Pengaruh Desain dan Warna Website Pada Psikologis Pengunjung

Bagaimana Memilih Desain dan Warna Situs Web

Warna adalah bagian penting dari kehidupan manusia bahkan berbagai macam warna bisa kita jumpai dimana saja. Penglihatan sangat berperan besar pada manusia dan memiliki manfaat yang sangat luar bisa inilah salah satu ciptaan Tuhan yang sangat sempurna. Percaya atau tidak warna ini dapt mempengaruhi cara kita melihat sesuatu, cara kita merasakan, cara kita mengambil keputusan, dan bahkan suasana hati kita. Sementara warna bersifat subyektif untuk preferensi pribadi, bahkan ada penelitianyang menunjukkan bahwa saat konsumen membuat keputusan untuk membeli dan memilih sebuah produk hanya dalam waktu 90 detik, yang di mana hingga 90% dari keputusan mereka didasarkan pada warna tertentu dari produk yang mereka jumpai. Hal ini membuktikan bahwa dari warna tersebut dapat mempengaruhi perilaku konsumen terhadap produk tersebut.

Cara Memilih Desain dan Warna Situs Web

Begitu juga dengan sebuah blog atau website desain dan warna juga dapat mempengaruhi psikologis pengunjung situs Anda. Kita sadar bahwa konten merupakan bagian terpenting dari website, akan tetapi sering kali kita tidak sadar bahwa banyak faktor yang dapat mempengaruhi perilaku pengunjung situs kita mungkin dari desain, warna halaman, teks, tombol CTA dan lain sebagainnya. Apakah hal ini berpengaruh terhadap pengunjung? Ya benar sekali ketika Anda mendesain situs web yang baik dengan pemilihan warna yang tepat maka ini akan jauh lebih efektif untuk mendapatkan pengunjung yang sehingga mereka akan merasa nyaman ketika berselancar di website kita dan bahkan mereka akan betah lama-lama menyisir situs kita.

Artikel terkait: Langkah-Langkah Dasar untuk Membuat Situs Web atau Blog

Biasanya kita sering kali merancang sebuah situs web itu secara preferensi pribadi dan ini bisa dibilang logis bahkan sulit dihindari, namun hal ini mungkin kurang tepat untuk dilakukan karena perspektif dan cara pandang pengunjung dengan kita akan berbeda. Untuk itu perlu adanya langkah untuk menentukan warna seperti apa yang cocok untuk situs kita tentunya sesuai dengan pengguna atau pengunjung sehingga Anda dapat menyelidiki bagaimana warna dapat memengaruhi konversi situs web Anda. Nah dari sini saya akan membahar beberapa warna yang cukup berpengaruh pada psikologis pengunjung. Berikut ulasannya:

1). Warna Kuning

Psikologis warna kuning

Untuk warna kuning sendiri sering dikaitkan dengan warna kebahagiaan, memicu emosi yang ramah, optimis, dan puas. Ketika Anda menggunakan wana ini maka Anda akan mengundang respons yang cerah dan bahagia dari pengguna Anda, kuning adalah pilihan warna yang bagus untuk situs web Anda, Namun dalam hal ini tidak perlu berlebihan apalagi dengan warna yang terlalu mencolok dan berlebihan. Warna kuning identik dengan kehangatan yang akan membuat pengguna Anda merasa tertarik dan bersemangat. Karena warna kuning merupakan warna alami yang cerah maka dapat di terapkan pada situs Anda yang biasanya digunakan untuk tombol ajakan (CTA). Namun perlu diperhatikan jika dalam bentuk teks maka harus dihindari warna tersebut, meskipun Anda menggunakan latar hitam, teks kuning ini akan sulit dibaca oleh pengguna jadi lebih cocok untuk tombol.

2). Warna Merah
 

Psikologis warna merah

Pada warna merah ini biasanya warna yang terkait dengan tanda peringatan yang akan digunakan untuk menarik perhatian seperti menambah rasa urgensi atau gairah. Dalm penggunaan warna merah ini idealnya digunakan secukupnya sesuai dengan keperluan seperti saat menawarkan sesuatu, promosi, ajakan kepada pelanggan dll. Perlu diperhatikan bahwa jika terlalu banyak penggunaan warna merah akan terkesan memaksa, akan tetapi ketika digunakan tempat yang tepat, dapat menarik perhatian pengguna Anda saat diperlukan. Jika Anda ingin menawarkan sesuatu maka pemilihan warna merah ini adalah pilihan yang tepat karena akan terlihat mencolok dan akan menarik perhatian pengunjung. Merah, dikombinasikan dengan warna lain, dapat menambahkan unsur keberanian dan kepercayaan diri bagi pemirsa.

