Peluang Usaha Batagor Omset Hingga Ratusan Juta

Peluang Usaha Batagor dan Analisa Usahanya

Bisnis makanan memang tidak akan ada matinya selain minat masyarakat akan berbagai jenis masakan Indonesia khususnya maka bisnis dalam bidang makanan akan memiliki peluang dan keuntungan tersendiri bagi pelaku usaha ini salah satunya usaha jualan batagor. Ya benar siapa yang tidak mengenal jajanan yang satu ini, jajanan yang pedas yang dipadukan dengan sambal kacang yang nikmat untuk di santap setiap saat. Batagor ini banyak peminat dan penggemarnya yang sering dinikmati oleh masyarakat umum, mahasiswa, karyawan perkantoran maupun anak-anak. Dari segi harga satu porsi batagor ikan juga sangat terjangkau. Tentu saja karena banyak peminatnya maka bisnis ini layak untuk dijalankan dengan modal yang relatif kecil dengan keuntungan yang dibilang maksimal. Bisnis batagor ini biasanya ddigabung dengan siomay dalam satu outlet atau satu tempat “gerobak” karena memang keduanya memiliki kesamaan yang bisa di jual bersamaan yang membedakanya adalah saat penyajiannya.

Siomay dan batagor (bakso tahu goreng) merupakan makanan yang banyak dijual di kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, Yogyakarta, surabaya, dan lain-lain bahkan sampai kepelosok-pelosok desa bagi mereka yang menjual dengan berkeliling. Bisnis batagor dan siomay ini memang hanya membutuhkan modal kecil jadi bisa dijalankan oleh siapa saja. Jika dikatakan mudah untuk dijalankan maka usaha ini dalam menjalankanya tidak membutuhkan keahlian atau pun pendidikan khusus yang artinya setiap orang atau pengusaha bisa menjalankan bisnis batagor ini. Yang terpenting untuk menjadi pengusaha batagor dan siomay adalah dengan niat niat, tekad dan tekun dalam pengelolaan bisnis tersebut. Karena memang bisnis batagor ini bisa dibilang sangatlah menguntungkan, dimana memiliki prospek yang cerah. Olahan bakso tahu goreng memang bisa menjadi pilihan bisnis yang gemilang. Dimana pertumbuhan bisnis batagor tak pernah mati dimana merekah dengan subur.

Peluang Usaha Batagor untung Hingga Ratusan Juta
Untuk bisa sukses dalam usaha batagor ini yang terpenting adalah menciptakan dan menjaga cita rasa dari batagor yang Anda miliki dengan rasa yang khas dan enak karena bisnis makanan/masakan yang terpenting adalah soal rasa. Bisnis batagor ini bukanlah bisnis yang biasa-biasa yang biasanya kita jumpai di pinggir jalan dengan gerobak khas mereka. Namun siapa sangaka jika ternyata usaha ini sudah mulai dilirik oleh banyak kalangan menengah keatas, buktinya kini sudah banyak muncul gerai waralaba dan franchise batagor dan siomay di Indonesia. 
Biasanya mereka yang bergerak di bidang waralaba ini lebih mengincar konsumen dan pelanggan kelas menengah keatas yang notabennya memiliki prospek dan keuntungan yang lebih besar. Dari sistem kemitraan yang ditawarkan biasanya akan mewajibkan para calon mitra mereka untuk menyiapkan modal. Kelebihan dari bisnis batagor dengan model waralaba dan franchise ini para pengusaha tidak perlu repot-repot menyeapkan keperluan karena memang semua alat dan bahan sudah oleh mereka pemilik waralaba dan franchise tersebut. Nah jika Anda ingin memulainya sendiri tidak ada masalah karena setiap sistem yang dialankan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semakin tingginya jumlah pebisnis batagor memang membuktikan jika peruntungan bisnis makanan khas bandung ini memang patut diperhitungkan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai bisnis usaha batagor diantaranya:

  • Survey tempat. Anda harus melakukan survey untuk mencari tempat strategis yang akan
  • gunakan sebagai lokasi untuk memulai usaha batagor ikan.
  • Survey harga. Sebaiknya Anda mengetahui harga pasaran atau harga batagor yang dijual
  • oleh pesaing Anda.
  • Mampu membuat batagor. Anda sebaiknya belajar membuat batagor yang lezat dan nikmat
  • dahulu sebelum memulai bisnis batagor ini.
  • Survey bahan baku. Sebelum usaha batagor ini Anda jalankan, sebaiknya Anda mengetahui tempat penjualan bahan baku batagor yang paling murah namun berkualitas.
Bgaimana apakah Anda tertarik untuk segera menjalankan bisnis batagor ini?. Jika iya maka bukan tidak mungkin dalam bisnis batagor dan meraih keuntungannya yang maksimal. Karena ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang berminat terjun di bisnis makanan yaitu batagor. Krena jumlah modal yang dibutuhkan tidaklah besar dan cara mengelolanya begitu mudah dengan didukung pangsa pasar yang luas maka produk batagor memang cukup laku keras dimana banyak peminatnya.

