Kunci Untuk Mengembangkan Strategi Pemasaran Yang Sukses

Mengembangkan Strategi Pemasaran Yang Sukses

Sebuah STRATEGI PEMASARAN yang sukses dinilai dari seberapa efektif yang dapat digunakan. Banyak orang tahu bahwa strategi pemasaran yang sukses menempatkan banyak faktor yang berbeda ke dalam pertimbangan dan menggunakan faktor-faktor ini secara kolektif.

Dengan adanya upaya strategi pemasaran inilah perusahaan akan mampu bersaing dengan kompetitor yang lain, selain itu dengan menetapkan strategi yang baik maka keberhasilan perusahaan dalam menarik pelanggan potensial akan semakin besar. Maka dari itu suatu perusahaan harus mengupayakan dan memperhatikan beberapa hal untuk keberhasilan pemasarannya salah satunya menciptakan strategi pemasaran yang baik tersebut.

Mengembangkan Strategi Pemasaran Yang Sukses

Dalam dunia usaha atau bisnis tentunya sangat dibutuhkan sebuah strategi ini misal dari hal produksi, sampai proses pemasaran untuk memenuhi kebutuhan konsumen hal ini dengan tujuan agar usaha yang dijalani dapat berkembang seperti yang di inginkan. Bis dikatakan kunci keberhasilan perusahaan dalam menawarkan produk atau jasanya adalah dengan teknik pemasaran yang baik sehingga akan berdampak pada penjualan yang signifikan. Hal ini adalah faktor penting karena memang strategi pemasaran ini adalah faktor penting yang akan menjadi pembeda yanga akan membedakan sukses atau tidaknya bisnis tersebut. Kemudian langkah-langkah dalam membuat strategi pemasaran sangatlah penting demi memaksimalkan kinerja bisnis tersebut.

Lalu bagaimana menciptakan dan mengembangkan strategi pemasaran yang baik?, Berikut adalah lima kunci utama untuk mengembangkan strategi pemasaran yang sukses. Faktor ini sering disebut dengan SWOT. Mengutip dari wikipedia, analisis SWOT adalah : “Merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek bisnis/perusahaan atau suatu spekulasi bisnis”. 

Artikel terkait: Pengertian, Contoh, Jenis-Jenis Iklan dan cara strategi Komunikasi Pemasaran

Setiap pengusaha sukses akan memberitahu Anda bahwa kelima faktor tersebut selalu memainkan peran penting dalam pengembangan strategi pemasaran yang sukses:

1) Kekuatan – Sebuah strategi pemasaran yang sukses selalu mempertimbangkan berbagai kekuatan yang dimilikinya dengan demikian bahwa sebuah perusahaan memiliki kekuatan yang berbeda satu sama lain. Kekuatan ini harus hadir dalam perusahaan dan perusahaan harus dapat menggunakannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini jelas bahwa setiap perusahaan memiliki kekuatan yang bisa digunakan untuk mendapatkan keuntungan dalam persaingan. Kekuatan ini bisa berkisar dari memiliki lebih banyak sumber daya untuk memiliki lebih banyak pengalaman. Strategi ini harus memanfaatkan kekuatan maksimal. Setiap usaha yang dikeluarkan harus diarahkan pada pencapaian tujuan sebagaimana mestinyha.

2) Kelemahan – Sama seperti setiap perusahaan memiliki kekuatan, setiap perusahaan juga memiliki kelemahan. Sebuah strategi pemasaran yang sukses perlu mengambil kelemahan ini untuk diperhitungkan dan membantu orang mengatasinya. Sebuah strategi pemasaran yang sukses harus realistis tentang kelemahan dalam rangka untuk benar-benar berjalan dengan efektif.

strategi pemasaran yang sukses sering merubah potensi kelemahannya menjadi kekuatan. Apa pun mungkin dengan manipulasi yang tepat kekuatan perusahaan. Dengan memperhitungkan potensi kelemahan, perusahaan akan dapat menemukan cara untuk mengatasi kelemahan yang dimiliki bagi mereka. Mereka benar-benar bisa memperbaiki kelemahan-kelemahan dan memastikan bahwa mereka tidak akan mengalami kerugian bagi perusahaan.

3) Peluang – strategi pemasaran yang sukses selalu mengambil keuntungan dari setiap kesempatan yang tersedia untuk kemajuan perusahaannya. Dengan mempertimbangkan peluang usaha dan bisnis yang ada, perusahaan akan mencari berbagai batu loncatan yang dapat digunakan untuk mencapai keberhasilan. Berbagai kesempatan selalu tersedia di pasar.

