Peluang Usaha Limbah Kayu Modal Kecil Untung Besar

Peluang Usaha Limbah Kayu Yang Menguntungkan
Peluang Usaha

Usaha Limbah Kayu Yang Menguntungkan

Siapa kira jika limbah kayu yang tidak terpakai malah justru memiliki nilai jual yang tinggi. Dengan kreatifitas barang yang sepele dan bahkan tidak terpakai seperti limbah kayu ini malah banyak yang mencarinya. Bagi kebanyakan orang jika melihan kayu bekas atau limbah akan dibiarkan saja bahkan sampai dimakan rayap tidak ada yang meliriknya. Jika kita bisa melihat sebagai peluang bisnis maka limbah kayu ini akan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Limbah kayu atau sisa potongan kayu yang tidak terpakai lagi ini sebenarnya banyak kita jumpai di tempat pabrik pengolahan kayu yang mungkin juga bisa Anda temui di lokasi tempat tinggal Anda.

Tak jarang juga masyarakat melihat limbah kayu atau barang tersebut hanya berserakan dibiarkan saja bertumpuk di pinggir jalan bahkan berserakan tak terpakai. Namun tidak demikian jika anda lakukan beberapa inovasi dan kreatifitas maka barang ini akan memiliki nilai jual yang sangat luarbiasa yang tentunya akan menguntungkan Anda nantinya. Apalagi jika banyak yang minat dengan kerajinan hasil kreatifitas yang Anda buat tentu akan sangat menguntungkan saat diminati oleh banyak konsumen.

Peluang Usaha Limbah Kayu Yang Menguntungkan

Ada persyaratan yang harus anda miliki untuk memulai usaha pengolahan limbah kayu ini:

  • Bahan baku: Bahan bakuatau limbah kayu ini banyak tersedia disekitar anda.
  • Keahlian:  Keahlian akan dibutuhkan dalam memproses barang limbah kayu tersebut menjadi barang jadi yang memiliki nilai jual. Selain itu perlu memiliki keahlian khusus, terutama dibidang pengolahan kayu.
  • Memiliki kreatifitas: Kemudian Anda perlu memiliki kemampuan dan kreatifitas yang tinggi untuk mengubah sesuatu yang dibuang menjadi karya seni hal inilah yang akan membuat konsumen tertarik dengan produk yang Anda produksi.
  • Inovatif: Anda harus rajin dan kreatif dalam membuat bentuk-bentuk baru yang unik dan mampu menarik minat beli masyarakat. Dengan adanya produk baru inilah yang nantinya masyarakan akan tidak bosan dengen produk-produk yang sudah adan dan mereka akan memiliki pilihanyang bervariasi sesuai kebutuhan mereka.
  • Marketing dan promosi: Agar masyarakat luas tahu tentang produk yang Anda buat maka perlu adanya strategi marketing yang baik sehingga konsumen akan tahu produk-produk yang Anda tawarkan. Juga Anda perlu memperkenalkan hasil kerajinan anda agar lebih dikenal dan diketahui oleh masyarakat secara luas.

Dalam mengerjakan bisnis dan usaha limbah kayu ini memang tidak membutuhkan modal yang besar karena bahan baku bisa Anda peroleh dengan harga murah bahkan bisa saja gratis jika Anda mengenal pemilik limbah kayu tersebut. Untuk pemanfaatannya Anda bisa mengkreasikan dalam berbagai macam kerajinan seperti lukisan dikayu, miniatur kayu, jam tangan kayu, meja dan kursi dan masih banyak lagi yang bisa Anda buat nantinya. Oleh sebab itu usaha ini akan sangat menguntungkan bahkan menggiurkan dengan biaya produksi yang relatif kecil pembuatan yang mudah dan minat masyarakat yang cukup besar dari produk-produk kerajinan untuk mempercantik rumah mereka.

