Pemantauan Persaingan Dari Perspektif Pemasaran

Pemantauan Persaingan Dari Perspektif Pemasaran

Kompetisi pemantauan

Sebagai praktek fundamental, perusahaan pemasaran harus benar-benar memahami kekuatan dan kelemahan pesaing mereka. Ini berarti lebih dari membuat generalisasi tentang pesaing. Ini berarti mendasarkan keputusan pemasaran yang cerdas pada fakta-fakta tentang bagaimana pesaing beroperasi, serta menentukan bagaimana cara terbaik untuk menanggapi. Seringkali identifikasi pesaing cukup mudah. Ini adalah supermarket di blok berikutnya, atau tiga perusahaan lain yang memproduksi kaca depan pengganti. Ada contoh, namun, ketika identifikasi pesaing tidak jelas.

Persaingan Dari Perspektif Pemasaran

Ahli pemasaran Theodore Levitt menciptakan istilah “marketing myopia” beberapa tahun yang lalu untuk menggambarkan perusahaan yang salah mengidentifikasi kompetisi mereka. Levitt berpendapat, misalnya, bahwa industri kereta penumpang membuat kesalahan dengan membatasi persaingan mereka untuk rel kereta api lainnya, bukannya semua alternatif transportasi angkutan massal, termasuk mobil, penerbangan, dan bus.

Artikel terkait: Menguraikan Karakteristik Nirlaba Dan Peran Mereka Dalam Masyarakat

Hari ini kita melihat kesalahan yang sama yang dibuat oleh perusahaan di industri hiburan (bioskop, restoran, dan resort), yang menganggap bahwa hanya kompetisi mereka adalah organisasi seperti-titled. Sejak praktis tidak ada pemasar beroperasi sebagai monopoli, sebagian besar masalah strategi dipertimbangkan oleh pemasar berhubungan dengan kompetisi.

Memvisualisasikan strategi pemasaran sebagai permainan catur besar di mana satu pemain terus membuat nya bergerak bergantung pada apa yang pemain lain tidak. Beberapa rival AS, seperti Coke dan Pepsi, McDonald dan Burger King, dan Ford dan General Motors, telah bermain game begitu lama bahwa jalan buntu sering hasilnya. Bahkan, pangsa pasar relatif yang dimiliki oleh Coke dan Pepsi tidak berubah oleh lebih dari satu atau dua persen meskipun miliaran dolar yang dihabiskan oleh masing-masing pada pemasaran.

Keinginan perusahaan untuk secara akurat mengukur pesaing telah menyebabkan semakin populernya kecerdasan disiplin-kompetitif terpisah. Bidang ini melibatkan mengumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang pesaing melalui segala cara, biasanya hanya singkat melanggar hukum. Lebih dikatakan tentang proses ini dalam kotak pemasaran terpadu yang mengikuti.

Intelijen kompetitif

Definisi luas dari intelijen kompetitif adalah tindakan mendefinisikan, mengumpulkan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi intelijen tentang produk, pelanggan, pesaing, dan aspek lingkungan yang dibutuhkan untuk mendukung para eksekutif dan manajer dalam membuat keputusan strategis bagi suatu organisasi.

Poin kunci dari definisi ini:

  • intelijen kompetitif merupakan praktek bisnis yang etis dan hukum, sebagai lawan spionase industri yang ilegal.
  • Fokusnya adalah pada lingkungan bisnis.
  • Ada proses yang terlibat dalam pengumpulan informasi, mengubahnya menjadi kecerdasan dan kemudian memanfaatkan ini dalam pengambilan keputusan bisnis.

Definisi yang lebih terfokus intelijen kompetitif menganggapnya sebagai fungsi organisasi yang bertanggung jawab untuk identifikasi awal risiko dan peluang di pasar sebelum mereka menjadi jelas. Para ahli juga menyebut proses ini analisis sinyal awal.

Definisi ini memfokuskan perhatian pada perbedaan antara penyebaran informasi faktual yang tersedia secara luas (seperti statistik pasar, laporan keuangan, dan kliping koran) yang dilakukan oleh fungsi seperti perpustakaan dan pusat informasi, dan intelijen kompetitif, yang merupakan perspektif tentang perkembangan dan acara yang bertujuan di menghasilkan keunggulan kompetitif.

Baca juga :  Metode Untuk Mengelola Dan Melaksanakan Strategi Pemasaran

Sekian pembahasan kali ini tentang Persaingan Dari Perspektif Pemasaran. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alat-Alat Promosi Pemasaran yang Perlu Diketahui
Strategi Pemasaran
Alat-Alat Promosi Pemasaran yang Perlu Diketahui

Alat-Alat Promosi Pemasaran Berbicara tentang pemasaran tentunya tidak lepas dengan yang namanya Promosi yang merupakan salah satu strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran atau marketing mix yang sangat penting untuk menunjang kesuksesan bisnisnya. Promosi dibutuhkan ketika memasarkan suatu barang yang dijual. Oleh karena itu, antara promosi dan pemasaran nyaris tidak dapat …

5 Tips Membuat Iklan Baris yang Efektif Sesuai Contoh Iklan di Media Massa
Strategi Pemasaran
5 Tips Membuat Iklan Baris yang Efektif Sesuai Contoh Iklan di Media Massa

Membuat Iklan Baris yang Efektif Iklan di Media Massa Iklan tak dapat dipisahkan dari kegiatan promosi produk barang dan jasa dan ini merupakan strategi pemasaran yang cukup efektif untuk di terapakan. Dalam membuat iklan memerlukan perencanaan dan teknik yang matang. Hal yang paling penting dari iklan yaitu dapat membuat siapa …

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar
Strategi Pemasaran
Definisi Market Share atau Pangsa Pasar dan Contohnya

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar Apa itu ‘Market Share’? Sebuah perusahaan tentunya harus memiliki gambaran atau ukuran untuk mengetahui potensi pasar mereka. Pengertian Market share sendiri dalam bahasa Indonesia bisa di artiken sebagai Pangsa pasar yaitu suatu indikator utama yang dimiliki perusahaan untuk digunakan dalam mengukur persentase industri, atau …