Panduan Cara Membuat Konten Blog Yang Hebat Untuk Pemula

Cara Membuat Konten Blog Yang Berkualitas dan Hebat

Blog merupakan media yang sangat populer saat ini dengan blog ini Anda bisa memiliki sebuah website secara gratis bahkan bisa mengasilkan pendapatan untuk kedepannya. Bagi kalangan blogger mereka membuat blog untuk menjadikan bisnis dan pendapatan mereka dengan menjadi publisher iklan dan lain sebagainya. Ya Google selain menyediakan blog juga menawarkan kerjasama sebagai publisher mereka dengan mendaftarkan sebagai mitra Google AdSense. Setelah Anda tahu apa itu blog maka sekarang Anda harus tahu juga  bagaimana bisa memulai sebuah blog dan bagaimana cara menjalankannya dengan sistem manajemen konten Blog yang baik.

Cara Membuat Konten Blog Yang Hebat Untuk Pemula

Setelah Anda mengenal blog, langkah selanjutnya adalah mencari tahu bagaimana cara membuat blog juga konten apa yang perlu dibuat untuk blog baru Anda. Topik atau isi konten merupakan hal yang paling penting untuk blog Anda yang akan menjadi umpan menarik bagi pengunjung dan pembaca Anda. Dalam artikel ini, saya akan mencoba membahas konten apa yang perlu di tulis untuk blog Anda dan praktik terbaik apa yang harus di ikuti.

Tanpa konten yang bagus, blog yang telah disusun sedemikian rupa pada akhirnya akan gagal. Ada dua macam yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu, konten pra-peluncuran dan pasca peluncuran:

Konten Pra-peluncuran Apa Saja Yang Perlu di Perhatikan

  • Halaman statis : seperti “Tentang,” “Kontak”, “Disclaimer”,”Sitemap” dll
  • Sidebar Konten :  konten yang muncul di bilah sisi blog Anda seperti “Label”,”Populer Post”dll
  • Halaman kategori blog : konten (sekitar 100 kata) untuk halaman kategori di blog Anda (plus memilih kategori untuk membagi konten Anda)
  • Tag meta SEO: konten untuk judul SEO dan tag deskripsi setiap halaman (Tag meta ini tidak terlihat di artikel tapi bisa jadi sebagai hal penting untuk mesin pencari menemukan halaman Anda)

Konten pasca peluncuran Apa Saja Yang Perlu di Perhatikan

  • Posting blog : artikel yang bisa Anda tulis dengan topik tertentu
  • Topik blog : hal ini akan menjadi dasar blog anda 

Konten yang Anda Butuhkan Untuk Meluncurkan Blog

Sebelum mulai menulis posting blog sehari-hari, Anda pasti ingin memastikan sudah memiliki halaman statis dari blog Anda, misalnya sidebar dan footer, diisi dengan informasi yang dibutuhkan.

Macam-macam Konten Halaman Statis

Pertama, Anda perlu membuat halaman konten statis untuk jenis informasi sebagai berikut:

Halaman Tentang (About)

Halaman abaout adalah laman yang paling tradisional di blog mana pun karena ini juga penting untuk pemirsa mengenal website atau blog Anda. Halaman ini memberi tahu pengunjung baru blog Anda tentang apa, tentang siapa Anda dan mengapa Anda memiliki blog tentang topik tertentu. juga About ini akan menginformasikan kepada pemirsa apa saja niche dan gaya blog, informasi tentang blog tersebut.

Halaman Kontak (Contact)

Halaman ini memungkinkan pengunjung blog Anda untuk berkomunikasi dengan Anda setiap saat. Pada halaman ini Anda bisa menambahkan alamat email, kontak juga ditambah link jaringan sosial, atau Anda dapat menggunakan plugin seperti Contact Form untuk memiliki kontak sederhana yang dapat digunakan pengunjung untuk berkomunikasi dengan Anda tanpa meninggalkan situs web Anda.

Halaman Disclaimer/policy

Untuk memberi diri Anda sedikit perlindungan dalam hal kewajiban untuk mempertimbangkan penyangkalan atau halaman kebijakan.

Misalnya, jika Anda menulis blog kesehatan, namun Anda bukan profesional medis, Anda mungkin ingin membuat sanggahan untuk mengatakan bahwa Anda bukan dokter atau penyedia layanan kesehatan lainnya dan merekomendasikan agar pembaca melihat dokter mereka untuk mendapatkan informasi medis mereka. dan evaluasi.  Anda mungkin juga ingin memberi tahu pengunjung ke situs web Anda bahwa Anda menggunakan pelacakan analytics, Google AdSense, tautan pemasaran afiliasi dan jenis konten lainnya

Halaman Sitemap

Sitemap merupakan halaman yang berisikan daftar isi dari blog Anda yang memungkinkan pemirsa dapat mencari apapun yang mereka cari dari blog atau website Anda.

Dalam membangung blog itu memang membutuhkan waktu karena kita selain menulis artikel dengan konsisten juga perlu memperhatikan tentang tampilan, navigasi, kelangkapan situs dan lain sebagainya. Sebenarnya tidak ada yang instan untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari namun jika kita konsisten untuk terus mengembangkan blog kita maka saya yakin cepat atau lambat website yang kita kelola akan bisa bersaing dengan webmaster atau blogge yang lain.

Baca juga: Banyak Tantangan Sebagai Blogger Masih Mau Mencobanya?

Sekian pembahasan kali ini tentang Cara Membuat Konten Blog Yang Hebat. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blogging
Inilah Manfaat Google+ untuk Ngeblog yang Jarang diketahui

Manfaat Google+ untuk Ngeblog Halo apakabar sobat blogger dimanapun kalian berada salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Google+ atau bisa disebut Google Plus adalah salah satu dari beberapa media jejaring sosial yang telah dikembangkan dan dimiliki oleh perusahaan raksasa Google. Di era moderen …

Blogging
Hal yang Wajib dilakukan Setelah Posting Artikel di Blog

Kegiatan Setelah Posting Artikel di Blog Pie kabare sobat blogger indonesia dimanapun kalian berada salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini kebetulan saya ini berbagi informasi yang cukup menarik terutama bagi blogger pemula. Apa itu? Yaitu kegiatan setelah kita menulis artikel yang tidak boleh terlupakan. Menulis artikel yang …

Blogging
Mitos Nama Domain yang Masih dipercayai Kebenarannya

Nama Domain Apakah Berpengaruh ke Website? Ketika kita ingin mengunjungi sebuah situs tentu kita juga akan melihat nama domain yang kita akses. Sebagai blogger pemula yang ingin membeli domain pasti akan memikirkan nama yang cocok dan pas untuk dipilih bahkan terkada juga bingung menentukan nama domain akan seperti apa nantinya. …