Peluang Bisnis Bengkel Las Teralis, Pagar, Canopy, Tangga Untung Besar

Usaha Bengkel Las Teralis, Pagar, Canopy Untung Besar

Menjadi pengusaha adalah langkah yang tepat untuk menuju kesuksesan. Tak jarang banyak yang berlomba-lomba membuka usaha mereka untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Saat ini bisnis bisa dilakukan secara online maupun ofline keduanya memiliki keuntungan masing-masing. Menjadi wirausaha tentu memiliki tantangan dan resiko yang pasti akan di lalui. Namun demikian telah banyak yang menjadi sukses karena mereka berani mengambil keputusan untuk menjadi wirausaha sukses.

Sedikit cerita saya punya tetangga yang kebetulan teman masa kecil saya rumahnya tepat di depan rumah saya, dia ini sekolah di kelautan setelah lulus smk merantau ke jakarta untuk mencari pekerjaan dan apa yang dia dapatkan dia bekerja di bengkel las. Saya juga tida menyangka lulusan smk kelautan malah bekerja di bengkel las yang terlihat seperti tidak nyambung dengan jurusan yang dia ambil saat sekolah. Namun siapa sangka dari sinilah dia mendapatkan pengalaman yang luar biasa di tempat bekerjanya yaitu bengkel las tersebut. Setelah sekian tahun bekerja dia pulang dan malah mebuka bengkel las sendiri di rumahnya. Ini hal yang luar biasa bukan siapa sangka dari sekolah kelautan memilih menjadi wirausaha di bidang bengkel las ini. Dan sampai saat ini usahanya semakin berkembang dengan bertambahnya beberapa karyawan yang dimiliki.

Melihat dari kisah yang saya ceritakan tadi yang kebetulan adalah teman saya sendiri. Dia memilih menjadi pengusaha di bidang bengkel las yang ternyata memiliki keuntungan yang sangat besar dengan di imbangi permintaan masyarakat atas jasa ini yang semakin besar juga. Oleh karena itu jika kita lihat menjalankan usaha Bengkel Las untuk pembuatan Teralis, Pagar, Canopy, Tangga, dll memang cukup menjanjikan dan akan memberikan pendapatan serta keuntungan yang signifikan jika dikerjakan dengan serius, tekun, dan mau mendengarkan keinginan pelanggan. Alasanya karena memang pembangunan di beberapa desa semakin marak yang tentu saja akan membutuhkan berbagai perlengkapan seperti teralis, pagar, tangga, canopy dan lain sebagainya untuk keamanan dan juga keindahan rumah mereka.

Usaha Bengkel Las Teralis, Pagar, Canopy Untung Besar

Pada umumnya masyarakat saat ini mereka lebih cenderung mengikuti trend atau jaman karena informasi yang begitu cepat bisa di akses melalui internet maka segala hal bisa tahu terutama kebutuhan rumah tangga mereka. Sehingga mereka akan bisa melihat model terbaru dan ingin menerapan di rumah mereka dengan tujuan untuk memperindah tampilan rumah tempat tinggalnya. Tak jarang mereka akan mengganti model yang lama dengan model yang baru meskipun yang lama masih bisa dipakai dari Teralis, pagar, canopy, dll yang mereka miliki. Mungkin nantinya beberapa saat lagi akan dikenal model baru dan konsumen ingin menggantinya dengan model yang baru tersebut.

Artikel terkait: Usaha Kecil Menengah di Desa Dengan Modal Kecil Menjanjikan

Melihat dari besarnya minat masyarakat akan tampilan dan keamanan rumah mereka maka peluang usaha di bidang bengkel lasn ini sangat menjanjikan untuk di jalankan. Selain itu jika Anda mendirikan bengkel las ini Anda juga bisa membuat barang-barang kreatif dan inovatif yang bisa langsung dijual ke konsumen tanpa melalui pesanan terlebih dahulu, misalnya : Jemuran Pakaian, Tempat Handuk, Tempat Hanger Pakaian, Rak Tanaman Hias, dll. Bahkan beberapa bengkel las juga ada yang membuat barang-barang untuk mainan anak  misalnya : ayunan, jungkitan, komedi putar mini, dll. Apabila kalau anda inovatif dan mencoba kreasi-kreasi baru maka tidak menutup kemungkinan bahwa bengkel anda akan cepat berkembang yang akan menambah pehasilan Anda nantinya. Selain memperbaiki juga bisa membuat barang-barang yang berguna maka ini akan memberikan nilai tambah dan keuntungan tersendiri untuk bengkel las yang Anda miliki.