Nah jika Anda berminat untuk memulai usaha ini berikut beberapa contoh hasil karya dengan limbah kayu yang bisa Anda buat yang tentunya memiliki niali jual tinggi:

1). Hiasan kayu berbentuk lukisan 3 dimensi

Pernahkah Anda berkunjung ke rumah tetangga dan mendapati ada lukisan 3 dimensi?

Jika sebuah lukisan biasa kebanyakan hanya sebuah seni yang dilihat sebagai ilusi mata, maka jika kerajinan dari kayu ini bisa lebih menonjol yang dibuat dengan 3 dimensi, dan memiliki tekstur yang nyata. Jika dilihat akan nampak objek tertentu jika dilihat dari bagian depan kerajian ini memang dibuat dari potongan kayu yang di desain sedemikian rupa. Coba lihat gambar brikut:

Hiasan kayu berbentuk lukisan 3 dimensi

2).  Jam tangan dari potongan kayu

Biasanya kita sering melihat jam tangan yang mewah dengan merek yang bagus bahkan sampai dilapisi dengan emas atau perak yang terkesan mewah dan mahal, tapi bagaimana jadi nya jika melihat sebuah jam tangan yang terkesan minimalis yang terbuat dari kayu? Tentu saja banyak yang akan melihat jam yang Anda pakai memiliki kesan yang berbeda dan unik di bandingkan dengan jam tangan yang pada umumnya yang di pakai dengan kebanyakan orang.

Jika Anda mampu mengkreasikan dengan berbagai macam model maka akan memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Jam tangan ini juga memiliki harga pasaran yang sangat tinggi untuk sebuah jam tangan di bandrol dengan kisaran harga antara 500 ribu sampai 1 juta, bahkan yang lebih mahal lagi juga ada. Dari segi minat pasar pun karena keunikannya masyarakat juga banyak yang tertarik dengan jam tangan yang di buat dari bahan baku kayu ini.

3). Kandang burung dari limbah kayu jati

Jika Anda adalah pecinta burung maka Anda pasti sudah sering melihat kandang atau sangkar burung yang memang terbuat dari bahan kayu dan memang hampir keseluruhannya teruat dari kayu biasanya dengan kayu jati. Jadi jika Anda memiliki limbah kayu jati maka jika di buat kerajinan seperti sangkar burung ini pasti akan memiliki nilai jual yang lumayan tinggi. Biasanya pabrik pengolahan kayu banyak limbah kayu jati ini, maka jika Anda melihat peluang ini Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Sangkar burung ini jika dipasaran memang bisa dibilang cukup tinggi dari segi harganya dibandingkan dengan sangkar burung yang terbuat dari kayu biasa. Alasanya selain kokoh dan kuat yang terbuat dari kayu jati maka akan memiliki keawetan tersendiri, biasanya sangkar ini akan terkesan berat jika di bawa. Selain itu harga sangkar burung dari bahan kayu jati ini harganya tidak main-main tingginya. Untuk satu kandang burung dengan ukuran standart anda harus merogok kocek hingga jutaan untuk mendapatkannya. Khususnya bagi pecinta burung harga berapapun pasti mereka akan membelinya jika tertarik.

4). Miniatur rumah tradisional

Jika Anda menjumpai potongan-potongan kayu yang tidak terpakai apa salahnya untuk membuat sebuah miniatur kerajinan seperti binatang, sepeda, becak, mobil rumah dan masih banyak lagi yang bisa Anda buat nantinya dengan limbah kayu ini. Misalnya saja membuat miniatur rumah tradisional yang terbuat dari limbah kayu tersebut. Cara membuatnya adalah limbah kayu dengan potongan kecil-kecil kemudian isusun dan dibentuk menjadi sebuah komplek rumah tradisional yang menarik. Namun dalam karena proses pembuatannya relative sulit dengan detail-detailnya miniature inipun mempunyai harga yang relative lebih mahal dipasaran jadi jika Anda mampu memperoduksi kerajinan ini maka bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar.

