Lima Cara Dasar untuk Meningkatkan Peringkat Blog Anda (SEO)

Cara Meningkatkan Peringkat Blog (SEO)

Sebagai blogger tentunya kita ingin sekali mendapatkan pengunjung yang terus meningkat bukan?. Pasti demikian karena pengunjung adalah cerminan dari kesuksesan blog atau website kita semakin banyak pengunjung yang datang ke blog kita maka semakin sukses lah blog yang kita miliki. Namun tak jarang juga yang hingga saat ini mengalami kesulitan untuk mendapatkan trafik ke situs mereka. Bagi blogger pemula ini tentu menjadi tantangan tersendiri dan kadang menjadi kendala karena memang banyak yang beranggapan susah mendapatkan pengunjung blog mereka.

Banyak juga para blogger melakukan berbagai cara untuk meningkatkan pengunjungnya salah satunya dengan memaksimalkan SEO pada blog yang mereka kembangkan. Kenapa harus menggunakan SEO dan apa manfaatnya. Ya benar SEO adalah teknik atau metode untuk mengoptimalkan blog atau website untuk bisa mendapatkan peringkat pertama di mesin pencari seperti Goolge, tentu saja dengan mendapatkan peringkat pertama di halaman pencarian mesin pencari akan semakin besar peluang untuk menjaring pengunjung ke situs kita. Namun demikian hal ini gampang-gampang susah bayangkan saja kita harus bersaing dengan ribuan webmaster yang juga menerapkan hal yang sama. Bagi kita yang sebagai blogger pemula kadang juga kesulitan disini.

Meningkatkan Peringkat Blog atau website (SEO)

Tapi jangan pesimis dan takut untuk bersaing kita juga bisa kok mendapatkan pengunjung yang banyak tentunya harus sabar dan konsisten untuk terus membangun blog yang kita miliki. Nah bagi kalian yang ingin tahu bagaimana sih cara untuk meningkatkan peringkat pencarian, dan bahakan bisa mendapatkan peringkat pertama di mesin pencari seperti Google, Bing dan lain sebagainya.

Artikel terkait:  4 Cara Jitu Mendapatkan Traffic Blog Tinggi Terbaru

Untuk lebih jelasnya yuk ikuti lima saran berikut ini untuk menaikkan peringkat blog atau website Anda ke bagian atas hasil mesin telusur. Berikut ulasanya:

1). Publikasikan Konten yang Relevan

Hal yang paling penting dan utama dari sebuah website atau blog adalah konten yang dimilikinya. Tentu konten yang berkualitas adalah faktor utama yang memiliki peran penting utnuk mendatangkan pengunjung, semakin baik dan berkualitas konten yang dimiliki maka semakin banyak yang tertarik untuk terus berkunjung ke blaog yang kita miliki. Konten yang berkualitas ini merupakan driver yang akan mengarahkan peringkat di mesin pencari dan memang konten berkualitas inilah yang akan menentukan peringkat pada mesin telusur. Konten berkualitas inilah yang dibuat khusus untuk pengguna yang Anda maksudkan untuk bagaimana meningkatkan lalu lintas ke situs yang Anda miliki, juga meningkatkan otoritas dan relevansi situs Anda.

Lalu bagaimana sih membuat konten yang relevan dan berkualitas?

  • Memiliki nilai informasi dan manfaat untuk orang lain.
  • Merupakan fakta, bukan mengada-ada yang akan merugikan pembaca.
  • Relevan antara tema blog, judul artikel dan isi artikel.
  • Mengandung satu topik bahasan saja, agar fokus dan optimal
  • Memenuhi standar kaidah bahasa (grammar dan readability)

Selain itu permu untuk meng-Identifikasi frasa kata kunci untuk setiap halaman. Pikirkan tentang bagaimana sih pembaca bisa menemukan konten yang Anda buat saat mereka mencari informasi di internet (dengan frase seperti “teknik dasar SEO,” “Cara menerapkan SEO terbaik,” atau “Tips meningkatkan pengunjung”) dan lain sebagainya. Kemudian kembangkan frasa ini beberapa kali di seluruh halaman yang Anda tulis dengan menambahkan sekali atau dua kali di paragraf pembuka dan tutup, dan dua sampai empat kali lebih banyak di seluruh konten yang tersisa.

