Market share Adalah Salah Satu Indikator Keberhasilan Perusahaan

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar
Strategi Pemasaran

Market Share atau Pangsa Pasar

Market share adalah sebagian dari total permintaan terhadap suatu barang atau jasa yang menunjukkan kelompok konsumen dalam sebuah pasar. Dalam hal ini, konsumen dapat dikelompokkan menurut jenis kelamin, pendidikan, status sosial, tingkat penghasilan, dan usia.

Pangsa pasar merupakan bagian yang dikuasai oleh suatu perusahaan dalam sebuah pasar. Umumnya pangsa pasar atau market share dan potensi jualnya dinyatakan dalam persentase. Maka, market share adalah persentase total penjualan suatu perusahaan dari seluruh sumber dalam industri tertentu.

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar

Ukuran Keberhasilan Perusahaan dalam Market Share

Market share menjadi salah satu indikator yang digunakan oleh perusahaan untuk menilai keberhasilan dibandingkan dengan kompetitornya. Contohnya, perusahaan A pada tahun 2018 mempunyai target market share sebanyak 10%. Untuk mencapainya, perlu dilakukan dengan promosi yang menelan biaya senilai Rp50 juta.

Apabila market share yang diperoleh berada di atas 10%, maka kinerja perusahaan berjalan dengan baik. Jika sebaliknya, market share yang didapatkan berada di bawahnya maka artinya perusahaan mengalami masalah efisiensi dan efektivitas.

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi gagalnya mencapai market share adalah target terlalu tinggi, banyaknya kompetitor, penurunan daya saing, dan promosi yang tidak tepat sasaran.

Untuk mengetahui ukuran pasar dan pangsa pasarnya, harus dilakukan riset yang mendalam. Oleh karena itu, Anda harus dapat mengenali dengan baik pasar yang menjadi sasaran untuk melihat potensinya. Pelajari pesaing di pasar tersebut dan seberapa besar pasar yang mereka kuasai, sesudah mengetahui ukuran pasar dan segmen pasar yang diincar

Artikel terkait: Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar

Cara Melakukan Penghitungan Market Share

Untuk menghitung market share adalah dengan menentukan periode yang ingin diperiksa pada perusahaan yang akan dianalisis. Periksa penjualan dalam suatu periode untuk menentukan validitas perbandingan. Periode ini bisa dalam kuartal, setahun, atau beberapa tahun.

Kemudian hitung pendapatan total yang dinyatakan dalam laporan angka penjualan perusahaan. Laporan ini juga dapat berisi penjelasan produk dan jasa tertentu.

Jangan gunakan angka penjualan total seluruhnya, jika perusahaan menjual lebih dari satu jenis produk dan jasa. Periksa laporan keuangan untuk mendapatkan informasi penjualan produk atau jasa tertentu.

Setelah itu, tugas Anda adalah mencari penjualan total pasar. Penjualan total menunjukkan hasil perusahaan di market tertentu. Informasi ini bisa didapat dari perusahaan yang menawarkan jasa informasi khusus.

Anda pun bisa melihat dari angka penjualan perusahaan terbesar yang menawarkan atau menjual produk atau jasa serupa. Apabila terdapat beberapa perusahaan yang mendominasi pasar, penjualan dari perusahaan-perusahaan kecil porsinya tidak begitu signifikan.

Angka keseluruhan penjualan dari perusahaan besar ini dapat mewakili penjualan total industri yang menjadi sasaran.

Setelah didapat angka pendapatan total perusahaan dan angka penjualan total di pasar, hasilnya dibagikan. Hasil pembagian ini merupakan pangsa pasar perusahaan yang diperiksa. Jadi jika perusahaan memiliki angka pendapatan dari penjualan sebesar Rp20.000.000, sementara semua perusahaan di dalam industri menghasilkan penjualan sebesar Rp180.000.000, maka pangsa pasar perusahaan yaitu Rp20.000.000/Rp180.000.000 yaitu 1/9.

Jika besarnya pangsa pasar dinyatakan dalam persentase, maka menjadi 11%. Baik dalam bentuk pecahan maupun persentase, sama saja asalkan dapat dipahami dan bermanfaat untuk mengukur prestasi perusahaan dalam hal penguasaan pasar.

Baca juga: Pengertian Merek (Brand) Atau Merek Dagang, Merek jasa, Merek kolektif

Kiat-kiat untuk Meningkatkan Market Share

Setelah memahami pangsa pasar yang menjadi sasaran, perusahaan bisa mengantisipasi pasar dan mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan itu sendiri.

Mengenali kelebihan dan kekurangan ini dapat dilakukan dengan analisis SWOT. Selanjutnya perusahaan dapat melakukan cara-cara yang penting untuk meningkatkan produktivitas. Misalnya meningkatkan promosi serta mengubah layanan, distribusi, dan harga.

Lalu, cara meningkatkan market share adalah dengan melakukan beberapa tips yaitu:

  • Memilih bisnis yang belum banyak dijalankan oleh perusahaan yang lain.
  • Mempunyai keyakinan bahwa bisnis akan berhasil.
  • Mempunyai visi dan misi yang jelas tentang target bisnis di masa depan.
  • Memperhitungkan kekuatan pesaing dalam industri yang sama.
  • Membangun jaringan untuk memperbesar bisnis.
  • Memantau pergerakan harga dan menentukan yang paling sesuai.

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa market share adalah indikator keberhasilan perusahaan dan dapat ditingkatkan dengan usaha-usaha yang berkelanjutan.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Keuntungan Perdagangan Internasional Bagi Pengusaha
Strategi Pemasaran
6 Keuntungan Melakukan Perdagangan Internasional Ekspor Bagi Pengusaha

Keuntungan Perdagangan Internasional Bagi Pengusaha Perdagangan internasional memungkinkan Anda untuk bertukar barang dan jasa dengan menggunakan uang sebagai alat tukar. Kita juga sering mengenal perdagangan lintas negara ini dengan istilah ekspor impor. Selama abad ke-20 perdagangan jenis ini menjadi salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi. Melakukan ekspor impor juga meningkatkan …

Strategi Pemasaran
2
Cara Sukses Memasarkan Bisnis Menggunakan Blog

Memasarkan Bisnis Menggunakan Blog Dengan kemajuan teknologi dan informasi saat ini dan dengan dukungan internet memungkinkan berbagai hal bisa dilakukan dengan mudah salah satunya yaitu dalam hal kegiatan bisnis. Saat ini telah banyak bisnis yang juga menggunakan media sosial, termasuk blog, untuk mempromosikan aktivitas bisnis yang mereka miliki, berbagi berita …

Strategi Pemasaran
Apa yang Memotivasi Pelanggan untuk Membeli

Memahami Pelanggan Untuk Membeli Dalam kegiatan bisnis tentu yang harus diperhatikan adalah pemasaran. Perusahaan sekala besar maupun kecil sangat memperhatikan strategi pemasaran yang mereka terapkan, karena hal ini menyangkut sukses dan tidaknya menarik pelanggan atau konsumen yang sebesar-besarnya. Tujan pemasar adalah bagaimana cara memenuhi kebutuhan pelanggan potensial. Oleh karena itu …