5). Meja dan alas kayu

Coba perhatikan beberapa meja, kursi, lemari dll saat ini banyak yang terbuat dari sisa penggrajinan atau serbuk hasil gergaji dan di olah sedemikian rupa hingga akhirnya menjadi produk jadi yang sering dipakai oleh masyarakat saat ini. Nah Anda juga bisa memanfaatkan limbah kayu misalnya saja potongan-potongan kayu yang masih layak di pakai untuk membuat meja dan alas dari kayu ini dibuat dari limbah kayu yang tipis atau potongan-potongan kecil, disusun dan direkatkan dengan menggunakan lem kayu sehingga kuat. Walaupun kelihatanya sangat sederhana namun mempunyai nilai yang tinggi dan dapat digunakan pada berbagai kebutuhan maupun untuk sekedar bersantai. Banyak sekali jenis hiasan yang dapat diciptakan dengan menggunakan bahan limbah kayu.

Baca juga: Peluang Usaha Jasa Penggilingan Padi Keliling Menguntungkan

Dalam proses pembuatannya perlu kesabaran dan ketelitian dalam pengerjaan sehingga dihasilkan seni yang tinggi. Dalam proses pembuatannya pun tidak memerlukan peralatan modern. Peralatan yang sering digunakan adalah: Table saw, Jigsaw, Mesin amplas, Mesin bor, dan Mesin pasha. Untuk semua kebutahan peralatan pertukangan dan kayu di klikteknik.com menyediakan berbagai macam kebutuhan peralatan dan tersedia berbagai macam merk terkenal, seperti : Bosch, Oscar, Wipro, Maktec, Makita, Fujiyama, dan lain-lain.

Sekian pembahasan kali ini tentang Peluang Bisnis Limbah Kayu Modal Kecil Untung Besar. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Klinik Usaha Kecil Sebagai Wujud Kepedulian Profesi
Peluang Usaha
Klinik Usaha Kecil Sebagai Wujud Kepedulian Profesi

Klinik Usaha Kecil Pada Kepedulian Profesi Daftar isi Klinik Usaha Kecil Pada Kepedulian ProfesiPROFESI DAN KETERPANGGILANBERDIRINYA KLINIK USAHA KECIL IKATAN ALUMNI INDONESIAYANG TELAH DAN AKAN DIPERBUAT OLEH KLINIK USAHA KECIL IKATAN AKUNTAN INDONESIA1. Skill Development2. Accesing3. Kegiatan lainnyaa. Pelatihan para pembina pengusahakecil BUMNb. Penulisan untuk pembinaan pengusaha kecilc. Penyusunan konsep …

Peluang Usaha Modal Kecil Cocok Untuk Bisnis Rumahan
Peluang Usaha
Peluang Usaha Modal Kecil Cocok Untuk Bisnis Rumahan

Peluang Usaha Modal Kecil Bisnis Rumahan Daftar isi Peluang Usaha Modal Kecil Bisnis RumahanSebagai contoh peluang usaha modal kecil yaitu pengrajin Batu Akik Mas Mandor.Peluang Bisnis ofline dan bisnis onlineYuk Pilih Peluang Usaha Modal Kecil Sekarang JugaApakah kekurangan modal kecil menjadi penghambat bagi Anda untuk memulai bisnis yang diinginkan?A. Peluang …

Usaha Kecil Menengah dengan Omset Jutaan Rupiah
Peluang Usaha
Menjalankan Usaha Kecil Menengah dengan Omset Jutaan Rupiah

Usaha Kecil dengan Omset Jutaan Rupiah Daftar isi Usaha Kecil dengan Omset Jutaan RupiahPilihan Usaha Kecil Menengah Terbaik yang Dapat Anda Mulai sebagai berikut:Jasa Cuci Mobil dan MotorGym / Studio LatihanRestoranApakah Usaha Kecil Menengah yang Dapat Kita Mulai Tahun 2019?Makanan Kesehatan Khusus / Makanan OrganikToko Es Krim Hallo sobat pengusaha …