Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar
Strategi Pemasaran

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar

Sebelum kita masuk pada pembahasan ada biknya kita mengetahui terlebih dahulu beberapa pengertian dari Apa itu market share atau pangsa pasar? Pengertian MarketShare atau Pangsa pasar adalah salah satu indikator utama perusahaan gunakan untuk mengukur seberapa baik mereka lakukan dibandingkan pesaing. Pangsa pasar adalah persentase bisnis atau penjualan sebuah perusahaan pegang dari bisnis keseluruhan atau penjualan oleh semua pesaing gabungan di pasar tertentu. Total bisnis yang tersedia disebut potensi pasar. Ada dua cara dasar yang menyatakan angka pangsa pasar, meskipun perhitungan yang sebenarnya mungkin sulit untuk di dapatkan. Ada keuntungan dan kerugian untuk memiliki pasar yang besar pangsa relatif terhadap pesaing

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar

Memahami apa itu Pengertian Market Share pangsa pasar (dan apa share of the market Anda), perlu langkah penting di awal proses perencanaan pemasaran Anda dan itu adalah langkah yang diperlukan untuk membangun strategi Anda dalam bisnis.

Jika Anda tahu apa pangsa pasar Anda maka Anda dapat lebih baik menargetkan pertumbuhan bisnis Anda, pesaing Anda, dan pelanggan Anda.

Artikel terkait: Definisi Market Share atau Pangsa Pasar dan Contohnya

Bagaimana Ukuran Pasar Ditetapkan?

Hal ini diperlukan untuk melakukan riset pasar dalan mencari tahu apa pangsa pasar Anda dan untuk menentukan ukuran pasar yang Anda roperasikan. Hal ini dapat memberikan tantangan dalam menemukan data untuk ukuran pasar. Pastikan bahwa Anda pertama kali mendefinisikan pasar Anda dengan benar.

Dan Siapa Pesaing di Bisnis?

Setelah Anda menetapkan ukuran keseluruhan pasar, dan pasar yang  berencana untuk beroperasi di (yang bisa lebih kecil dari pasar secara keseluruhan, setidaknya untuk memulai dengan), Anda akan perlu mencari tahu siapa pesaing Anda dan berapa banyak pasar yang mereka pegang.

Ketika Anda melakukan perencanaan strategis Anda, mengembangkan strategi bauran pemasaran, membangun rencana pemasaran Anda dan mempersempit fokus Anda pada segmentasi produk, Anda perlu menjalankan melalui beberapa strategi yang kompetitif dan skenario untuk siap menghadapi perubahan tekanan kompetitif.

Untuk melakukannya dengan baik, Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang siapa pesaing Anda. Pastikan Anda menyertakan mereka semua.

Untuk pemilik restoran, itu restoran tidak hanya lain; itu juga kedai kopi, toko makanan, mengambil makanan dari toko kelontong, dan sebagainya.

Share Anda dari Pasar

Kesalahan yang paling umum adalah untuk meremehkan jumlah pesaing dan melebih-lebihkan berbagi keunggulan Anda sendiri pasar. Untuk mencoba dalam menentukan pangsa pasar untuk bisnis Anda, pergi ke jurnal perdagangan industri Anda atau ke database pelaporan keuangan.

Cara Meningkatkan Market Share?

Membangun Strategi Bauran Pemasaran

Mengapa memahami definisi pangsa pasar dan bagaimana untuk meningkatkan pangsa pasar yang penting?

Karena mengetahui pangsa pasar Anda dapat membantu bisnis Anda memahami kekuatan kompetitif dibandingkan dengan orang lain di pasar.

Dalam penerapanya tak lepas dari yang namanya strategi pemasaran juga yaitu dengan memperhatikan marketing mix atau bauran pemasaran yang nantinya sangat berguna utnuk menunjang keberhasilan perusahaan dan dengan pemahaman tentang kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh pangsa pasar Anda (atau kelemahan), Anda dapat menilai dampak dari perubahan produk, perubahan staf, perubahan harga, perubahan layanan, promosi pemasaran, perubahan saluran distribusi, dan sebagainya, pada pangsa pasar.

Setelah Anda memahami bagaimana meningkatkan pangsa pasar untuk bisnis Anda, Anda dapat memfokuskan upaya Anda pada pertumbuhan bisnis Anda.

Baca juga: Market share Adalah Salah Satu Indikator Keberhasilan Perusahaan

Meningkatkan pangsa pasar dapat dengan biaya Anda mungkin tidak bersedia membayar (misalnya, menurunkan harga sedangkan biaya meningkat, atau mengubah fitur produk dan manfaat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tetapi dengan biaya yang tinggi) tetapi Anda perlu untuk dapat menentukan apa pangsa pasar dan bagaimana untuk memahami dan meningkatkan pangsa pasar untuk mengelolanya dalam bisnis Anda.

Sekian pembahasan kali ini tentang Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alat-Alat Promosi Pemasaran yang Perlu Diketahui
Strategi Pemasaran
Alat-Alat Promosi Pemasaran yang Perlu Diketahui

Alat-Alat Promosi Pemasaran Daftar isi Alat-Alat Promosi PemasaranAlat Promosi Pemasaran Secara FisikIklanBrosurReklameBalihoSpandukBackdropAlat Promosi Pemasaran Non Fisik Berupa Media1. Sosial media2. Website3. Video marketing4. Direct email Berbicara tentang pemasaran tentunya tidak lepas dengan yang namanya Promosi yang merupakan salah satu strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran atau marketing mix yang sangat penting …

5 Tips Membuat Iklan Baris yang Efektif Sesuai Contoh Iklan di Media Massa
Strategi Pemasaran
5 Tips Membuat Iklan Baris yang Efektif Sesuai Contoh Iklan di Media Massa

Membuat Iklan Baris yang Efektif Iklan di Media Massa Daftar isi Membuat Iklan Baris yang Efektif Iklan di Media Massa1. Fokuskan Pada Satu Hal Saja2. Ketahui Iklan yang Efektif3. Perluas Tujuan Iklan Baris4. Munculkan Rasa Penasaran5. Perhatikan Format Iklan Iklan tak dapat dipisahkan dari kegiatan promosi produk barang dan jasa …

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar
Strategi Pemasaran
Definisi Market Share atau Pangsa Pasar dan Contohnya

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar Daftar isi Pengertian Market Share atau Pangsa PasarApa itu Market Share?Pentingnya Market share atau Pangsa PasarCara Mengukur Tingkat Keberhasilan Perusahaan Dalam Market ShareContoh Pangsa PasarAda beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan pangsa pasar perusahaan yang memang mereka tidak mampu utnuk mencapai target tertentu yaitu:Cara …