Nah jika ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana prospek dari bisnis batagor ini, bagaimana menjalankannya, analisis usahanya seperti apa maka untuk memulai bisnis batagor Anda bisa mempelajari detail usahanya sebagai berikut ini :

1). Peluang bisnis untuk kuliner batagor

Seperti pembahasan di atas dengan minat masyarakat akan makanan batagor dan siomay ini maka bisa dikatakan bahwa usaha batagor ini sangat bagus untuk di jalankan dan cerah. Karena memang memiliki peluang yang bagus inilah sehingga banyak yang ingin terjun langsung ke bisnis ini dari sisitem waralaba maupun franchise sehingga batagor adalah bisnis kuliner yang menjanjikan hingga banyak orang yang tertarik memperdalami usaha tersebut. Selain itu olahan masakan dari batagor ini dari segi pasar masih terbuka lebar untuk siapa saja yang ingin memulainya yang tentu saja sangat menguntungkan. Anda berminat menjalankan bisnis batagor ini? Untuk memulai bisnis batagor ini jika dilihat dari segi modal terbilang mudah dengan modal mulai dari 1 hingga 2 jutaan sudah bisa memulainya secara langsung.

2). Prospek dalam menjalankan bisnis kuliner batagor

Untuk jangka waktu kedepan dengan modal yang terbilang kecil maka sekitar 2-3 bulan sudah memiliki laba yang maksimal. Untuk itu dari segi prospek yang akan didapatkan dari usaha batagor ini bisa dikatakan sangat cemerlang yang akan mendatangkan keuntungan yang bombastis juga. Dari poin pertama tadi maka karena minat masyarakat yang tak pernah sepi bisnis batagor ini patut untuk dikerjakan bagi Anda yang ingin terjun langsung di bisnis batagor ini. Oleh sebab itu usaha batagor memperlihatkan jika bisnis batagor patut dijadikan pilihan bisnis menguntungkan.

3). Memulai bisnis kuliner batagor

Untuk memulai bisnis kuliner batagor ini tergantung pada modal yang Anda miliki. Karena dalam memulai usaha batagor ini bisa dimulai dengan langkah yang mudah  sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam kata lain usaha ini bisa dikerjakan dengan sekala bisnis rumahan atau dengan cara waralaba dan franchise.

4). Pelaku bisnis kuliner batagor

Dengan modal yang tidak terlalu besar dan tentunya mudah untuk dikerjakan maka siapa saja bisa memulai usaha batagor ini dan memang cocok dijalankan oleh semua orang yang ingin mendirikan usaha jajanan batagor yang tergolong menguntungkan tersebut. Bagi siapa saja ingin menjalankan usaha batagor sangat mudah, proses pembuatan batagor mudah juga laba menguntungkan.

5). Konsumen bisnis kuliner batagor

Untuk mencari konsumen ini tidaklah sulit karena masyarakat yang masih antusias terhadap kuliner ini maka akan selalu ada pembelinya. Yang terpenting adalah menjaga citarasa batagor maka konsumen tidak akan beralih ke pedagang yang lain. Dengan cita rasa yang khas itulah yang akan memikat banyak konsumen untuk membeli batagor milik Anda. Dari segi pasar konsumen batagor memang cukup besar dan tak terbatas mulai kalangan mahasiswa, karyawan, anak-anak hingga orang dewasa. Dimana batagor sangat cocok disantap untuk acara berkumpul kapanpun serta dimanapun.

6). Bahan baku bisnis kuliner batagor

Dalan bisnis itu yang perlu di perhatikan adalah ketersediaan bahan baku jadi selama bahan baku masi banyak tersedia maka usaha akan terus berjalan. Untuk membuat batagor yang nikmat membutuhkan bahan baku yakni tahu putih, udang, daging ayam, tepung kanji, kulit pangsit, minyak goreng, garam, merica bubuk, minyak wijen, daun bawang, telur, saus, cuka, kacang tanah, tulang ayam, cabe merah, bawang putih, jahe, dan kecap ikan. Untuk mencari bahan baku batagor bisa dijumpai di pasar ataupun toko. Pastikan dalam menjalankan bisnis batagor untuk memilih bahan batagor berkualitas agar rasanya nikmat.

7). Peralatan usaha kuliner batagor

Kemudian yang perlu di perhatikan selanjutnya adalah pada bagian peralatan. Dalam usaha batagor membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya mesin mixer spiral, gerobak, mesin meat grinder, panci, timba, pencapit makanan, kompor gas, peniris makanan, spatula, baskom, nampan, gelas, serbet,, sendok, mesin blender dan juga peralatan pendukung lainnya.

