Peluang Usaha Jajanan Pasar Sebagai Bisnis Sampingan

Peluang Usaha Jajanan Pasar Sebagai Bisnis Sampingan

Usaha Jajanan Pasar Bisnis Sampingan yang Menguntungkan

Hallo apa kabar sobat entrepreneurs kita berjumpa lagi salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan yang dahsyat luar biasa ini saya akan membahas topik usaha yang cukup menarik untuk di kerjakan tentunya dengan modal yang tidak terlalu besar namun menguntungkan dan layak untuk di coba untuk di mulai usaha terserebut. Mengingat usaha ini juga memiliki peminat yang besar, topik ini membahas tentang peluang usaha jajanan pasar yang menguntungkan. Untuk lebih jelasana yuk simak terus berikut ini.

Usaha Jajanan Pasar Bisnis Sampingan yang Menguntungkan

Jajanan pasar yaitu kue-kue tradisional yang biasa dijual di pasar. Selain dinikmati sebagai teman minum teh di pagi atau sore hari, jajanan pasar dihidangkan dalam acara-acara khusus seperti hajatan, syukuran, dan arisan. Bahkan di beberapa daerah di Jawa, jajanan pasar tertentu harus ada dalam setiap acara, contohnya apem, jenang, dan wajik, karena memiliki filosofi tersendiri. Oleh karena itu, peluang usaha jajanan pasar saat ini masih cukup luas terbuka.

Artikel terkait: Daftar Usaha Jajanan Anak Sekolah Terpopuler

Prospek Usaha Jajanan Pasar

Prospek usaha menjual jajanan pasar dapat dikatakan sangat cerah dan menguntungkan. Meski terlihat kecil, peluang usaha jajanan ini mampu mendatangkan laba yang cukup besar.

Bagi Anda yang bekerja sebagai karyawan, bisa menjalankan bisnis ini sebagai usaha sampingan. Jika tidak sempat membuat kue sendiri, Anda dapat menjualkan kue yang dibuat oleh orang lain. Caranya, jajanan dikemas dalam plastik atau kotak berisi yang berisi beberapa macam kue dan dibawa ke tempat kerja dengan keranjang atau kardus.

Kue tradisional seperti lemper, bolu kukus, putu ayu, klepon, risoles, dan kue lumpur cukup mengenyangkan sebagai pengganjal perut di pagi hari, selain rasanya enak. Di tempat kerja, kemungkinan tidak semua karyawan suka membeli makanan di kantin atau membawa bekal sendiri. Sehingga mereka dapat menjadi target pemasaran Anda.

Apabila rumah Anda berada di lokasi strategis, misalnya perempatan jalan, depan sekolah, atau dekat dengan pasar, lebih menguntungkan. Tidak perlu membuka toko, cukup dengan meja panjang dan beberapa wadah tertutup untuk menggelar dagangan.

Berjualan kue dapat dilakukan pada pagi hari sebelum bekerja atau sore hari. Membuka tempat berjualan ini tidak memerlukan waktu lama, hanya sekitar 2 atau 3 jam saja setiap hari sudah mencukupi. Pasalnya, mereka yang membeli kue di pinggir jalan biasanya melakukannya dalam perjalanan berangkat atau pulang beraktivitas.

Usaha Membuat Jajanan Pasar Sendiri

Jika Anda memiliki minat atau hobi membuat kue, dapat dimanfaatkan dengan memproduksi jajanan sendiri. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jajanan pasar di antaranya tepung terigu, tapioka, tepung ketan, tepung beras, singkong, gula pasir, telur, dan kelapa. Bahan tersebut bisa dibeli di pasar atau supermarket terdekat.

Peralatan untuk membuat jajanan pasar juga tidak banyak. Sebagai permulaan, manfaatkan saja peralatan yang ada seperti kompor gas, wajan, panci, teflon, dan cetakan kue yang Anda miliki.

Jajanan yang dibuat dapat Anda jual sendiri, atau dititipkan kepada penjual kue keliling dan kios kue tradisional di pasar. Setelah usaha pembuatan jajanan Anda berkembang, dapat menerima pesanan jajan untuk berbagai acara dalam jumlah besar. Sampai pada tahap ini mungkin Anda memerlukan bantuan orang lain agar pekerjaan utama tetap bisa dijalankan.

Strategi Promosi Usaha Jajanan Pasar

Strategi promosi jajanan pasar tidak jauh berbeda dengan produk makanan yang lain. Meskipun begitu banyak produk serupa di pasaran, peluang usaha jajanan ini masih dapat ditingkatkan dengan inovasi dan kreativitas Anda. Berikan sentuhan berbeda pada kue, misalnya pukis yang biasanya berwarna kuning, dibuat sedikit berlainan dengan warna ungu dari ketela.

Selain memasarkan secara langsung kepada konsumen, Anda dapat menggunakan jejaring sosial sebagai sarana promosi. Berbagai promosi yang dilakukan tentu saja tergantung dengan segmen pasar yang menjadi sasaran Anda.

Bila menyasar ibu-ibu, rajinlah menawarkan kue pada acara arisan, pertemuan warga, atau pameran produk makanan di sekitar lingkungan Anda. Namun, jika sasaran Anda adalah anak muda yang menyukai kue-kue tradisional, lebih efektif melakukan promosi lewat media sosial seperti Instagram dan melalui kontak WhatsApp.

Baca juga: Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil

Untuk membuat pelanggan selalu membeli kue dari Anda, pastikan kualitasnya tidak menurun. Sekali saja pelanggan mendapati kue yang dijual rusak atau rasanya lain dari biasanya, kemungkinan besar mereka akan berhenti membeli.

Demikianlah informasi tentang peluang usaha jajanan pasar sebagai bisnis sampingan di luar pekerjaan utama Anda. Dengan ketekunan, tidak menutup kemungkinan keuntungan yang Anda dapatkan bisa melebihi pendapatan dari gaji sebagai karyawan.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.