Menjadi Wirausaha Siapa Takut dan Tunggu Apalagi?

Menjadi Wirausaha Siapa Takut

Siapa yang tidak ingin menjadi sukses semua pasti ingin menjadi orang yang sukses. Menjadi pengusaha tentunya pilihan atau salah satu jalan untuk meraih kesuksesan. “Sembilan dari sepuluh pintu rezeki ada dalam perdagangan”. Indonesia sendiri memiliki penduduk lebih dari 250 juta jiwa yang dalam artian untuk menjadi Negara yang maju harus memiliki wirausaha sebesar 2% dari total penduduk yang artinya kurang lebih Indonesia membutuhkan 5 juta wirausaha sebagai indikator Negara maju.  Saat ini memang telah banyak masyarakat kita yang sadar pentingnya menjadi wirausaha itu sendiri. Meskipun sudah banyak masyarakat Indonesia yang berprofesi sebagai enterprenuer, akan tetapi kebanyakan masih pada sektor mikro. Memang lulusan dari diploma dan sarjana saat ini akan selalu meningkat dari tahun ke tahun oleh karenanya perlu adanya gerakan pengusaha muda yang sukses untuk meningkatkan perekonomian Negara ini.

Menjadi pengusaha muda sukses siapa yang tidak menginginkannya karena ini adalah salah satu cara untuk menjadi pengusaha sukses di usia muda. Peluang usaha sangat terbuka lebar untuk siapa saja yang ingin membangun, memulai, dan mengembangkannya. Saat ini berbisnis bisa dilakukan secara ofline maupun online keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya saja bisnis online banyak pengusaha sukses di usia muda yang telah mengerjakan bisnis ini. Cukup dengan modal handphone dan internet sudah bisa membuka usaha sendiri bahkan bisa dikerjakan dirumah tanpa harus bertemu langsung dengan konsumen. Banyak market place yang tersedia saat ini bahkan gratis untuk digunakan seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, Bukalapak dan masih banyak lagi yang bisa digunakan untuk berbisnis online. Sebagai contoh bisnis online yang lain bisnis periklanan, dropshiper, jasa penulis dan masih banyak lagi yang bisa dikerjakan.

Memang kebanyakan orang masih beranggapan untuk berkarier menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) itu adalah pilihan terbaik untuk mereka atau menjadi pegawai di perusahaan besar misal. Bayangkan saja tiap tahun berapa ribu mahasiswa lulusan perguruan tinggi yang siap menjadi pegawai, mereka berbondong-bondong melamar pekerjaan untuk mencari kerja, tidak hanya itu mereka siap mengantri panjang untuk menunggu giliran supaya bisa mendaftarkan dirinya menjadi calon pegawai. Memiliki gelar atau titel sarjana dengan IPK tinggi (cumlaude) tidak menjamin bisa diterima. Banayak teman saya yang memang memiliki IPK tinggi diatas rata-rata yang malah menjadi driver OJOL ojek online yang malah penghasilanya hampir sama dengan pegawai. Semakin banyak lulusan saat ini artinya peluang untuk menjadi pengangguran akan semakin besar.

Artikel terkait: Cara Menjadi Pengusaha Muda Sukses Tanpa Modal

Ketika diterima menjadi pegawai dan mapan pun dalam karir mereka tidak bisa dibilang mapan, karena bisa jadi ada pemangkasan-pemangkasan. Coba lihat perusahaan-perusahaan besar sekelas (Nokia, Sony, Kodak, dll) kemungkina limbung atau bahkan sampai gulung tikar, melakukan pemangkasan besar-besaran pada jumlah karyawannya, bahkan sampai di PHK. Selain itu bahkan tidak menyangka kok bisa perusahaan besar mem-PHK ribuan karayawannya. Hal ini jika menjadi seorang karyawan memang menjadi resiko tersendiri. Lantas ketika di PHK apa mau cari kerja lagi tentu umur dan juga keahlian sangat menentukan.

Kita yang masih memiliki jiwa muda dan semangat yang masih membara harus bisa memanfaatkan untuk menciptakan peluang-peluang bisnis. Oleh karenanya merubah mindset harus dilakukan mulai dari sekarang yaitu mental pengusaha. Bukan lagi bagaimana mencari pekerjaan namun bagaimana membuat lapangan pekerjaan baru, inilah yang di maksud mental pengusaha. Memang benar untuk menjadi pengusaha itu harus memiliki mental yang kuat karena kebanyakan orang-orang beranggapan bahwa membuka usaha itu penuh resiko penuh kegagalan bangkrut dan lain sebagainya. Nah mental yang kuat inilah yang akan membuat dan menjadikan motivasi pengusaha muda sukses.

