Pemberian Kompensasi Terhadap Prestasi Kerja

Hubungan Pemberian Kompensasi Terhadap Prestasi Kerja
Kepemimpinan

Hubungan Pemberian Kompensasi Terhadap Prestasi Kerja

“Berikut pwnjelasan tentang Kompensasi Terhadap Prestasi Kerja” Pengertian Prestasi Kerja Menurut Mangkunegara (2006:9), pengertian prestasi kerja disebut juga sebagai kinerja atau dalam bahasa Inggris disebut dengan performance. Pada prinsipnya, ada istilah lain yang lebih menggambarkan pada “prestasi” dalam bahasa Inggris yaitu kata “achievement”. Tetapi karena kata tersebut berasal dari kata “to achieve” yang berarti “mencapai”, maka dalam bahasa Indonesia sering diartikan menjadi “pencapaian” atau “apa yang dicapai”. Berdasarkan pengertian di atas, maka istilah prestasi kerja disamakan dengan kinerja.

Menurut Anwar Prabu Mangkunegara (2002:67)

prestasi kerja adalah :”Hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.”

Hubungan Pemberian Kompensasi Terhadap Prestasi Kerja

Menurut Suyadi Prawiro Sentono (1999:2)

kinerja atau prestasi kerja adalah :”Performance (kinerja) adalah hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau sekelompok orang dalam organisasi, sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing dalam rangka upaya mencapai tujuan organisasi yang bersangkutan secara legal, tidak melanggar hukum dan sesuai dengan moral maupun etika”.

Menurut Moenir (2005:148)

prestasi kerja adalah : “Suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya, yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman, dan kesungguhan”.

Berdasarkan pengertian diatas, penulis menyimpulkan bahwa prestasi kerja adalah hasil kerja yang dicapai seorang karyawan, melalui totalitas kemampuan yang dimilikinya untuk mencapai tujuan perusahaan.

Artikel terkait: 5 Metode Pemberian Kompensasi Yang Baik

Pemberian Kompensasi Terhadap Prestasi Kerja Sebagai Berikut :

Salah satu tujuan pengelolaan tenaga kerja adalah meningkatkan prestasi kerja pada suatu organisasi. Faktor prestasi kerja tersebut merupakan hal yang akan menentukan kelangsungan hidup suatu organisasi atau perusahaan. Dengan tingkat prestasi kerja yang tinggi, tentunya perusahaan akan memperoleh laba yang cukup tinggi juga.

Program prestasi kerja merupakan suatu progam yang harus dilaksanakan oleh setiap organisasi swasta ataupun instansi pemerintah. Untuk mendapatkan karyawan perlu diadakannya program prestasi kerja yang diharapkan nantinya dapat meningkatkan kompensasi bagi pegawai yang bersangkutan.

Untuk meningkatkan prestasi kerja, penilaian yang dilakukan oleh organisasi harus didasarkan atas tujuan yang ditetapkan oleh organisasi. Kemudian organisasi itu sendiri mengadakan penilaian dari kemampuan dan minat seorang karyawan, kemampuan dan penerimaan atas penjelasan delegasi tugas dan peran, serta tingkat motivasi seorang karyawan.

Penilaian prestasi kerja

Dari hasil penilaian prestasi kerja dapat diketahui berapa besar potensi karyawan dalam bekerja serta mengetahui kelebihan dan kekurangan para karyawan yang dinilai. Hasil dari penilaian tersebut dapat menentukan kebijaksanaan dalam menetapkan tindakan dan keputusan yang dilakukan oleh pimpinan organisasi.

Metoda kompensasi sangat penting bagi organisasi perusahaan dalam menentukan tingkat prestasi kerja, karena perusahaan sebesar apapun tanpa didukung oleh sumber daya manusia yang potensial tidak akan berkembang. Dengan adanya metoda kompensasi, maka moral karyawan akan merasa terangkat dimana akhirnya kepedu lian terhadap perusahaan akan menjadi lebih meningkat. Hal tersebut akan meningkatkan prestasi kerja perusahaan.

Kompensasi dan prestasi kerja dinilai secara kualitatif keuntungan dan tingkat kerugian yang dialami oleh suatu perusahaan. Jika kompensasi karyawan menurun secara otomatis tingkat prestasi kerja juga akan menurun. Dan sebaliknya, jika kompensasi karyawan meningkat secara otomatis tingkat prestasi kerjapun akan meningkat.

Baca juga: Pengertian Contoh Jenis-jenis Motivasi Kerja Dan Motivasi Karyawan

Demikianlah pembahasan ini tentang Kompensasi Terhadap Prestasi Kerja. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengujung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.
Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Membangun Komunikasi Bisnis yang Baik, Aktif dan Efektif
Kepemimpinan
8 Tips Membangun Komunikasi Bisnis yang Baik, Aktif dan Efektif

Membangun Komunikasi Bisnis yang Baik, Aktif dan Efektif Komunikasi merupakan  hal penting yang dibutuhkan dan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, juga merupakan interaksi dasar  untuk memperoleh kesepakatan dan kesepahaman begitu juga dengan sebuah perusahaan, maka perusahaan perlu membangun komunikasi bisnis yang baik. Sementara itu komunikasi bisnis digunakan untuk membangun relasi, memperkenalkan atau …

Indikator-Indikator Prestasi Kerja
Kepemimpinan
Anda Seorang Pekerja Ketahui Indikator Prestasi Kerja Berikut Ini

Indikator-Indikator Prestasi Kerja Prestasi kerja berkaitan dengan pencapaian dalam kehidupan. Ada berbagai macam bidang prestasi yang dapat diraih, misal prestasi dalam bidang sains, olahraga, dan sebagainya. Dalam urusan pekerjaan pun, ada prestasi-prestasi untuk dikejar. Untuk mengetahui bagus atau tidaknya prestasi kerja itu, ada indikator untuk mengukurnya. Berikut ulasan mengenai indikator …

Kepemimpinan
6 Cara Untuk Menjadi Pendengar Aktif Yang Lebih Baik

Strategi Menjadi Pendengar Aktif Yang Baik Sebagai makhluk sosial pastinya kita akan selalu berjumpa dengan banyak orang yang memiliki ciri, sifat, dan jarakter masing-masing. Komunikasi adalah hal yang pasti akan dilakukan setiap saat dan dimanapun kita berada saat berjumpa dengan orang lain. Dalam komunikasi tersebut pasti ada yang berbicara dan …