Pengertian Google Webmaster Tool dan Manfaatnya Bagi Blog

Webmaster Tool Dan Manfaatnya Bagi Blog

Google Webmaster Tool (Search Console) adalah layanan gratis yang memiliki fasilitas dan fitur utnuk membantu Anda dalam mengevaluasi dan mempertahankan kinerja dari website atau situs Anda di hasil pencarian.  Layanan Google Webmaster Tools (GWT) ini memang bisa digunakan oleh siapa saja “pemilik website” untuk mempermudah dalam penggunaan sebuah Situs dalam ruang lingkup Search Engine atau Mesin Pencari. Dengan Google Webmaster Tools, anda dapat mengamati tentang pergerakan dan aktifitas Situs Anda dalam mesin pencari selain itu tool ini akan membantu Anda menemukan masalah yang perlu diperbaiki. Hal ini memungkinkan webmaster untuk memeriksa status pengindeksan dan mengoptimalkan visibilitas situs web mereka.

 Pengertian Google Webmaster Tool

Bila kita berbicara tentang Search Engine Optimization (SEO) dan SERP (Search Engine Result Page) Sebenarnya Anda tidak perlu menggunakan GWT agar situs web Anda muncul di hasil pencarian, namun akan lebih lama agar mesin pencari bisa merayapi situs yang Anda kelola, maka dengan menggunakan tool ini sangat membantu para webmaster untuk lebih cepat situs mereka bisa di rayapi oleh mesin pencari membantu meningkatkan keseluruhan kinerja kampanye Anda.

Lalu apa saja manfaat dari Google Webmaster Tool ini?

Dengan menggunakan layanan ini kita sebagai blogger tentu akan mendapatkan banyak manfaat dari
Google Webmaster Tools ini secara yang disediakan oleh Google. Fitur yang disediakan Antara lain Google Index, Crawl, Search Traffik, Security Issues dan masih banyak lagi fungsinya. Berikut manfaat besar dari webmaster tool (Search Console)

Artikel terkait: Daftar Cara Meningkatkan Trafik Blog Yang Sederhana

1). Mengetahui Informasi Kinerja Situs

Untuk mengontrol kinerja situs kita maka kita membutuhkan alat yang bisa mendeteksi jika terjadi kesalahan atau error yang terdapat pada situs kita. Misalnya kita ingin mengetahui seberapa cepat akses loading dari situs yang kita miliki maka kita bisa menggunakan fitur yang telah disediakan oleh layanan ini yaitu dengan menggunakan Google Lab’s dari Webmaster Tool. Dengan memanfaatkannya maka Anda bisa melihat seberapa cepat situs yang dimiliki dalam hal aksesnya maka dengan menggunakan Google Lab’s akan mempermudah Anda dalam hal ini. Selain itu Anda pun bisa melihat dari grafik history kecepatan akses yang dimiliki, mengetahui grafik kesalahan crawl, kesalahan server, dan kesalahan URL pada situs Anda jika ada kesalahan maka bisa Anda perbaiki kekurangan yang mungkin terdapat pada situs yang dikelola.

2). Konfigurasi Blog Anda

Konfigurasi ini memiliki fungsi untuk mengelola dan mengatur target situs Anda dengan target  geografis blog Anda, juga bisa untuk mengatur bagian URL parameter, perubahan alamat, pengaturan pengguna Google Webmaster Tool dan lain sebagainya.

3). Informasi Aktivitas Situs, seperti berikut :

  • Dapat mengetahui URL apa saja yang sudah ter-index oleh Google.
  • Dapat mengetahui link mana saja yang memiliki lebih banyak klik oleh visitor Anda.
  • Dapat mengetahui kesalahan perayapan (crawl), kesalahan server dan juga kesalahan URL.
  • Dapat mengetahui keyword apa saja yang sering muncul dalam situs Anda selain itu dapat melihat variasi masing-masing kata kunci yang relevan dengan situs Anda.
  • Dan masih banyak lagi yang bisa Anda coba.

4). Meningkatkan pagerank situs

Siapa yang tidak ingin mendapatkan peringkat situsnya di mesin pencari, pasti semua pemilik blog mengiinginkan itu. Dengan menggunakan webmaster tool kita bisa memperbaiki HTML jika ditemukan ada kesalahan. Laporan ini memberikan gambaran tentang masalah apa saja dengan deskripsi meta situs Anda dan tag judul, beserta catatan konten apa pun yang tidak dapat diindeks.

Pada bagian Kesalahan Perayapan (Crawl Errors) akan menunjukan adanya halaman yang tidak dapat diakses, halaman yang hilang, kesalahan server, dan segala macam masalah yang mencegah Google merayapi situs Anda dengan benar. Jika terjadi kesalahan atau error biasanya salah satu yang mempengaruhi kualitas situs kita contohnya pada bagian broken link atau tautan yang rusak nah dengan meperbaikinya kita akan bisa mengoptimalkan situs kita. Jika Anda belum menggunakannya, luangkan waktu dan mengenalnya karena ini akan membantu mendapatkan peringkat yang lebih baik jika Anda merawat kesehatan situs Anda.

Baca juga: 3 Cara Membuat Rating Bintang Rich Snippet dengan Schema.org

Kesimpulan

Google Webmaster Tool (GWT) adalah layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk mempermudah dalam berbagai urusan mengelola website Anda. Jika Anda tidak memanfaatkannya, Anda harus mulai melakukannya sekarang. Alasan yang layak digunakan adalah karena ini akan membantu memandu Anda dan memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan jika Anda ingin meningkatkan lalu lintas Google Anda.

Sekian pembahasan kali ini tentang  Pengertian Google Webmaster Tool. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Sukses Blogger untuk Pemula Agar Website Ramai Pengunjung
Blogging
Tips Sukses Blogger untuk Pemula Agar Website Ramai Pengunjung

Tips Sukses Blogger Agar Website Ramai Pengunjung Mengawali blogging mungkin cukup membingungkan kalau Anda masih pemula. Anda pun ingin menerapkan tips sukses blogger agar blog Anda menarik pengunjung. Sehingga dapat menghasillkan uang untuk Anda. Namun jika tidak cermat bisa jadi Anda justru melakukan kesalahan yang tidak membawa dampak positif. Mengelola …

6 Tips Membuat Blog Bule atau blog Luar Negeri Untuk Pemula
Blogging
6 Tips Membuat Blog Bule/Luar Negeri Untuk Pemula

Membuat Blog Bule/Luar Negeri itu Mudah Membuat blog bule/luar negeri dinilai mampu menghasilkan uang lebih banyak daripada blog berbahasa Indonesia atau bahasa selain Inggris yang lainnya. Pasalnya, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan oleh banyak orang di dunia. Sehingga jangkauan blog Anda lebih luas dan potensi mendapatkan pengunjung juga …

Tips Mendapatkan Pengunjung Blog Luar Negeri Untuk Pemula
Blogging
Tips Mendapatkan Pengunjung Blog Luar Negeri Untuk Pemula

Cara Mendapatkan Visitor Blog Luar Negeri Pengunjung atau visitor pada sebuah blog merupakan indikator utama untuk menentukan keberhasilan blog tersebut. Tak jarang, para Blogger Indonesia sering menempuh berbagai cara untuk mendapatkan banyak pengunjung. Namun adakalanya, para blogger di Indonesia ingin untuk mendapatkan pengunjung blog luar negeri guna semakin meningkatkan kualitas …