Mengenal DJP Online dan Cara Mudah Lapor SPT

Mengenal DJP Online dan Cara Mudah Lapor SPT

Cara Mudah Lapor SPT dengan DJP Online

Perkembangan zaman memang tidak pernah berjalan mundur. Semakin maju jelas membuat banyak hal berinovasi canggih dan mengikuti teknologi terbaru. Adalah internet yang membuat semua hal saat ini bisa diakses mudah di mana saja dan kapan saja. Bukan cuma perkara produk barang saja, berbagai jasa juga menjadi daring (dalam jaringan) termasuk instansi perpajakan. Untuk itulah Anda wajib mengenal DJP online.

Cara Mudah Lapor SPT dengan DJP Online

Seperti namanya, DJP online adalah situs milik Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang berisi seluruh berkas perpajakan bagi para Wajib Pajak (WP). Alih-alih mengantri di kantor pajak, Anda tinggal mengakses situs DJP online dan mengisi formulir SPT tanpa ribet.

Artikel terkait: Pengertian Pajak, Fungsi, Sifat, Tipe, dan Prinsip Pemungutan Pajak Pertambahan Nilai

Pahami E-Filing dan E-Billing

Sebelum Anda mengenal DJP online lebih jauh, ada baiknya untuk memahami yang namanya e-Filing dan e-Billing. Kedua produk ini adalah aplikasi perpajakan yang disediakan dalam situs DJP untuk setiap WP secara gratis. Agar Anda bisa membayar SPT tahunan lewat internet, lebih baik memiliki e-Filing alias EFIN terlebih dahulu. Untuk mendapatkan EFIN, Anda bisa mengurus di KPP manapun.

Persiapkan dulu fotokopi KTP dan fotokopi kartu NPWP saat hendak mengurus EFIN. Nanti Anda akan diminta mengisi formulir untuk mengaktifkan EFIN dan barulah bisa mengakses situs DJP. Selain EFIN, hal lain yang harus diketahui untuk lebih mengenal DJP online adalah e-Billing. Seperti namanya, e-Billing adalah metode pembayaran pajak secara elektronik memakai sebuah kode.

Cara Daftar DJP Online

Nah, setelah Anda memiliki EFIN dan cukup paham dengan e-Billing, langkah berikutnya adalah mendaftar di situs DJP online seperti berikut ini:

  1. Kunjungi Situs Resmi DJP

Jika Anda sudah cukup mengenal DJP online, maka langsung saja kunjungi situs resmi DJP yakni efiling.pajak.go.id. Barulah setelah itu Anda melakukan pendaftaran jika belum memiliki akun.

  1. Mengisi Formulir

Seperti lazimnya membuat akun di manapun, Anda wajib mengisi formulir. Ada banyak data yang dibutuhkan seperti informasi NPWP, nomor EFIN yang aktif, kode keamanan barulah kemudian klik tombol VERIFIKASI. Nantinya bakal ada review data pribadi Anda yang wajib diteliti apakah nama dan identitas sudah sesuai.

  1. Aktivasi Akun

Saat data di formulir akun benar, maka hal berikutnya adalah menuliskan alamat email dan nomor HP lalu password. DJP online akan mengirim link verifikasi ke email pribadi Anda dan segeralah Anda klik link yang sudah diberikan itu supaya proses verifikasi lancar.

  1. Lapor SPT

Setelah akun dimiliki, hal berikutnya adalah login ke situs djponline.pajak.go.id. Setelah ini Anda klik menu BUAT SPT dan akan disodorkan pada pilihan besaran pendapatan. Jika pendapatan Anda lebih dari Rp 60 juta/tahun akan mendapat formulir 1770 S dan jika kurang mendapat 1770 SS baik PNS atau karyawan swasta. Namun jika Anda adalah pengusaha, pengacara, notaris, akuntan, freelance akan mendapat formulir 1770.

  1. Mengisi SPT

Kalau Anda memang mengenal DJP online, maka proses pengisian SPT harus teliti. Jika belum pernah sama sekali mengisi data SPT, pilihlah tombol NORMAL. Tapi jika sudah pernah dan ingin melakukan perubahan data, pilih tombol PEMBETULAN. Terus isi formulir SPT hingga habis menggunakan tombol BERIKUTNYA.

Ada empat tahapan pengisian yakni A berupa bukti pemotongan pajak A1/A2, B untuk jumlah pendapatan kena PPh akhir dan penghasilan bukan Objek Pajak, lalu C soal total harta di akhir tahun serta D untuk meyakinkan jika seluruh isian data Anda sudah benar.

  1. Verifikasi SPT

Kalau sudah selesai semua, tinggal klik KIRIM SPT dan kembali lakukan langkah verifikasi lewat link kode yang dikirim ke email pribadi. Kopi kode dan tempelkan pada kolom di situs DJP lalu klik KIRIM SPT. Nantinya laporan SPT tahunan akan dikirimkan langsung ke email Anda dan sebagai WP, tinggal melakukan pembayaran menggunakan e-Billing.

Baca juga: 8 Tips Masuk BUMN yang Harus Disiapkan Sebelum dan Sesudah Melamar Kerja

Bagaimana? Ternyata untuk mengenal DJP online bukanlah sesuatu yang menyusahkan bukan? Justru DJP online adalah solusi efisien bagi seluruh WP yang memiliki kesibukan sangat padat sehari-hari. Jangan biarkan pekerjaan Anda menghalangi kewajiban untuk tetap membayar pajak secara untuk negara. Jadi, segera daftar DJP online dan dapatkan kemudahan laporan SPT serta pembayaran pajak Anda.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.