8). Lokasi strategis dalam berjualan bisnis batagor

Setiap usaha pasti akan memperhatikan lokasi dimana membuka usaha, karena lokasi juga berperan dalam keberhasilan usaha yang dimiliki. Oleh karena itu Anda perlu menentukan pilihan lokasi yang tepat, strategis dan ramai. Usaha batagor dapat dijalankan dengan membuka warung, stand atau kios di lokasi ramai. Juga tidak menutup kemungkinan untuk memasarkannya di rumah secara online.

9). Karyawan bisnis kuliner batagor

Jika Anda baru memulai usaha ini untuk meminimalisir biaya maka bisa dijalankan sendiri, namun karyawan ini juga penting dan menjalankan usaha batagor bisa menggunakan satu orang dahulu dalam permulaan yang akan mempermudah pekerjaan Anda.

10). Harga jual kuliner batagor

Untuk dari segi harga biasanya bisa di Patok dengan harga dalam hitungan per porsi dimana harga mulai Rp 8.000 hingga Rp 10.000. Namun biasanya banyak juga yang membeli dengan harga Rp 5.000 tentu saja harus dilayani dan menyesuaikan.

11). Strategi promosi bisnis kuliner batagor

Strategi pemasaran yang digunakan adalah dengan memberikan kualitas produk yang Anda miliki dalam artian menjaga cita rasa yang khas milik Anda dengan membuat racikan bumbu dan bahan baku batagor yang enak dan nikmat. Kemudian karena memang saat ini serba digital maka memanfaatkan teknologi seperti media sosial juga akan memberikan nilai tambah tersendiri untuk bisnis Anda. Juga dapat pula menjalankan strategi pemasaran kedai batagor lewat menyebarkan berbagai brosur.

12). Keuntungan dalam menjalankan bisnis kuliner batagor

Bnayk keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari memulai bisnis batagor ini dari modal yang tidak besar, minat masyarakat yang masih tinggi, mudah untuk di jalankan dan masih banyak lagi yang bisa Anda dapatkan nantinya. Selai itu keuntungan yang lain jika Anda memilih terjun dalam peluang usaha batagor ini yakni merupakan jajanan atau kuliner nikmat yang mulai digandrungi banyak kalangan.

13). Kekurangan bisnis kuliner batagor

Segi kekurangan usaha batagor ialah batagor memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan ketat. Sehingga dalam berjualan batagor dapat diminimalisir dengan membuat keunikan dan kreatifitas dari  batagor yang Anda jual dengan tampilan berbeda agar bisa memenangkan persaingan. Kmeudian dari segi bahan baku harus disediakan dengan takaran yang pas agar jika dagangan tidak habis bisa menghindari kerugian. Oleh karenanya sesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Baca juga: Peluang Usaha Jasa Penggilingan Padi Keliling Menguntungkan

Analisa Usaha Siomay dan Batagor

  1. Masa penggunakaan gerobak selama 4 tahun
  2. Masa penggunakaan alat masak selama 4 tahun
  3. Masa penggunakaan alat makan selama 2 tahun
  4. Masa penggunakaan meja dan kursi selama 3 tahun
  5. Masa penggunakaan perlengkapan lainnya 2 tahun

Investasi


gerobak berjualan Rp. 2,110,500
mesin meat grinder Rp. 1,715,200
kompor dan gas Rp. 261,000
wajan besar Rp. 325,200
spatula Rp. 26,200
pengangkat makanan Rp. 27,000peniris minyak Rp. 32,000
wadah Rp. 41,000
timba Rp. 29,000
pisau Rp. 31,000
meja Rp. 243,000
kursi Rp. 380,000
piring Rp. 118,000
sendok Rp. 34,000
garbu Rp. 32,000
serbet Rp. 15,000
nampan Rp. 19,000
tempat sampah Rp. 11,800
Peralatan tambahan yang lainnya Rp. 22,000
Jumlah Investasi Rp. 5,472,900
Lama Balik Modal

Total Investasi / Keuntungan = Rp. 5,472,900 : 2,385,837 = 2 bln
Berdasarkan analisa usaha batagor yang ada di atas disimpulkan jika dengan modal sejumlah biaya investasi 5,472,900 dengan biaya tetap 1,541,163. Pengeluaran dengan nilai variabel 24,873,000 dengan total biaya operasional yang dikeluarkan sebesar 16,275,141. Maka jumlah pendapatan yang dihasilkan selama sebulan dari bisnis batagor yakni 28,800,000. Dengan begitu keuntungan bisnis batagor selama sebulan sebesar 2,385,837. Untuk balik modal dalam bisnis batagor ini membutuhkan waktu yang tak lama yakni selama 2-3 bulan.

