Pengertian, Kelebihan, Manfaat Bitcoin Uang Digital

Apa Itu Bitcoin Uang Digital

Bitcoin adalah mata uang virtual yang diciptakan pada tahun 2009 oleh seorang ahli komputer yang tidak dikenal dengan menggunakan alias Satoshi Nakamoto dan dirilis sebagai perangkat lunak open source. Mata uang elektronik yang saat ini didasari oleh teknologi yang paling baru dan mulai menjadi pilihan sebagai pengganti emas. Bitcoin juga disebut dengan mata uang digital terdesentralisasi pertama, karena sistem ini bekerja tanpa repositori sentral atau administrator tunggal.

Pengertian, Kelebihan, Manfaat Bitcoin Uang Digital

Bitcoin adalah sistem pembayaran digital dan dibuat dari gabungan berbagai teknologi dari kriptocurrency, ekonomi dan network yang terdiri dari Sistem peer-to-peer, dan transaksi terjadi antara pengguna secara langsung, tanpa perantara di seluruh dunia. Dengan adanya teknologi cryptocurrency memungkinkan mata uang ini sangat sulit diserang dan bahkan mustahil. Bitcoin menarik bagi beberapa pengguna karena anonimitasnya, dan juga kurangnya kontrol dari pemerintah sehingga mereka dapat leluasa bertransaksi dengan siapa saja.

Transaksi dibuat tanpa perantara – artinya, tidak ada bank! Tidak ada biaya transaksi dan tidak perlu memberikan nama asli Anda. Saat ini lebih banyak pedagang mulai menerimanya: Anda bisa membeli layanan webhosting, pizza atau bahkan manicures penyedia layanan bit koin ini. Transaksi ini diverifikasi oleh node jaringan dan dicatat dalam buku besar terdistribusi publik yang disebut blockchain.

Karena kemudahan dalam penggunaanya uang ini justru semakin populer akhir-akhir ini. Dengan adanya sistem yang terdesentralisasi dan akses yang tersedia untuk semua orang menjadi daya tarik utama dalam mata uang ini. Bahkan perusahaan WordPress pun juga sekarang menerima uang jenis ini dalam menyediakan layanannya.

Ada beberapa fitur yang dimiliki oleh Bitcoin sebagai berikut:

  • Transfer instant secara peer to peer.
  • Transfer ke mana saja.
  • Transfer tanpa biaya.
  • Transaksi bersifat irreversible, dalam artian sekali ditransfer tidak bisa dibatalkan.
  • Transaksi bitcoin bersifat anonim, tidak menyertakan identitas penggunanya.
  • Bitcoin tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintah apapun.
  • Jumlahnya yang terbatas.

Dengan menggunakan bitcoin Anda bahkan bisa transfer ke mana saja secara global di dunia syaratnya adalah internet. Karena Bitcoin adalah mata uang berbasis internet, Anda memerlukan tempat untuk menjaga Bitcoin Anda. Banyak pertanyaan yang muncul bagaimana menyimpan uang digital ini? pertnyaan berikutnya adalah seperti halnya paypal yang memiliki perusahaan yang mengelola maka dimana menyimpan uang ini? Jawabannya adalah tersimpan di komputer dengan adanya Wallet yang telah terintegrasi dengan jaringan peer to peer di seluruh dunia. Wallet ini harus terinstall di kedua belah pihak, bisa dengan PC/laptop, tablet ataupun smartphone. Setiap Wallet memiliki alamat atau Address tersendiri oleh sebab itu setelah Anda memiliki dompet pastikan untuk mendapatkan alamat dompet Anda. Kemudian Untuk transfer bitcoin sangat mudah, buka aplikasi wallet, masukan Bitcoin Address dari lawan transaksi dan jumlah bitcoin yang ingin ditransfer, kemudian tingga proses pengiriman.

Baca juga: 3 Cara Menghasilkan Uang di YouTube Tanpa Adsense

Sebelum Anda mulai menggunakan Bitcoin yang sampai sekarang masih eksperimental namun telah beroperasi tanpa gangguan dan kendala selama lebih dari delapan tahun terakhir, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu untuk menggunakannya dengan aman dan menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Berikut ulasannya:

  1. Bitcoin tidak mungkin untuk dipalsukan karena memang sudah menggunakan cryptocurrency.
  2. Anda bisa menggunakannya untuk mengirim atau menerima sejumlah uang digital, dengan siapa saja, dimanapun yang menjangkau seluruh dunia, dengan biaya yang sangat rendah. Pembayaran bitcoin tidak mungkin untuk diblokir, dan dompet bitcoin tidak bisa dibekukan.
  3. Dengan Bitcoin Anda bisa langsung mengendalikan uang sendiri tanpa melalui pihak ketiga seperti bank atau paypal.
  4. Transaksi Bitcoin tidak bisa dibalik atau dikembalikan. Anda seharusnya hanya berurusan dengan bisnis atau orang yang Anda percaya.
  5. Agar berlaku, transaksi Bitcoin harus dikonfirmasikan setidaknya satu kali sebelum hal itu jika sdah sepakat transaksi tidak dapat diubah lagi.
  6. Bitcoin tidak anonim. Semua transaksi Bitcoin disimpan secara publik dan permanen di jaringan, yang berarti setiap orang dapat melihat saldo dan transaksi dari alamat Bitcoin manapun.
  7. Anda bisa mendapatkan bitcoin sebagai pembayaran barang dan jasa atau dengan membelinya dari teman atau seseorang yang berada di dekat Anda. Anda juga bisa membelinya langsung dari pertukaran dengan rekening bank Anda.
  8. Saat ini semakin banyak layanan dan perdagang yang menerima Bitcoin di seluruh dunia. Anda dapat menggunakan dan memanfaatkan Bitcoin untuk pembayaran dan menilai pengalaman Anda untuk membantu bisnis yang jujur ‚Äč‚Äčagar mendapatkan lebih banyak visibilitas.
  9. Industri Bitcoin selalu berubah dan ada banyak layanan berita Bitcoin agar tetap up to date jadi ikuti perkembangannya baik iti Nilai, Harga maupun berita yang lainnya.
  10. Waspadalah terhadap proyek Bcash, BCH, Bitcoin Cash yang membingungkan.

Demikian pembahasa kali ini tentang pengertian Bitcoin semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat, jika mau menaggapi atau menambahi untuk berbagi dengan pengunjung lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bitcoin
7 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih BTC Wallet

Penting! Hal Diperhatikan Sebelum Memilih BTC Wallet Banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika Anda akan memilih BTC Wallet (dompet virtual Bitcoin). Dan memang wallet ini merupakan hal yang wajib dimiliki para pengguna Bitcoin. Sama seperti halnya Bitcoin yang virtual, dompetnya pun tidak berbentuk fisik dan hanya bisa diakses secara online. …