Dengan maraknya pembangunan rumah yang dilakukan pengembang perumahan maupun industry property lainnya, kita bisa melihat bagaimana besar prospek usaha bengkel las ini. Karena masyarakat juga sudah paham akan pentingnya keamanan rumah mereka maka dari itu sangat penting untuk menjaga rumah dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti: pencurian, perampokan ataupun tindakan lain yang tidak kita kehendaki. Maka komplek perumahan yang baru maupun yang sudah lama merupakan sasaran pemasaran pembuatan teralis, pagar, canopy, dll.

Nah kita sudah melihat bagaimana prospek bisnis bengkel las ini. Selanjutnya mari ikuti kiat dalam memulai usaha bengkel las yang menguntungkan ini.

1). Memilih Tempat Usaha Ynag Strategis

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih Lokasi yang strategis karena dengan demikian maka pelanggan atau konsumen akan lebih mudah melihat workshop bengkel las yang Anda miliki. Selin itu dengan Anda memiliki tempat yang baik maka bukan tidak mungkin akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat yang akan menggunakan jasa Anda. Krena dalam kegiatan dan proses produksi disitu akan ada banyak bahan baku dan alat-alat perlengkapan untuk pembuatan seperti material besi, seng, almunium dan lain sebagainya maka akan membutuhkan workshop Las atau Bengkel Las yang cukup luas sehingga dalam melakukan kegiatan produksi pembuatan Teralis, Pagar, Canopy, Tangga, dll akan lebih mudah.

Dalam hal ini diperlukan lahan yang sekiranya memadai untuk mepermudah dalam volume pekerjaan yang akan dihadapi. Kemudian mengatur tempat-tempat barang material sesuai dengan kebutuhan yang akan mempermudah pekerjaan misalnya: gudang bahan baku, gudang peralatan, tempat membuat desain, tempat pemotongan bahan baku, tempat produksi pengelasan, tempat untuk finishing, dan tempat untuk bengkel las harus tersedia instalasi listrik dengan kapasitas yang memadai, karena mesin las dan beberapa peralatan akan membutuhkan power yang relatif besar.

Kemudian sediakan ruangan khusus seperti kantor yang disitu bertujuan untuk kegiatan seperti pemasaran, proses administrasi, memajang contoh produk, brosur, proses pengendalian produksi, transaksi pesanan, konsultasi dengan konsumen dan lain sebagainya. Dalam pemilihan lokasi bisnis tentunya harus strategis misalnya dekat dengan keramaian. Untuk lokasi kantor usahakan berdekatan dengan lokasi workshop bengkel las yang Anda miliki atau malah bagus satu lokasi dengan bengkel yang Anda mikiki, hal ini selain mempermudah juga konsumen akan bisa langsung melihat peroses produksi yang di kerjakan oleh karyawan Anda juga akan lebih efisiensi yang akan memudahkan koordinasi pekerjaan Anda. Karena saat ini serba terkomputerisasi jadi ada baiknya untuk menyediakan seperangkat  Komputer untuk melakukan proses administrasi, desain, dll.

2). Menyediakan perkaskas dan Peralatan

Dalam bisnis bengkel las ini akan membutuhkan beberapa perlatatan pendukung untuk mendukung usaha bengkel las teralis, pagar, canopy, tangga, rolling, dll. Peralatan umumnya meliputi: peralatan las, peralatan potong metal, peralatan finishing, dan beberapa alat bantu yang akan mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Ketika Anda baru membuka tentunya akan terbatas dalam kelengkapan peralatan yang dimiliki namun dalam perjalanan bisnis yang di jalankan ini Anda akan mengetahui peralatan apa saja yang akan dibutuhkankemudian melengkapi kebutuhan-kebutuhan yang Ada sehingga akan lebih cepat dan efektif dalam pengerjaanya. Untuk peralatan bengkel lasyang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut:

  • Mesin Las

Ynag namanya bengkel las tentu alat yang paling utama adalah mesin las itu sendiri alat inilah yang perlu Anda prioritaskan. Ada banyak jenis mesin las yang bisa Anda gunakan namun pada umumnya yang sering digunakan adalah Mesin las SMAW (Shielded Metal Arc Welding) atau type MMA yang kapasitasnya dibawah 400 Amp, kemudian instalasi Las Gas (Asetelin dan Oksigen atau LPG dan Oksigen). Untuk rekomendasi yang baik dalam pemilihan jenis mesin las upayakan yang bisa digunakan dengan genset dan yang memilki kemampuan untuk melakukan pengelasan Stainless Steel.