3). Warna Hijau

Psikologis warna hijau

Jika berbicara warna hijau maka seringkali kita akan melihat hal yang berhubungan dengan kesehatan, vitalitas, dan alam, warna hijau menambahkan rasa tenang dan harmoni dalam emosi orang. Karena memang dalam warna hijau ini ada aura menyejukkan, hal ini tidak mungkin tidak akan Anda gunakan untuk hal yang mencolok atau menonjol, namun dapat digunakan dalam banyak skenario desain yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Sama halnya dengan warna kuning warna hijau ini tidak cocok jika digunakan untuk warna teks karena akan sulit untuk dibaca dipadukan dengan latar belakang berwarna (atau hitam dan putih). Biasanya warna hijau umumnya terkait dengan hal-hal positif, dalam hidup, alam, dan angka. Banyak situs web keuangan terkait menggunakan warna hijau untuk mewakili nilai dan angka karena memiliki konotasi yang sukses dan makmur.

4). Wrna Hitam
 

Psikologis warna hitam

Warna hitam sendiri bagi saya adalah warna yang menarik untuk digunakan dan memiliki berbagai kegunaan. Hitam mengundang emosi yang serius, berani, dan kuat, dan dapat digunakan di banyak situs web sebagai elemen untuk menarik perhatian. Namun demikian jika terlalu banyak menggunakan warna tersebut maka akan memberikan emosi negatif oleh karena itu harus digunakan secukupnya saja di tempat yang tepat. Banyak pakaian dan merek mewah, termasuk mobil, menggunakan warna hitam di situs web mereka, serta teknologi yang sering menggunakan warna ini. Ini adalah warna yang jelas yang sering digunakan sebagai latar belakang untuk membuat warna lain menjadi menonjol.

5). Wrna Putih

Warna putih akan memberikan rasa ketenangan sempurna, putih memiliki definisi kemurnian, kesederhanaan, dan kesempurnaan. Putih adalah pilihan yang sangat umum dan populer untuk situs web karena Anda akan nyaman menggunakan dimana saja, selain itu banyak warna lain yang bisa dipadukan padanya yang tentu akan semakin memukau ketika diletakkan pada latar belakang putih. Namun perlu di ingat bahwa saat menggunakan warna putih ini jangan sampai berlebihan yang akan malah memberikan kesan yang membosankan, tetapi Anda dapat menggunakannya di situs web Anda misalnya menambahkan elemen warna lain ke dalamnya untuk memberikan kesan berkelas dan kecanggihan yang tetap murni pada situs yang Anda miliki.

Baca juga:  Top 8 Tips Bagaimana Membangun Situs Web yang Baik

Warna merupakan hal yang penting karena memang saat pertama kali orang datang pada situs Anda maka warna inilah yang akan mereka lihat. Kombinasi dan pemilihan warna yang baik akan memberikan kesan bahwa Anda memperhatikan kenyamanan pelanggan atau pengunjung wibsite Anda. Yang terpenting untuk diperhatikan adalah jangan sampai berlebihan dalam penggunaan warna dalam mendesain situs Anda. Coba perhatikan gambar dibawah ini.

Psikologis warna pada Google

Anda pasti mengenalnya pada homepage mereka hampir sepenuhnya warna yang digunakan sangat sederhana dengan paduan warna yang pas pada logonya. Warna cerah dengan perpaduan penuh warna dari logo dan sederhana, namun miliaran pengguna mengunjungi situs ini setiap hari.

Tip sederhana dalam pemilihan warna yang pas adalah jangan memilih warna dan tema yang hanya terlihat bagus bagi Anda karena menurut persepsi Anda tentu saja situs web tersebut akan terlihat bagus, tetapi warna memunculkan respons psikologis bagi pengunjung website yang Anda miliki. Dalam hal ini cobalah menggunakan perpaduan dan pemilihan warna yang bijak dan penempatan yang tepat. Yang paling penting adalah memperhatikan kenyamanan pengguna.

Sekian pembahasan kali ini tentang Pengaruh Desain dan Warna Website Pada Psikologis Pengunjung. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Internet Marketing
Pengertian Afiliasi Marketing dan Blogging

Pengertian Afiliasi Marketing dan Blogging Afiliasi pemasaran adalah salah satu cara di mana blogger memanfaatkan blog mereka untuk menghasilkan pendapatan. Jumlah pendapatan yang dihasilkan oleh sebuah blog menampilkan link afiliasi pemasaran dapat bervariasi secara signifikan tergantung pada jumlah lalu lintas blog yang di terima serta kompensasi yang ditawarkan untuk pemasaran …

Internet Marketing
Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja Cloud Computing

Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja Cloud Computing Hallo apakabar sobat blogger dimanapun Anda berada salam sejahtera untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang topik yang cukup menarik yaitu Cloud Computing yang memang teknologi di era digital masa kini. Nah untuk lebih jelasnya yuk simak dan ikuti …

Internet Marketing
3 Tren Digital Marketing Saat ini yang Perlu Anda Ketahui

Perkembngan Tren Pemasaran Digital Perkembangan internet saat ini memang terbilang sangat cepat dan pesat. Hal ini membuktikan bahwa memang kebutuhan manusia akan teknologi semakin besar. Internet sendiri merupakan teknologi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia baik itu dalam menjalani kehidupan sehari-hari, bersosial, mencari informasi yang dibutuhkan, bahkan dalam kegiatan berbisnis. …