Pengertian Apa Itu WordPress? WordPress.com dan WordPress.org

Pengertian Apa Itu WordPress WordPress com dan WordPress org
Blogging

Apakah yang dimaksud dengan blog WordPress?

Sebelum kita masuk pada pembahasan tentang membuat toko online dengan WordPress ada baiknya kita mengenal sekilas terlebih dahulu tentang platform blog/website yang satu ini. Apa Itu WordPress? Pengertian WordPress dan Sejarahnya.

Jika Anda baru pemula yang terjun di dunia blogging, tentu saja Anda akan menjumpai beberapa pertanyaan seputar blog ini. Sebenarnya telah banyak platform blog yang bisa kita gunakan untuk kegitan blogging dan dari sekian banyak platform saat ini Lebih dari 30% website yang telah diterbitkan di halaman pencarian mereka dibuat dengan WordPress dan persentasenya pun akan terus meningkat kedepanya. Menarik bukan untuk itu yuk simak terus ulasanya yang berikut ini.

Pengertian Apa Itu WordPress WordPress com dan WordPress org

Apa itu WordPress Blog? Jelaskan apa yang dimaksud dengan blog? Apa saja manfaat dan fungsi WordPress?

Apa Itu WordPress? WordPress merupakan software yang gratis atau open source yang terntunya bisa di gunakan secara bebas oleh developernya. Nah WordPress juga bisa disebut Content Management System (CMS) yang sangat populer hingga saat ini yang sering digunakan untuk/sebagai mesin blog (blog engine) atau bisa digunakan untuk platform website lainya salah satunya digunakan untuk membuat website, baik web pribadi, situs portal berita atau bahkan toko online.

Selain itu kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya sehingga akan memudahkan. WordPress sendiri dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman yaitu PHP dan MySQL, yang memang keduanya merupakan software yang gratis atau open source software.

Artikel terkait: Top 5 Plugin WordPress Untuk Blogging Yang Harus Digunakan

Sejarah perkembangan WordPress

Dialah Matt Mullenweg pengembang awal  WordPress. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrigi. WordPress muncul pertama kali pada tahun 2003 hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little. Pada waktu itu b2/cafelog merupakan aplikasi yang telah di hentikan pengembang atau programmernya yang dikenal Michel Valdrigi.

Maka Matt Mullenweg sebagai pengguna aktif dari b2 merasa sayang jika software tersebut berhenti begitu saja dan dia bersama dengan beberapa rekannya mulai melanjutkan penggunaan b2 dengan melakukan forking pada code b2 hingga menjadi platform WordPress.

Ditengah banyaknya platform-platform online publishing yang memang pada waktu itu menerapkan biaya penggunaan maka tentu banyak orang yang mencari alternatif-alternatif yang bisa digunakan secara gratis, nah WordPress sendiri merupakan pilihan yang tepat pada waktu itu hingga banyak yang beralih menggunakan WordPress. Saking populernya sampai sekarang bahkan semakin berkembang dengan pesat dibawah perusahaan yang telah didirikan oleh Matt Mullenweg yaitu perusahaan Automattic.Inc.

Automattic

Automattic sendiri merupakan induk dari produk-produk pengembangan yang memang berkaitan dengan web. Hingga saat ini telah banyak penyedia layanan produk atau software dan website yang berkaitan dengan WordPress yang berada di payung Automattic. Yang membuat WordPress ini terkenal selain fitur, tampilan, dan salah satu penyedia layanan blog gratis, adalah dengan adanya dukungan komunitas terhadap open source software atau sumber terbuka untuk blog yaitu WordPress.com dan WordPress.org

Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com

Nah ketika kita mengakses situs WordPress di pencarian Googleatau yang lainnya, Anda pastia akan menemukan situs yang memang hampir sama yaitu WordPress.com dan WordPress.org cuman berbeda ekstensi com dan org. Bagi kita yang baru saja atau pemula tentu saja akan merasa bingung mau memilih yang mana karena memang sama nama keduanya. Meskipun dari keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk membuat sebuah website sesuai kebutuhan penggunanya.

