Memahami Kendala Pada Sistem Pencernaan yang Umum Terjadi

Memahami Kendala Pada Sistem Pencernaan yang Umum Terjadi

Yuk Kenali Kendala Sistem Pencernaan Paling Umum Terjadi

Sistem organ tubuh saling bekerja satu sama lain hingga membuat kita bisa beraktivitas secara normal. Salah satunya sistem pencernaan yang berperan penting terhadap kesehatan tubuh kita. Karena, sistem pencernaan berperan terhadap proses penyerapan nutrisi supaya lebih maksimal dan tidak terhambat.

Sayangnya, meskipun tubuh kita sangat bergantung pada sistem pencernaan yang sehat, tak jarang masalah pencernaan hadir dan menghambat proses penyerapan nutrisi. Untuk menyiasatinya, sebetulnya bisa digunakan obat yang baik untuk sistem pencernaan seperti Obat Diare anak alami. Akan tetapi, cara tersebut saja tidak cukup karena kita juga perlu mengetahui beragam masalah yang bisa menyerang sistem pencernaan tubuh. Berikut ini beberapa diantaranya.

Yuk Kenali Kendala Sistem Pencernaan Paling Umum Terjadi

GERD

Salah satu masalah sistem pencernaan yang sangat menyiksa dan seringkali dialami oleh banyak orang adalah GERD. GERD atau gastroesphageal reflux disease adalah penyakit refluks asam lambung yang menyerang area lambung kita. Penyakit GERD menyebabkan rasa perih atau sakit yang luar biasa pada area lambung. GERD terjadi ketika asam lambung naik sampai ke kerongkongan kita. Asam lambung bisa naik sampai ke kerongkongan karena cincin otot kerongkongan yang berguna untuk mencegah makanan kembali ke kerongkongan setelah masuk ke lambung melemah. Akibatnya, kerongkongan akan merasakan asam lambung hingga berpotensi mual dan muntah.

Akalasia

Pernahkah Anda merasakan makanan lebih sulit masuk ke lambung? Ya, sulitnya makanan masuk ke lambung merupakan salah satu masalah sistem pencernaan yang perlu diwaspadai karena bisa menghambat proses penyerapan nutrisi kedalam tubuh. Salah satu penyebab mengapa makanan bisa lebih sulit masuk ke dalam lambung yakni karena masalah akalasia.

Akalasia merupakan masalah pencernaan yang menyerang area kerongkongan dimana area tersebut mengalami kerusakan. Ketika kerongkongan mengalami kerusakan, maka yang akan dirasakan penderita adalah tertutupnya otot katup diantara kerongkongan dan membuatnya kehilangan kelenturan dalam mengantarkan makanan ke lambung. Akibatnya, makanan yang seharusnya dengan mudah terdorong ke lambung akan menjadi semakin sulit karena kehilangan elastisitasnya.

Memahami masalah pada sistem pencernaan merupakan hal yang bagus untuk menambah pengetahuan kita dalam dunia kesehatan seperti rutin membaca artikel luka bekas operasi gue sehat. Disamping itu, bersiagalah selalu dengan menyimpan salep untuk penanganan luka bakar di rumah Anda. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.