  • Menyediakan Alat Potong Metal

Ynag kedua adalah menyediakan alat potong karena dalam kegiatan produksi ini pekerja Anda akan menggunakan bahan dasar besi atau metal untuk pembuatannya. Ada beberapa alat yang bisa digunakan seperti Blander Potong Gas, Gergaji, Tang Potong, Gunting Potong, Gerinda Potong. Alat-alat tersebut adalah alat yang berfungsi untuk memotong metal atau logam yang digunakan dalam pembuatan Teralis, Pagar, Canopy, Tangga dll yang di situ digunakan untuk memotong material yang telah ditentukan ukurannya berdasarkan gambar yang dibuat.

  • Menyediakan Alat Finishing

Pda tahap akhir dalam proses produksi maka peralatan yang digunakan untuk proses finishing tersebut berupa: mesin gerinda tangan, mesin poles, alat untuk cat duco, dll. Dalam proses akhir inilah akan dilakukan penyempurnaan produk yang dibuat yang biasanya menggunakan dempul atau mesin amplas untuk menghaluskan permukaan dan lain sebagainya. Sedangkan material Stailnless Steel biasanya hanya membutuhkan gerinda dan mesin poles.

  • Alat Bantu Produksi

Alat bantu tambahan yang perlu disediakan untuk kegiatan produksi bangkel las ini banyak yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan pengerjaannya misalnya: alat ukur/meteran, ragum, tang jepit, palu, palu terak las, kikir, kuas, dll. Alat bantu untuk pengecatan duco seperti: kompressor, selang udara, spatula, genset untuk sumber listrik diluar bengkel. Alat tersebut akan memberikan dampak yang baik untuk mempermudah pekerja dalam kegiatan produksi.

Berikut adalah daftar alat-alat yang anda perlukan untuk membuka bengkel las beserta harganya:

alat-alat yang anda perlukan untuk membuka bengkel las

Dengan menyediakan alat-alat yang ada pada daftar diatas maka Anda sudah bisa membuka dan memulai usaha bengkel las yang menguntungkan selain itu dengan menggunakan alat-alat tersebut Anda sudah bisa untuk membuat berbagai macam produk dan jasa misalnya: pembuatan pagar, teralis, canopy dan lain-lain. Untuk alat-alat yang lain anda bisa tambah sesuai dengan kebutuhan seiring berkembangnya usaha anda.

3). Material Yang di Butuhkan Dalam Bisnis Bengel las

  • Menyediakan Bahan Baku

Bahan baku adalah bagian penting untuk memproduksi atau pembuatan teralis, pagar, canopy, tangga, dll. Dalam hal ini untuk pembuatannya diperlukan bahan seperti: plat baja, baja batangan, besi siku, hollow bar, stainless steel, besi beton, pipa, dll. Bahan baku utama biasanya dibagi menjadi dua pilihan type atau spesifikasi yang bisa digunakan yaitu: baja konstruksi (baja karbon rendah), dan stainless steel (baja tahan karat) dengan berbagai bentuk. Baja stainless steel agar dipilih yang komposisinya 18:8 artinya Khrom nya 18% dan Nikel nya 8%, kalau dalam spesifikasi teknik adalah : AISI 304, SUS 304.

  • Menyediakan Bahan Tambahan

Bahan tambahan ini bertujuan sebagai pelengkap dalam proses produksi dalam artian material yang terkait dengan proses pengelasan namun berbeda dengan bahan baku seperti diatas tadi namun lebih ke bahan pendukung seperti: kawat las, gas elpiji atau asetelin, dan oksigen. Bahan tambahan seperti kawat las yang biasanya memiliki dua ukuran yaitu: besar dan keci atau 2,5 mm dan 3,2 mm, namun kawat las untuk pengelasan stainless steel adalah kawat las yang disediakan khusus untuk material stainless steel.

  • Menyediakan Asesoris

Untuk memper indah tampilan Asesories ini juga memiliki nilai jual tersendiri hal ini bisa digunakan dalam pembuatan teralis, pagar, canopy, tangga, dll biasanya asesoris yang digunakan berupa  ornamen untuk memperindah yang terbuat dari besi cor. Untuk mendapatkan berbagai macam bentuk dan jenis di toko besi biasanya sudah menyediakannya, ornamen ini yang biasa digunakan berupa: mata tombak, motif bunga, motif daun, motif bintang, dll. Dalam penambahan ornamen ini sebaiknya digunakan secukupnya dan sewajarnya saja karena selain mengurangi estetika juga kurang efisien dan jika dipasang terlalu banyak ketika sudah jadi kadang banyak yang terlepas yang akan membuat kualitasnya terlihat kurang baik dimata konsumen Anda.