WordPress.com

Adapun WordPress.com merupakan salah satau software yang didirikan oleh perusahaan Automattic yaitu layanan blog dengan menggunakan mesin WorPress. Dengan mengakses dan mendaftar di situs WordPress.com, Anda sebagai pengguna bisa membuat sebuah blog secara gratis dan mendapatkan doman (sub domain) secara gratis. Untuk penggunaanya juga tidak perlu instalai ataupun konfigurasi yang begitu ribet dan sulit. Namun sangat mudah tinggal daftar dan mengikuti langkah-langkah yang juga sngat mudah Anda sudah bisa memiliki website atau blog sendiri. Hanya saja, pengguna WordPress.com dibatasi jika ingin mengubah template standar.

Nah apakah Anda tertarik untuk segera membuat blog di sana? perlu di ingat bahwa Anda hanya mendapatkan sub domain  yaitu namablogAnda.wordpess.com yaitu adanya ekstensi di belakang .wordpress.com meskipun tersedia juga custom domain berbayar juga. Anda juga akan mendapatkan fitur dan ruang penyimpanan yang dibatasi dan untuk bisa menggunakan fitur-fitur lengkap Anda harus mengupgradenya terlebih dahulu.

Akan tetapi dengan menggunakan WordPress.com ini langsung bisa dipakai Anda tidak akan direpotkan dengan konfigurasi atau instalasi yang cukup rumit. Untuk mendapatkan domain sendiri Anda hanya perlu membayar biaya tertentu yang akan ditagis setiap tahun sekali untuk domain dan hosting (disebut custom domain (domain mapping)/upgrade).

Apa itu WordPress hosting?

WordPress.org atau WordPress Self Hosted

Sedangkan WordPress.org merupakan layanan yang diperuntukan untuk wilayah pengembangan (developer) untuk mereka yang ingin membangun blog secara mandiri. Di alamat WordPress.org seseoarang dapat download atau mengunduh aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress, themes dan juga plugin dari sini. Biasanya jenis WordPress disebut juga dengan nama WordPress Self-Hosted karena memang menggunakan hosting sendiri, yaitu pengguna menyediakan media penyimpanan sendiri atau hosting beserta domainnya. Kemudian langkah selanjutnya adalah install WordPress di server yang telah Anda beli tadi, install themes dan plugin yang Anda butuhkan. Selain itu pada WordPress.org CMS ini dapat di ubah ulang selama pengguna tahu atau menguasai PHP, CSS, dan skrip lain yang menyertainya.

Secara umum, Content Management System merupakan aplikasi web yang memang memperbolehkan pemilik, editor, dan author untuk mengembangkan, memodifikasi, mengelola website dan menerbitkan konten yang di inginkan asalkan minimal tahu dasar-dasar bahasa pemrograman terlebih dulu.

Berikut ringkasan perbedaan dalam penggunaan WordPress.com dan WordPress.org:

  • WordPress.com: Diperuntukan bagi pengguna yang ingin membuat blog sendiri secara cepat dan punya alamat website dengan biaya rendah bahkan gratis.
  • WordPress.org: Diperuntukan bagi pengguna yang ingin memodifikasi WordPress sesuai kebutuhan pengembangan (developer) selain itu untuk mereka yang ingin membangun blog secara mandiri dan membuat blog menggunakan alamat dan server sendiri.

Karena sifatnya yang open source software yang natinya akan mempermudah dalam berbagai hal seprti pengembangan dan lain sebagainya. Nah dari penjelasan diatas tentu sudah paham bukan tentang Apa Itu WordPress ?