Kemudian untuk menegaskan atau menandai poin-poin penting dari artikel atau konten Anda maka perlu menambahkan juga huruf tebal, huruf miring, tag judul, dan tag penekanan lainnya untuk menyorot frasa kata kunci, tetapi jangan berlebihan.

Jangan pernah mengorbankan tulisan Anda yang baik dan SEO friendly. Namun Anda malah fokus pada mesin pencari dan malah mengabaikan pengguna. Karena pada dasarnya artikel atau konten Anda adalah untuk pengunjung bukan untuk mesin, jadi gunakan bahasa untuk manusia bukan bahasa mesin.

2). Perbarui Konten Anda Secara Berkala

Tahukah kalian jika dari banyaknya konten yang Anda miliki pasti ada beberapa konten yang mati atau di abaikan oleh mesin pencari. Saya sering mendapati bahwa konten yang saya miliki sama sekali tidak ada yang mengunjungi. Nah konten-konten inilah yang perlu di perbaharui dan di update agar bisa hidup kembali.

Kemudian mesin pencari seperti Google sangat suka dengan situs yang selalu up-to-date yang selalu aktif dan memberikan konten segar setiap saat. Karrna mesin perayap atau robot yang ada pada mesin pencari akan selalu datang mondar-madir di situs Anda jadi dengan adanya konten yang berkualitas dan terbaru inilah yang akan juga berpengaruh pada situs yang Anda miliki. Konten yang diperbarui secara berkala dipandang sebagai salah satu indikator terbaik dari relevansi situs, jadi pastikan bahwa situs Anda tetap segar.

3). Menerapkan Metadata

Setiap website pasti ada metadata yang digunakan ini biasanya berfungsi sebagai informasi pendukung situs tersebut biasanya metadata ini berada pada halaman antara tag <head> disinilah tempat untuk mengisikan dan memasukkan metadata, atau informasi tentang konten halaman Anda. jika Anda menggunakan situs CMS maka hal ini biasanya akan disediakan pada tamplate yang Anda miliki. Nah isinya seperti ini:

  • Metadata Judul

Metadata judul bertanggung jawab atas judul halaman yang ditampilkan di bagian atas jendela browser. Ini adalah metadata terpenting di halaman Anda.

  • Metadata deskripsi

Fungsi dari Metadata deskripsi ini adalah untuk memberikan informasi deskripsi tekstual yang akan digunakan browser di halaman pencarian Anda. Anggap saja sebagai tampilan jendela situs Anda deskripsi singkat dan menarik tentang apa yang terkandung di dalamnya, dengan tujuan mendorong orang untuk mengunjungi situs Anda.

  • Metadata Kata Kunci (keyword)

Metadata kata kunci adalah frasa pencarian ketika seseorang ketik kata atau kaliman yang ingin mereka cari di mesin pencari dan mereka ingin menemukan halaman Anda. Maka perlu untuk Anda memasukan kata kunci ini di halaman Anda dengan memasukkan berbagai frasa kata kunci. Namun, perlu di ingat untuk menambahkan sewajarnya saja: jika daftar frasa kata kunci yang Anda masukkan terlalu berlebihan maka, peramban atau mesin pencari bukan tidak mungkin untuk sepenuhnya mengabaikan data. Sebagai aturan umum, cobalah menyimpannya sekitar 6-8 frasa dengan setiap frasa yang terdiri dari 1-4 kata. Contoh yang bagus adalah “Belajar pemasaran online“.

4). Memiliki situs tautan yang layak (inbound link)

Apa sih inbound link ini? Jadi Inbound Link itu adalah link yang mengarah dari postingan kita ke postingan kita yang lain maupun homepage kita. Namun itu hanya sebagian dari pengertian secara luasnya.

