Langkah-Langkah Pembuatan Blog untuk Pemula yang Tidak Boleh ditinggalkan

Belajar Gratis Pembuatan Blog untuk Pemula

Pengguna blog kini terus bersaing. Mereka berlomba-lomba agar artikelnya muncul di halaman pertama Google. Mengalahkan artikel lain dan begitu memedulikan SEO. Tapi bagi pemula seperti Anda, SEO tak pelru diperhatikan dulu. Yang harus diperhatikan adalah langkah-langkah pembuatan blog karena pemula seperti Anda fokus dahulu pada pembuatan blog. Bukan artikel.

Panduan Gratis Pembuatan Blog untuk Pemula

Soal artikel belakangan. Setelah blog jadi, baru dipikirkan.

Di tutorial kali ini, platform yang akan kita gunakan adalah Blogspot.

Artikel terkait:  Langkah-Langkah Dasar untuk Membuat Situs Web atau Blog

Langkah pertama

Daftar di blogspot dengan mengunjungi web mereka.
Daftarkan diri Anda dari mulai mengisi form judul, dan alamat blog lalu pilih template kemudian tekan opsi buat blog.

Sebelumnya, pastikan Anda sudah masuk ke blogspot dengan terhubung lewat akun Gmail kalian.

Juga, catatan untuk Anda yang tiba-tiba mendapati pemberitahuan ‘alamat blog tidak tersedia’ itu berarti alamat tersebut sudah digunakan orang lain.
Jangan panik dan cari alamat baru, kemudian tuliskan sampai pihak Blogspot menyatakan ‘alamat blog tersedia’.

Buat alamat blog seunik mungkin. Tidak panjang, tidak terlalu singkat agar mudah diingat. Begitu juga dengan judul blog.

Dalam pemilihan template, pilih saja secara asal. Karena urusan  template bisa diatur belakangan.

Langkah kedua

Setelah blog jadi, lihat pada bagian dashboar. Banyak sekali menu yang bisa dipilih. Namun untuk saat ini fokus pada dengan menu template.

Di langkah ini Anda bisa mengatur template sesuka hati, namu tetap pilihlah template yang responsive agar saat dibuka tidak membutuhkan waktu loading yang lama.

Ada beberapa pilihan template yang disediakan Blogspot, namun kami sarankan tidak menggunakan template dari mereka sebab template bawaan Blogspot cenderung biasa.

Cari template di web lain. Karena Anda masih pemula, baiknya pilih saja template yang gratis.

Ada sebuah tempat yang kami rekomendasikan untuk Anda menemukan template yang keren namun gratis. Nama website mereka adalah ‘Gooyabi’.

Selain banyak template gratis serta responsive juga keren, di sana caranya lebih mudah.

Sebelum benar-benar  mengunduh lalu Anda pasang ke blog, pikirkan dahulu betul-betul. Jangan sampai pilihan Anda itu Anda sesali di kemudian hari. Hingga pada akhirnya mengganti template blog sesuka hati.
Sebab template blog yang sering diganti berpengaruh pada SEO dj blog Anda.

Unduh kemudian convert template itu menjadi xml.
Buka blog kalian. Masuk ke template lalu di bagian atas kanan, klik ‘backup’.

Unggah file yang sudah diconvert tadi dalam format xml. Lantas upload.

Template blog sudah terganti. Sentuhan terakhir, klik pengaturan yang letaknya ada di bawah persegi panjang yang menampilkan template dalam tampilan seluler.

Pilih opsi ‘tidak’, lalu klik simpan. Ini supaya template tetap tampil meski di perangkat seluler. Alias bukan PC.

Tak berhenti sampai di sini, buat blog Anda menjadi rapi dengan membuang dan mempertahankan bagian yang tidak perlu atau perlu. Caranya mudah, Anda tinggal masuk ke tata letak.
Hapus yang tidak perlu, pertahankan yang ingin Anda pertahankan.

Langkah ketiga

Setelah template terpasang langkah-langkah pembuatan blog untuk pemula masuk ke tahap pendaftaran blog ke webmaster. Karena yang Anda gunakan adalah Blogspot, jadi sudah secara otomatis terdaftar.

Namun agar lebih maksimal bukalah webmaster tool, lalu tambahkan blog dengan mengisi kotak url dengan blog Anda.

Behubung Anda ada di webmaster tool, sekalian juga lakukan add sitemap supaya artikel di blog Anda cepat terindeks google.

Caranya, klik bagian sitemap, lalu tambahkan sitemap.

Ada beberapa model sitemap, tapi di sini Anda tambahkan saja sitemap dengan model ‘sitemap.xml’.
Kemudian submit.
Selesai.

Langkah keempat

Sampai di langkah ini, blog sudah bisa mulai Anda isi artikel.
Hal yang tak kalah pentingnya, buatlah artikel semenarik mungkin. Lalu posting di blog Anda dan jangan lupa dibagikan ke sosial media kalian agar pengunjung bisa mudah menemukan blog Anda.

Agar artikel Anda semakin mudah terindeks google, copy alamat yang menyajikan artikel Anda tersebut. Lalu buka url ‘https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url’ dan copy url di blog Anda.
Isikan kode captcha lalu submit.

Setelah itu artikel lebih mudah terindeks oleh google.

Baca juga:  70+ Ide Topik Postingan Blog yang Menarik dan Inspiratif

Langkah kelima

Langkah-Langkah pembuatan blog untuk pemula telah selesai. Anda sudah melakukan semua langkah pembuatan blog untuk pemula. Seterusnya isi blog Anda dengan artikel secara rutin.
Fokus saja pada itu dahulu. Setelah pengunjungnya banyak, cobalah belajar adsense. Dari mulai daftar dan mendapatkan uang dari sana.

Cukup sekian  Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan terkait Langkah-Langkah Pembuatan Blog untuk Pemula lainnya, jangan ragu untuk meninggalkan komentar melalui form yang tersedia. Dapatkan juga artikel terbaru kami langsung di inbox email Anda dengan cara Subscribe pada form yang sudah disediakan.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blogging
Inilah Manfaat Google+ untuk Ngeblog yang Jarang diketahui

Manfaat Google+ untuk Ngeblog Halo apakabar sobat blogger dimanapun kalian berada salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Google+ atau bisa disebut Google Plus adalah salah satu dari beberapa media jejaring sosial yang telah dikembangkan dan dimiliki oleh perusahaan raksasa Google. Di era moderen …

Blogging
Hal yang Wajib dilakukan Setelah Posting Artikel di Blog

Kegiatan Setelah Posting Artikel di Blog Pie kabare sobat blogger indonesia dimanapun kalian berada salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini kebetulan saya ini berbagi informasi yang cukup menarik terutama bagi blogger pemula. Apa itu? Yaitu kegiatan setelah kita menulis artikel yang tidak boleh terlupakan. Menulis artikel yang …

Blogging
Mitos Nama Domain yang Masih dipercayai Kebenarannya

Nama Domain Apakah Berpengaruh ke Website? Ketika kita ingin mengunjungi sebuah situs tentu kita juga akan melihat nama domain yang kita akses. Sebagai blogger pemula yang ingin membeli domain pasti akan memikirkan nama yang cocok dan pas untuk dipilih bahkan terkada juga bingung menentukan nama domain akan seperti apa nantinya. …