Peluang Usaha Modal Kecil Cocok Untuk Bisnis Rumahan

Peluang Usaha Modal Kecil Cocok Untuk Bisnis Rumahan
Peluang Usaha

Peluang Usaha Modal Kecil Bisnis Rumahan

Salah satu penggerak perekonomian Indonesia yaitu munculnya usaha kecil menengah (UKM) atau usaha mikro yang memang sangat berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Di Indonesia sendiri yang memang notabennya adalah negara besar dan memiliki banyak pelau tentu akan banyak pelosok-pelosok desa yang susah terakses oleh pemerintah namun hal ini bukan berarti menutup kemungkinan untuk bisa membuka usaha bahkan bisa jadi dari desa menghasilkan jutaan rupiah dari usaha dan bisnis yang dijalankannya. Peluang usaha modal kecil untung besar di desa terpencil memang menjadi perhatian pemerintah untuk tercapainya kesejahteraan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Usaha dengan modal kecil memang menjadi pilihan utama karena dengan keterbatasan teknologi maupun akses yang cukup sulit, namun siapa sangka justru usaha jenis ini memiliki potensi yang menguntungkan bagi pelaku usahanya.  Banyak potensi yang bisa dikembangkan misalnya saja dari alam dan kerajinan-kerajinan, makanan bahkan usaha unik lainnya yang jarang dimiliki desa-desa di wilayah lain.

Sebagai contoh peluang usaha modal kecil yaitu pengrajin Batu Akik Mas Mandor.

Alamat: Rt 001/Rw 001, Dusun Kendal, Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Wareng Lor, Wareng, Punung, Kabupaten Pacita. Dengan desa yang cukup jauh dari kota malah menjadi kan pengrajin batu akik sebagai usaha yang menguntungkan disana. Selain pacitan yang terkenal dengan kota 1001 GOA nya pantai yang indah dan juga wisata yang lain yang sangat mempesona juga memiliki kerajinan-kerajinan yang luar biasa seperti batu akik dan lain sebagainya.

Peluang usaha modal kecil di desa memang sangat banyak yang bisa dikerjakan selain dari segi modal yang terbilang kecil untung besar juga bahan baku yang tersedia banyak yang bisa dimanfaatkan untuk kerajinan tangan yang lain yang memang memiliki nilai jual tinggi.

Saat ini telah bermunculan peluang usaha potensial yang bisa menjadi alternatif usaha mudah dikerjakan oleh siapa saja yang ingin memulainya. Bahkan banyak bermunculan wirausahawan baru yang tertarik untuk mencoba bisnis dan usaha baru di Indonesia. Semakin terbukanya Peluang Usaha Modal Kecil yang ada saat ini membuat orang semakin tertarik untuk mencoba memulai dan membangun usahanya sendiri bahkan dengan modal kecil sekalipun.

Peluang Usaha Modal Kecil Cocok Untuk Bisnis Rumahan

Peluang Bisnis ofline dan bisnis online

Dengan adanya teknologi yang semakin canggih dan bisa dimanfaatkan oleh siapa saja akan semkin membuat mudah untuk menjalankan bisnis baik itu bisnis yang di jalankan dengan fisik misalnya toko konvensional maupun secara online dengan memanfaatkan internet dan dapat di jangkau oleh banyak orang seara luas. Khusus untuk pengusaha online saat ini telah banyak yang sudah memiliki penghasilan yang fantastis dari awalnya coba-coba atau modal yang kecil namun hasilnya besar.

Bagi pemula mungkin akan memiliki banyak tantangan bahkan banyak kendala yang akan dijumpai, tak jarang ada beberapa calon pengusaha pemula yang langsung mundur tidak melanjutkan usahanya. Padahal jika dilanjutkan bisa menjadi peluang yang sangat besar dan menjanjukan. Masalah ini adalah masalah yang terbilang klasik yaitu kurangnya modal awal untuk membuka usaha atau memulai bisnisnya. Mungkin belum tahu bahwa ada solusi yang menarik yang patut untuk dicoba karena saat ini memang usaha apapun jika dijalankan pasti akan menghasilkan walau dengan modal kecil sekalipun.

Yuk Pilih Peluang Usaha Modal Kecil Sekarang Juga

Perlu di catat bahwa semua usaha atau bisnis tidak ada yang tanpa modal semua pasti ada modalnya. Bahkan banyak yang bilang usaha tanpa modal itu semua tidak benar karena bisnis sekecil apapun pasti memerlukan modal. Kalu berbicara bisnis dengan modal kecil tentu harus melihat seberapa besar usaha yang akan di jalankan, katakanlah modal yang kita miliki cukup untuk memulai usaha yang akan di jalankan. Inilah yang di katakan bahwa semua usaha membutuhkan modal baik itu fisik atau non fisik dalam artian memang tetap mengeluarkan uang meski terbatas. Selain itu juga membutuhkan modal pengetahuan, ketekunan, niat, usaha kerar dan lain sebagainya.

