Komponen Mesin Kompresor dan Cara Membersihkannya

Komponen Mesin Kompresor dan Cara Membersihkannya

Ingin Merawat Mesin Kompresor Yuk Kenali Komponennya

Apakah Anda ingin membuka bisnis kecil-kecilan seperti bisnis perbengkelan? Jika iya, maka anda perlu membeli perlengkapan diantaranya yaitu mesin kompresor. Kompresor adalah mesin yang mampu memampatkan fluida gas untuk kegiatan mengompa ban, pengecatan dengan teknik spray, dan lain-lain. Untuk dapat membeli kompresor bisa dilakukan dengan cara online. Harga kompresor sendiri sangatlah beragam, ada yang murah ataupun sebaliknya.

ini Komponen Mesin Kompresor dan Cara Membersihkannya

 

Mengulas Komponen Mesin Kompresor

Jika anda ingin membeli kompresor yang original, anda perlu memahami komponen mesin kompresor tersebut. Berikut ini komponen yang terdapat pada kompresor.

  1. Drain Valve

Salah satu komponen yang ada pada mesin kompresor adalah drain valve. Drain valve memiliki peranan untuk mengelola tekanan udara yang ada di dalam tabung penyimpanan. Pada umumnya, hasil uap berupa air di dalam tabung dan beberapa kotoran akan masuk ke tabung. Maka dari itu, akan dibuang melewati drain valve.

  1. Fluid Cooler

Fluid cooler adalah komponen mesin kedua yang memiliki peran untuk mengatasi overheat dalam mesin. Fluid cooler berusaha untuk mencegah ledakan yang terjadi dalam mesin yang dikarenakan suhu panas yang meningkat. Bukan itu saja, fluid cooler berusaha untuk mendinginkan dan mengelola suhu tekanan kompresor.

  1. Hose (Selang Khusus)

Hose merupakan komponen yang berupa selang khusus yang memiliki fungsi untuk mengalirkan tekanan udara. Pada umumnya, selang khusus mampu menahan segala tekanan kuat yang merupakan hasil dari tabung udara. Hose ini merupakan alat yang berasal dari bahan karet dengan panjang yang berbeda menyesuaikan kebutuhan. Bentuk selang ini ada spiral dan ada juga yang lurus.

  1. Hose Fitting

Komponen selanjutnya yaitu hose fitting yang merupakan pelengkap hose karena alat ini akan terpasang pada pangkal selang khusus dengan menggunakan pressure tools. Pressure tools adalah alat yang memiliki fungsi untuk menggabungkan hose dengan kompresor. Hose fitting ini juga memiliki hubungan dengan ball valve.

  1. Ball Valve

Salah satu komponen mesin kompresor adalah ball valve. Tentunya ball valve memiliki peranan tersendiri yaitu menghubungkan kompresor dengan selang khusus dan juga ball valve. Peran lain dari ball valve adalah mengatur tekanan udara yang akan keluar dari tabung angin.

  1. Filter

Komponen lainnya adalah filter. Filter terdiri menjadi dua yaitu oli dan udara. Filter udara memiliki peran untuk menyaring udara yang masuk agar tidak mengalami sumbatan karena kotoran serta debu. Untuk filter oli memiliki peran untuk menyaring minyak pelumas.

  1. Pressure Switch

Fungsi pressure switch adalah menghubungkan mesin kompresor dengan pressure gauge. Selain itu, peran lain yaitu memutuskan hubungan apabila kamampuan mengeluarkan tekanan mencapai batasan.

  1. Pressure Gauge

Merupakan komponen yang membantu untuk mengetahui tekanan udara yang berada dalam tabung.

  1. Safety Valve

Komponen selanjutnya yaitu safety valve. Peran dari safety valve adalah bisa mengeluarkan tekanan udara yang berlebih dan mengembalikan ke titik awal terkecil secara otomatis.

  1. Receiver Tank

Receiver tank merupakan tempat yang mampu menyimpan semua tekanan udara kompresor.

Cara Membersihkan Komponen Mesin Kompresor

Pada umumnya kompresor harus dibersihkan secara berkala dan rutin. Untuk membersihkan komponen mesin kompresor sendiri sangatlah mudah yaitu menggunakan lap dari kain yang telah dibasahi dengan air. Hal ini dilakukan untuk membersihkan debu-debu serta kotoran yang melekat pada mesin kompresor. Jika ada tumpahan oli maka perlu membersihkannya menggunakan minyak tanah agar kotorannya dapat terangkat.

Bukan hanya sekedar dibersihkan dari kotoran seperti debu atau oli saja. Kompresor harus sesekali diberi pelumas karena kompresor terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan satu sama lain dan bertautan. Selain itu, oli yang ada di dalam mesin kompresor juga paling maksimal diganti 2 bulan sekali. Semua itu perlu dilakukan untuk kinerja mesin kompresor yang baik tanpa adanya kerusakan.

Bagi anda yang ingin membeli mesin kompresor yang terjamin dan memiliki garansi 100% bisa mencarinya di Bhinneka.com. Tempat jual kompresor online ini merupakan salah satu toko online terbesar dan pertama di Indonesia. Pembelian kompresor online terjamin aman. Selain itu, pengirimannya juga menjangkau seluruh Indonesia. Miliki sekarang mesin kompresor terbaik di Bhinneka.com.

Satu pemikiran pada “Komponen Mesin Kompresor dan Cara Membersihkannya”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.