari seorang wirausaha.
    9). Berstandardisasi – Kinerja
    Menetapkan standar kinerja kemudian bekerja untuk mencapainya adalah indikator lain dari seorang wira usaha yang berhasil. Standar ini antara lain penghasilan, kualitas, penjualan, atau omzet produk. Kebanyakan wirausaha ingin berbuat lebih baik tiap tahun, menetapkan dan mencapai standar yang lebih tinggi dari tahun ke tahun.
    10). Teleran dengan Ketidakpastian
    Menjadi seorang wirausaha menghadapi lebih banyak ketidakpastian daripada manjadi pegawai. Ketidakpastian ini menyangkut penjualan dan omzet, namun sering juga dalam hal lainnya, seperti pengiriman material dan harga, dan dukungan bank. Kemampan untuk mengatasi ketidakpastian tanpa merasa stress adalah sifat yang diperlukan seorang wirausaha.
    11). Berkomitmen Kuat
    Memulai dan menjalankan usaha menuntut komitmen total dari seorang wirausaha dari segi waktu, uang, dan gaya hidup. Ini harus menjadi prioritas utama dalam kehidupan wirausaha.

    12).  Berintegrasi dan Andal
    Kualitas kejujuran, keadilan, dan keandalan dalam arti melakukan apa yang telah dijanjikan adalah sifat yang penting dari seorang wirausaha.

    13). Bersedia Ambil Resiko
    Menjadi seorang wirausaha melibatkan beberapa resiko. Seorang wirausaha mempunyai kemampuan untuk mengambil resiko yang terukur atau diperhitungkan. Resiko demikian meliputi memikirkan kemungkinan biaya dan keuntungan, kemungkinan sukses dan percaya diri untuk membuat/mengubah resiko itu menjadi bermanfaat bagi bisnisnya. Wira usaha dapat dianggap menhindari resiko bila mereka mengurangi risikonya dengan cara memberikan orang lain mengambil sebagian resikonya itu mungkin adalah bankir, pemasok, dan pelanggan.

    Baca juga: Tren Peluang Bisnis di 2018 Menguntungkan yang Perlu Anda Coba

    “Dari badai dan gelombang besarlah akan terlahir wirausaha sukses dan tangguh”(Dahlan Iskan).

    Pada dasarnya kegagalan itu tidaklah ada yang ada hanyalah belajar atau sukses. Kesuksesan adalah proses yang harus dilalui setiap wirausaha, ada rintangan dan kendala itu pasti namun jika tekad dan keyakinan kita untuk menjadi sukses lebih kuat maka sejatinya kesuksesan itu akan diraih oleh siapa saja.
    Semoga bermanfaat apa yang ada dalam artikel ini dan sekian pembahasan kali ini tentang Kiat Berwirausaha Sukses Dan Tangguh. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengujung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.
    Tidak ada Komentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Kata-Kata Motivasi untuk yang Berjuang Mengejar Mimpi
    Inspirasi & Motivasi
    Kata-Kata Motivasi untuk yang Berjuang Mengejar Mimpi

    Kata-Kata Motivasi untuk Mengejar Mimpi Anda Dapat meraih mimpi rasanya tentu menyenangkan. Tidak jarang untuk mendapatkan motivasi kita melihat orang lain yang sudah lebih dulu mencapai kesuksesan. Kita pun sering mencari kata-kata motivasi di internet yang dapat memicu semangat diri untuk terus berusaha. Namun apakah meraih mimpi sesederhana itu? Bukannya …

    Kandungan Berbahaya pada Jajanan di Pinggir Jalan
    Inspirasi & Motivasi
    Kandungan Berbahaya pada Jajanan Laris di Pinggir Jalan

    Kandungan Berbahaya pada Jajanan di Pinggir Jalan Jajanan laris menjadi buronan di semua kalangan, baik anak-anak, remaja maupun dewasa. Karena biasanya dijual menarik, hemat dan pas dikantong mereka. Namun tidak menutup kemungkinan jajanan laris tersebut mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh. Entah bahaya yang muncul pada jangka pendek atau jangka …

    Inspirasi & Motivasi
    Inilah 8 Kebiasaan Orang-orang Yang Sangat Sukses

    Kebiasaan Orang Yang Sangat Sukses Tahukah Anda bahwa sebenarnya kebiasaan seseorang sangat berpengaruh pada kehidupan dan keseharian orang tersebut. Bahkan dari kebiasaan inilah bisa menjadi cerminan dari kesuksesan dan kegagalan seseorang. Ketika orang tersebut melakukan kebiasaan yang positif maka mereka akan cenderung memiliki kehidupan yang sukses dari berbagai hal dan …