Fitur dan keunggulan WordPress sebagai blog maupun CMS lainnya:

Berbicara tentang sebuah platform blog tentu saja memiliki kelebihan masing-masing dan kelebihan tentu ada beberapa kelebihan yang menonjol dibandingkan dengan yang lain sebgai berikut:

  • Gratis Anda hanya perlu mengunduh aplikasi secara gratis bahkan tanpa di pungut biaya.
  • Berbasis open source software atau sumber terbuka sehingga Anda boleh memodifikasi dan mengembangkan website yang Anda miliki dengan bebas sesuai dengan keinginan Anda.
  • Template yang sangat mudah untuk di desain atau dimodifikasi sesuai keinginan Anda.
  • Pengoprasian yang sangat mudah.
  • Multi user yaitu satu blog WordPress dapat digunakan oleh banyak pengguna.
  • Migrasi dari blog lain misalnya Blogger, TypePad, LiveJournal dan lain sebagainya sangat mudah. Caranya tinggal import isi blog sebelumnya ke satu wordpres self hosting blog pribadi.
  • Dukungan komunitas (community support) yang baik pada WordPress.
  • Plugin yang update dan baru yang akan mendukung kualitas blog Anda. Plugin sendiri adalah software yang memiliki fungsi-fungsi yang belum tersedia pada isntalasi WordPress standar.
  • Dukungan atau mampu menampilkan XML, XHTML, dan CSS standar.
  • Menyediakan pengaturan SEO permalink yang akan memudahkan mesin pencari merayapi dengan baik.
  • Meningkatkan performa blog dengan baik.
  • Anda bisa membuat banyak kategori dalam satu artikel yaitu multi kategori yang akan mempermudah dalam pencarian atau mengakses kategori yang sesuai dengan mudah.
  • Fasilitas Trackback dan Pingback yang akan melakukan ping secara otomatis (RPC Ping) sehingga cepat terindeks oleh mesin pencari seperti Google, Bing dan lain sebagainya.
  • Fitur-fitur pengolah teks sangat lengkap sehingga mempermudah dalam penulisan artikel.
  • Memiliki halaman statis.
  • Mendukung LaTeX.
  • Memiliki performa SEO (Search Engine Optimizer) yang sangat baik pada mesin pecari.

Kelebihan dari WordPress memang lebih banyak dibandingkan platform yang lainnya yaitu terletak pada tipe website yang bisa dibuat di platform tersebut. Nah dengan menggunakan CMS ini Anda pun bisa membuat blog dari yang sederhana hingga profesional, selain itu juga situs eCommerce, portofolio, newspaper, atau jenis website  apa pun yang diinginkan.

Kekurangan WordPress

  • Segi Keamanan. Karena memang lebih dari 30% website dibuat di WordPress tentu saja akan memiliki resiko dari pihak yang tidak bertanggung jawab, namun jangan khawatir karena WordPress profesional menanganinya.
  • Konten pihak ketiga. Biasanya plugin dan template ini sebagian besar dibuat oleh developer pihak ke tiga maka bisa jadi ada bug yang di temui. Untuk itu sebaiknya baca dan lihat reting atau pengguna aktif yang menggunakannya dan jika perlu hubungi tim Customer Support.
  • Segi Loading halaman. Plugin-plugin ini memang sangat penting untuk WordPress yang akan menunjang kualitas dan performa namun jika digunakan terlalu banyak maka akan berpengaruh pada kecepatan loading situs Anda dan bisa jadi sangat lambat. Untuk mengatasi instal seperlunya aja atau menggunakan instalasi plugin yang lain seperti plugin yang akan membuat cepat website plugin caching.

Baca juga: Top 8 Plugin WordPress Terbaik yang Anda Butuhkan dan Instal

Pilih WordPress atau Blogger?

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jika untuk memilih dari keduanya sebenarnya tergantung minat dan pilihan saja dari segi penggunaan pun sama yaitu sebagai blog. Namun jika Anda memilih WordPress Anda akan bisa dengan mudah dan dijadikan website seperti apa karena bebas dalam memodifikasi ataupun pengembangan. Misalnya dibuat toko online eCommerce dan jenis website yang lainnya. Karena WordPress sendiri memiliki dua macam yaitu WorPress.org dan WordPress.com maka anda bisa menyesuaikannya dengan pilihan masing-masing. Jika ingin yang gratis maka WordPress.com dan Blogger (blogspot) sangat cocok. Sedangkan untuk WordPress.org membutuhkan modal awal yang lumayan untuk keperluan instalasi.