Banyak contoh pengusaha muda sukses di dunia bahkan mereka memulainya dari nol untuk mencapai kesuksesannya. Inilah yang menjadi tantangan tersendiri dalam dunia bisnis, Jika berhasil untung banyak, jika tidak berhasil maka rugi. Oleh karena itu butuh persiapan yang matang, waktu, strategi bisnis, business plan yang matang dan lain sebagainya untuk menjadi pengusaha yang sukses tersebut. Telah banyak pengusaha yang merintis bisnisnya mulai dari nol dan mereka selalu memiliki ketekunan, ulet, konsisten, serta kesabaran untuk menjadikan bisnisnya menjadi besar. Wirausaha ini akan memberikan hasil yang besar bahkan tak terbatas tergantung dari upaya kerja cerdas yang mereka lakukan dalam usahanya.

Resiko kegegalan itu akan selalu ada namun menjadikan kegagalan menjadi pelajaran adalah sikap seorang pengusaha sukses. Jatuh bangun dalam usaha adalah sebagai ujian pantang menyerah. Persaingan-persaingan akan selalu ada kemudian kendala-kendala pasti ada namun bijak dalam bersikap ini penting dan tentunya tidak menyerah ketika dalam keadaan yang jatuh. Terus termotifasi dan memulainya lagi sehingga akan menjadi pengusaha yang kuat yang siap menghadapi tantangan-tantangan yang akan datang setiap saat. Oleh karena itu jangan takut untuk menjadi pengusaha dan berwirausaha karena pengusaha yang besar terlahir dari perubahan-perubahan kecil. Berangkat dari nol bahkan dimulai dari minus, berkat kesabaran dan ketekunan sekarang bisa memanen hasilnya.

Banyak yang beranggapan bahwa menjadi pengusaha sukses itu memiliki kebebasan, merdeka, kualitas hidup yang lebih baik, tidak menunggu uang pensiun, waktu untuk keluarga lebih baik dan masih banyak lagi yang bisa didapatkan menjadi seorang pengusaha sukses ini, Iya benar memang demikian. Namun apapun itu yang paling penting adalah bagaimana orang tersebut meraih kesuksesan dalam usahanya, banyak proses yang dilalui bahkan kegagalan-kegagalan sering mereka hadapi. Dan yang terpenting adalah bagaiman membuat bisnis yang dijalankan bisa memberikan nilai tambah untuk orang lain bahkan bisa menjadi pintu-pintu rezeki bagi orang lain. Menjadi bagian senyuman dan kebahagian kehidupan mereka. Menjadi bermanfaat bagi orang lain inilah yang sebenarnya disebut pengusaha yang sukses yaitu bermanfaat untuk orang lain.

Baca juga: Apa bedanya Mindset Mental Orang Kaya dan Miskin

Nah, tunggu apalagi? Ayo berwirausaha..! Mulailah usaha dari sekarang walau hanya kecil jika dilakukan dengan segenap hati, memiliki tujuan yang jelas serta semangat menjadi pengusaha sukses itulah yang akan menuntunya kearah yang lebih baik dan baik lagi.

Sekian pembahasan kali ini tentang Menjadi Wirausaha Siapa Takut. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kata-Kata Motivasi untuk yang Berjuang Mengejar Mimpi
Inspirasi & Motivasi
Kata-Kata Motivasi untuk yang Berjuang Mengejar Mimpi

Kata-Kata Motivasi untuk Mengejar Mimpi Anda Daftar isi Kata-Kata Motivasi untuk Mengejar Mimpi Anda“Percayalah pada diri sendiri. Yakinlah dengan kemampuan Anda.” –Norman Vincent Peale“Jika Anda bisa memimpikannya, berarti Anda bisa melakukannya.” –Walt Disney“Di mana ada kemauan, di situ pasti ada jalan.” –Pauline Kael“Jangan menunggu; waktunya tidak akan pernah ‘tepat’.” –George …

Kandungan Berbahaya pada Jajanan di Pinggir Jalan
Inspirasi & Motivasi
Kandungan Berbahaya pada Jajanan Laris di Pinggir Jalan

Kandungan Berbahaya pada Jajanan di Pinggir Jalan Daftar isi Kandungan Berbahaya pada Jajanan di Pinggir Jalan Zat Warna TekstilPenyedap yang Berlebihan Formalin Minyak goreng bekas Kandungan Plastik Jajanan laris menjadi buronan di semua kalangan, baik anak-anak, remaja maupun dewasa. Karena biasanya dijual menarik, hemat dan pas dikantong mereka. Namun tidak …

Inspirasi & Motivasi
Inilah 8 Kebiasaan Orang-orang Yang Sangat Sukses

Kebiasaan Orang Yang Sangat Sukses Tahukah Anda bahwa sebenarnya kebiasaan seseorang sangat berpengaruh pada kehidupan dan keseharian orang tersebut. Bahkan dari kebiasaan inilah bisa menjadi cerminan dari kesuksesan dan kegagalan seseorang. Ketika orang tersebut melakukan kebiasaan yang positif maka mereka akan cenderung memiliki kehidupan yang sukses dari berbagai hal dan …