Jika kekurangan modal apakah usaha tidak bisa jalan dan tidak bisa memulai bisnis yang akan dijalankan? Hal ini tentu saja tidak demikian, bahkan dengan barang bekas bisa di buat usaha.

Dalam ilmu marketing semua benda yang ada di sekitar kita bisa di jual.

Dari kutipan diatas bisa di artikan semua benda memiliki nilai jual dan potensi tersendiri yang menguntungkan dan bisa dijalankan dengan modal kecil bahkan minim sekalipun karena ada banyak peluang usaha modal kecil yang bisa di jalankan dari sekita kita

Apakah kekurangan modal kecil menjadi penghambat bagi Anda untuk memulai bisnis yang diinginkan?

Tentu saja tidak! Manfaatkan berbagai usaha kecil yang menguntungkan yang bisa dijalankan walau dengan modal yang minim karena sebenarnya ada banyak sekali peluang usaha modal kecil di sekitar kita.

Nah peluang usaha modal kecil berikut ini merupakan usaha yang sangat cocok untuk dikerjakan dengan modal kecil baik itu untuk membuat atau menciptakan produk-produk kreatif atau bahkan jasa. Dijalankan secara online maupun offline.

A. Peluang Usaha Offline Bisnis Rumahan

Bisnis rumahan dengan modal keci ada banyak yang bisa dijalankan saat ini yang memang cocok dikerjakan dirumah. Kelebihan bisnis rumahan adalah kita tidak perlu lagi menyewa tempat usaha dalam menjalankan bisnis ini manun cukup dengan memanfaatkan rumah sendiri sebagai tempat usahanya. Meskipun terlihat sederhana perlu juga mempertimbangkan lokasi rumah karena target market yang dijalankan kebanyakan dari sekitar rumah yang membutuhkan produk atau jasa yang di tawarkan.

Beberapa jenis Peluang Usaha Modal Kecil Rumahan secara offline Seperti:

1). Usaha Jajanan Anak Sekolah

Jajanan anak sekolah merupakan salah satu usaha yang cukup menguntungkan karena dari segi peminat khususnya anak-anak yang terbilang besar maka usaha ini layak untuk di jalankan. Usaha Jajanan Anak SD untuk membuatnya pun tidak terlalu sulit dan juga banyak yang bisa di kreasikan dari olahan gorengan, Cilok, pentol, batagor, Telur Gulung, Leker, Martabak, Es Kado, Kue Cubit, Kue Rangi, Rambut Nenek  dan masih banyak lagi. Untuk modal tergantung apa yang akan dijalankan misalnya saja gorengan untuk pembuatan dan penyajiannya sangat mudah.

Sebagai contoh jajanan anak sekolah Es Kado:

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:  750 ml santan kental dari 1 ½ butir kelapa parut.275 g gula pasir250 ml susu cair½ sdt garam1 Butir telur ayam, kocok lepas250 g daging buah mangga harumanis, haluskan¼ sdt pewarna kuning makanan3 sdm tepung maizena, larutkan dengan 50 ml air12 buah stik kayu untuk batang es.

Dengan bahan sederhana dan diolah sedemikian rupa ternyata jika di jual sangat menguntungkan.

Artikel terkait: Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil

2). Membuat Aksesori

Produk-produk aksesoris juga termasuk kerajinan tangan yang mudah dibuat, dari hal sederhana pun bisa menjadi prospek yang menguntungkan. Biasanya produk aksesoris bayak di lirik oleh masyarakat atau konsumenkarena keunikan dan ciri khasnya. Bahkan di daerah-daerah memiliki kerajian tangan atau aksesoris yang unik dengan memanfaatkan bahan baku yang tersedia di lingkunagn atau daerah mereka.

Misalnya saja dengan memanfaatkan batok kelapa bisa dibuat berbagai macam aksesoris yang menaraik dengan nilai jual yang tinggi dipasaran.

Misalnya saja dengan memanfaatkan batok kelapa bisa dibuat berbagai macam aksesoris yang menaraik dengan nilai jual yang tinggi dipasaran.Selain itu jika sudah masuk pada acara-acara tertentu pasti akan mengundang banyak perhatian misalnya ada acara pagelaran fashion dunia juga akan menarik perhatian.

Jika Anda tinggal di kawasan malioboro Yogyakarata atau pasar-pasar pasti menemukan kerajinan atau aksesoris yang menarik dan unik termasuk salah satunya berbahan dasar batok kelapa.

Aneka kerajinan seperti ini bisa menjadi salah satu jenis peluang usaha modal kecil untung besar di desa terpencil dengan menjual produknya ke kota.