Resep dan cara membuat batagor bandung yang nikmat:

Bahan-bahan:

  • Tahu Putih
  • 200 Gram ikan tenggiri yang sudah dihaluskan
  • 3 Batang daun bawang, iris tipis
  • 1 Sdt garam
  • 1 Sdt merica
  • 1 Sdt gula pasir
  • 2 Butir putih telur
  • 150 Ml air es
  • 100 Gram tepung sagu
  • 20 Gram tepung terigu

Bahan bumbu kacang:

  • 2 Siung bawang putih
  • 5 Cabai keriting
  • 250 Gram kacang tanah
  • Garam dan gula secukupnya

Cara membuat:

  1. Batagor: Campurkan tenggiri, daun bawang, garam, merica dan gula pasir, ulen hingga rata.
  2. Kemudian masukkan putih telur dan air es, aduk kembali hingga rata.
  3. Tambahkan tepung sagu dan terigu, aduk kembali hingga mencampur sempurna.
  4. Masukkan adonan dalam tahu yang sudah di iris atau bungkus dengan kulit pangsit.
  5. Celupkan dalam adonan telur dan terigu yang diberi sedikit garam.
  6. Goreng hingga warna batagor menjadi kuning keemasan.
  7. Bumbu kacang: Goreng kacang tanah hingga matang, lalu blender bersama dengan bawang putih dan cabai kerinting, tambahkan air sesuai kekentalan yang diinginkan.
  8. Masukkan garam dan gula sesuai selera.
  9. Lalu masak dengan api kecil sampai mendidih.
  10. Tambahkan daun jeruk supaya lebih segar hingga bumbu mulai matang.
  11. Sajikan batagor diatas piring saji dan siram batagor dengan bumbu kacang diatasnya.

Batagor khas Bandung siap untuk dinikmati.

Resep dan cara membuat batagor ayam yang nikmat (5 porsi):
Bahan-bahan

  • 250 gr daging ayam giling
  • 250 gr tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 2 siung bawang putih haluskan
  • 2 siung bawang merah haluskan
  • 2 buah daun bawang iris tipis
  • 2 buah wortel parut
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • secukupnya garam
  • secukupnya gula pasir
  • jika suka penyedap royco
  • 30 lbr kulit pangsit siap pakai

Cara membuat:
  1. Campur semua bahan, kecuali kulit pangsit. Aduk rata.
  2. Ambil satu sendok makan adonan, isikan ke kulit pangsit, lipat. Lakukan sampai adonan habis.
  3. Kukus selama 20 menit.
  4. Goreng hingga kuning keemasan, angkat. Sajikan
  5. Catatan: untuk bumbu kacang saya pakai bumbu pecel siap pakai, praktis tinggal cocol

Sekian pembahasan kali ini tentang Peluang Usaha Batagor modal kecil omset ratusan juta. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jajanan Sehat Untuk Anak Sekolah Dasar
Peluang Usaha
5 Jajanan Sehat Untuk Anak Sekolah Dasar

Jajanan Sehat Untuk Anak SD Kesehatan adalah sesuatu yang mahal, itu sangatlah benar. Tak heran kalau sampai ada ungkapan lebih baik mencegah daripada mengobati. Apalagi kalau perkara kesehatan anak, setiap orangtua tentu bakal lebih cerewet. Tak heran jika kini banyak orangtua mulai memahami pentingnya jajanan sehat untuk anak sekolah dasar. …

Ide Usaha Jajanan Murah Meriah untuk Anak Sekolah
Peluang Usaha
5 Ide Usaha Jajanan Murah Meriah untuk Anak Sekolah

Usaha Jajanan Murah Anak Sekolah Jajanan murah meriah untuk anak sekolah adalah jenis jajanan yang wajib ada di kantin-kantin sekolah. Tapi, agar tidak rugi jatuhnya, Anda harus pintar-pintar memilih resep jajanan dengan modal tak banyak namun tetap menguntungkan. Karena banyaknya minat anak-anak akan jajanan maka peluang usaha dan bisnis ini …

Jajanan Anak SD Paling Laris Yang Layak Dicoba
Peluang Usaha
5 Jajanan Anak SD Paling Laris Yang Layak Dicoba

Jajanan Anak SD Paling Laris Manis Camilan adalah hal yang disukai banyak orang. Terlepas dari berapapun usia Anda, tentu begitu menyenangkan menghabiskan waktu ditemani camilan. Tak heran kalau akhirnya makanan kecil termasuk peluang usaha yang banyak dirilik. Dan dari banyaknya jenis makanan ringan itu, bisa dibilang kudapan untuk anak kecil …