Merancang Strategi Periklanan Yang Baik

Strategi Periklanan Yang Baik

Anda mungkin sudah belajar di sekolah pemasaran yang mengajarkan tentang strategi iklan atau berbagai jenis strategi periklanan yang harus selalu berlabuh atau dimasukkan ke dalam rencana pemasaran umum Anda. Mrketing plan / Rencana pemasaran Anda menguraikan apa tujuan Anda dan bagaimana Anda berniat untuk bertindak pada tujuan tersebut.

Strategi iklan Anda, di sisi lain, mengidentifikasi pilihan yang tersedia untuk bisnis Anda untuk mendapatkan melalui pelanggan target Anda. Ini adalah bagaimana Anda harus melakukan sesuatu. Namun, di dunia nyata, Anda mungkin tidak memiliki waktu lagi di mana untuk menggariskan rencana pemasaran Anda dengan benar atau untuk menuliskan strategi iklan Anda dengan efisien dan efektif mungkin. Lebih sering daripada tidak, Anda harus melakukan hal-hal secara ad-hoc.

Strategi Periklanan Yang Baik

Jika hal ini terjadi, maka itu akan menjadi ide yang baik untuk setidaknya memiliki metode terstruktur dalam menjalankan strategi iklan Anda. Sebuah strategi komunikasi yang baik dimulai dengan analisis SWOT. Melalui metodologi ini, Anda akan dapat memahami ‘produk bisnis dan jasa Anda dengan mengetahui dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Dengan mengetahui isu-isu penting, Anda akan mampu mengembangkan strategi komunikasi yang lebih fokus dan lebih tepat.

Artikel terkait: Cara Membuat Perencanaan Pemasaran Yang Powerful

Sebuah analisis SWOT mungkin terdengar tidak mudah dalam membuatnya tetapi sebenarnya mudah dilakukan. Sebelum mendalami dengan tepat tentang SWOT, pertama kita harus memahami dua bagian utama dari strategi iklan:

1. Penilaian – Penilaian ini akan memberi Anda gambaran tentang apa yang sedang terjadi di pasar. Ini akan membiarkan Anda melihat kembali dan memahami apa yang terjadi pada saat ini. Hal ini juga akan mengingatkan Anda untuk apa tujuan masa depan untuk produk atau jasa, dengan pesaing Anda, dan dengan pelanggan Anda juga klien.

2. Aksi – Bagian ini akan memberitahu Anda apa yang klien Anda akan melakukan tentang peluang yang paling signifikan atau masalah yang diajukan oleh situasi tertentu. Apa jaminan pemasaran seperti brosur, selebaran atau stiker cetak akan bekerja dengan yang terbaik untuk menarik klien?

What do do‘ bagian ini secara langsung terkait dengan Anda ‘What’s going on‘ bagian. Misalnya, analisis SWOT Anda benar-benar bisa mengungkapkan bahwa resesi saat ini adalah salah satu bisnis yang mengancam. Hal ini juga bisa datang dengan hasil yang produk dan jasa Anda yang belum mendapatkan respon diharapkan oleh target pelanggan karena persaingan serius dari bisnis lainnya dengan produk yang sama seperti yang Anda akan mengeluarkan diskon dan harga miring.

Situasi ini akan mengharuskan Anda untuk mengembangkan tindakan segera. Tindakan ini mungkin termasuk yang berikut:

• Untuk membentuk posisi pasar Anda. Karena produk atau jasa yang layak, konsumen harus melihat lagi. Ya, konsumen bisa mendapatkan sesuatu yang lebih murah, tetapi mereka tidak selalu dijamin memiliki kualitas atau pelayanan prima yang dapat Anda berikan.

• Buat kepribadian merek yang kuat. Mengapa edisi terbatas lebih mahal dari yang biasa? Hal ini karena banyak orang bercita-cita untuk memilikinya. Anda dapat membuat gambar ini melalui jaminan pemasaran seperti pencetakan stiker.

Pada dasarnya, strategi iklan Anda, bahkan jika itu adalah memiliki layanan pencetakan stiker atau pencetakan label dilakukan dalam rangka untuk merancang stiker dan label dengan kualitas, harus berurusan dengan isu-isu strategis yang besar dari branding, positioning, direct marketing and media rapport.

Dari berbagai macam strategi periklanan yang baik pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Melihat dari semakin berkembanganya tekneologi dan informasi pastinya semakin memudahkan pemilik bisnis dalam menciptakan kampanye iklan yang semakin efektif dan juga berkualitas baik itu melalui media internet maupun media cetak seperti brosur, iklan baris, poster, baliho dan lain sebagainya. Tidak ada Tujuan lain dari periklanan ini yaitu untuk menarik perhatian pelanggan ataupun konsmen agar mereka mau mengambil keputusan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tertentu.

Baca juga :  Strategi Yang Efektif Dalam Pemasaran

Saat ini media periklanan yang sering digunakan adalah melalui media internet seperti facebook ads, google ads, dll karena terbilang sangat efektif dalam menjangkau pemirsa yang sifatnya global. Dengan demikian banyak perusahaan pelaku bisnis baik itu usaha kecil menengah atau UKM maupun perusahaan besar memanfaatkannya. Tujuannya jelas merekan ingin mendapatkan dan menjaring konsumen yang tertarget dengan bantuan periklanan ini.

Sekian pembahasan kali ini tentang Merancang Strategi Periklanan. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar
Strategi Pemasaran
Definisi Market Share atau Pangsa Pasar dan Contohnya

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar Apa itu ‘Market Share’? Sebuah perusahaan tentunya harus memiliki gambaran atau ukuran untuk mengetahui potensi pasar mereka. Pengertian Market share sendiri dalam bahasa Indonesia bisa di artiken sebagai Pangsa pasar yaitu suatu indikator utama yang dimiliki perusahaan untuk digunakan dalam mengukur persentase industri, atau …

Definisi Apa itu Market share Berikut Contohnya
Strategi Pemasaran
Definisi Apa itu Market share Berikut Contohnya

Pengertian Apa itu Market share dan Contohnya Apa itu market share? Dalam bahasa Indonesia sendiri, market share juga bisa disebut dengan pangsa pasar. Secara sederhana, definisi market share merupakan presentase keseluruhan total penjualan suatu perusahaan, ditambah jumlah penjualan produk dalam sebuah industri. Baik berupa produk maupun jasa. Dalam hal ini, …

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar
Strategi Pemasaran
Market share Adalah Salah Satu Indikator Keberhasilan Perusahaan

Market Share atau Pangsa Pasar Market share adalah sebagian dari total permintaan terhadap suatu barang atau jasa yang menunjukkan kelompok konsumen dalam sebuah pasar. Dalam hal ini, konsumen dapat dikelompokkan menurut jenis kelamin, pendidikan, status sosial, tingkat penghasilan, dan usia. Pangsa pasar merupakan bagian yang dikuasai oleh suatu perusahaan dalam …