3). Membuka Usaha Jasa Menjahit

Jika berbicara bisnis rumahan yang memang bisa dikerjakan dirumah, membuka usaha jasa jahit adalah pilihan yang bagus. Mengingat banyak orang yang ingin menjahitkan pakaian mereka entah itu memperbaiki ataupun bikin baju. Yang paling menguntungkan adalah saat musin sekolah tiba disini akab banyak masyarakat yang menggunakan jasa jahit ini.

Masyarakat sekitar tentu akan memilih tampat jahit terdekat untuk membuat pakaian seragam dan lain sebagainya ataupun sekedar memperbaiki juga mengecilkan pakaian. Peluang usaha ini cocok jika Anda memiliki kemampuan menjahit dan juga minat di dunia fashion tentu saja haru bisa mendesain baju agar lebih mudah dalam menjalankan bisnis ini.

Saya saat ingin memperbaiki baju tiap penyedia jasa penjahit ini selalu penuh, hal ini membuktikan bahwa usaha ini tidak ada matinya dan akan selalu banyak yang mengantri.

4). Menjalankan Bisnis Kuliner

Siapa yang tidak suka kuliner semua orang ingin mencicipi keunikan-keunikan citarasa masakan yang ada. Jika Anda memiliki resep masakan unik atau mungkin bisa membuat cemilan yang disukai banyak orang, maka tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan untuk memulai usaha dibidang kuliner ini.

Usaha atau bisnis bidang makanan akan selau ada peminatnya walaupun sederhana pasti ada yang tertarik untuk mecicipi. Peluang usaha ini akan sangat cocok jika Anda menyukai dunia kuliner. Dengan membuka usaha kuliner ini telah banyak yang berhasil dan sukses menjalankan bisnis makanan, bahkan berkembang sampai membuka cabang di lokasi lain.

Perlu di ingat bahwa bisnis atau usaha kuliner memang salah satu model bisnis yang tidak ada matinya apapun jenisnya masakan pasti ada peminatnya. Alasanya karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia sama halnya pakaian dan kebutuhan pokok yang lainnya usaha jenis ini tidak akan ada habisnya. Meskipun telah banyak yang membuka usaha yang sama tapi nyatanya dengan sedikit kreasi yang unik dan berbeda mampu bersaing dan menarik minat pembeli.

Jika berbicara modalnya maka bisa di bilang relatif kecil tergantung jenis kuliner atau makanan seperti apa yang di jalankan. Sebagai nilai plus Anda juka memiliki keahlian di bidang kuliner maka akan sangat cocok. Namun jika tidak memiliki keahlian di bidang masakan dan ingin membuka bisnis makanan ada baiknya mempertimbangkan usaha jenis waralaba yang juga mudah untuk dijalankan. Salah satu contoh bisnis franchise makanan yang bisa dijalankan seperti kebab, gorengan, cemilan dan lain sebagainya karena dari segi peminat masih sangat terbuka lebar.

5). Bisnis Menjual Pulsa Elektrik

Peluang usaha modal kecil yang satu ini cukup terkenal dan bahkan menjadi kebutuhan masyarakat yang tidak bisa di tinggalkan. Hanya dengan modal kecil Rp 100.000 hingga Rp 300.000 kita sudah bisa memulai usaha jualan pulsa elektrik dengan biaya yang terbilang murah. Untuk pengerjaanya pun bisa dirumah di keramaian dimana saja dan dapat di kerjakan oleh siapa saja.

Apalagi jika Anda adalah seorang yang telah bergabung menjadi anggota komunitas, organisai yang telah memiliki anggota cukup banyak, kampus perkuliahan atau jenis kelompok network yang lain, maka berjualan pulsa elektrik ini bisa jadi peluang usaha yang menguntungkan. Karene bisa dengan mudah ditawarkan kepada teman-teman Anda yang berada di di network, organisasi, dan kampus Anda.

Sama halnya dengan bisnis yang lain bisnis pulsa elektrik ini perlu adanya strategi yang tepat juga keseriusan karean banyak yang mencoba namun berhenti di tengah jalan karena tidak ada yang membeli. Persaingan usaha pulsa elektrik ini terbilang ketat. Untuk bisa memulai bisnis ini perlu mendaftar terlebih dahulu menjadi agen pulsa elektrik kepada distributor pulsa.

