Panduan Bisnis Kecil untuk Perencanaan Strategi Pemasaran Anda

Panduan Bisnis Kecil untuk Perencanaan Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran

Perencanaan Strategi Pemasaran

Pemasaran usaha kecil bukanlah tugas yang mudah. Memiliki Perencanaan Strategi Pemasaran yang solid memberikan rencana yang jelas untuk bisa diikuti, dan meningkatkan peluang Anda untuk sukses. Perencanaan strategi pemasaran Anda lebih awal adalah cara terbaik untuk memastikan keberhasilan kampanye pemasaran berikutnya. Ada beberapa faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum merencanakan strategi Anda.

Dengan Perencanaan Strategi Pemasaran yang baik maka akan memberikan dampak yang baik pula terhadap perusahaan atau bisnsi. Tentunya perusahaan harus memiliki strategi pemasaran ini sehingga akan mampu menarik pelanggan atau konsumen dengan sebesar-besarnya. Selain itu dengan strategi pemasaran yang dibuat sedemikian rupa maka akan membuat perusahaan semakin maju di bandingkan dengan pesaing yang ada.

Berikut cara mengidentifikasi target audiens Anda:

Panduan Bisnis Kecil untuk Perencanaan Strategi Pemasaran

Artikel terkait: Tujuan dan Masalah Sebagai Bagian dari Proses Riset Pemasaran

Tentukan apa yang ingin Anda capai

Setiap kampanye pemasaran harus memiliki tujuan dan sasaran yang jelas. Memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai dari upaya pemasaran Anda adalah cara terbaik untuk merencanakan cara yang efektif ke depan. Cobalah untuk lebih spesifik ketika menetapkan tujuan Anda. Misalnya, daripada menetapkan tujuan umum seperti “mempublikasikan bisnis saya”, pilih tujuan yang lebih spesifik, seperti “menarik pelanggan baru dari daerah setempat”.

Pikirkan tentang jenis orang yang yang akan di tuju oleh kampanye pemasaran Anda di. Siapa mereka? Apa ada kepentingan? Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk menarik pelanggan baru dari daerah setempat, audiens target Anda kemungkinan besar akan terdiri dari orang-orang lokal. Namun, Anda juga harus dapat mengidentifikasi informasi yang lebih spesifik, seperti perkiraan usia, status pekerjaan dan mungkin hobi audiens target Anda. Misalnya, jika bisnis Anda menjual action figures fiksi ilmiah, audiens target Anda mungkin remaja laki-laki dengan minat dalam fiksi ilmiah.

Lakukan penelitian audiens target Anda

Mengetahui sebanyak mungkin tentang audiens target Anda membantu Anda untuk menyesuaikan kampanye pemasaran Anda. Cari tahu bagaimana mereka menghabiskan waktu mereka, bagaimana mereka berkomunikasi dan apa yang mereka paling mungkin untuk menanggapi.

Misalnya, jika target pemirsa Anda melakukan sebagian besar mereka berkomunikasi melalui email, kampanye pemasaran email bisa menjadi bagian dari strategi pemasaran Anda. Di sisi lain, jika target pelanggan Anda menghabiskan banyak waktu luang mereka menggunakan media sosial atau jejaring sosial, kampanye pemasaran media sosial atau jejaring sosial dapat menjadi cara terbaik untuk menjangkau mereka.

Mengambil stok sumber daya Anda

Jika Anda memiliki anggaran yang besar untuk kampanye pemasaran Anda, Anda mungkin dapat membeli semua layanan dan barang-barang yang Anda butuhkan untuk mempromosikan bisnis Anda. Namun, jika Anda memiliki sedikit atau tidak ada anggaran yang tersedia, Anda akan perlu untuk mengambil stok sumber daya yang Anda dapat memanfaatkan.

Untuk kampanye pemasaran online sederhana, Anda mungkin perlu sedikit lebih dari beberapa jam waktu Anda untuk menempatkan kampanye bersama-sama. Namun, untuk kampanye publisitas lokal yang luas, Anda mungkin perlu kontak media lokal, dukungan dari bisnis lokal lainnya dan peralatan pencetakan khusus. Mengambil saham dari apa yang sudah Anda miliki juga akan membantu Anda untuk mengidentifikasi hal-hal yang masih perlu.

 Baca juga : Pengertian, Contoh, Jenis-Jenis Iklan dan cara strategi Komunikasi Pemasaran

Perencanaan strategi pemasaran Anda

Selanjutnya adalah bagamana memaksimalkan perencanaan strategi pemasaran yang ada. Setelah Anda memiliki gagasan yang jelas tentang tujuan dan tujuan kampanye, Anda dapat menggunakan informasi yang Anda telah mendapatkan tentang audiens target Anda untuk merencanakan cara terbaik untuk mencapai tujuan Anda. Ingat untuk memperhitungkan sumber daya yang tersedia, dan realistis tentang apa yang dapat Anda lakukan dengan sumber daya tersebut.

Sekian pembahasan kali ini tentang Perencanaan Strategi Pemasaran Untuk Bisnis Kecil Anda. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alat-Alat Promosi Pemasaran yang Perlu Diketahui
Strategi Pemasaran
Alat-Alat Promosi Pemasaran yang Perlu Diketahui

Alat-Alat Promosi Pemasaran Daftar isi Alat-Alat Promosi PemasaranAlat-Alat Promosi Pemasaran Secara Fisik:IklanBrosurReklameBalihoSpandukBackdropAlat-Alat Promosi Pemasaran Non Fisik:1. Sosial media2. Website3. Video marketing4. Direct email Berbicara tentang pemasaran tentunya tidak lepas dengan yang namanya Promosi yang merupakan salah satu strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran atau marketing mix yang sangat penting untuk menunjang …

5 Tips Membuat Iklan Baris yang Efektif Sesuai Contoh Iklan di Media Massa
Strategi Pemasaran
5 Tips Membuat Iklan Baris yang Efektif Sesuai Contoh Iklan di Media Massa

Membuat Iklan Baris yang Efektif Iklan di Media Massa Daftar isi Membuat Iklan Baris yang Efektif Iklan di Media Massa1. Fokuskan Pada Satu Hal Saja2. Ketahui Iklan yang Efektif3. Perluas Tujuan Iklan Baris4. Munculkan Rasa Penasaran5. Perhatikan Format Iklan Iklan tak dapat dipisahkan dari kegiatan promosi produk barang dan jasa …

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar
Strategi Pemasaran
Definisi Market Share atau Pangsa Pasar dan Contohnya

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar Daftar isi Pengertian Market Share atau Pangsa PasarApa itu Market Share?Pentingnya Market share atau Pangsa PasarCara Mengukur Tingkat Keberhasilan Perusahaan Dalam Market ShareContoh Pangsa PasarAda beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan pangsa pasar perusahaan yang memang mereka tidak mampu utnuk mencapai target tertentu yaitu:Cara …