4). Kendaraan

  • Menyediakan Mobil Pick Up.

Kemudian setelah sudah selesai dalam pembuatan maka hal yang perlu dilakukan adalah mengantarnya kepada konsumen. Yang dibutuhkan sudah jelas yaitu Mobil pick up yang akan digunakan untuk mengantar produk yang sudah jadi yang dipesan oleh konsumen ke tempat tujuan. Karena memang barang atau produk dari bengkel las itu rata-rata memiliki ukuran besar seperti teralis, pagar, canopy, tangga, rolling, dan lain sebagainya selain itu juga pasti berat. Maka denga menggunakan mobil pick up inilah yang dibutuhkan untuk digunakan mengangkut material yang dibeli sebagai bahan baku apabila jumlahnya banyak. dan mengantar barang pesanan konsumen.

  • Menyediakan Torbil

Torbil adalah singkatan dari motor mobil biasanya endaraan jenis ini memiliki roda tiga yang memiliki bak untuk mengankut barang. Kendaraan ini sangat efisien dan biasanya digunakan untuk mengantar dan mengangkut produk jadi ketempat pemesan jarak dekat atau bisa digunakan dalam kegiatan lain semisal berbelanja barang barang atau material yang berukuran kecil untuk kebutuhan bengkel las Anda.

5). Merekrut Karyawan Sesuai Dengan Keahlian

  • Tukang Las

Ynag namanya bengkel las tentu akan membutuhkan orang yang bisa melakukan pekerjaan ini jadi tukang las inilah yang akan menjadi karyawan yang berperan penting dalam kegiatan produksi seperti pembuatan Teralis, Pagar, Canopy, Tangga dan masih banyak lagi. Karena ini adalah karyawan utama yang Anda miliki maka dalam memilih tukang las ini sebaiknya mencari orang yang sudah memiliki pengalaman dan  kemampuan dalam kegiatan pengelasan. Karena memang pekerjaan pengelasan itu berat maka jika memang pesanan dan pekerjaan bertambah sebaiknya untuk segera menambah jumlah tukang Anda karena jika tidak maka akan kualahan untuk proses produksi dan susah utnuk mendapatkan kualitas dan kuantisas yang maksimal. Selain itu untuk memotivasi karyawan Anda agar tetap loyal dan nyaman usahakan memberikan semacam bonus, tunjangan dan lain sebagainya sesuai dengan pekerjaan yang telah diselesaikannya juga tak lupa untuk memberikan pengarahan dan penjelasan tentang menjaga kualitas hasil kerjanya.

  • Pembantu Tukang

Pembantu tukang akan bertugas mendampingi dan membantu tukang las serta mengerjakan pemotongan material. Setelah selesai bertugas pemotongan material bahan baku dia harus bertugas untuk melayani dan membantu tukang las, misalnya: menyediakan kawat-kawat las, membantu finishing, menyediakan dan memasang instalasi gas untuk pengelasan, dll.

  • Sales

Dalam kegiatan bisnis penting untuk memiliki marketing dan seles untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produk yang bisa dihasilkan dari bengkel las Anda misalnya mempromosikan dan menawarkan kepada konsumen berbagai macam produk dari berbagai bentuk dan type teralis, pagar, canopy, tangga, rolling, mainan anak, jemuran, tempat piring, tempat hanger baju, dll. Biasanya seorang seles ini akan di bekali dengan brosus, katalog, foto-foto desain/produk, daftar harga dan lain sebagainya dari jenis produk yang dimiliki bengkel las Anda. Tidak sampai disitu seorang seles dan marketing ini akan memiliki peran dalam melayaninya dan mengkomunikasikan pesanan pelanggan ke desainer, serta menyelesaikan transaksi dengan pelanggan.

  • Desainer

Tugas utama dari seorang desainer adalah menterjemahkan pesanan atau keinginan pelanggan menjadi gambar rancangan produk dan tahapan proses yang akan dikerjakan. Dalam hal ini seorang desainer harus mampu menhitung jumlah material yang dibutuhkan dalam pembuatanya, berapa harganya, yang dikeluarkan berupa HPS. Dengan berpegangan pada HPS dan biaya transportasi maka anda dapat menentukan margin dan keuntungan yang didapatkan.