Dalam penerapannya Anda harus fokus untuk membuat tautan yang relevan di dalam teks atau artikel yang Anda tulis. Untuk memaksimalkannya Alih-alih jangan hanya membuat tautan “klik di sini” namun dengan lebih relevan atau lebih SEO dengan tujuan yang jelas. “Klik di sini” tidak memiliki nilai mesin pencari di luar URL terlampir. Seperti yang sering dilakukan para webmaster mereka akan menambahkan beberapa kalimat yang SEO yang kaya dengan kata kunci dan akan meningkatkan peringkat mesin pencari Anda serta peringkat halaman yang Anda tautkan. Misalnya dengan menambahkan ( baca juga, artikel terkait) dan masih banyak lagi.

Baca juga: Kriteria Artikel Yang Disukai Oleh Google Harus Lolos Copas

5). Gunakan alt tag

Selalu maksimalkan media visual seperti gambar dan video Anda dengan menambahkan atau menggunakan tag alt, atau deskripsi teks alternatif. Hal ini juga akan memungkinkan mesin pencari untuk menemukan halaman Anda, yang sangat penting terutama bagi mereka yang menggunakan peramban teks saja.

Nah lima poin diatas adalah dasar yang perlu dilakukan untuk meningkatkan peringkat mesin pencari, sebenarnya masih banyak lagi yang perlu dilakukan oleh blogger pemula namun jangan memaksakan yang belum kita kuasai, biarkan berjalan santai sedikit demi sedikit kita belajar tentang SEO ini.Karena cangkupan SEO ini sangat luas jadi tidak bisa dipelajari dengan tiba-tipa namun butuh proses untuk memahami seluk-beluknya.

Bagi kalian yang baru terjun di dunia blogging jangan menyerah teruslah menulis artikel dan yang terpenting adalah konsisten. Jangan takut blog kalian tidak menghasilkan karena jika blog yang kalian kembangkan sudah memiliki pengunjung yang banyak bukan tidak mungkin jutaan rupiah bisa Anda dapatkan.

Sekian pembahasan kali ini tentang Cara Dasar untuk Meningkatkan Peringkat Blog Anda (SEO). Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cara Mendatangkan Trafik Blog Mudah Praktis Efektif
Blogging
9 Cara Mendatangkan Trafik Blog Mudah Praktis Efektif

Mendatangkan Trafik Blog Dengan Mudah Aman Daftar isi Mendatangkan Trafik Blog Dengan Mudah AmanBerikut ada beberapa cara untuk meningkatkan pengunjung atau mendatangkan trafik blog Anda:1). Melakukan SEO On Page dan Off PageBerikut ada beberapa teknik optimasi SEO off page yang dapat digunakan:Melakukan BlogwalkingMenjadi Guest Blogging atau Menjadi Penulis Tamu Web/Blog …

Pengertian Apa Itu WordPress WordPress com dan WordPress org
Blogging
Pengertian Apa Itu WordPress? WordPress.com dan WordPress.org

Apakah yang dimaksud dengan blog WordPress? Daftar isi Apakah yang dimaksud dengan blog WordPress?Apa itu WordPress Blog? Jelaskan apa yang dimaksud dengan blog? Apa saja manfaat dan fungsi WordPress?Sejarah perkembangan WordPressAutomatticPerbedaan WordPress.org dan WordPress.comWordPress.comApa itu WordPress hosting?WordPress.org atau WordPress Self HostedBerikut ringkasan perbedaan dalam penggunaan WordPress.com dan WordPress.org:Fitur dan keunggulan …

Tips Sukses Blogger untuk Pemula Agar Website Ramai Pengunjung
Blogging
Tips Sukses Blogger untuk Pemula Agar Website Ramai Pengunjung

Tips Sukses Blogger Agar Website Ramai Pengunjung Daftar isi Tips Sukses Blogger Agar Website Ramai PengunjungMenentukan Tujuan BlogMengenali Target PembacaKonsisten dengan BlogMengundang PembacaMempromosikan BlogBerani Mengambil Risiko Mengawali blogging mungkin cukup membingungkan kalau Anda masih pemula. Anda pun ingin menerapkan tips sukses blogger agar blog Anda menarik pengunjung. Sehingga dapat menghasillkan …