Mudah Banget, Seperti Ini Cara Cek Pajak Kendaraan

Mudah Banget, Seperti Ini Cara Cek Pajak Kendaraan

 Cara Cek Pajak Kendaraan dengan Mudah

Memiliki kendaraan bermotor memang memudahkan siapapun. Mau ke mana-mana tak perlu bingung mencari transportasi umum, karena ada kendaraan pribadi. Namun perkara kendaraan bermotor entah roda dua atau empat bukan semata memiliki saja. Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang baik, sudah seharusnya Anda rajin membayar pajak kendaran. Tak perlu ribet, cek pajak kendaraan bisa dilakukan singkat dan sangat mudah.

90 Mudah Banget, Seperti Ini Cara Cek Pajak Kendaraan

Cara Cek Pajak Kendaraan Secara Online

Apakah Anda termasuk orang yang sibuk dan selalu terikat pekerjaan? Tenang saja, sekarang untuk cek pajak kendaraan bisa dilakukan hanya lewat perangkat gawai dan akses internet. Yang perlu Anda lakukan hanyalah berikut ini:

  1. Akses situs e-samsat sesuai dengan provinsi kendaraan Anda terdaftar. Sejauh ini hanya ada beberapa samsat di Indonesia yang telah menyediakan cek pajak kendaraan secara online yaitu samsat di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Aceh, Riau, Kepulauan Riau dan Sulawesi Tengah.
  2. Jika sudah ada di halaman situs e-samsat, segera cari info mengenai pajak kendaraan. Setelah itu Anda akan diminta mengisi formulir sesuai dengan data kendaraan seperti nomor pelat mobil/motor. Setelah memasukkan kode verifikasi, klik tombol cari dan biarkan server bekerja.
  3. Kalau jaringan internet Anda lancar, proses ini akan sangat cepat karena kemudian info pajak kendaraan bakal muncul. Biasanya nominal yang ada hanyalah besaran pajak normal tak termasuk pajak progresif dan denda kalau terlambat. Anda tinggal mencatat saja besaran pajaknya dan segera lakukan pembayaran entah online atau ke samsat langsung.

Dengan perkembangan teknologi, kini telah ada aplikasi samsat di Play Store yang bisa diakses seluruh pengguna Android. Hanya saja sekarang ini aplikasi samsat cuma tersedia untuk area DKI Jakarta, Jawa Timur dan Sumatera Barat saja. Jika menggunakan aplikasi, Anda harus mengunduh dan memasang dulu di HP baru kemudian bisa mengeceknya.

Berbeda dengan aplikasi samsat di Play Store, provinsi Jawa Barat memiliki inovasi cek pajak mobil atau motor lewat SMS. Anda hanya tinggal menulis format SMS Info<spasi>kode plat kendaraan di Jawa Barat/nomor polisi/kode seri plat kendaraan<spasi>warna plat kendaraan lalu dikirim ke 08112119211. Setelah itu Anda akan dikirimi balasan berupa informasi rincian kendaraan hingga besaran pajak dan jatuh tempo pembayaran.

Artikel terkait: Cek Pajak Kendaraan Bermotor Lewat 4 Cara Ini

Cek Pajak Kendaraan di Samsat

Provinsi Anda tidak menyediakan e-samsat, aplikasi online atau pelayanan via SMS? Maka Anda harus pergi ke samsat untuk cek pajak kendaraan. Supaya proses pengecekan bisa berjalan lancar, ada baiknya Anda harus menyiapkan beberapa dokumen dulu yakni KTP asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi lembar pertamanya, STNK asli dan fotokopi serta bukti Pembayaran Kendaraan Bermotor (PKB) terakhir.

Berikut ini adalah langkah melakukan pengecekan dan pembayaran pajak kendaraan saat Anda sudah di samsat:

  1. Berangkat ke kantor samsat setempat dan usahakan pagi-pagi sekali agar tidak antre panjang.
  2. Setelah Anda sudah mengambil formulir pembayaran pajak kendaraan bermotor, wajib Anda isi sesuai data. Kalau nama pemilik pada STNK tak sesuai dengan nama Anda, jangan lupa untuk ambil formulirnya di loket khusus. Jika semua data sudah diisi, serahkan ke petugas dan akan memperoleh nomor antrean.
  3. Waktu nama Anda dipanggil, segera datang ke loket yang dimaksud. Petugas samsat akan memberikan bukti pembayaran sementara berisi jumlah pajak yang harus dibayarkan. Jangan lupa untuk mengecek secara teliti mengenai data yang tercantum. Jika ada kekeliruan data, segera ajukan kembali ke petugas yang bersangkutan.
  4. Bayar pajak kendaraan Anda ke loket pembayaran dan akan memperoleh bukti asli yang sudah dicap serta ditandatangani. Lepaskan lembaran bertuliskan ‘Untuk Jasa Raharja’ karena ini diserahkan ke petugas loket pengambilan STNK baru yang sudah diperpanjang.

Baca juga: Seperti Ini Langkah-Langkah Cara Bayar Pajak Online Sangat Mudah

Nah, ternyata cek pajak kendaraan tidaklah seribet yang diceritakan, bukan? Anda yang memang sibuk bisa memilih proses pengecekan secara online, aplikasi atau SMS agar lebih efisien. Namun jika samsat daerah Anda masih manual, jangan patah semangat jika memang harus ke samsat. Karena yang terpenting adalah pembayaran pajak kendaraan tidak boleh telat demi bukti bahwa Anda WNI yang sangat bertanggung jawab.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.