Namun, peluang tersebut sering tidak terlihat jelas dan perlu mata yang tajam dan rasa yang baik untuk mengambil keuntungan dari mereka. Dalam memanfaatkan peluang, bagaimanapun perusahaan harus tidak melupakan tujuan utama yang dilaluinya sehingga dapat mengukur keberhasilan.

4) Ancaman – Karena pasar memiliki peluang bagi setiap perusahaan, juga harus diperhatikan bahwa itu setiap usaha dan bisnis pastinya selalu memiliki ancaman. Orang harus menyadari setiap potensi bahkan yang bisa membawa perusahaan untuk bertekuk lutut.

strategi pemasaran yang sukses selalu termasuk metode keluar dari ancaman dan beradaptasi dengan sedemikian rupa sehingga mereka akan bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Strategi pemasaran yang paling sukses, pada kenyataannya benar-benar telah mampu mengubah ancaman menjadi peluang. Ambil contoh BMW misalnya: ketika dihadapkan dengan ancaman yang dilarang untuk memproduksi pesawat, mereka dengan cerdas mengembangkan perusahaan mobil yang dibutuhkan untuk mobil manufaktur. Itu cara yang bagus untuk mengubah ancaman menjadi peluang.

5) Implementasi – Sebuah strategi pemasaran perlu diterapkan agar sukses. Implementasi adalah ujian akhir dari seberapa strategi pemasaran itu terimplementasikan secara tepat. Strategi Ini bisa menjadi pintar, bisa sederhana, bisa licik, dan itu bisa menjadi jelas. Strategi pemasaran yang sukses selalu dilakukan pengimplementasian sehingga perusahaan dapat menerapakan strategi pemasaran yang dimilikinya. Tanpa implementasi ini sebagai ujian terakhir, strategi pemasaran hanyalah strategi pemasaran dan tidak bisa diterapkan. Sukses ditentukan oleh penggunaan, bukan oleh desain.

Baca juga : Pengertian Supermarket, Jenis Pasar Swalayan, Minimarket, Midmarket, Hypermarket

Berikut adalah lima kunci strategi pemasaran yang sukses. Menerapkan Strategi pemasaran ini penting karena tanpa strategi pemasaran yang efisien dan efektif tentunya perusahaan tidak mampu untuk bersaing dalam persaingan yang semakin ketat juga, lima faktor inilah dapat membantu Anda untuk mencapai keberhasilan suatu hari nanti.

Demikian pembahasan kali ini tentang Strategi Pemasaran Yang Sukses. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alat-Alat Promosi Pemasaran yang Perlu Diketahui
Strategi Pemasaran
Alat-Alat Promosi Pemasaran yang Perlu Diketahui

Alat-Alat Promosi Pemasaran Berbicara tentang pemasaran tentunya tidak lepas dengan yang namanya Promosi yang merupakan salah satu strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran atau marketing mix yang sangat penting untuk menunjang kesuksesan bisnisnya. Promosi dibutuhkan ketika memasarkan suatu barang yang dijual. Oleh karena itu, antara promosi dan pemasaran nyaris tidak dapat …

5 Tips Membuat Iklan Baris yang Efektif Sesuai Contoh Iklan di Media Massa
Strategi Pemasaran
5 Tips Membuat Iklan Baris yang Efektif Sesuai Contoh Iklan di Media Massa

Membuat Iklan Baris yang Efektif Iklan di Media Massa Iklan tak dapat dipisahkan dari kegiatan promosi produk barang dan jasa dan ini merupakan strategi pemasaran yang cukup efektif untuk di terapakan. Dalam membuat iklan memerlukan perencanaan dan teknik yang matang. Hal yang paling penting dari iklan yaitu dapat membuat siapa …

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar
Strategi Pemasaran
Definisi Market Share atau Pangsa Pasar dan Contohnya

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar Apa itu ‘Market Share’? Sebuah perusahaan tentunya harus memiliki gambaran atau ukuran untuk mengetahui potensi pasar mereka. Pengertian Market share sendiri dalam bahasa Indonesia bisa di artiken sebagai Pangsa pasar yaitu suatu indikator utama yang dimiliki perusahaan untuk digunakan dalam mengukur persentase industri, atau …