  • Keuangan

Keuangan atau Kasir akan bertugas mengelola uang masuk dan uang keluar, dia juga harus bertanggung jawab terhadap penagihan dan mencatat semua aktifitas keuangan serta membuat laporannya. Setiap transaksi keuangan baik itu uang masuk maupun uang yang keluar harus melalui persetujuan anda dan anda sebaiknya memonitor aktifitas ini dari waktu ke waktu. Untuk merekrut karyawan ini Anda harus jeli untuk memilihnya dengan kriteria yang jujur dan memiliki tanggung jawab atas pekerjaanya.

Baca juga: Peluang Bisnis Jual Mesin Bor Bosch Murah Menguntungkan

6). Sistem & Manajemen

  • Bisnis Proses dan SOP

Sebaiknya anda membuat gambaran proses keseluruhan mulai dari datangnya pesanan pelanggan, desain, transaksi keuangan, proses pembuatan, penyimpanan hasil produk sampai dengan delivery. Setiap proses sebaiknya dibuat panduan operasi atau langkah kerja dan kualitas produk yang diinginkan. Semua hal ini disosialisasikan ke seluruh karyawan sehingga mereka akan memahami tujuan dari bisnis ini serta aspek mana saja yang dapat dilakukan efisiensi.

  • Permodalan

Modal akan dibutuhkan untuk aktiva tetap (barang yang menjadi aset tetap) dan juga untuk pembelian material serta upah tenaga kerja sebagai modal operasional. Modal untuk aktiva tetap harus dikeluarkan langsung oleh anda, baik itu dari tabungan maupun pinjaman dari Bank atau Lembaga Keuangan, sedangkan modal untuk operasional bisa saja diperoleh dari pelanggan berupa uang muka untuk setiap pesanan dan pelunasan setelah produk selesai.

  • Pemasaran dan Promosi

Pemasaran dan promosi selain menjadi tugas dan tanggung jawab sales, juga sebaiknya dilakukan oleh anda si pemilik, karena lancarnya bisnis ini akan tergantung pada aktifitas ini. Anda dapat bersilaturahmi/berkunjung ke semua teman dan kenalan, serta menambah calon pelanggan kemudian mempromosikan semua produk yang dapat dibuat. Selain itu ada baiknya juga membuat situs web dan mempromosikannya melalui situs jejaring sosial, dll.

Sekian pembahasan kali ini tentang Peluang Bisnis Bengkel Las Teralis, Pagar, Canopy, Tangga Untung Besar. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ide Usaha Jajanan Murah Meriah untuk Anak Sekolah
Peluang Usaha
5 Ide Usaha Jajanan Murah Meriah untuk Anak Sekolah

Usaha Jajanan Murah Anak Sekolah Jajanan murah meriah untuk anak sekolah adalah jenis jajanan yang wajib ada di kantin-kantin sekolah. Tapi, agar tidak rugi jatuhnya, Anda harus pintar-pintar memilih resep jajanan dengan modal tak banyak namun tetap menguntungkan. Karena banyaknya minat anak-anak akan jajanan maka peluang usaha dan bisnis ini …

Jajanan Anak SD Paling Laris Yang Layak Dicoba
Peluang Usaha
5 Jajanan Anak SD Paling Laris Yang Layak Dicoba

Jajanan Anak SD Paling Laris Manis Camilan adalah hal yang disukai banyak orang. Terlepas dari berapapun usia Anda, tentu begitu menyenangkan menghabiskan waktu ditemani camilan. Tak heran kalau akhirnya makanan kecil termasuk peluang usaha yang banyak dirilik. Dan dari banyaknya jenis makanan ringan itu, bisa dibilang kudapan untuk anak kecil …

Bisnis Jajanan Anak-anak SD Tempo Dulu Omzet Jutaan Rupiah Perbulan
Peluang Usaha
Bisnis Jajanan Anak-anak SD Tempo Dulu Omzet Jutaan Rupiah Perbulan

Raup Omzet Jutaan Rupiah Perbulan dari Jajanan Anak-anak SD Tempo Dulu Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar jajanan anak-anak SD? Rindu ataukah penasaran dengan keberadaannya sekarang? Memang susah di zaman sekarang ini menemukan jajanan tempo dulu yang keberadaannya mulai punah seiring perkembangan zaman. Tetapi bagi seorang pengusaha sukses, inilah kesempatannya …