Mengenal lebih dekat Perbedaan VPS dan Shared Hosting Server

Perbedaan VPS dan Shared Hosting Server
Domain & Hosting

Perbedaan VPS dan Shared  Hosting Server

Jika kita memiliki website di dunia maya, kita membutuhkan web server untuk tempat menaruh data-data website kita. Ada tiga macam web server yang bisa kita gunakan sebagai web hosting yaitu Shared Hosting, virtual private server (VPS), dan Dedicated Hosting. VPS murah karena kita cuma menyewa sebagian server saja dan masih berbagi dengan website lain menyerupai sistem Shared Server, namun fitur dan fasilitas yang didapat sama seperti Dedicated Server. Jadi secara teknikal VPS merupakan hybrid atau campuran antara shared dan dedicated server. Itulah penjelasan VPS dan Shared  Hosting Server.

Perbedaan VPS dan Shared Hosting Server

Kita akan membahas lebih lanjut mengenai perbedaan VPS hosting dan Shared hosting di artikel ini.
Namun, pertama kita akan membahas cara kerja dari VPS itu sendiri

Artikel terkait:  29 Situs Penyedia Domain Gratis Terbaik Terbaru

Bagaimana cara kerja VPS ?

Jika Anda menyewa Dedicated Server, itu berarti Anda menyewa server secara penuh. Dedicated Server bisa digunakan secara optimal kalau website yang Anda kelola memiliki traffic yang tinggi. Dengan begitu Anda bisa mengurangi risiko kecepatan server melambat seperti yang sering terjadi pada Shared Server. Dedicated server bisa menjadi pilihan ketika Anda ingin mengatur server secara spesifik sesuai keinginan Anda.

Tentu saja tidak semua orang membutuhkan web server secara penuh, contohnya ketika Anda baru merintis website. Traffic website baru masih sepi belum terlalu padat, jadi Anda bisa menghemat biaya dengan menyewa sebagian porsi server saja seperti di Shared Server hosting. Di sini Anda akan berbagi server dengan website-website lain.

Kalau cara kerja VPS hosting berada di tengah-tengah kedua server hosting di atas. Satu mesin server dibagi atas beberapa virtual kompartemen. Dengan menggunakan software server, kompartemen-kompartemen ini kemudian diseting agar tiap unit kompartemen bisa berfungsi sebagai server independen. Satu virtual server kemudian akan digunakan untuk hosting satu website.

Singkatnya, VPS hosting memungkinkan kita mendapatkan server pribadi (berikut atributnya seperti CPU, RAM, disk storage, OS dan bandwith) untuk menjalankan website kita, walaupun kenyataannya virtual server kita tersebut berada dalam satu server induk bersama-sama dengan virtual server milik orang lain. Karena server yang kita dapat bentuknya hanya virtual bukan nyata, maka harga VPS murah.

Setelah kita mengetahui cara kerja VPS kita akan melanjutkan perbedaan VPS dan Shared Hosting :

1). Anda menggunakan server secara mandiri tanpa membagi dengan pengguna lain

Perbedaan mendasar yang terdapat pada vps dan shared hosting server adalah vps merupakan layanan dimana anda mendapatkan akses secara mandiri dan tidak terbagi dengan pengguna lain.

2). Biaya yang dikeluarkan untuk menyewa VPS berbeda

Untuk biaya yang dikeluarkan untuk kedua layanan ini relatif berbeda, seperti di salah satu penyedia layanan vps murah DomaiNesia, kita dapat mengetahui perbedaan harga yang terdapat pada shared hosting dan vps.

3). Perbedaan pada sistem operasi

Jika kita melihat mendalam pada fitur yang digunakan seperti sistem operasi, perbedaan adalah di vps anda menjalankan sistem operasi anda sendiri. Hal ini sangat membantu anda dalam mengoptimasi atau mengoptimalkan virtual private server sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan.

4). Keamanan dan Privasi

Kemanan dan privasi merupakan hal penting, vps lebih unggul dari shared hosting dikarenakan penggunakan vps yang hanya digunakan secara mandiri. Data dan privasi anda akan sulit untuk dilihat oleh orang lain beda halnya dengan shared hosting yang menggunakan server berbagi atau bersamaan.

5). Alokasi RAM sendiri untuk VPS

Anda bisa menggunakan RAM seoptimal mungkin untuk website Anda tanpa perlu khawatir dipakai juga oleh orang lain. Hal inilah yang sering terjadi pada Shared hosting dimana orang lain bisa saja memakai sebagian besar RAM di saat kita sangat membutuhkan RAM yang cukup besar juga.

Baca juga: Fitur Unggulan Niagahoster yang Membuat Anda tak Bisa ke lain Hosting

Kesimpulan

Penggunaan hosting adalah hal yang wajib ketika kita membangun sebuah website. Sebagai langkah pertama yang harus diketahui adalah mengenal perbedaan hosting tersebut beserta kelebihan dan kekurangan dari setiap fitur.

Prinsip utama dalam memilih hosting adalah dengan melihat tujuan dari website anda dan melihat perbedaan di artikel ini sehingga mampu mengoptimalkan website anda sesuai dengan kebutuhan. Penyedia layanan hosting dan vps murah seperti DomaiNesia pasti akan membantu dalam memutuskan kebutuhan hosting yang pas untuk anda.

Jadi, layanan mana yang pilih? VPS atau Shared Hosting? Anda boleh cantumkan pendapat anda sendiri di kolom komentar, dan share artikel ini jika bermanfaat untuk anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan terkait VPS dan Shared  Hosting Server lainnya, jangan ragu untuk meninggalkan komentar melalui form yang tersedia. Dapatkan juga artikel terbaru kami langsung di inbox email Anda dengan cara Subscribe pada form yang sudah disediakan.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Domain & Hosting
Fitur Unggulan Niagahoster yang Membuat Anda tak Bisa ke lain Hosting

Fitur Unggulan Hosting Niagahoster Kalau sebelumnya sudah dijelaskan tentang alasan kenapa harus sewa hosting ke Niagahoster, kali ini akan diperjelas soal berbagai fitur unggulan Niagahoster. Pastinya setelah membaca ulasan ini, Anda tak akan mau ke lain hosting lagi. Soalnya, di mana lagi ada layanan yang serba unlimited dengan harga yang …

Domain & Hosting
Cara Daftar dan Beli Hosting di Niagahoster

Daftar Hosting di Niagahoster Kalangan pebisnis yang ingin merambah ke pemasaran online tentunya harus punya website. Untuk memenuhi tuntutan keamanan data dan kenyaman website, pilihan hosting terpercaya haruslah didapatkan. Nah, Niagahoster adalah salah satu yang paling dipercaya oleh banyak pengguna di Indonesia. Bagi Anda yang baru dalam dunia online, ada …

Domain & Hosting
5 Alasan Kenapa Anda Harus Pilih Niagahoster Untuk Kebutuhan Hosting dan Domain

Niagahoster Untuk Kebutuhan Hosting dan Domain Untuk urusan domain dan hosting, jangan main-main. Begitu kira-kira ungkapan yang tepat. Soalnya, hosting sebagai penampung data, dan domain sebagai alamat, sangatlah vital bagi sebuah website. Apalagi jika website itu terkait bisnis utama. Banyak orang yang mempercayakan soal domain dan hosting pada Niagahoster. Mau …