Pemerintah Berencana Membangun Pusat Logistik Miras Dan Bursa Timah!

Rencana Pemerintah Membangun Pusat Logistik Miras Dan Bursa Timah

Kementrian Keuangan mengatakan segera membentuk Pusat Logistik Berikat (PLB) untuk barang jadi yang selama ini selalu transit di Singapura. Untuk tahap awal, PLB akan dibangun khusus untuk minuman keras. Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu Heru Pambudi mengatakan selama ini distributor minuman keras asing selalu menimbun barangnya di Singapura dalam partai besar, karena biaya penyimpanannya dianggap lebih murah.

Setelah itu, distributor asal Indonesia mengambil minuman keras ke Singapura dalam partai kecil untuk diedarkan secara domestik. Menurutnya, hal itu membuat biaya logistik minuman keras jadi lebih besar. Maka itu, ia berharap distributor utama minuman keras luar negeri mau menimbun barangnya di Indonesia setelah PLB ini diberlakukan.

Rencana Pemerintah Membangun Pusat Logistik Miras Dan Bursa Timah!

Sebab, ketika PLB diberlakukan, maka barang impor diberikan penangguhan bea masuk, tidak dipungut Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI), dan bebas cukai sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 85 Tahun 2015. Sementara itu, PLB ini kan pengawasannya bersifat sentralisasi, sehingga kami bisa awasi.

Artikel terkait: Apa Alasan Jokowi Buka Peluang Lebar Untuk Tenaga Kerja Asing?

Memang untuk kategori barang jadi, kami ingin berlakukan untuk minuman keras dulu untuk memindahkan hub-nya dari Singapura,” jelas Heru di Kementerian Keuangan, Senin (2/4). Asosiasi Pengusaha importir dan Distributor Minuman Beralkohol Indonesia (APIDMI) disebutnya siap untuk menjadi badan pengelola PLB tersebut.

Dan ini baru minuman keras saja, tak menutup kemungkinan bisa ke barang jadi lain. Tapi tentu itu butuh rekomendasi dari kementerian teknis terkait,” ucap dia.

Tak hanya minuman keras, Kemenkeu juga berencana membuat PLB untuk komoditas bursa berjangka seperti timah, kopi, hingga karet. Khusus timah, pemerintah juga berencana merebut kursi bursa komoditasnya di Singapura dan memindahkan ke Indonesia.

Menurut Heru, pemerintah ‘kesal’ karena timah asal Indonesia yang diekspor ke Singapura ujung-ujungnya bakal diimpor lagi oleh Indonesia. Ini lantaran pelaku usaha (trader) enggan dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang berlipat, sehingga lebih senang untuk memperdagangkan timah di Singapura.

Ia mencontohkan, jika perdagangan timah dilakukan di dalam negeri lima kali, maka timah tersebut juga dikenakan PPN lima kali. Hal yang sama tidak dilakukan di perdagangan bursa timah Singapura.

“Makanya dengan prinsip yang baru, begitu barang lokal masuk ke PLB maka ini dianggap barang ekspor, sehingga transaksi berapa pun bursa komoditas di dalamnya, timah tidak menjadi subjek bagi PPN dalam negeri. Sehingga, kami harap ini bisa menarik minat bursa komoditas,” tutur Heru.

Rencananya, PLB bursa timah ini akan dibangun di Provinsi Bangka Belitung, di mana pertambangan timah Indonesia terkonsentrasi di situ. Dengan memindahkan bursanya ke dalam negeri, ia yakin Indonesia bisa mendapatkan efisiensi logistik timah Rp230,6 miliar per tahunnya.

Baca juga: Saham Telkom Dan Astra Turun, Ada Kesempatan Untuk Mengoleksi!

“Sejauh ini untuk komoditas kami baru tetapkan untuk timah, kopi, dan karet,” jelas dia.

PLB untuk barang jadi dan bursa komoditas merupakan bagian dari perluasan manfaat PLB. Jika sebelumnya PLB hanya ditujukan bagi barang modal dan bahan baku industri, maka nantinya PLB bisa dimanfaatkan oleh Industri Kecil dan Menengah (IKM), e-commerce, barang jadi, bahan pokok,kargo udara, bursa komoditas, hingga industri besar.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sering Merasa Repot Ketika Bayar Pajak Bayar Pajak Online Yuk
Business
Sering Merasa Repot Ketika Bayar Pajak? Bayar Pajak Online Yuk

Anda Repot Bayar Pajak? Bayar Pajak Online Yuk Bukan hanya transaksi jual-beli melalui e-commerce, bayar pajak pun sekarang sudah dapat dilakukan secara online. Meski telah diberlakukan sejak dua tahun lalu, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang kebijakan ini. Simak ulasan berikut terkait sistem bayar pajak online yang diberlakukan oleh …

Penjelasan Terbaru Cara Menghitung Denda Pajak Kendaraan Bermotor
Business
Penjelasan Terbaru Cara Menghitung Denda Pajak Kendaraan Bermotor

Cara Menghitung Denda Pajak Kendaraan Bermotor Terbaru Pajak kendaraan bermotor merupakan jenis pajak yang wajib dibayarkan setiap satu tahun sekali. Gunanya tentu saja untuk memperpanjang masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) milik kendaraan Anda. Bila tak mematuhi aturan pajak ini, risiko nomor STNK menjadi hangus hingga mendapat surat tilang …

Cara Mudah Daftar NPWP Online
Business
Baca ini Dulu Sebelum Daftar NPWP Online

Cara Mudah Daftar NPWP Online Warga negara yang baik adalah warga negara yang taat membayar pajak. Pajak itu juga nantinya bermuara pada pembangunan untuk warga. Maka jika sudah memiliki penghasilan, memiliki NPWP itu keharusan. Saat ini pendaftaran untuk mendapat NPWP bisa dilakukan secara online. Berikut cara daftar NPWP Online yang …