Berikut  perbedaan tampilan dari WordPress dan Blogger:

Tampilan dashboard WordPress

Bagaimana cara Membuat Blog WordPress

Tampilan dashboard Blogger

Tampilan dashboard Blogger

Dari keduanya memiliki tampilan yang berbeda jika WordPress memiliki fitur yang lengkap sedangkan Blogger sangat simpel namun keduanya sangat mudah untuk di operasikan.

Jika saya disuruh menilai dari keduanya maka saya juga belum pasti mana yang terbaik mengingat banyak blog-blog besar juga menggunakan Blogger. Bahkan awalnya sebelum menggunakan WordPress saya juga menggunakan Blogger untuk kegiatan blogging hingga akhirnya migrasi dari Blogger ke WordPress.

Bagaimana cara Membuat Blog WordPress?

Bagi Anda yang baru memulai menggunakan WordPres jangan khawatir karena sehari saja mempelajari sudah dipastikan sudah bisa menggunakanya, karena memang WordPress adalah CMS yang memiliki software dalam penggunaan umum, sebuah antarmuka, penghubung atau interface yang intuitif dan tentu saja sangat mudah digunakan. Jika Anda sudah familiar dan tahu cara menggunakan Microsoft Office maka WordPress pun hampir mirip yang tentunya tidak akan membuat Anda kesulitan untuk mengoperasikan WordPress. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel ini (Begini Cara Membuat Blog WordPress Paling Sederhana) karena memang sangat mudah pembuatannya.

Nah sekarang kita telah mengetahui sekilas tentang Apa itu WordPress? Jelaskan apa yang dimaksud WordPress? Apa saja manfaat dan fungsi WordPress? beserta keunggulan WordPress itu sendiri dibandingkan dengan platform blog yang lainnya. Semoga yang sedikit ini bermanfaat Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan terkait WordPress ataupun plugin WordPress lainnya, jangan ragu untuk meninggalkan komentar melalui form yang tersedia. Dapatkan juga artikel terbaru kami langsung di inbox email Anda dengan cara Subscribe pada form yang sudah disediakan.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Sukses Blogger untuk Pemula Agar Website Ramai Pengunjung
Blogging
Tips Sukses Blogger untuk Pemula Agar Website Ramai Pengunjung

Tips Sukses Blogger Agar Website Ramai Pengunjung Daftar isi Tips Sukses Blogger Agar Website Ramai PengunjungMenentukan Tujuan BlogMengenali Target PembacaKonsisten dengan BlogMengundang PembacaMempromosikan BlogBerani Mengambil Risiko Mengawali blogging mungkin cukup membingungkan kalau Anda masih pemula. Anda pun ingin menerapkan tips sukses blogger agar blog Anda menarik pengunjung. Sehingga dapat menghasillkan …

6 Tips Membuat Blog Bule atau blog Luar Negeri Untuk Pemula
Blogging
6 Tips Membuat Blog Bule/Luar Negeri Untuk Pemula

Membuat Blog Bule/Luar Negeri itu Mudah Daftar isi Membuat Blog Bule/Luar Negeri itu MudahTips Membuat Blog Bule/Luar Negeri1. Mengerti Bahasa Inggris2. Memilih Niche yang Tidak Terlalu Banyak Pesaing3. Memilih Tema yang Sesuai Keahlian Anda4. Menggunakan Hosting Server USA5. Buat Artikel Lebih dari 500 Kata6. Gunakan Tools untuk Membantu Menghasilkan Konten …

Tips Mendapatkan Pengunjung Blog Luar Negeri Untuk Pemula
Blogging
Tips Mendapatkan Pengunjung Blog Luar Negeri Untuk Pemula

Cara Mendapatkan Visitor Blog Luar Negeri Daftar isi Cara Mendapatkan Visitor Blog Luar NegeriPakailah Domain TLDDapatkan alamat IP yang terletak di negara sasaranBuat halaman yang menunjukkan website Anda berada di negara sasaranTulislah konten artikel menggunakan bahasa yang sesuai dengan negara sasaran Pengunjung atau visitor pada sebuah blog merupakan indikator utama …