Ada beberapa tips jitu yang bisa dilakukan agar bisa berhasil menjalankan bisnis pulsa elektrik, diantaranya adalah:

  1. Daftarlah kepada agen pulsa pada distributor pulsa yang sudah terpercaya
  2. Perimbangkan pengambilan untung jangan terlalu besar
  3. Biasanya kalau teman akan ada yang bon pulsa, hal ini jangan di layani karena memang akan susah ditagih
  4. Promosikan dengan menggunakan sosial media dengan sopan jangan sampai spaming
  5. Pelayanan yang baik adalah hal yang tidak boleh di tinggalkan

Baca juga: 60 Detik Promosi Bisnis Coba SOSIAGO Influencer Marketing

6). Peluang Usaha Membuka Les Private/ Kursus

Anda punya keahlian dalam bidang pendidikan? Peluang usaha les Private adalah usaha jasa yang cukup menjanjikan akan banyak yang menjari jkeahlian kita misalnya saja kita ahli bahasa inggris, matematika , komputer dan lain sebagainya. Dengan membuka bimbingan les private atau kursus di rumah atau bisa juga dilakukan di tempat lain seperti datang ke rumah klien kita tergantung kondisi.

Jika kita bisa memanfaatkan teknologi khususnya internet les private atau kursus saat ini bisa dilakukan secara online atau via internet. Coba Anda buka situs SekolahPintar.com nah disana juga menyediakan layanan les atau kursus dengan secara online.

Untuk cara sederhananya dengan menyediakan materi-materi yang akan diajarkan sesuai dengan bidang yang dikuasai. Kemudian daftarkan diri Anda ke Sekolahpintar.com dengan menjadi pemateri/ guru disanadan tinggal upload materi yang Anda buat tadi. Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi pihak sekolah pintar terlebih dahulu untuk memastikan syarat dan ketentuan terkait.

B. Peluang Usaha Online Bisnis Rumahan

Dengan menjalankan Bisnis online memungkinkan mendapatkan pendapatan yang lebih besar karena jangkauan yang semakin luas dan juga pelanggan atau konsumen yang bertransaksi juga besar. Apalagi bisnis online jika di kombinasikan dengan bisnis offline seperti diatas maka pendapatan akan berlipat. Sebagai contoh jika kita memiliki bisnis rumahan kerajinan tangan dari barang bekas atau yang lainnya, nah bisa di jual secara online, tentu saja pasar Anda akan semakin luas jangkauan global dengan memanfaatkan internet.

Di sisi lain ketika kita tidak memiliki produk offline untuk dijual dengan teknologi yang ada saat ini peluang usaha bisnis online sangat terbuka lebar untuk siapa saja yang menjalankanya. Untuk lebih jelasnya yuk simak dan klik link berikut ini:

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang Peluang Usaha Modal Kecil kurang lebihnya saya mohon maaf semoga bermanfaat salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Klinik Usaha Kecil Sebagai Wujud Kepedulian Profesi
Peluang Usaha
Klinik Usaha Kecil Sebagai Wujud Kepedulian Profesi

Klinik Usaha Kecil Pada Kepedulian Profesi Daftar isi Klinik Usaha Kecil Pada Kepedulian ProfesiPROFESI DAN KETERPANGGILANBERDIRINYA KLINIK USAHA KECIL IKATAN ALUMNI INDONESIAYANG TELAH DAN AKAN DIPERBUAT OLEH KLINIK USAHA KECIL IKATAN AKUNTAN INDONESIA1. Skill Development2. Accesing3. Kegiatan lainnyaa. Pelatihan para pembina pengusahakecil BUMNb. Penulisan untuk pembinaan pengusaha kecilc. Penyusunan konsep …

Usaha Kecil Menengah dengan Omset Jutaan Rupiah
Peluang Usaha
Menjalankan Usaha Kecil Menengah dengan Omset Jutaan Rupiah

Usaha Kecil dengan Omset Jutaan Rupiah Daftar isi Usaha Kecil dengan Omset Jutaan RupiahPilihan Usaha Kecil Menengah Terbaik yang Dapat Anda Mulai sebagai berikut:Jasa Cuci Mobil dan MotorGym / Studio LatihanRestoranApakah Usaha Kecil Menengah yang Dapat Kita Mulai Tahun 2019?Makanan Kesehatan Khusus / Makanan OrganikToko Es Krim Hallo sobat pengusaha …

Peluang Usaha Bubur Ayam Sangat Menjanjikan Keuntungan
Peluang Usaha
Tak Disangka, Peluang Usaha Bubur Ayam Sangat Menjanjikan Keuntungan

Peluang Usaha Bubur Ayam Sangat Menjanjikan Keuntungan Daftar isi Peluang Usaha Bubur Ayam Sangat Menjanjikan Keuntungan1. Lokasi berjualan di tempat strategis2. Maksimalkan pelayanan3. Harga4. Cita rasa yang lezatAnalisis Usaha Bubur Ayam Bubur ayam merupakan menu sarapan di pagi hari, bahkan penikmat makanan ini setiap harinya tidak pernah berkurang. Menandakan bahwa …